Rab. Des 11th, 2019

Comfort Food and Well-Being

Ketika saya merasa kesal ataupun memiliki beban, makan sebungkus nasi padang dari  kedai langganan saya dengan lauknya (apapun) menggunakan tangan membuat saya merasa bahagia. Apalagi ketika menjilat bekas nasi dan kuah di tangan. Beban yang ada terasa lebih ringan karena hati menjadi lebih riang.

Foto: Instagram @SariRendang_Bintaro

Nasi padang bagi saya adalah salah satu comfort food. Istilah comfort foodpada dasarnya sudah tidak asing lagi. Comfort foodadalah makanan yang membuat Anda merasa lebih bahagia ketika mengkonsumsinya. Saya bisa saja merasa bahagia ketika makan nasi padang atau semangkuk sop buatan ibu saya. Anda dapat merasa bahagia dengan semangkuk mie instan atau makanan lainnya.

Makanan tersebut membawa Anda pada perasaan lega, nyaman, bahkan dapat membangkitkan kenangan akan masa yang lalu seperti masa kanak-kanak.  Biasanya makanan yang membuat kita merasa bahagia adalah makanan yang juga kita sukai ketika kita masih kecil.

Makanan yang membuat kita nyaman pada masa itu membuat kita ingin kembali pada “masa nyaman” tersebut  ketika kita mengalami hal yang tidak mengenakkan.  Apakah benar comfort food dapat mengubah mood Anda?

Seperti apa contoh comfort food, silahkan simak videonya di https://www.youtube.com/watch?v=AxJ1YGnc1nY

Berdasarkan teori biopsikologi, makanan yang Anda makan terutama yang mengandung karbohidrat dapat meningkatkan hormon serotonin yang dapat membuat kita merasa lebih bahagia. Oleh karena itu kita cenderung menginginkan makanan yang mengandung karbohidrat atau gula ketika kita merasa sedih.

Peneliti dari Amerika meneliti mengenai mitos mengenai comfort food ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi comfort food merasakan bahwa suasana hati mereka berubah, namun perubahan suasana hati ini juga dirasakan saat kita menikmati makanan lain, atau melakukan hal yang menyenangkan.

BACA JUGA  Sains itu Menyenangkan

Jadi comfort food membuat Anda nyaman, karena adanya keyakinan bahwa hal tersebut membuat kembali pada momen atau saat nyaman Anda. Dengan menikmati hidup Anda, menikmati berkat dan apapun yang menyenangkan di sekitar Anda ternyata juga dapat membuat kita merasa bahagia. Tetapi tidak ada salahnya, saat Anda merasa sedih, Anda dapat merasakan hangatnya sup buatan ibu, atau sekedar teh hangat di sore hari untuk menghilangkan kepenatan.

Selamat mencoba untuk bahagia!

Penulis:

Clara Moningka
Staf Pengajar Program Studi Psikologi
Fakultas Humaniora dan Bisnis
Universitas Pembangunan Jaya

Sumber:

Does Stress Make Us Crave Bad Food?https://www.youtube.com/watch?v=OBmmHpUGNv0

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

You may have missed

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap. “Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12”, ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak. “Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka”, tambah Erick. Informasi lebih lanjut mengenai promo KALAP 12.12 bisa dilihat di bukalapak.com.