Ming. Sep 22nd, 2019

Combro pun Dapat Dinikmati di Berbagai Belahan Dunia: Frozen Snack Ratna Natya’s Kitchen

Siapa yang tidak  kenal combro? Makanan tradisional berbahan dasar singkong yang diisi oncom kemudian digoreng dan dimakan dengan cabai rawit. Nikmat sekali menyantap comro yang masih panas dengan segelas teh manis atau kopi di saat hujan. Orang mengatakan, mertua lewat pun tidak tahu 🙂 Memang nikmatnya combro membuat cemilan satu ini memiliki banyak penggemar fanatik. Sayangnya, combro tidak mudah didapatkan. Umumnya kita bisa membeli di penjual gorengan, itu pun hanya sedikit penjual gorengan yang menjual combro. Kalau pun ada, tidak selalu combronya cukup enak. Seringkali kita mendapatkan combro yang pahit atau cukup keras.

Kini Anda dapat menikmati combro kapanpun dan dimanapun dengan combro-combro frozen dari Ratna Natya’s Kitchen. Produk-produk cemilan ringan seperti combro, risoles, karipap, otak-otak dan cilok, yang biasanya sulit untuk didapatkan bisa Anda santap kapanpun di rumah atau di tempat lain yang memungkinkan dengan produk-produk cemilan beku (frozen). Frozen snack ini cukup diproses dengan cara yang praktis, seperti digoreng atau dimasukkan microwave, Anda pun siap menyantap cemilan enak dan sehat.

ratna_natyas_kitchen_info_bintaro_1

Ratna Dewi Setyawati sebagai pemiliki Ratna Natya’s Kitchen menjelaskan, ide awal dari usaha yang dibangunnya berawal dari tahun 2011, dengan kepindahan keluarganya ke wilayah Bintaro setelah melahirkan anak keduanya. Kesibukan sehari-harinya sebagai ibu rumah tangga dengan segala rutinitasnya membuatnya berpikir untuk memiliki usaha sendiri. Ia memilih usaha kuliner karena ia suka memasak bagi suami dan anak-anaknya.

Awalnya ia membuat klapertaart, yang dipromosikannya melalui sosial media seperti Twitter. Tidak hanya membuat, mengantarkan sendiri klapertaartnya ke pelanggan-pelanggannya pun dilakoninya. Tidak cukup klapertaart, Ratna pun membuat kue sus.

Setelah berjalan beberapa lama, kue sus dan klapertaart-nya juga dititipkan di beberapa gerai restoran dan super market seperti Rumah Durian dan Total Buah serta berbagai perkantoran di Jakarta. Sambutan pelanggan-pelanggannya sangat baik, bahkan beberapa artis juga menjadi pelanggannya. Hal ini menyebabkan permintaan akan kue-kuenya terus meningkat. Akhirnya, Ratna pun merasa kewalahan dengan tersitanya waktunya untuk memenuhi pesanan pelanggan-pelanggannya, karena pada saat yang sama ia pun harus membagi waktunya bagi anak-anaknya.

Menyadari keterbatasan kemampuannya dalam memproduksi disamping adanya pertimbangan untuk menjaga kualitas, Ratna pun memikirkan alternatif lain yang dapat membuatnya tidak selalu disibukkan dengan kegiatan memproduksi kue-kuenya setiap hari. Di situlah ia mendapatkan ide untuk membuat makanan ringan seperti combro dalam bentuk kemasan dan bisa disiapkan dengan cepat dan praktis, sehingga ia tidak perlu menghabiskan banyak waktu setiap hari untuk berproduksi.

BACA JUGA  24 Es Krim Rasa Buah ala Meksiko

ratna_natyas_kitchen_info_bintaro

Tidak hanya combro yang diproduksinya dalam bentuk beku, beberapa frozen snack lainnya pun diproduksinya seperti risoles, karipap, otak-otak dan cilok. Khusus untuk combro, ia membuat beberapa varian isi seperti oncom, ayam, tongkol dan tuna.

Dalam memproduksi frozen snack-nya, Ratna sangat memegang komitmennya untuk tidak menggunakan MSG dan bahan pengawet. Untuk membuat frozen snack-nya tahan lama, Ratna mengemas snacknya dalam plastik kedap udara. Frozen snack dengan plastik kedap udara terutama ditujukan bagi pesanan-pesanan dari luar negeri yang membutuhkan waktu agak lama untuk diterima di tangan pemesannya. Sebagai informasi, frozen snack Ratna Natya’s Kitechen sering dipesan oleh pelanggan-pelanggannya di Jepang, Korea, Oman dan Uni Emirat Arab. Untuk pelanggan-pelanggannya di berbagai kota di Indonesia, Ratna mengemas frozen snack-nya dengan kemasan plastik tanpa kedap udara. Di Indonesia, frozen snack-nya sudah merambah ke kota-kota seperti Medan, Palembang, Surabaya dan Kalimantan.

Untuk daya tahan frozen snack-nya, penyimpanan di udara terbuka dapat bertahan 24 jam. Daya tahan 24 jam ini untuk frozen snack yang menggunakan kemasan tanpa kedap udara. Sedangkan bila dengan kemasan kedap udara, di udara terbuka frozen snack0nya dapat bertahan selama 2 hari. Untuk kemasan kedap udara, bila frozen snack-nya disimpan di freezer lemari pendingin dapat bertahan selama 3 bulan. Uniknya lagi, dalam kemasannya ozen snack-nya tidak menempel satu dengan yang lain, karena Ratna telah menggunakan teknologi Individual Quick Frozen.

Lebih lanjut Ratna menjelaskan, untuk membuat frozen snack-nya ia hanya menggunakan bahan yang segar, disamping itu ia pun berani menggunakan bumbu, sehingga frozen snack-nya diakui pelanggan-pelanggannya memiliki rasa yang enak. Hal lain yang membuat frozen snack-nya berbeda adalah cara pengolahannya yang praktis. Misalnya combro, frozen combro-nya bisa disiapkan dengan microwave maupun digoreng dalam waktu yang tidak lama dengan menggunakan api yang kecil.

Berbagai frozen Snack dari Ratna Natya’s Kitchen dapat diorder secara langsung melalui nomor 0898 9731 488 atau melalui. Dapatkan berbagai informasi mengenai frozen snack dari Ratna Natya’s Kitchen di Facebook Ratna Dewi Setyawati.

BACA JUGA  Arti Kata Teppanyaki Dalam Bahasa Jepang

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan