Diabetes Gathering RS Premier Bintaro

Hari masih menunjukkan jam 9 pagi, namun telah banyak peserta yang hadir di diabetes gathering di Ruang Krakatau RS Premier Bintaro. Beberapa orang tampak melakukan pengecekan gula darah yang dilayani oleh para staff RS Premier Bintaro.

Acara dimulai dengan senam diabetes bersama yang diikuti dengan antusias oleh para peserta. Nah, info yang menarik buat disimak, para penderita diabetes di Bintaro dapat mengikuti senam diabetes setiap hari Minggu jam 7 pagi di RS Premier Bintaro.

diabetes_gathering_info_bintaro_1
Kegiatan pengecekan gula darah (kiri atas), senam khusus penderita diabetes (kanan atas), dr. A.B. Wardoyo, Sp.PD (kiri bawah), peserta Diabetes Gathering (kanan bawah)

Pada acara gathering ini dr. A.B. Wardoyo, Sp.PD menjelaskan bagaimana mengendalikan diabetes pada keadaan khusus seperti ketika Anda sakit, waktu di tempat pesta, saat bepergian, atau ketika Anda hamil. Sebagai contoh, apabila Anda sedang sakit, seperti demam, batuk, pilek, muntah atau mencret serta sakit lainnya. Kondisi ini akan “menaikkan’ kadar gula dalam darah diabetisi (penderita diabetes). Selanjutnya kadar gula darah yang tinggi akan memperlama proses penyembuhan penyakit, bahkan dapat memperberat perjalanan penyakit yang belum sembuh tersebut.

Saat Anda sakit, Anda wajib memeriksa kadar gula lebih sering dari biasanya, misalnya setiap 4 jam dan catatlah hasilnya. Para penderita diabetes harus terus memakai insulin dan tablet obat diabetes. Meskipun Anda mengalami kesulitan makan, Anda tetap memerlukan pengobatan diabetes. Tips lain yang patut disimak adalah minum minimal 1 gelas air (tanpa kalori dan kafein) setiap 4 jam atau 1.500 cc per hari, kecuali jika punya masalah dengan jantung.

Setelah sesi dr. A.B. Wardoyo, Sp.PD, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari dr. Hepi Hapsari, M.Gizi mengenai “Saat Diabetes Makan di Luar Rumah”. Para penderita diabetes wajib mengawasi jadwal makan, jumlah asupan dan jenis bahan makanan. Beliau memberikan contoh menu sarapan, makan siang,makan malam serta snack pagi dan snack sore bagi penderita diabetes.

diabetes_gathering_info_bintaro_2
Contoh menu makanan sehat yang aman bagi penderita diabetes

Untuk informasi lebih lanjut:

RS Premier Bintaro
Jl. M.H. Thamrin No. 1
Sektor 7 Bintaro Jaya
Tangerang Selatan 15224 – Indonesia
Tel : +62-21 2762 5500, 7455 500/600
Fax : +62-21 7455 800
Email: rspremier.bintaro@rammsayhealth.co.id
website: http://www.ramsayhealth.co.id

 

(BON)

Leave a Comment