Berita Utama

Dibalik Kecepatan Penjemputan dan Teknologi Peta Milik Grab yang Mendukung Mobilitas Anda

Bagi Grab, perjalanan pelanggan tidak dimulai saat mitra pengemudi menjemput penumpang, namun telah dimulai jauh dari proses pemesanan terjadi. Proses pertemuan pelanggan dengan mitra pengemudi mungkin bisa membuat pusing, terutama ketika berada di tempat yang baru atau tempat dengan banyak akses masuk dan keluar.

Memahami dilema ini, Grab menghadirkan titik penjemputan yang lebih banyak agar pelanggan lebih mudah untuk menentukan di mana mereka ingin dijemput. Bayu Yanuargi, Regional Operations Lead of Southeast Asia MapsOps Grab dan tim bekerja keras untuk terus menambahkan titik jemput baru yang akurat untuk memudahkan Anda bertemu dengan mitra pengemudi Grab. Yuk, cari tahu kisahnya!

Tim yang awalnya hanya terdiri dari lima orang ini kini telah berkembang menjadi 90 orang. Bayu dan tim MapsOps merupakan sosok di balik kesuksesan Grab dalam membangun point of interest (POI) dan titik hijau sebagai lokasi penjemputan untuk memudahkan proses perjalanan mitra pengemudi dan penumpang Grab.

Sebagai contoh, saat Anda meminta dijemput di Stasiun Gambir (POI), Anda dapat memilih lokasi penjemputan secara lebih spesifik seperti pintu selatan, pintu utara, atau pintu pejalan kaki (titik hijau). Berkat kehadiran tim tersebut, Anda kini tidak perlu lagi mencantumkan keterangan alamat lokasi penjemputan Anda karena Grab menyediakan berbagai pilihan titik penjemputan secara spesifik dan akurat. Jadi mudah, kan?

“Bergabung bersama Grab merupakan kesempatan berharga untuk lebih mendalami industri ride-hailing yang tengah berkembang pesat. Setelah terjun langsung, saya dan teman-teman MapsOps menyadari betul pentingnya sebuah sistem pemetaan yang terstruktur dan akurat untuk memudahkan aktivitas para mitra pengemudi untuk menjemput dan mengantar para pelanggan. Dengan adanya POI dan titik hijau yang akurat, para penumpang dapat memesan layanan transportasi Grab secara lebih mudah karena dapat langsung memilih titik penjemputan dengan deskripsi lokasi yang lengkap. Selain waktu tunggu yang lebih singkat, tentu rute yang diarahkan juga lebih efisien dan estimasi waktu tiba menjadi lebih akurat. Hal ini sejalan dengan komitmen Grab untuk terus berusaha memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi mitra pengemudi maupun para penumpang.” ungkap Bayu.

Selain memimpin tim Indonesia, Bayu juga memimpin tim MapsOps Grab di delapan negara lainnya tempat Grab beroperasi di Asia Tenggara dan itu menjadi tantangan tersendiri bagi Bayu beserta timnya. Kondisi geografis dan peraturan lalu lintas yang berbeda di setiap negara mendorong tim MapsOps Grab menjadi lebih kreatif dalam menciptakan beragam strategi pemetaan yang tepat dan akurat untuk menentukan titik penjemputan yang tentunya dapat memudahkan pelanggan dan mitra pengemudi.

Saat ini, Bayu beserta timnya telah berhasil membangun dan mengembangkan sistem pemetaan Grab sebanyak 350.000 titik hijau yang tersebar di seluruh Asia Tenggara. Angka ini menunjukkan pertumbuhan signifikan yang telah dicapai oleh tim MapsOps, jika dibandingkan dengan jumlah titik hijau di tahun 2018 yang baru mencapai 5.000 di seluruh wilayah Grab beroperasi.

Namun, Bayu mengaku bahwa Indonesia selalu menjadi negara pertama yang menjalankan proyek pilot yang diinisiasi oleh tim MapsOps. Indonesia, sebagai salah satu pasar terbesar bagi Grab menyumbang sekitar 250.000 titik hijau atau 75% dari total titik hijau yang saat ini tersebar di Asia Tenggara pada tahun 2019. Selain itu, kini Indonesia memiliki lebih dari 5 juta POI sebagai pilihan titik penjemputan bagi pengguna Grab. Bagaimana cara kerjanya?

