Universitas Pembangunan Jaya

Celebrity Worship dan K-Pop (Dalam Rangka Konser Super Junior di Indonesia)

Super Junior, boyband asal Korea Selatan, dijadwalkan menggelar konser di Tangerang 15 Juni mendatang. Bagi penggemar setia K-Pop, kabar dari promotor Mecima Pro tentang konser Super Show 7s (SS7s) ini disambut meriah.

Tak sedikit dari penggemar Super Junior yang kerap disapa ELF mengaku tak sabar bertemu dengan Leeteuk dan kawan-kawan ini. “SERIUSSSSAN??? OPPAAAA I’M COMING,” komentar salah satu penggemar. “WOILAAAAH APA KATA GUE ADA SS7S KHAAAAN,” sambung penggemar lain. “Hayukkk yang belom izin suami, izin dari sekarang… Kalo perlu ajak suami ke venue juga…. Wkwkwk. TERIMA KASIH Min Promotor yang sudah berhasil membawa para ahjussi kita ini kembali ke rumahnya… We love youu,” kata penggemar yang lainnya.

Para penggemar bahkan sudah mempersiapkan segala macam merchandise, seperti lighstick Super Junior atau bisa disebut Super Bong, lalu handband, slogan setiap nama member dan tentunya uang untuk membeli tiket SS7s yang akan datang. Para ELF saat ini sudah membuat grup untuk ELF yang berada di luar kota yang nantinyaakan sama-sama menonton konser SS7s di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City.

K-Pop memang sebuah fenomena di blantika budaya populer Indonesia. Memang adapersamaan antara budaya Indonesia dan Korea. Penampilan fisik para artis-artis Korea ini juga dekat dengan kultur Indonesia.Cerita-cerita yang terdapat dalam drama Korea mampu menggambarkan secara nyata karakteristik masyarakat Asia secara umum.

Budaya Korea dan Indonesia sama-sama bersifat kolektivis, yaitu menekankan norma sosial dibandingkan individualitas. Semua persamaan ini membentuk cultural proximity atau kedekatan kultural antara dua negara. Tak heran apabila terjadi preferensi yang lebih kuat terhadap budaya pop Korea dibandingkan budaya-budaya pop Barat.

Para penggemar memainkan peran penting dalam K-Pop. Di dunia maya, penggemar K-Pop terang-terangan menyatakan rasa cinta menggunakan fungsi mention langsung ke akun Twitter sang idola, maupun dengan posting ke berbagai blog maupun forum khusus penggemar. Contoh reaksi para penggemar Super Junior pun memunculkan ekspresi yang kurang lebih serupa. Penggemar dengan perilaku seperti ini dikenal dengan istilah bahasa Korea sebagai sasaeng fans.

Lebih jauh lagi, perilaku penggemar K-Pop cukup lumayan unik yaitu: bersikap berlebihan, gila, histeris, obsesif, adiktif, konsumtif dengan menghambur-hamburkan uang membeli merchandise idola atau tiket konser, sampai mengejar idola hingga ke belahan dunia manapun alias menjadi stalker, termasuk sampai mencium dan mengancam untuk menikahi sang idola. Hal ini terlihat dari fanatisme yang ada pada situs Asian Fans Club.

Psikologi mengenal apa yang disebut sebagai pemujaan terhadap selebriti atau celebrity worshipyaitu perilaku obsesif individu untuk selalu terlibat dalam kehidupan selebriti yang digemarinya sehingga terbawa ke dalam kehidupan sehari-hari individu tersebut.

Hal ini juga muncul dalam bentuk pemujaan terhadap orang yang terkenal secara luas dan menarik perhatian publik dan media. Dapat dilihat bahwa fenomena penggemar K-Pop di atas selaras dengan definisi Maltby dkk (2006) tentang celebrity worship.

