Di KidzArt BSD, Kemajuan Individu Setiap Anak Dalam Menggambar Menjadi Perhatian Utama

Dalam proses pendidikan, setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menyerap berbagai pengetahuan yang didapatnya. Namun sayangnya tidak semua lembaga pendidikan mampu memberikan perhatian yang berbeda-beda bagi setiap anak didiknya. Seringkali pendidikan menjadi satu ajang perlombaan, sehingga yang lebih dinilai adalah hasil akhirnya. Bagi seorang anak didik, dorongan untuk berkompetisi dari lingkungannya dapat membuatnya menjadi individu yang mementingkan hasil akhir tanpa mempedulikan prosesnya, individualis dan berbagai hal yang negatif bagi perkembangannya kelak.

Sejak awal berdirinya, lembaga kursus menggambar bagi anak-anak KidzArt, menyadari sekali bahwa pendidikan bukanlah tempat untuk berkompetisi menjadi yang terbaik. Pembelajaran diarahkan untuk menghargai proses. Pelajaran menggambar menjadi satu alat untuk mengajarkan anak didik untuk mengembangkan berbagai kemampuannya tanpa harus berusaha menjadi yang terbaik. (baca juga : KidzArt, Kursus Menggambar Anak Yang Mengajarkan Proses).

kidz_art_bsd_info_bintaro

Di KidzArt BSD, hal ini terlihat sekali dalam proses belajar mengajar yang dilakukan. Setiap pengajar akan dengan sabar membimbing seorang anak untuk menguasai setiap materi belajar. Setiap anak akan dibimbing dengan cara yang berbeda. Dalam hal ini KidzArt BSD bekerja sama dengan sekolah, dimana pihak sekolah akan memberikan masukan mengenai perkembangan si anak. Misalnya, sekolah memberikan masukan bahwa si anak perlu mendapatkan perhatian dari sisi motorik kasar atau warna, maka pihak KidzArt BSD akan menjadikan masukan dari pihak sekolah sebagai catatan bagi pengajar saat si anak belajar.

Bagi pengajar di KidzArt BSD, seorang anak yang dianggap ‘kurang’ akan mendapatkan perhatian lebih. Tentunya hal ini dilakukan tanpa mengabaikan siswa-siswa yang lain. Perhatian lebih hanya dalam bentuk cara penyampaian dari pengajar.

Salah seorang staf KidzArt Bsd, Winda, menjelaskan lebih lanjut, untuk anak-anak yang berusia 2-3 tahun, penekanan diberikan lebih ke arah agar anak memiliki keberanian. Hal ini berbeda dengan anak-anak yang lebih besar, dimana lebih ditekankan agar anak memiliki kepercayaan diri yang baik. Namun, penekanan ini hanya bersifat sebagai panduan, dalam membimbing anak-anak muridnya, seorang pengajar di KidzArt menggunakan patokan dari 2 hal yaitu usia dan kemampuan. Misalkan, ada seorang murid yang usianya sudah di atas 3 tahun, namun dinilai belum memiliki keberanian, maka seorang pengajar akan menerapkan cara yang berbeda dengan teman-teman satu kelasnya dengan lebih memfokuskan untuk meningkatkan keberanian anak tersebut.

kidz_art_bsd_info_bintaro_1

Secara garis besar kurikulum di KidzArt BSD tidak berbeda dengan Kidz Art di tempat lain karena KidzArt pusat memberikan garis besar kurikulum yang diterapkan sama di semua KidzArt di Indonesia, termasuk alat gambar yang digunakan. Sama seperti KidzArt di tempat lain, KIdzArt BSD mengajarkan kepada setiap siswa untuk mampu menggunakan 23 jenis alat gambar. Perbedaan hanya dalam susunan kurikulum setiap setiap bulan, dimana masing-masing outlet menentukan sendiri. Setiap outlet juga menentukan sendiri project yang akan dijalankan setiap bulannya.

Setiap minggu, pihak KidzArt BSD akan memberikan buku yang berisi catatan mengenai perkembangan anak kepada orang tuanya. Dengan demikian orang tua dapat mengetahui kemajuan buah hatinya selama mengikuti proses belajar mengajar di KidzArt BSD.

Dengan jumlah siswa yang belajar di KidzArt BSD mencapai jumlah sekitar 150 orang, Mayoritas siswa berusia 6-7 tahun. Agara proses belajar mengajar efektif, jumlah siswa pada masing-masing kelas dibatasi jumlahnya. Untuk kelas usia 2-3,5 tahun dibatasi maksimum 4 orang murid saja, kelas usia 3,5-4,5 tahun jumlah murid dibatasi maksimum 5 orang, sedang untuk kelas usia di atas 5 tahun, jumlah murid di tiap kelasnya dibatasi maksimum 7 orang. KidzArt BSD memiliki 6 orang staf pengajar. Hari belajar Senin-Sabtu. Untuk hari Senin-Jumat, jam belajar dari pukul 11.00-18.00. Khusus Sabtu, jam belajar dari pukul 09.00-14.00.

KidzArt Bumi Serpong Damai
Ruko Madrid 2 Bl. F No. 6
BSD City, Serpong – Tangerang Selatan
Telp. : 021 – 5316 2935

 

(ES)

Leave a Comment