“Pencapaian luar biasa dari Grab ini tidak terlepas dari masukan peranan komunitas Grab, baik mitra pengemudi maupun penumpang yang terus membantu kami menemukan titik-titik lokasi yang memerlukan perbaikan atau pembaruan. Di Grab, kami percaya bahwa kenyamanan perjalanan penumpang merupakan hal utama bagi bisnis kami. Penting bagi kami untuk memastikan bahwa para penumpang dan mitra pengemudi kami dapat bertemu di lokasi yang tepat. Kami juga merasa sangat senang karena kami sadar bahwa upaya kami dalam membangun sistem peta Grab dapat memberikan dampak yang luar biasa dalam membantu para pengguna kami mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan.” jelas Bayu.

BACA JUGA  Hero Group Penuhi Kebutuhan Pakan Satwa Taman Safari Indonesia

Sistem operasional peta terstruktur yang dimiliki oleh Grab tidak semata-mata dibuat untuk menguntungkan mitra pengemudi dan para penumpang dalam ekosistem Grab. Sebagai bagian dari pengembangan peta tersebut, Grab bekerja sama dengan komunitas OpenStreetMap dalam menyelenggarakan program pemetaan khusus (Maphaton) untuk mitigasi bencana di Bali, Aceh, dan Yogyakarta.

Berkolaborasi dengan OpenStreetMap, Grab melakukan pemetaan fasilitas kesehatan di Jakarta Utara pada akhir tahun 2018 lalu untuk mendaftarkan seluruh fasilitas kesehatan yang tersedia di wilayah untuk memudahkan masyarakat sekitar menemukan lokasinya ketika dibutuhkan.

Grab menyediakan layanan dengan jangkauan terluas di Asia Tenggara di 336 kota yang tersebar di 8 negara dengan lebih dari 138 juta unduhan aplikasi, termasuk Indonesia di mana Grab beroperasi di 222 kota dari Sabang hingga Merauke di mana Grab menjadi pemimpin dalam layanan transportasi on-demand yang menguasai 60 persen pangsa pasar roda dua dan menguasai 70 persen pangsa pasar roda empat. Bisnis Grab di Indonesia berkembang pesat, dengan pendapatan dua kali lipat pada 2018.

Selain transportasi, bisnis layanan pesan-antar makanan GrabFood juga berkembang pesat di Indonesia, beroperasi di 178 kota di Indonesia dari hanya 13 kota pada tahun sebelumnya, dengan volume pengiriman tumbuh hampir 10 kali lipat pada tahun 2018.

(EGA)

 

Baca Juga

  • Nyaman Belajar Daring dengan Smartphone

    Nyaman Belajar Daring dengan Smartphone

    Situasi yang memaksa para konsumen OPPO untuk tinggal di rumah dan menjalankan Work From Home (WFH) akibat pandemi COVID-19, turut berdampak bagi anak-anak sekolah. Dalam kondisi seperti ini, sekolah menerapkan aktivitas belajar secara daring (online). Ternyata, meskipun dilakukan secara daring, beberapa sekolah sudah mengikuti kemajuan teknologi dengan mengimplementasi layanan edutech (start up pendidikan) melalui aplikasi, […]
  • Mengatasi Berbagai Tantangan Aktivitas Belajar Tatap Muka, Mysavvytutor Merilis Aplikasi Baru yang Sesuai Permintaan

    Mengatasi Berbagai Tantangan Aktivitas Belajar Tatap Muka, Mysavvytutor Merilis Aplikasi Baru yang Sesuai Permintaan

    Menurut laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa, wabah COVID-19 telah menghambat aktivitas belajar lebih dari 290,5 juta siswa di seluruh dunia. Platform belajar lewat internet di Singapura, Mysavvytutor (MST) meyakini bahwa tren tersebut menjadi awal dari peralihan ke aktivitas belajar virtual. Untuk itu, MST merilis aplikasi baru yang berbasiskan web dan sesuai permintaan (on-demand) demi memastikan para pelajar dapat […]
  • Adu Hebat Teknologi dan Tradisional Berpadu di CustoMAXI Bali

