Berita Utama

Dibalik Kecepatan Penjemputan dan Teknologi Peta Milik Grab yang Mendukung Mobilitas Anda

Bagi Grab, perjalanan pelanggan tidak dimulai saat mitra pengemudi menjemput penumpang, namun telah dimulai jauh dari proses pemesanan terjadi. Proses pertemuan pelanggan dengan mitra pengemudi mungkin bisa membuat pusing, terutama ketika berada di tempat yang baru atau tempat dengan banyak akses masuk dan keluar.

Memahami dilema ini, Grab menghadirkan titik penjemputan yang lebih banyak agar pelanggan lebih mudah untuk menentukan di mana mereka ingin dijemput. Bayu Yanuargi, Regional Operations Lead of Southeast Asia MapsOps Grab dan tim bekerja keras untuk terus menambahkan titik jemput baru yang akurat untuk memudahkan Anda bertemu dengan mitra pengemudi Grab. Yuk, cari tahu kisahnya!

Tim yang awalnya hanya terdiri dari lima orang ini kini telah berkembang menjadi 90 orang. Bayu dan tim MapsOps merupakan sosok di balik kesuksesan Grab dalam membangun point of interest (POI) dan titik hijau sebagai lokasi penjemputan untuk memudahkan proses perjalanan mitra pengemudi dan penumpang Grab.

Sebagai contoh, saat Anda meminta dijemput di Stasiun Gambir (POI), Anda dapat memilih lokasi penjemputan secara lebih spesifik seperti pintu selatan, pintu utara, atau pintu pejalan kaki (titik hijau). Berkat kehadiran tim tersebut, Anda kini tidak perlu lagi mencantumkan keterangan alamat lokasi penjemputan Anda karena Grab menyediakan berbagai pilihan titik penjemputan secara spesifik dan akurat. Jadi mudah, kan?

“Bergabung bersama Grab merupakan kesempatan berharga untuk lebih mendalami industri ride-hailing yang tengah berkembang pesat. Setelah terjun langsung, saya dan teman-teman MapsOps menyadari betul pentingnya sebuah sistem pemetaan yang terstruktur dan akurat untuk memudahkan aktivitas para mitra pengemudi untuk menjemput dan mengantar para pelanggan. Dengan adanya POI dan titik hijau yang akurat, para penumpang dapat memesan layanan transportasi Grab secara lebih mudah karena dapat langsung memilih titik penjemputan dengan deskripsi lokasi yang lengkap. Selain waktu tunggu yang lebih singkat, tentu rute yang diarahkan juga lebih efisien dan estimasi waktu tiba menjadi lebih akurat. Hal ini sejalan dengan komitmen Grab untuk terus berusaha memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi mitra pengemudi maupun para penumpang.” ungkap Bayu.

Selain memimpin tim Indonesia, Bayu juga memimpin tim MapsOps Grab di delapan negara lainnya tempat Grab beroperasi di Asia Tenggara dan itu menjadi tantangan tersendiri bagi Bayu beserta timnya. Kondisi geografis dan peraturan lalu lintas yang berbeda di setiap negara mendorong tim MapsOps Grab menjadi lebih kreatif dalam menciptakan beragam strategi pemetaan yang tepat dan akurat untuk menentukan titik penjemputan yang tentunya dapat memudahkan pelanggan dan mitra pengemudi.

Saat ini, Bayu beserta timnya telah berhasil membangun dan mengembangkan sistem pemetaan Grab sebanyak 350.000 titik hijau yang tersebar di seluruh Asia Tenggara. Angka ini menunjukkan pertumbuhan signifikan yang telah dicapai oleh tim MapsOps, jika dibandingkan dengan jumlah titik hijau di tahun 2018 yang baru mencapai 5.000 di seluruh wilayah Grab beroperasi.

