Berita Utama

Deretan Inovasi Terbaru Samsung Pada CES 2021 untuk Ciptakan Better Normal

Samsung Electronics Co., Ltd. membagikan visinya untuk masa depan pada Consumer Electronics Show (CES) 2021. Melalui konferensi pers virtual, Samsung memperkenalkan produk-produk baru yang menunjukkan bagaimana Samsung terus berinovasi dengan menciptakan solusi yang fleksibel, terhubung secara cerdas, dan memanfaatkan AI untuk memahami konteks guna membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah.

“Dunia kita kini nampak berbeda, dan banyak dari Anda telah dihadapkan pada kenyataan baru-kenyataan dimana makna rumah menjadi lebih penting,” jelas Sebastian Seung, President and Head of Samsung Research, pusat R&D canggih perusahaan yang memimpin pengembangan teknologi masa depan untuk produk Samsung Electronics, membahas upaya perusahaan untuk meningkatkan pengalaman teknologi di rumah. “Inovasi kami dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan lebih intuitif yang mengekspresikan kepribadian Anda. Kami bekerja keras untuk menghadirkan inovasi generasi berikutnya, dengan AI sebagai penggerak utama, untuk hari esok yang lebih baik – your better tomorrow.”

Menciptakan Pengalaman Pengguna yang Lebih Akrab dan Personal

Seiring dengan lebih banyak waktu yang dihabiskan orang-orang di rumah tahun lalu, teknologi yang mereka inginkan bergeser menjadi teknologi yang mereka butuhkan. Dengan mengandalkan teknologi tersebut, orang-orang mulai memahami berbagai cara dimana solusi yang terhubung dapat membuat hidup lebih mudah. TV sangat penting untuk hiburan – dan terkadang, kebugaran. Chromebook menjadi alat pembelajaran di rumah yang krusial. Lemari es pintar membantu belanja jarak jauh dan persiapan makan. Kebutuhan akan smartphone, tidak terbantahkan lagi.

Investasi Samsung yang berkelanjutan pada inovasi yang mampu beradaptasi dengan gaya hidup yang berkembang, memungkinkan perusahaan untuk mengimbangi perubahan cepat. Inovasi utama yang diluncurkan meliputi:

Samsung Bespoke 4-Door Flex: Versi terbaru dari kulkas Bespoke memiliki panel yang dapat diganti, hadir dengan pilihan warna dan bahan yang membuat versi aslinya sukses, memungkinkan konsumen menyesuaikan bentuk dan fungsi kulkas mereka. Model 4-Door terbaru tersedia di Amerika Utara pada musim semi ini, memiliki fitur Beverage Center™ baru, yang memberikan akses cepat ke dispenser air dan water pitcher yang terisi otomatis. Kulkas Bespoke 4 pintu juga dilengkapi dengan Dual Auto Ice Maker yang tidak hanya membuat es batu ukuran standar tetapi juga ‘ice bites’ yang lebih kecil, menyesuaikan dengan preferensi berbeda untuk minuman dingin.

MICRO LED 110 inci: Layar baru ini memiliki LED inorganik yang dapat menyala sendiri (self-lit) dengan desain Infinity Screen yang tipis dan nyaris tanpa bingkai yang menyatu dengan mulus ke dalam ruang keluarga. Hasilnya adalah pengalaman menonton yang luar biasa imersif dengan kualitas gambar yang mencengangkan. MICRO LED 110 inci juga menambahkan “4Vue” (Quad View), opsi tampilan empat layar, sehingga pengguna dapat menonton beberapa pertandingan olahraga sekaligus, atau streaming tutorial sambil bermain video game. Selain itu, bagi konsumen Amerika Serikat, lebih dari 160 saluran gratis tersedia melalui Samsung TV Plus. MICRO LED akan diluncurkan secara global mulai musim semi ini.

Lifestyle TV: Jajaran Lifestyle TV mutakhir Samsung meliputi The Serif, The Frame, The Sero, dan The Terrace-TV luar ruangan QLED 4K yang baru saja diluncurkan-serta Samsung The Premiere, proyektor laser 4K berkualitas layaknya bioskop.

