Cleveland Cycle Werks, Tunggangannya Para Pecinta Motor Sejati

We are Cleveland. Inilah tagline dari Cleveland CycleWerks, sebuah merek sepeda motor asal Cleveland, Ohio, AS, yang menggambarkan kebanggaan dari para pemiliknya akan identitas dirinya sebagai bagian dari komunitas pecinta sepeda motor Cleveland di seluruh dunia.

Cleveland Heist 250

Kebanggaan inilah yang dibawa PT. Sumatra Motor Indonesia, exclusive distributor sepeda motor Cleveland Cyclewerks di Indonesia kepada para pecinta motor tanah air dengan menggelar berbagai produknya yang sebentar lagi akan terlihat berseliweran di jalan. Sebetulnya sepeda motor Cleveland bukan kali pertama ini masuk ke Indonesia. Brand motor asal Amerika Serikat ini sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2013 melalui Rocket Motor Company dan dilanjutkan oleh PT Javas CycleWerks Indonesia pada tahun 2014. Pada akhir 2016, PT. Sumatra Motor Indonesia resmi memegang hak distribusi sepeda motor Cleveland di Indonesia.

Menariknya, PT. Sumatra Motor memilih Bintaro sebagai basisnya, tepatnya Jl. Bintaro Utama 3 Blok AP No.49, Bintaro Sektor 3. Hal ini tidak terlepas dari anggapan wilayah Bintaro merupakan barometer dari para pecinta otomotif baik motor maupun mobil.

Di bangunan berlantai 4 ini PT. Sumatra Motor Indonesia akan berkantor sekaligus menjadi basis penjualan sepeda motor Cleveland. Di sini juga sekaligus menjadi cabang pertamanya. Selain showroom, dimana calon pembeli dapat melihat berbagai model sepeda motor Cleveland dan melakukan pembelian, para pemilik Cleveland juga bisa melakukan service rutin dan modifikasi sepeda motor Cleveland kesayangannya. Ya disini juga akan tersedia Speed Shop seperti outlet-outlet Cleveland di seluruh dunia. Speed Shop merupakan bengkel modifikasi bagi sepeda motor Cleveland. Rencananya PT. Sumatra Motor Indonesia akan menggandeng berbagai builder-builder lokal sebagai mitra kerja dalam mengembangkan motor-motor custom (istilah yang digunakan komunitas otomotif untuk motor/mobil modifikasi) dari basis sepeda motor Cleveland.

Modifikasi ini berbeda dengan modifikasi yang biasa dilakukan para pecinta motor di berbagai bengkel modifikasi. Di Cleveland Cyclewerks, para pemilik Cleveland tidak hanya bisa melakukan modifikasi yang sifatnya ‘kosmetik’ alias dari sisi tampilan, tapi juga bisa dilakukan modifikasi pada ‘jeroan’nya, alias modifikasi pada mesin. Modifikasi yang dilakukan di Speed Shop juga mendapatkan garansi, sehingga pemilik Cleveland tidak perlu kuatir terhadap masalah-masalah yang mungkin timbul akibat modifikasi yang dilakukan.

Tidak hanya itu, sambil menunggu sepeda motor kesayangannya dimodifikasi, customer bisa bersantai di CCW Lounge yang berada di lantai 2, bersebelahan dengan workshop-nya (baca juga : Nongkrong Asyik Sambil Membahas Motor di Cleveland Cyclewerks Lounge). CCW Lounge ini tidak hanya dimaksudkan untuk melayani pemilik sepeda motor Cleveland, namun juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang bukan pemilik sepeda motor Cleveland, maupun tempat nongkrong para anggota komunitas otomotif.

Cleveland FXX

PT. Sumatra Motor Indonesia akan memasarkan berbagai tipe dan model sepeda motor Cleveland. Ada 2 tipe yang tersedia, Classic dan Modern. Untuk tipe Classic, tersedia model-model roadster yaitu Misfit 500 dan Misfit 250, model cruiser dengan Heist 250, model standar dengan Ace Deluxe 250 dan model scrambler, alias trail dengan Ace Scrambler 250. Sementara untuk tipe Modern, tersedia model motocross Tha Hooligun dan model mountain bike dengan 2 varian model FXX dan FXR. Khusus untuk varian FXX merupakan jenis off-road yang berarti model ini tidak bisa digunakan di jalan umum. Jika customer menginginkan mountain bike yang bisa digunakan berkendaraan di jalan, bisa memilih model FXR.

Ari Muliawan, Head Sales and Marketing Cleveland Cyclewerks menyatakan, “Kecenderungan market pada saat ini adalah motor-motor custom, itulah sebabnya Cleveland membuka pintu selebar-lebarnya untuk ruang modifikasi. Ibaratnya, sepeda motor Cleveland ini seperti kanvas putih yang siap untuk dimodifikasi. PT. Sumatra Motor Indonesia akan bekerjasama dengan para builder-builder lokal yang dinamakan Parts dan Aksesoris Konsultan, tugasnya bukan cuma mendandani saja tapi melakukan modifikasi performance seperti mesin. Untuk modifikasi performance sepanjang dilakukan di workshop Cleveland, customer akan mendapatkan warranty.”

Lebih lanjut Ari menjelaskan, “Selain peluang melakukan modifikasi yang terjamin kualitasnya, setiap pembelian motor Cleveland akan mendapatkan 3 tahun warranty dan 3x free service yang meliputi jasa dan spare part.”

“Animo masyarakat terhadap sepeda motor Cleveland ini cukup tinggi, namun PT. Sumatra Motor akan membuka penjualan dimulai pada grand opening yang akan berlangsung pada 16 Juli 2017.” Soal harga, Ari menambahkan, biaya untuk membangun sendiri motor custom dari nol berkisar 30-40 jutaan tanpa warranty, tidak jauh berbeda dengan harga sepeda motor Cleveland yang dibuka dengan harga 50 jutaan sudah termasuk dengan warranty. Belum lagi dengan dukungan after sales service yang diberikan PT. Sumatra Motor Indonesia.” Ari menutup penjelasannya.

Workshop

 

(ES)

Leave a Comment