Lebih jauh lagi, celebrity workship memiliki tiga tahap yaitu entertainment-social, intense-personal, dan borderline-pathological. Tahap pertama yaitu entertainment-socialadalah ketika penggemar melakukan pencarian aktif melalui media dengan tujuan sebagai hiburan atau mengisi waktu luang karena tertarik pada bakat, sikap, perilaku serta pencapaian si idola.

Di tahap ini, penggemar senang dan memandang penting membicarakan idolanya kepada orang banyak, maupun dengan sesama penggemar. Alasan melakukan kegiatan seperti ini adalah karena aktivitas seperti ini sesuai dengan  norma sosial dan memungkinkan dirinya untuk lari dari realitas (fantasy-escape from reality).

Berikutnya adalah tahap intense-personal adalah dimana individu merasakan perasaan yang intensif, kompulsif dan mendekati obsesif terhadap idola. Tahap ini ditandai dengan kebutuhan untuk mengetahui hal apa pun tentang idola tersebut. Selain itu, adanya empati yang membuat penggemar merasa memiliki ikatan khusus sehingga ikut merasakan apapun yang dialami oleh idola tersebut. Contohnya adalah penggemar yang ikut merasa gagal ketika idolanya kalah.

Adapun tahap terakhir adalah borderline-pathological. Tahap ini adalah ketika penggemar memiliki fantasi irasional dan tidak terkontrol bahwa dirinya punya kedekatan khusus. Di tahap ini, penggemar bersedia melakukan apa pun demi idola termasuk melanggar hukum. Apabila dirinya sampai berada dalam kesulitan, si penggemar yakin bahwa sang idola akan memberikan bantuan.

BACA JUGA  Seberapa Penting Istirahat Siang Saat Bekerja?

Tahap terakhir ini adalah tahap yang paling pelik. Di tahap tersebut, penggemar membangun identitas dan pemenuhan kebutuhan dari ilusi memiliki hubungan aktual dengan idola mereka. Hal ini diperkuat oleh kecanduan untuk memperkuat keinginan untuk memiliki keintiman dengan para idola agar merasa terhubung dengan mereka. Mereka yang sampai pada kondisi ini sulit melarikan diri, mengatasi, atau memperkaya kehidupan sehari-hari mereka.

Apakah semua penggemar K-Pop borderline-pathologis? Tentu tidak. Konser Super Junior bisa dinikmati oleh para penggemar dengan gembira bersama teman-teman sebagai kegiatan mengisi waktu luang yang menyenangkan. Griffiths (2013) menjelaskan bahwa data yang diperoleh dari 3.000 partisipan penelitian menunjukkan bahwa hanya 1% di antaranya menunjukkan kecenderungan obsesif. Secara umum, mayoritas punya selebriti favorit tanpa menjadikan para idola pusat dari alam semesta mereka.

Lebih jauh lagi, penelitian tentang celebrity worship memotret bahwa penggemar yang memuja idola sebagai bagian dari hiburan dan kegiatan sosial diketahui lebih optimistis, mudah bergaul (outgoing) dan gembira. Jadi mari kita bersenang-senang menonton konser Super Junior bersama!

Penulis:

Dinda Ayu Dwi Innesia dan Gita Widya Laksmini Soerjoatmodjo
Program Studi Psikologi Fakultas Humaniora dan Bisnis
Universitas Pembangunan Jaya

Referensi

Kintono, I.W. (2019, 18 April). Datang lagi ke Indonesia, Super Junior show pada 15 Juni 2019. Tribunnews.com diunduh 2 Mei 2019 dari http://wartakota.tribunnews.com/2019/04/18/datang-lagi-ke-indonesia-super-junior-gelar-konser-super-junior-show-7s-pada-15-juni-2019

Griffiths, M.D. (2013, 5 Juli). Celebrity worship syndrome: A brief psychological overview. Psychology Today diunduh 2 Mei 2019 dari https://www.psychologytoday.com/intl/blog/in-excess/201307/celebrity-worship-syndrome

Handayani, C.D. (2019, 22 April). Promotor umumkan konser Super Junior di Jakarta Juni 2019 mendatang. Tabloidbintang.com. diunduh 22 April 2019 dari https://www.tabloidbintang.com/asia/korea/read/128064/promotor-umumkan-konser-super-junior-di-jakarta-juni-2019-mendatang.