SmartThings Cooking: Layanan baru dari Samsung SmartThings dirancang untuk memudahkan aktivitas kuliner pengguna. Meal Planner otomatis yang ditenagai Food AI dari Whisk akan merekomendasikan makanan selama seminggu penuh, membuat daftar belanja bahan-bahan yang dibutuhkan, dan terhubung otomatis ke penjual bahan makanan untuk proses belanja satu pintu, langsung dari kulkas Family Hub™ atau layar ponsel. Petunjuk resep dapat dikirim langsung ke perangkat memasak Samsung yang disinkronkan untuk meminimalkan kerepotan dan kesalahan.

Samsung Health Smart Trainer pada Samsung TV 2021: Samsung Health dengan mulus mengubah rumah menjadi gym pribadi, dan fitur Smart Trainer baru memonitor dan menganalisis postur tubuh secara real time, benar-benar seperti pelatih pribadi. Selama dan setelah latihan, Smart Trainer memberikan umpan balik tentang pose tubuh, membantu Anda menghitung repetisi, dan memperkirakan kalori yang terbakar. Dengan video dan pelatihan interaktif melalui kontrol suara Bixby, Samsung Health Smart Trainer meningkatkan dan mempersonalisasi pengalaman latihan di rumah.

Menghadirkan AI dan Robot ke Kehidupan Sehari-hari termasuk Rumah Tangga

Samsung telah lama menjadi yang terdepan dalam inovasi AI dan robotika, dengan tujuh pusat penelitian AI global untuk memajukan teknologi. Dengan menghadirkan AI ke produknya, Samsung menciptakan pengalaman rumah baru, mulai dari mesin cuci yang mengoptimalkan penggunaan air, deterjen, dan siklus pencucian, hingga TV dengan Quantum AI Processor yang dapat meningkatkan konten HD menjadi beresolusi 8K cemerlang.

Teknologi utama yang ditampilkan selama konferensi pers Samsung meliputi:

JetBot 90 AI: Hadir di Amerika Serikat dalam paruh pertama 2021, penyedot debu baru ini menggunakan teknologi pengenalan objek untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan objek guna menentukan jalur pembersihan terbaik. LiDAR dan sensor 3D memungkinkan JetBot 90 AI menghindari kabel dan benda kecil, sambil tetap membersihkan sudut yang sulit dijangkau di rumah pengguna. JetBot 90 AI dilengkapi dengan kamera, serta terintegrasi dengan aplikasi SmartThings untuk membantu pengguna memantau rumah.

Samsung Bot Care: Perkembangan terbaru dalam jajaran robotika Samsung yang terus bertambah, Samsung Bot Care menggunakan AI untuk mengenali dan merespons perilaku pengguna. Ia akan dapat bertindak sebagai asisten sekaligus pendamping robotik, membantu menangani hal-hal kecil dalam hidup sehari-hari. Ia juga akan mempelajari jadwal dan kebiasaan pengguna dan mengirimkan pengingat untuk membantu memandu pengguna menjalani kesibukan sepanjang hari.

Samsung Bot Handy: Juga dalam proses pengembangan, Samsung Bot Handy akan mengandalkan AI canggih untuk mengenali dan mengambil objek dengan berbagai ukuran, bentuk, dan berat, menjadi perpanjangan dari pengguna dan membantu mengerjakan pekerjaan di dalam rumah. Samsung Bot Handy akan mampu membedakan komposisi bahan berbagai benda, memanfaatkan tingkat kekuatan yang tepat untuk mengambil dan memindahkan barang-barang rumah tangga, bekerja sebagai mitra terpercaya untuk membantu pekerjaan rumah seperti membersihkan kamar yang berantakan atau memilah-milah piring setelah makan.

Memandang ke masa depan, Samsung juga mengembangkan pengaplikasian nyata lainnya dari teknologi AI untuk kehidupan sehari-hari. Samsung terus membangun Samsung Bot Retail, yang akan memandu pengguna di luar rumah dalam lingkungan retail, dan GEMS, exoskeleton Samsung yang berfokus pada kesehatan sebagai pendukung mobilitas. Inovasi ini memungkinkan robot dan perangkat robotik untuk hidup berdampingan dengan manusia, meningkatkan kehidupan manusia dan mendukung berbagai gaya hidup dan lingkungan yang berbeda.