Namun, Bayu mengaku bahwa Indonesia selalu menjadi negara pertama yang menjalankan proyek pilot yang diinisiasi oleh tim MapsOps. Indonesia, sebagai salah satu pasar terbesar bagi Grab menyumbang sekitar 250.000 titik hijau atau 75% dari total titik hijau yang saat ini tersebar di Asia Tenggara pada tahun 2019. Selain itu, kini Indonesia memiliki lebih dari 5 juta POI sebagai pilihan titik penjemputan bagi pengguna Grab. Bagaimana cara kerjanya?

“Pencapaian luar biasa dari Grab ini tidak terlepas dari masukan peranan komunitas Grab, baik mitra pengemudi maupun penumpang yang terus membantu kami menemukan titik-titik lokasi yang memerlukan perbaikan atau pembaruan. Di Grab, kami percaya bahwa kenyamanan perjalanan penumpang merupakan hal utama bagi bisnis kami. Penting bagi kami untuk memastikan bahwa para penumpang dan mitra pengemudi kami dapat bertemu di lokasi yang tepat. Kami juga merasa sangat senang karena kami sadar bahwa upaya kami dalam membangun sistem peta Grab dapat memberikan dampak yang luar biasa dalam membantu para pengguna kami mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan.” jelas Bayu.

Sistem operasional peta terstruktur yang dimiliki oleh Grab tidak semata-mata dibuat untuk menguntungkan mitra pengemudi dan para penumpang dalam ekosistem Grab. Sebagai bagian dari pengembangan peta tersebut, Grab bekerja sama dengan komunitas OpenStreetMap dalam menyelenggarakan program pemetaan khusus (Maphaton) untuk mitigasi bencana di Bali, Aceh, dan Yogyakarta.

Berkolaborasi dengan OpenStreetMap, Grab melakukan pemetaan fasilitas kesehatan di Jakarta Utara pada akhir tahun 2018 lalu untuk mendaftarkan seluruh fasilitas kesehatan yang tersedia di wilayah untuk memudahkan masyarakat sekitar menemukan lokasinya ketika dibutuhkan.

Grab menyediakan layanan dengan jangkauan terluas di Asia Tenggara di 336 kota yang tersebar di 8 negara dengan lebih dari 138 juta unduhan aplikasi, termasuk Indonesia di mana Grab beroperasi di 222 kota dari Sabang hingga Merauke di mana Grab menjadi pemimpin dalam layanan transportasi on-demand yang menguasai 60 persen pangsa pasar roda dua dan menguasai 70 persen pangsa pasar roda empat. Bisnis Grab di Indonesia berkembang pesat, dengan pendapatan dua kali lipat pada 2018.

Selain transportasi, bisnis layanan pesan-antar makanan GrabFood juga berkembang pesat di Indonesia, beroperasi di 178 kota di Indonesia dari hanya 13 kota pada tahun sebelumnya, dengan volume pengiriman tumbuh hampir 10 kali lipat pada tahun 2018.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • Cleveland Cyclewerks Resmi Hadir di Indonesia

    Cleveland Cyclewerks Resmi Hadir di Indonesia

    Cleveland CycleWerks Indonesia secara resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia. Hal ini ditandai dengan Grand Opening yang dilakukan PT. Sumatra Motor Indonesia, sebagai keagenan Cleveland CycleWerks di Indonesia, pada Kamis, 13 Juli 2017 di Aviary Hotel Bintaro. Grand Opening ini berlanjut dengan peresmian showroom utamanya di Indonesia, yang terletak di kawasan Bintaro, pada hari Minggu, 16 […]
  • Huawei Buktikan Komitmen Pengembangan Huawei Mobile Service & App Gallery

    Huawei Buktikan Komitmen Pengembangan Huawei Mobile Service & App Gallery

    Seri HUAWEI P40 mendatang akan dilengkapi dengan instalasi AppGallery, pasar aplikasi resmi Huawei dan salah satu dari tiga platform distribusi aplikasi top dunia. AppGallery membuka pintu ke dunia aplikasi global berkualitas yang memanfaatkan kemampuan unik yang ditawarkan perangkat Huawei – seperti HiAI dan konektivitas yang unik, media, sistem dan kemampuan keamanan – serta aplikasi yang […]
  • Wakaf Yuk! Layanan Syariah LinkAja Ajak Masyarakat Indonesia Salurkan Wakaf Secara Digital

