Cicipi Nasi Bakmoy Ayam di Pasar Modern Bintaro

Indonesia terdiri dari perpaduan banyak budaya. Banyak bangsa pendatang ke nusantara. Diantaranya adalah dari Tionghoa. Salah satu yang dibawa adalah menu masakan khas Tionghoa. Tahukah Anda bahwa  bakmoy adalah salah satu makanan perpaduan apik antara budaya Tionghoa dan Jawa. Menurut sebuah situs, bakmoy berasal dari kata “BAH MUI”, yang mulanya menggunakan daging babi sebagai bahan utama. Konon peracik aslinya adalah engkoh keturunan Tionghoa dari kampung Fujian yang merantau ke Yogyakarta & menikah kembali dengan wanita asal Bali.

Bakmoy

Cara Membuat Nasi Bakmoy

  1. Untuk membuat bakmoy : Bersihkan dada ayam , buang kulit dan lemaknya, kemudian rebus bersama tulangnya hingga matang. Angkat dan tiriskan, ambil dagingnya dan potong kotak-kotak.
  2. Potong tahu kotak-kotak seukuran dadu dan goreng.
  3. Tumis bawang putih sampai tercium aroma harum, masukkan tahu, ayam aduk hingga merata. Kemudian masukan kecap manis , kecap rajarasa , garam, merica aduk hingga merata. Tuang air kaldu hingga kuahnya asat tinggal sedikit. Masak dengan api kecil agar bumbu meresap.

Cara Membuat Kuah Bakmoy

Didihkan kuah dari sisa rebusan ayam , masukan daun seledri , bawang putih yang sudah digoreng, kecap asin dan garam secukupnya.

Cara Penyajiannya

Taruh nasi di atas mangkuk, tambahkan bakmoy , kemudian siram kuahnya dan tambahkan irisan telur rebus. Kalau suka bisa ditambah dengan seledri atau bawang putih goreng. Sajikan selagi masih hangat bersama sambal kecap cabe rawit.

Tahukan Anda bahwa di salah satu sudut pasar modern bintaro terdapat menu nasi bakmoy? Kita dapat menjumpainya di warung Soto Lekker yang ada di pintu Barat Pasar Modern Bintaro.  Di warung ini memang dijual aneka masakan Solo seperti nasi langgi solo, nasi timlo solo, nasi liwet solo, laksa, nasi soto daging/ayam solo, selat solo/steak jawa, lontong cap gomeh, nasi gudeg dll. Orang Solo kudu wajib mampir ke warung ini deh.

Laksa

Mendengar nama nasi bakmoy barangkali kita menyangsikan kehalalan menu tersebut. di warung Solo Lekker (yang dalam bahasa Jawa berarti LEZAT) tidak menjual makanan non halal. Nasi bakmoy di warung ini menggunakan daging ayam. Dan diolah dengan cara yang halal. Jadi jangan khawatir ya. Info Bintaro mencoba mencicipi nikmatnya nasi bakmoy dan laksa buatan Solo Lekker. Potongan telor rebus dan taburan bawang goreng makin menambah selera makan. Ditambah dengan potongan tahu seukuran dadu yang nikmat. Plus jangan dilupakan potongan udang ebi yang terdapat di dalam nasi bakmoy tersebut.  Makin membuat maknyus!

Seusai makan besar, Anda pun dapat menikmati aneka bubur tradisional seperti bubur campur, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur biji salak, bubur sumsum bahkan dawet solo.

Putri putri Anda pasti suka dengan es krim buatan sendiri dari bakery terkenal sejak 1973 Maison Annalita Cake. Warung Solo Lekker ini memang memiliki pemilik yang sama dengan bakery terkenal tersebut. Anda dapat mencoba ice cream  rasa strawberry, blueberry, coklat dll.  Di samping itu juga terdapat aneka es potong yang murah meriah. Seperti es lilin yang harganya Rp. 3.500/potong. Pilihan dessert yang lain adalah tart yang bisa dibawa pulang ke rumah.

Info Lebih lanjut:
Warung Solo Lekker
Pasar Modern Blok RB 12 – Bintaro Jaya
Delivery Order: 0816 1799 4521, 021 745 2394

Jam operasional:
07.00-19.00 WIB (setiap hari)

 

(EGS)