Di Sini Jagonya Sop Ayam : Sop Ayam Jago Klaten

Siapa yang tidak tahu dengan sop ayam? Sewaktu kecil kita mungkin akrab dengan sop ayam yang dibuat oleh ibunda untuk membuat kita berselera makan. Sop ayam juga kerap dijadikan menu makan bagi orang yang sakit karena memang sop ayam memiliki nutrisi yang tinggi dan gampang dicerna. Sayangnya, sop ayam sering dianggap sebagai menu rumahan. Alhasil kita cukup sulit menemukan gerai kuliner yang menyajikan sop ayam di daftar menunya.

Berbicara tentang sop ayam, Kota Klaten di Jawa Tengah dikenal dengan sop ayamnya. Bagi Anda yang hobi wisata kuliner dan pernah singgah ke kota Klaten pasti tidak asing dengan satu gerai sop ayam yang sangat populer disana. Kepopuleran sop ayam di gerai inilah yang diyakini ikut mengangkat popularitas sop ayam dari semula dianggap sebagai menu rumahan menjadi kuliner yang layak disajikan di tempat umum.

Bagi Anda yang penasaran dengan gurihnya sop ayam asal Klaten, Anda tidak perlu jauh-jauh ke kota dalang ini. Karena Anda bisa menemukan sop ayam yang enak di Sop Ayam Jago Klaten.

Gerai Sop Ayam Jago Klaten di Kampung Utan, Ciputat

Sop Ayam Jago Klaten memiliki 2 gerai. Gerai pertama terletak di Jl.  Aria Putra (Jombang Raya) No. 15, Pondok Pucung, yang buka mulai dari 27 Maret 2017. Sedang gerai kedua berlokasi di Ruko Harvest, Jl. WR. Supratman, Kampung Utan Ciputat, yang dibuka dari 7 April 2017.

Adalah 3 orang bersahabat, Desti Rahmawati, Nala Royhana dan Tri Ertina yang semenjak duduk di bangku kuliah kompak menjalankan berbagai bisnis ala mahasiswa. Setelah lulus dari bangku kuliah, ketiganya tetap merasakan kecocokan untuk menjalankan bisnis bersama. Setelah melalui berbagai kesulitan dan proses yang tidak mudah, akhirnya mereka memutuskan untuk membangun gerai kuliner yang menyajikan sop ayam sebagai satu-satunya menu. Pertimbangan mereka untuk memilih sop ayam sebagai menu gerai yang dibangunnya sebetulnya simpel: sop ayam digemari banyak orang karena menu ini sudah akrab bagi hampir semua orang semenjak masa kecil. Kata “Ayam Jago” dipilih sebagai bagian dari nama gerainya karena mereka memiliki impian bisnis yang mereka bangun akan menjadi kuat seperti seekor ayam jago.

Ada 13 pilihan menu sop ayam yang tersaji di daftar menu Sop Ayam Jago Klaten, Dari menu-menu ini terbagi menjadi 2 kategori, nasi sop pisah dan nasi sop campur. Nasi sop pisah maksudnya adalah nasi plus sop dari bagian ayam yang terpisah seperti leher, sayap, kepala, paha, kulit, dll. Misalkan Anda memesan Sop Ayam Pisah Paha, Anda akan disajikan nasi sop dengan paha ayam tanpa kulit. Ada 12 pilihan menu nasi sop pisah. Namun bila Anda memilih menu nasi sop campur, ada 1 menu yang bisa Anda pilih, yaitu Nasi Sop Spesial Campur.

Sop Ayam Ceker (kiri) dan Sop Ayam Uritan (kanan)

Yang membuat nasi sop ayam di sini sangat berbeda dengan sop ayam rumahan maupun sop ayam di tempat lain, apalagi kalau bukan cita rasanya. Bila banyak sop ayam terasa ‘biasa’, di sini Anda bisa menikmati sop ayam yang tidak saja kuahnya terasa gurih, namun rasa gurihnya juga meresap pada daging/kulit/ati amplanya. Tidak banyak tambahan pada sop ayamnya kecuali taburan bawang goreng dan irisan daun bawang, namun justru kesederhanaan ini menunjukkan nasi sop ayam di sini rasa gurihnya berasal dari campuran bumbu-bumbu yang digunakan.

Secara harga, harga yang tercantum di daftar menu sangat terjangkau dari yang termurah Rp. 8 ribu dan yang termahal Rp. 24 ribu, kebanyakan menu harganya berkisar belasan ribu saja sudah termasuk nasi. Sebagai minuman Anda perlu memesan Es Jeruk Selasih yang menjadi favorit pengunjung di sini. Rasa segar dari jeruk sangat pas untuk menghilangkan lemak sehabis menyantap nasi sop ayam. Karena menu-menu di sini rasanya gurih dan harganya yang terjangkau, gerai Sop Ayam Jago Klaten tidak pernah sepi dari pengunjung.

Untuk pemesanan hubungi 0856 9123 1660 (gerai Kampung Utan) dan 0857 7286 8234 (gerai Pondok Pucung). Ikuti juga update lebih lanjut dari Sop Ayam Jago Klaten di Instagram @sopayamjagoklaten.

Nasi Sop Pisah Kulit (kiri) dan Es Jeruk Selasih (kanan)

 

(ES)

Leave a Comment