    Wakaf Yuk! Layanan Syariah LinkAja Ajak Masyarakat Indonesia Salurkan Wakaf Secara Digital

    Layanan Syariah LinkAja sebagai uang elektronik syariah pertama di Indonesia kembali memperkuat komitmennya dalam membantu Pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia. Mendukung Gerakan Nasional Wakaf Uang yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Layanan Syariah LinkAja mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kemudahan wakaf secara digital melalui fitur wakaf di aplikasinya. Haryati Lawidjaja, Direktur Utama […]
  • Soto Betawi Mpok Nur, Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan

    Soto Betawi Mpok Nur, Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan

    Apakah Anda penggemar berat sobet alias soto betawi? Silahkan mampir ke Bintaro Entertainment Center. Ada aneka makanan betawi seperti soto betawi, gado-gado, ketoprak, tauge goreng, tahu telor, laksa betawi, lontong sayur, nasi uduk ayam goreng, serta aneka sop/soto yakni sop iga betawi, soto ayam+nasi, soto mie jakarta Ada pula masakan serba tek-tek. Apakah itu? Mie […]
  • Manfaat Pijat Bagi Tubuh Anda

    Manfaat Pijat Bagi Tubuh Anda

    Pijat tidak hanya memberi efek relaksasi dan melemaskan otot-otot yang tegang, tapi juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut Jennifer Goldsworthy, LMT, pendiri dan pemilik klinik kesehatan holistik ShenMindBody, pijat merupakan investasi kesehatan yang penting dilakukan. Pijat sebaiknya dilakukan secara rutin misalnya seminggu atau dua minggu sekali. Ini sembilan manfaat rutin pijat untuk menjaga kesehatan, […]
  • Menyambut Lebaran dengan Menahan Diri dari Godaan Belanja Impulsif

    Menyambut Lebaran dengan Menahan Diri dari Godaan Belanja Impulsif

    Idul Fitri adalah hari kemenangan, hari raya paling besar untuk umat Muslim di seluruh dunia. Tak hanya kental dengan aspek religi, inilah festival budaya dunia paling besar yang membuat berbagai tempat di dunia penuh warna. Oleh karenanya, sudah lumrahketika menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat berbelanja. Mereka membeli barang-barang baru, mulai dari baju, sepatu, handphone,make […]
  • Era Mudah Jual Beli Produk Kesehatan dan Kosmetik, Kimia Farma Luncurkan Toko Online ‘Mediv’

    Era Mudah Jual Beli Produk Kesehatan dan Kosmetik, Kimia Farma Luncurkan Toko Online ‘Mediv’

    Transaksi perdagangan secara daring (online) kini semakin menjamur di Indonesia. Kebanyakan masyarakat memanfaatkan toko jual beli online (marketplace) karena memberikan kemudahan dan kepraktisan. Sebagai wujud inovasi industri di era perkembangan teknologi, PT Kimia Farma (Persero) Tbk atau Kimia Farma meluncurkan aplikasi Mediv. Platform digital Mediv diciptakan untuk memudahkan masyarakat melakukan jual beli produk kesehatan (healthcare) […]
  • FIFGroup Gelar Webinar dan Kompetisi Menulis untuk Universitas dari Sabang Sampai Merauke

    FIFGroup Gelar Webinar dan Kompetisi Menulis untuk Universitas dari Sabang Sampai Merauke

    PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan bagian dari Astra Financial dan juga salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, memiliki misi untuk membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat. Seirama dengan misi tersebut FIFGROUP ingin hadir di tengah generasi muda untuk dapat berbagi ilmu dan pengetahuan terkait dengan dunia komunikasi, sebagai bagian dalam […]
  • Mengenal Tradisi Pohon Natal Pada Perayaan Natal Umat Kristiani