Teknologi untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Samsung menutup konferensi pers CES 2021 dengan berbagi lebih banyak tentang visi brand, tentang bagaimana teknologi dapat mendukung kemajuan dan menciptakan hari esok yang lebih baik untuk semua. Samsung percaya bahwa tidak ada solusi tunggal yang menyelesaikan semua hal; masa depan yang berkelanjutan membutuhkan investasi dalam spektrum yang luas. Itulah mengapa Samsung berfokus pada tiga area penting yang paling diuntungkan oleh inovasi teknologi: keberlanjutan, pendidikan, dan aksesibilitas.

“Di Samsung, kami selalu mencari cara untuk membangun masa depan yang lebih baik, lebih berkelanjutan,” sebut Sandeep Rana, Senior Manager, Environmental Sustainability Specialist at Samsung, yang menyampaikan pesan keberlanjutan Samsung dalam konferensi pers. “Dengan fokus pada lingkungan, orang, dan masyarakat, kami akan terus menyediakan alat dan teknologi yang bertanggung jawab kepada konsumen kami untuk mengatasi tantangan saat ini dan memungkinkan masa depan yang lebih baik bagi semua.”

Sebagai bagian dari komitmennya untuk menciptakan ekonomi sirkuler, Samsung mengembangkan program dan solusi kemasan yang mempromosikan siklus hidup produk yang berkelanjutan, dari awal hingga akhir:

Galaxy Upcycling at Home: Samsung mengumumkan pembaruan untuk program Galaxy Upcycling yang disebut Galaxy Upcycling at Home. Program baru ini menata ulang siklus hidup ponsel Galaxy lama dan menawarkan opsi kepada konsumen tentang bagaimana mereka dapat menggunakan kembali (repurpose) perangkat mereka untuk membuat berbagai alat IoT yang nyaman.

Kemasan TV Ramah Lingkungan (Eco Packaging): Selain itu, Samsung mengumumkan bahwa kemasan eco-packagingnya akan diperluas untuk produk QLED, UHD TV, monitor, dan audio pada tahun 2021. Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan untuk kesadaran lingkungan, Samsung menciptakan produk dan solusi, dengan keberlanjutan sebagai intinya. Contohnya, Solar Cell Remote Control baru dari Samsung yang sebagian dibuat dengan plastik daur ulang, dapat diisi ulang dayanya melalui sinar matahari atau pencahayaan indoor, mengurangi limbah baterai.

Percaya bahwa generasi masa depan akan memainkan peran penting dalam membangun masa depan yang berkelanjutan, Samsung juga memprioritaskan pendidikan teknologi melalui Samsung Solve for Tomorrow, yang mendorong kaum muda untuk menggunakan teknologi secara kreatif untuk memecahkan tantangan di komunitas, dan Samsung Innovation Campus, yang membantu siswa mengembangkan keterampilan teknikal dan personal untuk pekerjaannya di masa depan.

Samsung juga menyoroti pada acara tersebut cara-cara membuat produknya menjadi lebih inklusif dan aksesibel bagi semua orang. Aplikasi SeeColors dirancang untuk membantu mereka yang memiliki color vision deficiency (CVD) untuk menyesuaikan pengaturan pada QLED TV 2021 mereka untuk pengalaman menonton yang lebih baik, dan fitur Sign Language Zoom pada TV memastikan bahwa semua orang, terlepas dari kemampuannya, dapat dengan mudah menikmati keunggulan teknologi terdepan.

Terakhir, memahami betapa menantangnya untuk menyeimbangkan kehidupan digital dan analog kita, Samsung mempersembahkan fitur Digital Wellbeing, yang dirancang untuk membantu orang-orang mengendalikan dan mengelola waktu digital mereka, sehingga mereka dapat menggunakan teknologi untuk memperbaiki kehidupan dan memberdayakan diri sendiri.