Kurnisari, L & Purnama, H. (2013). Fanatisme Terhadap Snsd Di Kalangan Anggota Komunitas Soshi Fans Java (Studi Etnografi Tentang Fanatisme Di Kalangan Anggota Komunitas Soshi Fans Java Terhadap Girlband Snsd). Jurnal Fakultas Komunikasi dan Bisnis. 1-32. Diambil darifile:///C:/Users/user%20pc/Downloads/14.04.032_resume%20(1).pdf.

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L.E., Houran, J., & Ashe, D. (2006). Extreme celebrity worship, fantasy proneness and dissociation: Developing the measurement and understanding of celebrity worship within a clinical personality context. Personality and Individual Differences, 40(2), 273–283. Diambil dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0191886905002552?via%3Dihub.

McCutcheon, L., Lange, R., dan Houran, J. (2002). Conceptualization and measurement of celebrity worship. British Journal of Psychology, 93, 67-87. Diambil dari https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1348/000712602162454.

Nastiti, A. D. (2010). Korean wave di indonesia: antara budaya pop, internet, dan fanatisme pada remaja. Jurnal Komunkasi. 1-23. Diambil dari https://www.academia.edu/7185610/_KOREAN_WAVE_DI_INDONESIA_ANTARA_BUDAYA_POP_INTERNET_DAN_FANATISME

Baca Juga

  • BenQ Membawa Ruang Keluarga dan Lingkungan Terang ke Sebuah Pengalaman Layar Besar 4K yang Sebenarnya dan Paling Terjangkau

    BenQ Membawa Ruang Keluarga dan Lingkungan Terang ke Sebuah Pengalaman Layar Besar 4K yang Sebenarnya dan Paling Terjangkau

    BenQ merek proyektor DLP No. 1, mengumumkan proyektor DLP Home Entertainment TK800, menghantarkan keluarga masa kini ke dentaman aksi olahraga 4K UHD serta film dalam kenyamanan di ruang keluarga. Sebentar lagi adalah waktu yang sempurna untuk menampilkan perhelatan besar olahraga dunia, TK800 dirancang dengan cermat untuk menyampaikan kualitas gambar mencengangkan, mode audiovisual yang dapat di […]
  • Mobilkamu Sediakan Lapangan Kerja Marketing Berbasis Teknologi untuk Generasi Millenial

    Mobilkamu Sediakan Lapangan Kerja Marketing Berbasis Teknologi untuk Generasi Millenial

    Indonesia Spectacular Startup & Career Exhibition yang ke-7 kembali digelar Seminggu lalu, tepatnya pada tanggal 28-29 Januari 2020 di Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur. Acara bursa kerja yang dihadiri oleh ratusan pencari kerja ini diperuntukan untuk para pelamar kerja mulai dari lulusan SMA/SMK Hingga S2. Dalam event ini, Mobilkamu juga berpartisipasi menjadi salah satu […]
  • Manjakan Wanita Indonesia, Gogobli Gelar Promo “Brand Day”

    Manjakan Wanita Indonesia, Gogobli Gelar Promo “Brand Day”

    Menurut sebuah survey oleh A.T. Kearney, kehadiran e-commerce di era digital ini telah mentransformasi kebiasaan masyarakat dalam berbelanja, termasuk dalam hal kecantikan. Dalam survey yang dilakukan terhadap 800 perempuan, ditemukan bahwa 55% merasa sangat nyaman berbelanja online untuk kebutuhan beauty dan personal care. Hal ini disebabkan oleh kemampuan untuk membandingkan harga, memanfaatkan promosi khusus, dan menemukan […]
  • Weekend Program: Membuat Pempek Kapal Selam

