Dari Bintaro ke Berlin, Program Sekolah Bisa

Program “Sekolah Bisa” merupakan suatu kerja sama antara The Body Shop dan British International School (BIS) untuk membantu anak-anak putus sekolah yang bekerja sebagai pemulung atau pengemis di area Bintaro, dengan cara memberikan akses pendidikan. Anak-anak pemulung atau pengemis yang dibina sehari-harinya bertempat tinggal di Pondok Bulakan sebuah kawasan pemukiman kumuh yang dihuni oleh para pemulung, tidak jauh dari Stasiun Pondok Ranji, Bintaro. Anak-anak yang dipilih merupakan anak putus sekolah dengan rentang usia 5 hingga 13 tahun. Sekolah Bisa berdiri pada tanggal 8 April 2011, di atas tanah hibah dari The Body Shop dengan bangunan yang pembangunannya dibiayai oleh British International School.

sekolah_bisa_info_bintaro_1
Sebagian siswa Sekolah Bisa

The Body Shop sebagai sebuah korporasi, memiliki misi sosial yang diwujudkan dengan mewajibkan setiap karyawan untuk melakukan suatu kegiatan yang bersifat sosial setiap tahunnya. Ada sebagian karyawan dari The Body Shop yang menjadi pengajar dari Sekolah Bisa ini. Sementara bagi BIS, Sekolah Bisa merupakan suatu bagian dari mata ajaran Creative, Action, dan Service (CAS) yang mengajarkan berbagi dan bertanggung jawab terhadap kondisi sekitar. Bagi siswa yang ingin lulus mata pelajaran ini, harus mengajar dan bertanggung jawab penuh pada sekolah dan adik-adik asuhnya. Di awal berdirinya Sekolah Bisa, dana operasional dari Sekolah Bisa yang menghabiskan Rp 70 juta per tahun merupakan kumpulan dari hadiah perlombaan sosial yang dilakukan oleh internal BIS.

Seiring dengan berjalannya waktu, diharapkan perlahan-lahan Sekolah Bisa, yang saat ini memiliki 25 orang siswa, bisa menjadi mandiri untuk mencukupi dana operasionalnya. Disinilah tantangan itu timbul, sebagai sekolah yang tidak menarik biaya sedikit pun, perlu ada kepastian dana pendukung supaya sekolah ini dapat terus berjalan dan semakin banyak lagi anak-anak putus sekolah yang terbantu.

sekolah_bisa_info_bintaro_4
Siswa/i Sekolah Bisa sedang belajar matematika

Equo Integrated Movement Training (Equo IMT), sebuah komunitas yang disatukan oleh minat untuk memiliki tubuh yang sehat dengan olah raga atletik, terpanggil untuk memberikan jalan keluar bagi kebutuhan dana operasional Sekolah Bisa. Komunitas yang anggotanya terdiri dari kaum profesional di berbagai perusahaan terkemuka ini rutin mengadakan latihan di Playparq Futsal Bintaro, Jl. Bintaro Taman Barat Kav. 10, Bintaro Jaya Sektor 1 setiap hari Minggu, pukul 06.30 – 08.00. Berbagai jenis latihan fisik menjadi menu latihan setiap minggunya. Tidak hanya berlatih di Playparq saja, komunitas ini pun sering mengambil bagian pada event Car Free Day (CFD) di jalan Sudirman, Jakarta, serta berbagai tempat lainnya di luar Jakarta. Pada kesempatan-kesempatan tertentu, instruktur-instruktur profesional, baik dari dalam mau pun luar negeri, juga diundang untuk memberikan tambahan pengetahuan dan meningkatkan teknik dalam berlatih fisik.

sekolah_bisa_info_bintaro_2
7 pelari marathon yang akan mengikuti Berlin Marathon 2016 (4 pria berjongkok dan 3 wanita berdiri – baju kaos warna orange) berpartisipasi pada Car Free Day