(EGA)

 

Baca Juga

  • Hotel Santika Premiere Bintaro Turut Meriahkan HUT Tangsel

    Hotel Santika Premiere Bintaro Turut Meriahkan HUT Tangsel

    26 November 2016 kali ini Kota Tangerang Selatan merayakan hari jadinya yang ke-8. Hotel Santika Premiere Bintaro akan turut memeriahkan dengan menghadirkan berbagai promo menarik. 26 – 28 November 2016, menginap di Hotel Santika Premiere Bintaro tersedia mulai harga Rp. 728,000,-, sudah termasuk sarapan pagi untuk dua orang, diskon 15% untuk Food & Beverage di […]
  • Lintasarta Luncurkan Mobile Workforce VPN Permudah Bisnis Pelanggan Hadapi Pandemi Covid-19

    Lintasarta Luncurkan Mobile Workforce VPN Permudah Bisnis Pelanggan Hadapi Pandemi Covid-19

    Sebagai upaya mendukung penanganan pandemi COVID-19, perusahaan Information and Communications Technology (ICT) Total Solution Lintasarta meluncurkan Mobile Workforce VPN (Virtual Private Network). Dengan diluncurkannya Lintasarta Mobile Workforce VPN diharapkan dapat membantu memperlancar proses bisnis para perusahaan di Indonesia dalam menghadapi Pandemi COVID-19. “Kami berharap dapat membantu peoses bisnis para pelanggan Lintasarta agar dapat tetap produktif […]
  • HERO TEACHING 2017: Menginspirasi Generasi Penerus Bangsa  dengan Pendekatan Kreatif

    HERO TEACHING 2017: Menginspirasi Generasi Penerus Bangsa dengan Pendekatan Kreatif

    Pendidikan adalah aspek yang sangat penting dalam pembangunan suatu Bangsa, karena pendidikan dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan Bangsa. Menyadari hal tersebut, Hari ini Selasa, 2 Mei 2017 HERO Group kembali menyelenggarakan HERO TEACHING di SDN Lengkong Gudang, Tangerang Selatan. Program ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional serta sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan pendidikan […]
  • IM3 Ooredoo Sambut Ramadan dengan Kampanye Tidak Ada yang Lebih Penting dari Silaturahmi

    IM3 Ooredoo Sambut Ramadan dengan Kampanye Tidak Ada yang Lebih Penting dari Silaturahmi

    Untuk pertama kalinya, masyarakat Indonesia akan menyambut dan menjalani bulan Ramadan dalam suasana berbeda seiring dengan pandemi Covid-19. Melihat kondisi saat ini, momen Ramadan yang biasanya akan diisi dengan kegiatan “ngabuburit”, buka puasa bersama, hingga perjalanan mudik saat Lebaran dihimbau agar tidak dilakukan, guna untuk mendukung kebijakan physical distancing sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 […]
  • Bazaar Sport, Fashion dan Hobbies di BXC

    Bazaar Sport, Fashion dan Hobbies di BXC

    Akhir pekan merupakan saat yang tepat untuk berjalan-jalan bersama keluarga. Hari Minggu, 5 Juni 2016 adalah hari terakhir Bazaar Sport, Fashion dan Hobbies yang diselenggarakan di lantai dasar (LG) Bintaro Exchange Mall. Ada apa di bazaar tersebut? Di antara booth-booth bazaar terdapat booth fashion yang menjual pakaian trendy dan kalung etnik yang cantik rupawan. Serta […]
  • Cleveland Cyclewerks Resmi Hadir di Indonesia

    Cleveland Cyclewerks Resmi Hadir di Indonesia

    Cleveland CycleWerks Indonesia secara resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia. Hal ini ditandai dengan Grand Opening yang dilakukan PT. Sumatra Motor Indonesia, sebagai keagenan Cleveland CycleWerks di Indonesia, pada Kamis, 13 Juli 2017 di Aviary Hotel Bintaro. Grand Opening ini berlanjut dengan peresmian showroom utamanya di Indonesia, yang terletak di kawasan Bintaro, pada hari Minggu, 16 […]
  • Kerjasama dengan Korlantas Polri, Telkomsel Hadirkan Live-Streaming 50 CCTV di Jalur Mudik lewat MAXstream

    Kerjasama dengan Korlantas Polri, Telkomsel Hadirkan Live-Streaming 50 CCTV di Jalur Mudik lewat MAXstream

    Untuk memudahkan pelanggan mendapatkan informasi mudik, Telkomsel bekerjasama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) menghadirkan saluran Mudik Hepi 2019 di aplikasi MAXstream yang dapat diakses dari tanggal 27 Mei 2019 hingga 26 Juni 2019 dengan tanpa biaya tambahan. Saluran Mudik Hepi 2019 di MAXstream menghadirkan pantauan keadaan jalur mudik melalui 50 CCTV […]
  • Lembutnya Sate Kambing Muda di Sate Tegal Maklibul

