Dari Depok ke Kansas, Untuk Penggemar Menu Barat : Warung Kansas

warung_kansas_2

Bagi Anda yang pernah atau sedang menjalani masa-masa kuliah di kampus UI Depok, Anda tentu tahu beberapa istilah-istilah yang populer di kampus “jaket kuning’ itu beserta dengan cerita-cerita lucu dan konyol ala mahasiswa. Istilah-istilah seperti ‘balsem’, ‘kutek’ begitu populer hingga saat ini. Balsem yang merupakan singkatan dari ‘balik semak’ merujuk pada nama kantin di FISIP yang populer dengan istilah Kantin Balsem, atau Kutek yang merupakan singkatan dari Kukusan Teknik yang merupakan lokasi kos-kosan mahasiswa di depan Fakultas Teknik. Seperti juga dengan istilah ‘Kansas’ yang merupakan singkatan dari Kantin Sastra. Istilah ini begitu populer di kalangan mahasiswa jomblo yang sedang berjuang menyelesaikan kuliahnya sekaligus mencari calon ‘pendamping wisuda’ alias jodoh. Kantin di Fakultas Sastra UI yang mayoritas terdiri dari kaum hawa merupakan ajang mencari jodoh bagi mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari fakultas-fakultas lain yang minim kaum hawanya, dengan bermodus mengisi perut.

Istilah Kansas inilah yang menginspirasi seorang Vanessa Hassanbasry yang merupakan alumnus dari Fakultas Sastra UI saat membangun usaha kulinernya dengan menamainya Warung Kansas. Nama Kansas selain mengingatkannya dengan nama Kantin Sastra semasa kuliahnya, juga untuk membangun imej bahwa menu-menu yang tersedia merupakan menu ala barat. Vanessa yang pernah lama tinggal di Amerika Serikat ini juga adalah seorang penggemar makanan barat, sehingga ia sangat menguasai cara mengolah menu-menu barat. “Kalau untuk Warung Kansas, kami menyesuaikannya dengan lidah orang Indonesia.” Ia bercerita kepada Info Bintaro yang menyambangi gerai kulinernya di Warung Jajan Veteran (baca juga : Warung Jajan Veteran, Tempat Nongkrong Murmer Yang Tidak Murahan).

Dalam mengelola Warung Kansas, Vanessa bersama saudaranya Rama Fauzi, mengembangkan menu-menu barat dengan menggunakan bahan-bahan masakan dari lokal Indonesia sendiri. Hal ini bertujuan untuk memberikan harga yang terjangkau bagi pengunjung gerainya. “Kita tahu kalau bahan-bahan masakan impor harganya tidak murah, tentunya itu akan berpengaruh terhadap harga jual menu-menu kami,” Vanessa menjelaskan. Info Bintaro melihat di daftar menu, memang harga-harga yang tercantum cukup murah untuk ukuran kuliner barat, harga termahal adalah Rp. 18.000. Rama, yang lama bermukim di Jerman  menambahkan, “Kami meracik menu-menu yang disajikan dengan menggunakan bahan-bahan lokal sehingga disamping harganya lebih terjangkau, kami juga memiliki keleluasaan untuk menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Jika menu-menu yang kami racik rasanya persis seperti menu-menu barat di Amerika, belum tentu cocok dengan lidah kebanyakan orang Indonesia.”

BACA JUGA  Kepingin Makan Masakan Korea? The Bulgogi Tempatnya, Dijamin Kepingin Balik Lagi...

Info Bintaro pun tergoda untuk mencoba 2 menu andalannya, yaitu Ramen Burger dan Chilli Fries. Saat menu-menu ini terhidang, kami pun segera mencobanya. Hal pertama yang kami rasakan saat memakan daging pengisi Ramen Burger adalah rasa yang sangat nikmat. Daging gilingnya terasa lembut berpadu dengan rasa bumbu yang kuat namun tidak menyengat. Kami mengamini, kalau rasa Ramen Burger ini cocok bagi lidah orang Indonesia yang lebih menyukai cita rasa yang ‘nendang”. Demikian juga saat kami mencoba Chilli Fries, kentangnya terasa lembut dikunyah dan samar-samar terasa nuansa keju terasa nikmat saat dicocol dengan saus tomat buatan sendiri. Secara jujur kami mengakui, baik Ramen Burger maupun Chilli Fries yang disajikan layak direkomendasikan, rasanya lebih enak dari burger atau french fries dari restoran-restoran cepat saji ternama.

warung_kansas_1
Ramen Burger
warung_kansas_3
Chilli Fries

Menu-menu barat lainnya yang tersedia di Warung Kansas adalah Pizza Manis dan Chili Dog. Di samping itu Warung Kansas memiliki menu andalan lainnya yaitu Meat & Cheese Ball. Sayang menu ini hanya tersedia untuk delivery order. Menu-menu lainnya yang tersedia untuk delivery order adalah Lasagna, Cookies, Peanut Butter Cookies, Apple Pie dan Bread Pudding. Informasi tambahan yang kami peroleh, menu-menu yang ada tidak menggunakan bahan pengawet sedikit pun dan Warung Kansas hanya menggunakan bahan-bahan makanan yang halal.

Warung Kansas buka setiap hari dari pukul 18.00-24.00. Untuk delivery order harus dilakukan minimum 2 hari sebelumnya. Untuk delivery order dapat menghubungi 0856 7834 686 atau 0812 6807 9455.

 

(ES)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply