Sen. Jan 20th, 2020

CIAYO Comics Hadirkan Kompetisi Komik Terbesar di Indonesia, Menarik Hingga 600 Komikus Lokal

CIAYO Comics Challenge, kompetisi komik terbesar CIAYO Comics menutup pendaftaran pada tanggal 8 November 2018. Submisi komik telah dibuka tanggal 8 April 2018 dan telah resmi ditutup pada 8 November 2018. CIAYO Comics Challenge Vol. 3 berhasil mengumpulkan pendaftaran komik lokal sebanyak 600 judul komik dalam kurun waktu 8 bulan. CIAYO Comics Challenge telah diselenggarakan untuk yang ketiga kalinya sejak tahun 2016 dan di tahun 2018 ini mengalami peningkatan sampai 150% pada pendaftaran komik dibandingkan tahun sebelumnya.

Tahun ini CIAYO Comics membagikan uang tunai puluhan juta rupiah, perangkat digital Wacom yang terbaru sampai sepeda motor dengan total 450 juta rupiah, serta kesempatan untuk dikontrak secara eksklusif sebagai official comic di CIAYO Comics. Faza Meonk, Archie The Red Cat, Sweta Kartika, Adel Maghfirare, dan Fajar Ghosty menjadi nama-nama besar di dunia komik Indonesia yang menentukan hasil juara kompetisi ini. Kriteria pendaftaran untuk kompetisi tahun ini juga lebih luas, tidak hanya komik one shot yang diperlombakan tetapi juga komik miniseries. Kategori miniseries dengan syarat minimal 3 episode, komikus dapat mengeksplor cerita yang lebih dalam dan menarik lebih banyak pembaca.

Setiap komik yang ikut serta dalam CIAYO Comics Challenge dipublikasikan pada kanal khusus di aplikasi maupun situs CIAYO Comics. “Dengan ikut challenge, teman-teman author sudah dapat mempublikasikan karyanya untuk dibaca penggemar komik lokal,” ungkap Khrisnawan Adhie, Head of Business Development CIAYO Corp.

Hal ini berhubungan langsung dengan peningkatan jumlah pembaca komik di Indonesia. Peningkatan ini tidak terjadi pada komik cetak melainkan komik digital. Setidaknya lebih dari 13 juta orang di Indonesia membaca komik melalui ponsel, jumlah ini diprediksi akan meningkat 20% dalam kurun waktu 5 tahun kedepan. CIAYO Comics Challenge juga merupakan kontribusi CIAYO Comics untuk meningkatkan minat baca komik di Indonesia.

BACA JUGA  Lion Air Group Menurunkan Harga Jual Tiket Pesawat di Seluruh Jaringan

Adhie optimis CIAYO Comics Challenge turut meningkatkan jumlah pembaca komik di Indonesia, “Komik digital sudah menjadi makanan sehari-hari anak muda. Membaca pun semakin mudah. Yang harus diantisipasi adalah kontennya. Selama konten yang dibaca terus ditambah, pembaca komik juga akan terus meningkat. Untuk itu kita buat kompetisi komik selain untuk trigger kreatornya juga untuk meningkatkan jumlah pembaca komiknya,” tambahnya.

CIAYO Comics masih unggul sebagai platform komik digital asal Indonesia yang mendukung kearifan lokal. Sampai akhir tahun 2018 CIAYO Comics telah bekerjasama dengan 300 kreator lokal yang berasal dari seluruh pelosok tanah air. Dari nama besar seperti Faza Meonk dan Mice Misrad sampai studio komik seperti Digidoy Komik dan Red Sugar Studio. lebih dari 1.000 komik lokal tersedia di platform CIAYO Comics dan telah meraup lebih dari 30 juta pembaca dalam 2 tahun terakhir. CIAYO Comics menargetkan untuk mulai membawa komik lokal ke pasar internasional di tahun 2019.

(EGA)

 

Baca Juga