    Lembutnya Sate Kambing Muda di Sate Tegal Maklibul

    Mendengar nama Tegal biasanya imajinasi kita langsung melayang ke warteg alias warung tegal. Memang nama tegal sangat identik dengan warteg karena menjamurnya warung makan sederhana murah meriah bernama warteg di berbagai pelosok wilayah di Indonesia. Namun Tegal ternyata bukan hanya warteg, belakangan ini sate kambing asal Tegal semakin populer. Kepopuleran ini dipicu penggunaan singkatan yang cukup […]
  • Shopee Hadirkan 17 Agustus Merdeka Sale dengan Sekotak Harapan

    Shopee Hadirkan 17 Agustus Merdeka Sale dengan Sekotak Harapan

    Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan hadirkan semangat kemerdekaan dalam kampanye 17 Agustus Merdeka Sale pada tanggal 10 hingga 17 Agustus 2020. Tahun ini, perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 tahun akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tengah kondisi seperti ini, keterbatasan ruang gerak tidak hanya merubah gaya hidup tetapi […]
  • Grab Luncurkan Grab Ventures dengan Investasi Rp 3 Triliun (US$250 Juta) Sebagai Wujud Komitmen bagi Startup-startup In

    Grab Luncurkan Grab Ventures dengan Investasi Rp 3 Triliun (US$250 Juta) Sebagai Wujud Komitmen bagi Startup-startup In

    Grab, mobile platform O2O (online-to-offline) terdepan di Asia Tenggara, hari ini meluncurkan Grab Ventures di Indonesia yang merupakan perpanjangan tangan dari inovasi terbaru perusahaan, dengan investasi senilai Rp 3 triliun (US$250 juta) bagi para startup Tanah Air. Grab Ventures bertujuan untuk membantu startup-startup Indonesia pilihan untuk tumbuh lebih cepat di tingkat nasional dan juga Asia […]
  • Gandeng Blibli, Kementerian Koperasi dan UKM Luncurkan KUMKM Hub

    Gandeng Blibli, Kementerian Koperasi dan UKM Luncurkan KUMKM Hub

    Sejak kasus pertama Covid-19 dinyatakan masuk ke Indonesia di awal Maret 2020, sektor informal/UMKM merasakan dampak mendalam atas pandemi ini. Berbeda dengan krisis ekonomi 1998 atau krisis global 2008, di mana UMKM mampu bertahan bahkan menjadi pendorong perekonomian untuk bangkit, krisis akibat pandemi ini memukul sektor UMKM di baris awal. Berdasarkan hasil pendataan dampak Covid-19 […]
  • Belanja di Shopee Paket Bersih, Tak Perlu Risih

    Belanja di Shopee Paket Bersih, Tak Perlu Risih

    Memasuki masa Pembayaran Sosial Berskala Besar (PSBB) masyarakat, khususnya yang berada di Jabodetabek akan memiliki keterbatasan ruang gerak, sehingga terdapat penyesuaian dalam pemenuhan kebutuhan. Salah satu opsi yang bisa dimaksimalkan adalah belanja di e-commerce karena pengiriman paket masih tetap diperkenankan dalam period PSBB. Selain memiliki banyak keuntungan seperti banyaknya promo, cashback, dan gratis ongkir, dengan […]
  • AHM Inisiasi Kontes Kreativitas Mengajar Guru SMK

    AHM Inisiasi Kontes Kreativitas Mengajar Guru SMK

    Melanjutkan komitmen berkesinambungan dalam mendukung pendidikan vokasi di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) menginisiasi Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020. Kegiatan ini menjadi bentuk dukungan bagi para guru dalam proses belajar mengajar secara daring untuk penerapan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di 682 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia. Pembelajaran secara […]
  • Dukung Kemajuan Pendidikan, BNI Syariah Gelar Pelatihan Platform Sekolah Pintar