    Adu Hebat Teknologi dan Tradisional Berpadu di CustoMAXI Bali

    Keunikan Bali yang dikenal mendunia lewat pariwisata namun tetap menjunjung tinggi budaya daerahnya, juga terlihat dari cara masyarakatnya menumpahkan kreatifitas. Salah satunya di lingkup modifikasi sepeda motor yang mengangkat kemajuan teknologi dan tradisional khas Bali. Dari perhelatan modifikasi skutik MAXI Yamaha yaitu CustoMAXI yang dilaksanakan Sabtu 26 Januari 2019 di Man Shed, Sanur, para pemenangnya […]
  • Cashlez dan Visa Mudahkan Bisnis untuk Mengelola Pembayaran Online

    Cashlez dan Visa Mudahkan Bisnis untuk Mengelola Pembayaran Online

    Sesuai dengan komitmen Cashlez untuk menjadi solusi pembayaran nontunai terintegrasi untuk pemilik bisnis, Cashlez sebagai perusahaan fintech di bidang payment gateway yang sudah memiliki izin resmi dari Bank Indonesia, berkolaborasi dengan Visa menjadi penyedia layanan Visa Business Payment Solution Providers (BPSP) yang pertama di Indonesia. Mengelola arus kas adalah salah satu tantangan terbesar bagi bisnis […]
  • Menteng Park, Secuil Kehijauan di Kesibukan Kawasan Bintaro

    Menteng Park, Secuil Kehijauan di Kesibukan Kawasan Bintaro

    Taman Menteng (Menteng Park) adalah sebuah fasilitas publik yang berada di Bintaro Sektor 7, dekat kawasan Menteng Bintaro. Taman yang diapit oleh jalan protokol Bintaro Jaya yang selalu ramai seakan menjadi oase dengan menawarkan kesejukan dan keindahan di tengah keramaian Bintaro. Tidak heran, setiap harinya taman ini menjadi tempat refreshing bagi masyarakat maupun sarana olah […]
  • Faunaland, Ekowisata Fauna yang Sayang Dilewatkan Bagi si Buah Hati

    Faunaland, Ekowisata Fauna yang Sayang Dilewatkan Bagi si Buah Hati

    Sudahkah Anda mempersiapkan rencana liburan bagi sang buah hati? Saat musim liburan menjelang, banyak orang tua yang mengalami kebingungan untuk mengisi liburan bersama sang buah hati. Tidak dipungkiri, banyak sekali tempat liburan yang menawarkan berbagai sarana wisata bagi anak-anak. Namun kita pun tentunya setuju, tidak semua obyek wisata menawarkan manfaat bagi anak-anak. Belum lagi dengan […]
  • Final Seru Piala Eropa di Hotel Santika Premiere Bintaro

    Final Seru Piala Eropa di Hotel Santika Premiere Bintaro

    Gelaran Piala Eropa 2016 di Hotel Santika Premiere Bintaro selama sebulan penuh ditutup dengan Nonton Bareng Final Piala Eropa 2016 pada hari Senin, 11 Juli 2016 pukul 00.00 WIB di Terrace Café, Lantai Mezzanine, yang pada malam itu dipadati lebih dari 100 pecinta sepakbola. Acara dibuka dengan penampilan D’Touch Band yang membawakan lagu-lagu penuh semangat, […]
  • Taman Kota 1 BSD City, Secuil Keindahan di Tengah Padatnya Kota

    Taman Kota 1 BSD City, Secuil Keindahan di Tengah Padatnya Kota

    Sebuah papan informasi berbentuk bulat yang berada di sela-sela pohon di Taman Kota 1 BSD City sangat menarik perhatian. Papan itu menginformasikan kepada setiap pengunjung mengenai manfaat hutan kota sebagai pabrik oksigen, serapan air dan habitat hewan. Mungkin kita sudah mengetahui tentang hal ini melalui tulisan-tulisan di surat kabar, majalah, internet atau televisi. Namun kalau kita […]
  • Panorama Perluas Distribusi melalui PanoramaGO