Dalam setiap pertemuannya, anggota komunitas juga dihimbau untuk memiliki kepedulian terhadap sesama dengan cara berdonasi. Salah satu wujud kepedulian itu, dengan membuka suatu halaman untuk berdonasi di website kitabisa.com, yaitu suatu website yang bertujuan untuk menggalang dana yang bersifat sosial  (https://en.kitabisa.com/sekolahbisa). Program Sekolah Bisa adalah program yang menjadi fokus dari komunitas ini, karena semua anggota komunitas ini berdomisili di Bintaro. Kepedulian terhadap sesama, khususnya anak-anak putus sekolah menjadi perhatian dari komunitas ini, sebagai bagian untuk membentuk kesehatan secara menyeluruh, baik tubuh mau pun jiwa.

Tidak hanya mengandalkan dana dari donasi anggota mau pun simpatisan, komunitas ini terus bergerak untuk mencari alternatif pendanaan bagi Sekolah Bisa. Komunitas ini memiliki harapan kelangsungan Sekolah Bisa bukan hanya untuk saat ini, melainkan sampai 7 tahun ke depan bahkan untuk seterusnya. Salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan adalah menggandeng perusahaan-perusahaan untuk bekerjasama, seperti yang dilakukan dengan Bank BNI. Bank BNI yang pada tanggal 5 Juli 2016 kemarin berulang tahun ke-70, memiliki kepedulian untuk membangun negeri. Sesuai dengan tema ulang tahunnya, Sinergi Membangun Negeri, keinginan BNI untuk bekerjasama dengan berbagai pihak ini disampaikan oleh Direktur Utama Bank BNI, Achmad Baiquni, pada Kick Off Ulang Tahun BNI yang ke-70 yang berlangsung pada tanggal 26 Februari 2016 lalu.

sekolah_bisa_info_bintaro_3
2 orang siswa Sekolah Bisa sedang belajar menjahit

Dukungan dari Bank BNI terhadap Equo IMT adalah dukungan pendanaan 7 anggota Equo IMT untuk mengikuti salah satu ajang lari marathon terakbar di dunia, Berlin Marathon 2016, yang akan berlangsung pada tanggal 25 September 2016, di kota Berlin, Jerman. Keikutsertaan Equo IMT ini memiliki misi utama untuk membawa nama Indonesia di tingkat internasional, dan menggalang dana bagi kebutuhan Sekolah Bisa. Sebagaimana kita ketahui, kebutuhan dana bagi kelangsungan Sekolah Bisa ini juga tidak hanya untuk 7 tahun ke depan, melainkan juga untuk seterusnya, sehingga semakin banyak anak putus sekolah yang terbantu dengan wilayah yang lebih luas lagi, tidak hanya Bintaro. Itu sebabnya, penggalangan dana tidak cukup dilakukan dengan mengandalkan donasi anggota dan simpatisan semata, melainkan juga berbagai cara, termasuk keikutsertaan pada Berlin Marathon 2016. Program kerjasama dengan BNI ini diberi nama 7.70 Berlin Marathon 2016. 7.70 berasal dari 7 pelari marathon yang akan mewakili Equo IMT (dan Indonesia) dan 70 merupakan 70 tahun hari lahir Bank BNI.

Sekolah Bisa telah ada dan akan terus ada karena adanya keinginan untuk berbagi. Kepedulian kita adalah secercah harapan bagi mereka, demi Indonesia yang lebih baik.

Website :

https://www.facebook.com/Sekolah-BISA-183193601711840/?fref=ts
https://sekolahbisa.wordpress.com
https://www.facebook.com/equo.integrated.movement.training
Instagram : equo_imt

Equo Fit Farm Integrated Movement Training – Bintaro

Jakarta, ID
187 Members

About Equo Integrated Movement TrainingBased on the concept of freedom of movement, EQUO challenges how we interact the mind and the muscles. Our movements was created to all…

Check out this Meetup Group →

 

(ES) – dari berbagai sumber

 

Leave a Comment