Di Mata Kopi, Para Penikmat Kopi Sejati Bertemu

Minum kopi telah menjadi bagian keseharian masyarakat kita. Walaupun tidak semua orang menggemari kopi, namun kopi tetap merupakan salah satu minuman terpopuler. Banyak orang menjadi pecandu kopi, namun tidak semua pecandu kopi adalah penikmat kopi. Bagi seorang penikmat kopi, minum kopi bukan hanya sekedar mata_kopi_info_bintarokebutuhan atau bagian dari gaya hidup, melainkan ada sisi yang lebih dalam yaitu kepuasan jiwa. Menikmati kopi telah dianggap sebagai seni. Bagi seorang penikmat kopi sejati rasa dan kualitas merupakan hal yang tidak bisa ditawar, ditambah dengan cara penyajian dan cara menikmatinya yang berbeda.

Tidak semua gerai kopi memberikan pengalaman menikmati kopi. Sebagian menawarkan gerainya sebagai tempat bersosialisasi, meeting point atau mengerjakan berbagai pekerjaan kantor atau kuliah. Berbeda dengan Mata Kopi, di sini pengunjung tidak hanya disuguhkan kopi dan makanan pendamping serta susasana nyaman untuk nongkrong dan mengerjakan berbagai hal, namun gerai ini lebih menawarkan pengalaman menikmati kopi yang sesungguhnya.

Mata Kopi berlokasi di Lantai Dasar Bintaro Trade Center (BTC) Blok A2 No. 11. Untuk mengaksesnya sangat mudah karena berada di belakang dari gerai Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk, bersebelahan dengan rotunda. Jam operasinya dari pukul 08.00-20.00.

mata_kopi_info_bintaro_2

Mata Kopi yang mulai beroperasi sejak awal 2016 ini merupakan pengembangan bisnis dari Benteng Nusantara Coffee, sebuah perusahaan pengumpul dan distributor kopi. Biji kopi Arabika yang diperoleh dari berbagai sentra kopi di Indonesia kemudian dipasarkan ke berbagai pelanggannya dalam bentuk biji kopi mentah. Untuk dapat lebih menjangkau pelanggan perorangan, kemudian berdirilah Mata Kopi sebagai cafe yang menyajikan minuman kopi sebagai menu utamanya.

Biji kopi yang diolah menjadi minuman kopi di Mata Kopi merupakan biji kopi terbaik dari setiap panenan kopi. Menurut Wilman, Manager Mata Kopi. Dalam  siklus hidup tanaman kopi apa pun jenisnya, dikenal istilah panen awal, panen tengah dan panen akhir sebelum tanaman kopi ditebang dan diganti dengan tanaman baru. Pada panen awal, tanaman kopi baru belajar berbuah sehingga kualitasnya belum begitu baik. Panen tengah merupakan panen yang menghasilkan biji kopi kualitas terbaik. Bijinya lebih harum dan warnanya pun lebih segar. Pada panen akhir, kualitas kopi kembali menurun. Mata Kopi hanya menggunakan biji kopi yang berasal dari panen tengah.

mata_kopi_info_bintaro_1
Biji Kopi Solok Selatan yang Berasal dari Panen Tengah

Berbagai biji kopi yang berasal dari daerah di Indonesia tersedia di Mata Kopi, seperti Kopi Bajawa asal Flores, berbagai kopi dari Pulau Jawa seperti Kopi Temanggung, Kopi Ijen, Kopi Raung, Kopi Java Preanger (Cianjur), kopi-kopi dari Sumatera seperti Kopi Gayo dengan berbagai variannya, Kopi Mandailing, Kopi Solok Selatan dan Kopi Solok Rajo, kopi-kopi dari Bali : Kopi Kintamani dan Kopi Batu Karu dan Kopi Enrekang dari Sulawesi. Berbagai varian kopi ini merupakan kopi-kopi dataran tinggi yang merupakan tipikal dari Kopi Arabika.

Lebih lanjut Wilman menjelaskan, pemilihan penggunaan Kopi Arabika bukan Kopi Robusta bukan tanpa alasan. Kopi Arabika memiliki kelebihan dari sisi rasa dan aroma yang lebih kuat dibanding Robusta. Kopi Arabika pun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi daripada Robusta, sehingga dapat diminum oleh penderita penyakit maag. Selain itu, Kopi Arabika memiliki kadar kafein yang lebih rendah daripada Kopi Robusta, sehingga konsumennya tidak perlu kuatir dengan sindrom sukar tidur jika meminum kopi.

Kategori menu minuman di Mata Kopi terbagi menjadi 3 kategori yaitu Coffee, Ice-Blended dan Non-Coffee. Kategori Coffee terdiri dari berbagai varian kopi dari mulai kopi hitam, seperti Long Black, Espresso, Ice Black Coffee, Vietnam Drip maupun kopi-kopi house blend seperti Capuccino, Machiato dan Late baik dingin maupun panas. Untuk kategori Ice-Blended, tersedia pilihan seperti Red Valvet, Chocolate, Green Tea, Cinnamon Roll dan Black Forest. Sedangkan kategori Non-Coffee terdiri dari Ice Tea, White Tea, Ice Lychee Tea, Ice Chocolate, Lime Squash, dll. Yang menarik, dari menu kopi Anda bisa memilih kopi sesuai selera Anda, misalnya Anda memilih Kopi Bajawa Long Black dengan rasa sedikit asam, maka barista akan meracik kopi sesuai selera Anda.

mata_kopi_info_bintaro_3

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pilihan kopi yang tersedia, maupun memesan kopi sesuai selera Anda, silakan menghubungi 021 – 745 8100. Dapatkan juga berbagai informasi mengenai Mata Kopi di Instagram @matakopicoffee

 

(ES)

Leave a Comment