    Mengenal Tradisi Pohon Natal Pada Perayaan Natal Umat Kristiani

    Kebiasaan memasang pohon Natal sebagai dekorasi dimulai dari Jerman. Pemasangan pohon Natal yang umumnya dari pohon cemara, atau mengadaptasi bentuk pohon cemara, itu dimulai pada abad ke-16. Saat penduduk Jerman menyebar ke berbagai wilayah termasuk Amerika, mereka pun kerap memasang cemara yang tergolong pohon evergreen untuk dekorasi Natal di dalam rumah. Dari catatan yang ada, […]
  • Blibli Berkerja Sama dengan Masker untuk Indonesia Berikan Masker Kain bagi yang Membutuhkan

    Blibli Berkerja Sama dengan Masker untuk Indonesia Berikan Masker Kain bagi yang Membutuhkan

    Sebagai bentuk kelanjutan peduli COVID-19, Blibli berusaha untuk menekan angka penyebaran virus ini di Indonesia. Pada kesempatan ini, Blibli bekerja sama dengan Gerakan ‘Masker untuk Indonesia’ untuk menggalang sumbangan masker kain bagi masyarakat yang membutuhkan. Donasi masker kain dapat dilakukan dengan membeli satu masker kain karya desainer lokal dan pelanggan akan secara otomatis menyumbang tiga […]
  • Open House ILP Bintaro

    Open House ILP Bintaro

    Lembaga kursus bahasa Inggris, International Language Programs (ILP) Bintaro mengadakan Open House bagi calon siswa baru pada hari Jumat, 15 Juli 2016. Open House ini merupakan acara rutin tahunan dari ILP Bintaro yang bertujuan untuk memperkenalkan calon siswa dan orang tuanya dengan proses belajar di ILP Bintaro. Setiap calon siswa dan orang tuanya diberikan kesempatan untuk […]
  • Indosat Ooredoo Berhasil Menjaga Kenaikan Trafik pada Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

    Indosat Ooredoo Berhasil Menjaga Kenaikan Trafik pada Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

    Indosat Ooredoo berhasil mempertahankan kinerja jaringan yang sangat baik selama masa liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, dengan memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggannya. Pada musin liburan kali ini Indosat Ooredoo mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 35% pada 1 Januari 2021, dimana hingga 95% dapat terlayani di jaringan 4G. Chief Technology and […]
  • Ketimbang Bekerja di Luar Negeri, Thiyen Memilih Mengembangkan Bisnis Sendiri di Indonesia

    Ketimbang Bekerja di Luar Negeri, Thiyen Memilih Mengembangkan Bisnis Sendiri di Indonesia

    Bayangan kehidupan yang lebih nyaman dan mapan seringkali membuat orang terobsesi untuk tinggal dan bekerja di luar negeri daripada bekerja atau berbisnis di Indonesia. Memang tidak dapat dipungkiri, kehidupan di negara-negara maju seringkali menjadi magnet bagi sebagian warganegara Indonesia untuk mengadu nasib di negara-negara tersebut. Namun bagi seorang Thiyen yang pernah merasakan tinggal dan menetap di […]
  • Auto Surprise di Ulang Tahun GTV ke-17

    Auto Surprise di Ulang Tahun GTV ke-17

    Rabu 9 Oktober 2019 ini akan menjadi catatan penting bagi perjalanan GTV dalam memberikan hiburan ke ruang keluarga pemirsa Indonesia.  Momentum perayaan ulang tahun GTV merupakan tayangan yang selalu ditunggu,  karena selalu ada hal unik  dan imajinatif sebagai sebuah tontonan tahunan.  Tepat di usia yang ke-17, sajian berupa kolaborasi musisi, magician dan komedian di atas […]
  • Raih Kepercayaan Bank, Smart Finance Dapatkan Fasilitas Kredit Dari Bank Mitra Niaga