    Dukung Kemajuan Pendidikan, BNI Syariah Gelar Pelatihan Platform Sekolah Pintar

    BNI Syariah bekerjasama dengan PT Teknologi Kartu Indonesia meluncurkan platform pengelolaan keuangan dengan nama Platform Sekolah Pintar. Platform ini diharapkan bisa menjadi solusi pengelolaan keuangan di bidang pendidikan. Teknologi kartu (host to host) dalam platform ini menggunakan virtual account sehingga bisa mempermudah transaksi dan pemantauan keuangan. Selain itu informasi yang diberikan juga lebih mudah diakses. […]
  • Jalur Alternatif Keluar Area Taman Jajan Bintaro Telah Dibuka

    Jalur Alternatif Keluar Area Taman Jajan Bintaro Telah Dibuka

    Antrian panjang kendaraan yang akan keluar dari area Taman Jajan Bintaro yang kerap terjadi pada jam-jam sibuk di malam hari ternyata sudah ditindaklanjuti oleh pengelola dengan membuka jalur alternatif melalui kawasan Bursa Mobil Bintaro di sisi selatan dari Kawasan Taman Jajan. Hal ini dilakukan karena semakin bertambahnya pengunjung Taman Jajan sehingga mengurangi kenyamanan pengunjung, rupanya […]
  • Taat Lapor Pajak Saat Pandemi

    Taat Lapor Pajak Saat Pandemi

    Di tengah pandemi ini, banyak fenomena yang terjadi di sekitar kita. Dari cemas karena takut kehabisan sembako, masker, hand sanitizer dan lain sebagainya. Pada dasarnya hal tersebut terjadi karena manusia berusaha untuk bertahan dari berbagai ancaman. Masyarakat berespon terhadap suatu keadaan. Ada yang berespon secara positif, namun tak ayal ada juga yang memanfaatkannya untuk meraup […]
  • Vivo Buka Kesempatan Pre-Order V15 Pro

    Vivo Buka Kesempatan Pre-Order V15 Pro

    Vivo secara resmi membuka keran pemesanan atau Pre-Order smartphone terbaru Vivo V15 Pro di Indonesia dengan harga resmi Rp5.699.000. Hadir dengan sejumlah fitur unggulan 32MP Pop-Up Camera, Ultimate All Screen, AI Triple Camera dengan AI Super Night Mode, RAM dan ROM 6GB+128GB, serta Screen Touch ID, Vivo V15 Pro menawarkan pilihan stylish. Konsumen Indonesia dapat […]
  • Wings Luncurkan Masker 3 Ply Wingscare Protector

    Wings Luncurkan Masker 3 Ply Wingscare Protector

    Wings Corp, melalui Wings Care, selalu berusaha untuk menghadirkan produk-produk berkualitas yang mengutamakan kesehatan dan perlindungan bagi konsumen tanah air. Hanya dalam kurun waktu yang singkat, Wings Care kini meluncurkan masker 3 ply dengan merek Wingscare Protector untuk melindungi masyarakat. Hal ini dilakukan demi membantu menjawab kebutuhan konsumen akan masker dengan cepat di tengah pandemi […]
  • Mau Lulus Sekolah? Perlu Gak Sih Buat Buku Tahunan?

    Mau Lulus Sekolah? Perlu Gak Sih Buat Buku Tahunan?

    Buku tahunan (yearbook) merupakan salah satu hal penting yang dibagikan pada saat pesta kelulusan siswa. Buku tahunan juga dapat menjadi media promosi sekolah dan sebagai sarana silaturahmi antara siswa dan guru. Dengan buku tahunan, para siswa dapat mengenang kembali masa-masa indah di sekolah. Selain itu juga, dengan buku tahunan para siswa dapat mencari informasi alamat, […]
  • Telunjuk.com Dorong UMKM Melek Data untuk Beradaptasi dengan Transformasi Digital melalui Inisiatif Compas.co.id

    Telunjuk.com Dorong UMKM Melek Data untuk Beradaptasi dengan Transformasi Digital melalui Inisiatif Compas.co.id

    Tidak dipungkiri lagi bahwa UMKM Indonesia menjadi salah satu penopang ekonomi nasional. Di Indonesia sendiri, terdapat 64,2 juta unit UMKM yang tercatat oleh Badan Pusat Statistik dimana 13% dari keseluruhannya telah go digital.  Hal ini menunjukkan bahwa potensi pasar UMKM digital terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang. Sayangnya, banyak pelaku UMKM belum […]

Tinggalkan Balasan