    Weekend Program: Membuat Pempek Kapal Selam

    Weekend merupakan saat yang tepat untuk membuat masakan bagi putra putri di rumah. Menu makanan yang dipilih adalah menu yang simpel dan tidak memakan waktu untuk proses pembuatannya. Memasak Pempek Kapal Selam bisa menjadi alternatifnya. Simak bahan pembuatan dan video proses pengolahannya di bawah ini. BAHAN 500 gr Ikan Tenggiri 2 butir Bawang Putih 120 […]
  • HelloMotion High School: Sekolah Menengah Atas Abad 21 Dengan Pengayaan Design Thinking dan Kreativitas

    HelloMotion High School: Sekolah Menengah Atas Abad 21 Dengan Pengayaan Design Thinking dan Kreativitas

    Setelah sukses mendirikan HelloMotion Academy sejak tahun 2004 yang memiliki visi “Merealisasikan imajinasi setiap individu menjadi kenyataan”, Wahyu Aditya yang juga dikenal sebagai penulis, illustrator, digital artist dan pendiri HelloFest, pada tahun ajaran baru 2017 ini mendirikan HelloMotion High School (SMA HelloMotion), sekolah menengah atas yang menggunakan kurikulum Diknas Plus lewat kombinasi empat materi belajar dengan konsep edukasi “design thinking”. […]
  • Luncurkan Community Link 2018, CIMB Niaga Ajak Nasabah Wujudkan Ide CSR

    Luncurkan Community Link 2018, CIMB Niaga Ajak Nasabah Wujudkan Ide CSR

    PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengajak nasabah dan karyawan CIMB Niaga mewujudkan mimpinya dalam kegiatan sosial melalui kompetisi ide corporate social responsibility (CSR) bertajuk Community Link CIMB Niaga 2018. Kompetisi tersebut diluncurkan di sela kegiatan #KejarMimpi Leaders Camp bertema “Creating Breakthrough For Indonesian Youth” di Surabaya, Sabtu (11/8/2018). Direktur Compliance, Corporate Secretary and […]
  • Berwisata Alam di Hutan Kota Tanah Tingal

    Berwisata Alam di Hutan Kota Tanah Tingal

    Saat liburan sekolah menjelang, pastinya Anda mulai memikirkan alternatif bagi si buah hati untuk mengisi waktu liburnya. Berbagai tempat wisata di berbagai daerah seperti di Puncak, Lembang, Sukabumi dan lainnya pun mulai menyambut liburan anak sekolah dengan berbagai program wisata edukasi yang menarik, misalnya mengenalkan alam sampai dengan outbond. Wilayah Bintaro yang identik dengan mal-mal […]
  • Anggaran Ramadhan untuk Keluarga

    Anggaran Ramadhan untuk Keluarga

    Pada bulan Ramadhan, pengeluaran keuangan umumnya membengkak. Fenomena klasik ini sebenarnya agak bertentangan dengan fakta bahwa umat Islam tidak mengonsumsi makanan dan minuman selama 12 jam lebih dalam sehari. Meski demikian, pola konsumsi masih saja sama setiap tahun. Mengapa hal ini bisa terjadi? Simak tips dari Prita H. Ghozie berikut ini. Berdasarkan hasil riset, pola pengeluaran […]
  • Potongan 20% untuk Semua Rute Perjalanan AirAsia

    Potongan 20% untuk Semua Rute Perjalanan AirAsia

    AirAsia hari ini meluncurkan promosi yang sudah ditunggu-tunggu jutaan pelanggan, diskon 20% untuk semua rute perjalanan selama periode promosi. Ini adalah kesempatan terbaik untuk mendapatkan penawaran promosi untuk terbang dadakan ke salah satu dari 140 destinasi AirAsia. Promosi tersedia untuk pemesanan di airasia.com atau aplikasi mobile AirAsia mulai 18 Februari hingga 24 Februari 2019 untuk […]
  • Allianz Indonesia dan Home Credit Indonesia Resmikan Kerja Sama dan Luncurkan Proteksi Gadget Easycover & Maxcover

    Allianz Indonesia dan Home Credit Indonesia Resmikan Kerja Sama dan Luncurkan Proteksi Gadget Easycover & Maxcover

    PT Asuransi Allianz Utama Indonesia meresmikan kerja sama dengan PT Home Credit Indonesia untuk menjawab kebutuhan para pengguna gadget tersebut. Home Credit Indonesia berkolaborasi dengan Allianz Utama Indonesia untuk menyediakan produk proteksi gadget yaitu EASYCOVER dan MAXCOVER. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, infrastruktur Internet dan telekomunikasi yang meningkat dengan pesat di Indonesia, jumlah pengguna gadget […]
  • Apa itu Kayu Manis?

    Apa itu Kayu Manis?

    Siapa yang tak tahu kayu manis? Rempah-rempah yang punya aroma khusus ini ternyata punya manfaat bagi kesehatan. Menurut situs Hello Sehat, ada beberapa manfaat kayu manis yang mungkin belum Anda ketahui yakni sebagai antijamur, antiradang, dan antiseptik. Bahkan telah banyak penelitian yang membuktikan manfaat kayu manis untuk kesehatan, yaitu dapat mengobati: diare pilek dan flu […]
  • Lazada Indonesia Rayakan Ulang Tahun Jakarta Melalui Partisipasi dalam Jakarta Great Online Sale

    Lazada Indonesia Rayakan Ulang Tahun Jakarta Melalui Partisipasi dalam Jakarta Great Online Sale

    Lazada turut berpartisipasi dalam Jakarta Great Online Sale (JGOS), program yang digagas oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka menyambut Ulang Tahun DKI Jakarta ke-493, dengan menghadirkan berbagai tawaran diskon menarik khusus di tanggal 22-23 Juni 2020. Meski momentum ulang tahun Jakarta kali ini terasa berbeda karena masih dalam masa transisi pasca Pembatasan Sosial Berskala […]
  • Lippo Mall Hadirkan Karakter “Snow White” Dan “Ariel”

    Lippo Mall Hadirkan Karakter “Snow White” Dan “Ariel”

    Lippo Mall Puri, Puri Kembangan Jakarta Barat menghadirkan dua karakter Disney Princess yakni Snow White dan Ariel yang berlangsung sejak 29 Juni sampai dengan 29 Juli mendatang menempati  Atrium 2 dan Atrium 3. “Acara ini kembali kami selenggarakan setelah  melihat animo yang luar biasa di setiap tahunnya, terbukti di setiap sesi meet and greet (temu […]
  • Yang Kangen Masakan Manado, Resto Amurang Tempatnya

    Yang Kangen Masakan Manado, Resto Amurang Tempatnya

    Mencari tempat makan yang menyajikan masakan Manado di Bintaro terhitung gampang-gampang susah. Sebab walaupun masakan Manado termasuk populer dan punya banyak penggemar, namun mencari tempat makan masakan Manado yang pas bisa dikatakan cukup sulit. Di beberapa lokasi memang ada gerai makan yang menjual masakan Manado, namun kebanyakan masakan Manado yang disajikan di situ pilihannya tidak […]
  • ShopBack Shopfest 2019 Catat Nilai Transaksi Terbesar Selama Tiga Tahun Penyelenggaraan di Indonesia

    ShopBack Shopfest 2019 Catat Nilai Transaksi Terbesar Selama Tiga Tahun Penyelenggaraan di Indonesia