    Raih Kepercayaan Bank, Smart Finance Dapatkan Fasilitas Kredit Dari Bank Mitra Niaga

    Smart Finance dan Bank Mitra Niaga telah melakukan penandatanganan kerja sama mengenai perjanjian kredit pada Senin, 14 Januari 2019 bertempat di Wisma Slipi 77 Jakarta Barat . Adapun fasilitas kredit yang diberikan Bank Mitra Niaga kepada Smart Finance sebesar Rp 10 miliar. Penyaluran kredit senilai Rp 10 miliar tersebut diberikan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan […]
  • Paramount Land Gelar Program “Green Schools”

    Paramount Land Gelar Program “Green Schools”

    Paramount Land kembali menggelar kegiatan Green Schools di Paramount Nursery, Gading Serpong, melibatkan 80 siswa/siswi dari sekolah Stella Maris International Schools, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang. “Program Green Schools merupakan agenda rutin stewardship di bidang lingkungan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2015 oleh Paramount Land,” kata Presiden Direktur Paramount Land, Ervan Adinugroho di Gading Serpong, Kabupaten […]
  • DNA Store, Tempatnya Berbelanja Busana Anda dan si Kecil

    DNA Store, Tempatnya Berbelanja Busana Anda dan si Kecil

    Kawasan  Bintaro merupakan kawasan perumahan kaum urban dimana warganya sehari-hari sudah disibukkan dengan berbagai aktivitas, dari mulai bekerja, sekolah, berbelanja dan berbagai aktivitas lain yang menyita waktu. Tidak heran, weekend adalah waktunya untuk bersantai sambil memenuhi berbagai keperluan sehari-hari. Keterbatasan waktu membuat setiap orang berpikir untuk menggunakan waktu weekend-nya seefektif mungkin. Agenda pribadi sudah dipenuhi […]
  • PT. Ichsan Medical Centre Mulai Bangun Perluasan Gedung Baru RS Ichsan Medical Centre di Bintaro

    PT. Ichsan Medical Centre Mulai Bangun Perluasan Gedung Baru RS Ichsan Medical Centre di Bintaro

    PT. Ichsan Medical Centre melalui unit usaha Health Care – Rumah Sakit, pada hari Rabu, 14 September 2016 memulai pembangunan perluasan gedung baru RS Ichsan Medical Centre Bintaro (RS IMC), Tangerang Selatan dengan tepat waktu. Groundbreaking ini dihadiri oleh pemilik, jajaran direksi Unit Usaha Health Care PT. Ichsan Medical Centre, pemerintah daerah Tangerang Selatan, serta […]
  • Telkomsel Gelar Program IndonesiaNext 2020 untuk Pengembangan Talenta Unggul Indonesia Tersertifikasi

    Telkomsel Gelar Program IndonesiaNext 2020 untuk Pengembangan Talenta Unggul Indonesia Tersertifikasi

    Telkomsel mengajak anak-anak muda Indonesia untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan daya saing sebagai sumber daya manusia unggul dengan kembali menyelenggarakan IndonesiaNEXT. Pada edisi kelima ini, IndonesiaNEXT 2020 hadir di 13 regional yang mencakup seluruh 34 provinsi di Indonesia demi menjangkau lebih banyak generasi muda di seluruh penjuru negeri. IndonesiaNEXT 2020 dibuka dengan seminar daring bertajuk […]
  • Martabak Manis Berasal Dari Indonesia atau Malaysia?

    Martabak Manis Berasal Dari Indonesia atau Malaysia?

    Sebelum kita membahas tentang asal martabak, mari mengenal terlebih dahulu istilah Kue Terang Bulan. Kue Terang Bulan atau Martabak Manis berisi cokelat. Kue Terang Bulan adalah penganan sejenis kue dadar yang biasa dijajakan di pinggir jalan di seluruh Indonesia dan Malaysia, khususnya Sabah. Juga dikenal sebagai apam pulau pinang atau martabak manis/martabak bangka (Jakarta), terang […]