    Panorama Perluas Distribusi melalui PanoramaGO

    Perjalanan wisata yang terus tumbuh saat ini tidak lagi dipandang sebagai kebutuhan mewah, seiring bergesernya pola konsumsi barang mewah ke konsumsi barang sekunder dan lifestyle di Indonesia. Pada saat ini pariwisata telah dinilai sebagai suatu kebutuhan, dilihat dari data yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2017 terjadi lonjakan konsumsi yang berkaitan dengan […]
  • Sold Out dalam Sembilan Hari, Klaster Fleekhauz di BSD City Laku 455 Unit

    Sold Out dalam Sembilan Hari, Klaster Fleekhauz di BSD City Laku 455 Unit

    Di tengah kondisi pasar properti yang kurang kondusif, justru produk properti milik Sinar Mas Land laku keras dibeli masyarakat. Tingginya minat akan hunian berkualitas dengan harga terjangkau, akses dan fasilitas yang baik mendorong Sinar Mas Land untuk menawarkan klaster terbarunya bernama Fleekhauz R dengan total unit lebih dari 160 unit rumah. Berlokasi di Kawasan premium […]
  • Foto : Memandang Bandar Lampung dari Ketinggian Sambil Berselfie Ria di Puncak Mas

    Foto : Memandang Bandar Lampung dari Ketinggian Sambil Berselfie Ria di Puncak Mas

    Lampung dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak obyek wisata pantai yang indah. Ingat Lampung, ingat dengan pantai-pantainya. Namun obyek wisata yang ada di Lampung tidak melulu hanya pantai. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Bandar Lampung, jangan lupa mengunjungi obyek wisata yang satu ini : Puncak Mas. Disini Anda bisa memandang keindahan kota Bandar Lampung […]
  • Nasi Mandhi Ayam, Hidangan Nasi Rempah khas Timur Tengah

    Nasi Mandhi Ayam, Hidangan Nasi Rempah khas Timur Tengah

    Bagi Anda yang memang menyukai sajian kuliner Timur Tengah tentu sudah tak asing dengan menu satu ini. Yup, Nasi Mandhi atau Mandhi Rice adalah hidangan khas dari kawasan Timur Tengah, tepatnya Hadramaut, Yaman. Hidangan ini berupa nasi berbumbu rempah yang disajikan dengan daging kambing atau ayam. Selain rasa rempah yang kentara, lembut dan empuknya daging […]
  • Komitmen Lindungi Masyarakat dan Ciptakan KepastianHukum, Bappebti Kemendag Blokir 114 Situs Pialang Berjangka

    Komitmen Lindungi Masyarakat dan Ciptakan KepastianHukum, Bappebti Kemendag Blokir 114 Situs Pialang Berjangka

    Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Kementerian Perdagangan memblokir 114 situs entitas tidak memiliki izin usaha sebagai Pialang Berjangka pada April 2020. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan hingga April 2020, sudah 217 domain situs diblokir oleh Bappebti. “Pandemi COVID-19 yang melanda hampir semua negara di dunia tak terkecuali Indonesia, tidak menyurutkan komitmen Bappebti Kemendag untuk […]
  • Therapy Zone, Pijat ‘Tune Up’ Untuk mengembalikan Berbagai Kondisi Tubuh

    Therapy Zone, Pijat ‘Tune Up’ Untuk mengembalikan Berbagai Kondisi Tubuh

    Tubuh manusia ibarat sebuah mesin yang tersusun atas berbagai bagian dan komponen yang bekerja dalam berbagai sistem yang menciptakan harmonisasi. Adanya satu masalah di satu bagian akan mempengaruhi sistem yang lebih besar, tidak menutup kemungkinan keseluruhan sistem akan terganggu. Setelah sekian puluh tahun keseluruhan sistem bekerja tanpa henti, sangat mungkin terjadi kerusakan atau kelemahan dalam satu […]
  • Garuda Indonesia Raih Penghargaan “The World’s Best Cabin Crew Skytrax” untuk Kelima Kalinya