    ShopBack ShopFest 2019, festival belanja online akhir tahun dari ShopBack mencatat peningkatan nilai transaksi hingga lebih dari enam kali lipat dibanding tahun lalu. Ini merupakan nilai transaksi tertinggi yang dicapai ShopBack selama tiga tahun penyelenggaraan ShopBack ShopFest di Indonesia. ShopBack ShopFest adalah festival belanja online yang diselenggarakan oleh ShopBack selama empat bulan, dari September hingga […]
  • Menteri Rini: Pengoperasian Tol Solo-Ngawi Bakal Putar Roda Ekonomi

    Menteri Rini: Pengoperasian Tol Solo-Ngawi Bakal Putar Roda Ekonomi

    Jalan Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen telah resmi beroperasi. Ruas tol sepanjang 35,2 Kilometer (Km) tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada hari ini, 15 Juli 2018. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan pengoperasian infrastruktur Jalan Tol Solo-Ngawi akan menjadi konektivitas baru yang berdampak positif bagi ekonomi daerah dan nasional. […]
  • Kemendag Gandeng Bukalapak Gelar Lokakarya Peluang Pasar Singapura dan Malaysia

    Kemendag Gandeng Bukalapak Gelar Lokakarya Peluang Pasar Singapura dan Malaysia

    Di tengah kondisi COVID-19, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) bekerja sama dengan Bukalapak menyelenggarakan lokakarya dengan tema “Peluang Pasar Singapura dan Malaysia di tengah Pandemi” di Jakarta pada Senin (27/4). Lokakarya dilakukan secara virtual bagi pelapak binaan Bukalapak dari beberapa daerah di Indonesia. “Lokakarya merupakan upaya Kementerian Perdagangan dalam memberikan […]
  • Warung Prospera, Tempat Mencari Makanan Khas Tanagu Kaili – Sulawesi Tengah

    Warung Prospera, Tempat Mencari Makanan Khas Tanagu Kaili – Sulawesi Tengah

    Ragam kuliner asal Sulawesi Tengah belum populer di masyarakat kita. Namun bukan berarti Sulawesi Tengah tidak memiliki menu-menu khas yang lezat. Ternyata menu-menu asal Sulawesi Tengah tidak kalah dibandingkan berbagai menu tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Di Warung Prospera Anda bisa mencicipi lezatnya menu-menu khas Tananggu Kaili, Sulawesi Tengah tanpa harus jauh-jauh ke Sulawesi. […]
  • Shopee Mencatatkan Pencapaian Luar Biasa pada 11.11 Big Sale dengan 70 Juta Total Barang Terjual pada Puncak 11 November

    Shopee Mencatatkan Pencapaian Luar Biasa pada 11.11 Big Sale dengan 70 Juta Total Barang Terjual pada Puncak 11 November

    Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, menghasilkan performa luar biasa pada kampanye 11.11 Big Sale tahun ini. Shopee melanjutkan komitmennya untuk memberikan pengalaman berbelanja yang baik kepada seluruh pengguna Shopee di seluruh negara Shopee beroperasi, hingga mencatatkan penjualan terbaiknya pada puncak kampanye tanggal 11 November 2019 kemarin, dilihat dari: 70 juta total […]
  • Sambut Hari Valentine, Berikut Rekomendasi Destinasi Wisata Paling Romantis dari Booking.com Menurut Para Traveler

    Sambut Hari Valentine, Berikut Rekomendasi Destinasi Wisata Paling Romantis dari Booking.com Menurut Para Traveler

    Booking.com, platform destinasi wisata digital terkemuka yang menghubungkan para wisatawan dengan memberikan berbagai macam pilihan tempat-tempat unik, rangkaian pengalaman liburan yang wajib dilakukan, dan pilihan transportasi yang mudah, merekomendasikan beberapa destinasi romantis untuk merayakan hari Valentine tahun 2020 yang jatuh di akhir pekan ini. Booking.com telah melakukan eksplorasi mendalam mengenai destinasi paling romantis di tahun […]

Tinggalkan Balasan