    Garuda Indonesia Raih Penghargaan “The World’s Best Cabin Crew Skytrax” untuk Kelima Kalinya

    Awak kabin maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia untuk kelima kalinya kembali dinobatkan sebagai The World’s Best Cabin Crew oleh Skytrax, sebuah lembaga independen pemeringkat penerbangan yang berkedudukan di London, Inggris. Penghargaan sebagai awak kabin terbaik dunia tersebut merupakan yang kelima kalinya diterima oleh awak kabin Garuda Indonesia sejak tahun 2014 lalu. Penganugerahan penghargaan tersebut dilakukan […]
  • Berbagai Pilihan Menu Nasi Bali di Ayam Sere Pasar Modern Bintaro

    Berbagai Pilihan Menu Nasi Bali di Ayam Sere Pasar Modern Bintaro

    Anda pasti sudah sering mendengar nama kuliner Nasi Kucing. Ya, Nasi Kucing merupakan kuliner asal Jogja yang identik dengan porsinya yang sedikit. Karena porsinya yang sedikit, terkadang orang mengatakan sebagai nasi dengan porsi kucing. Kalau di Jogja ada Nasi Kucing, lain lagi dengan di Solo, ada juga kuliner khas Solo yang porsinya juga sedikit yaitu Nasi […]
  • GoFood Hadirkan Program Hari Kuliner Nasional

    GoFood Hadirkan Program Hari Kuliner Nasional

    Guna meredam dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi COVID-19 dan persiapan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), GoFood hadirkan program Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) untuk membantu puluhan ribu UMKM menjaga keberlangsungan bisnisnya. Program unggulan GoFood yang telah memasuki tahun ketiga ini hadir sejak 1 April hingga 5 Mei 2020, dan diikuti lebih dari 55.000 outlet merchant. […]
  • Segera Hadir, Kawasan Baru Dufan Ancol dengan 9 Wahana Baru

    Segera Hadir, Kawasan Baru Dufan Ancol dengan 9 Wahana Baru

    Dunia Fantasi (Dufan) sebuah kawasan bertema di Ancol Taman Impian dan sebagai top of mind destinasi wisata Jakarta serta Indonesia segera menghadirkan pengalaman baru dan seru. Dengan mengusung The Innovator, di tahun 2019 ini Dufan menghadirkan sesuatu yang berbeda yaitu sebuah kawasan baru dengan tema Dunia Kartun dengan luas 3 Ha. Kawasan ini di desain […]
  • Batik Fashion Day Hotel Santika Premiere Bintaro, Menampilkan Kekayaan Budaya Tangerang Selatan Melalui Batik

    Batik Fashion Day Hotel Santika Premiere Bintaro, Menampilkan Kekayaan Budaya Tangerang Selatan Melalui Batik

    Untuk mempromosikan kekayaan budaya lokal, Hotel Santika Premiere Bintaro menggelar acara yang bertajuk Batik Fashion Day pada Kamis, 13 Oktober 2016 di Restoran Kembang Sepatoe, Ground floor, Santika Premiere Bintaro. Acara ini menampilkan batik etnik khas Tangerang Selatan yang mengambil tema Batik Tangsel: The Everlasting Heritage. Menurut Bangkit Ciptadi, Director of Sales Hotel Santika Premiere […]
  • Grosir Alat Kesehatan di Bintaro : Arnez de Lourdes

    Grosir Alat Kesehatan di Bintaro : Arnez de Lourdes

    Untuk menjaga kesehatan, ada 3 aspek penting yang perlu kita ketahui, pencegahan, perawatan dan rehabilitasi. Kita tahu saat kita mengalami serangan penyakit, kita harus berobat ke dokter atau melakukan suatu tindakan penanggulangan darurat di klinik atau rumah sakit. Namun kita seringkali melupakan aspek-aspek penting lainnya, yaitu pencegahan dan rehabilitasi, padahal untuk melakukan upaya pencegahan dan rehabilitasi […]