Kesehatan

Cara Mendeteksi Kanker Serviks, Penyebab dan Pencegahan Kanker Serviks

Pada kegiatan donor darah di Centro Department Store Bintaro yang diadakan pada tanggal 11 November 2017 juga diselenggarakan talkshow mengenai kanker serviks. Disampaikan oleh Lembaga Konsultan Kanker Indonesia. Artikel ini merupakan ringkasan dari isi talkshow tersebut. Kanker serviks merupakan kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung mempengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause. Meski terjadi pendarahan, belum berarti Anda menderita kanker serviks. Untuk memastikan penyebab kondisi Anda, segera tanyakan kepada dokter. Jika dicurigai terdapat kanker serviks, rujukan menemui dokter spesialis akan diberikan.

Penderita Kanker Serviks di Indonesia

Pada tahun 2014, WHO menyatakan terdapat lebih dari 92 ribu kasus kematian pada penduduk wanita akibat penyakit kanker. Sebesar 10,3 persennya merupakan jumlah kematian akibat kanker serviks. Sedangkan jumlah kasus baru kanker serviks berjumlah hampir 21 ribu.

Sejak tahun 2000 hingga tahun 2012, semakin muda usia wanita yang terserang kanker serviks, yaitu kisaran usia 21-22 tahun di tahun 2000 dan mencapai usia di bawah 20 tahun pada tahun 2012. Penelitian WHO menyingkapkan kurangnya tindakan screening penyakit kanker di Indonesia. Khususnya untuk screening kanker serviks yaitu sitologi serviks dan ulasan asam asetat, secara umum belum tersedia di pusat kesehatan primer pada tahun 2014. Ini ikut berpengaruh pada jumlah kematian kanker serviks di Indonesia yang tergolong tinggi karena sebagian besar disebabkan oleh keterlambatan dalam diagnosis. Biasanya, kanker sudah menyebar ke organ lain di dalam tubuh ketika seseorang memeriksakan kondisinya. Inilah penyebab pengobatan yang dilakukan menjadi semakin sulit.

Human Papillomavirus sebagai Penyebab Utama Kanker Serviks

Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. HPV adalah kumpulan jenis virus yang menyebabkan kutil di tangan, kaki, dan alat kelamin. Ada banyak jenis HPV yang sebagian besar adalah virus yang tidak berbahaya. Tapi ada beberapa jenis HPV yang mengganggu sel-sel leher rahim untuk bisa berfungsi secara normal dan akhirnya bisa memicu kanker. HPV sangat umum ditularkan melalui hubungan seks dan dapat menjadi penyebab munculnya kanker serviks.

Dari banyaknya jenis HPV, ada dua jenis virus HPV yang paling berbahaya, yaitu HPV 16 dan HPV 18. Kedua jenis virus ini yang menyebabkan 70 persen kasus kanker serviks. Banyak wanita tidak menyadari telah terinfeksi, karena HPV jenis ini tidak menimbulkan gejala. Penting untuk menyadari bahwa infeksi ini sering terjadi, meski banyak wanita yang terinfeksi tidak mengalami kanker.

Kondom bisa melindungi Anda dari HPV saat berhubungan seks, tapi tidak selalu sempurna dalam mencegah terjadinya infeksi. Saat terinfeksi HPV, sistem kekebalan tubuh wanita mencegah virus untuk melukai rahim, tapi pada sebagian wanita, virus HPV bisa bertahan selama bertahun-tahun. Hal ini mengakibatkan sel-sel yang berada di permukaan leher rahim berubah menjadi sel kanker.

Vaksin untuk mencegah infeksi HPV yang berisiko menyebabkan kanker sudah tersedia. Vaksinasi HPV yang saat ini ada adalah vaksin bivalen untuk HPV 16 dan 18; vaksin kuadrivalen untuk HPV 6, 11, 16 dan 18; atau vaksin nonavalen untuk 9 jenis HPV yaitu 4 jenis ditambah 31,33, 45, 52, dan 58.

Pentingnya Langkah Screening Untuk Mendeteksi Kanker Serviks

Selama bertahun-tahun, sel-sel pada permukaan leher rahim mengalami banyak perubahan. Sel-sel ini bisa perlahan-lahan berubah menjadi kanker, tapi sebenarnya perubahan sel di leher rahim bisa dideteksi sejak dini. Pengobatan ketika sel-sel masih dalam tahap pra-kanker bisa dilakukan agar risiko terkena kanker serviks bisa berkurang.

Screening untuk kanker serviks juga dikenal dengan sebutan pap smear atau tes smear. Pap smear berguna untuk mendeteksi jika ada sel-sel abnormal yang berpotensi berubah menjadi sel kanker. Saat melakukan pap smear, sampel sel diambil dari leher rahim dan diperiksa di bawah mikroskop.

BACA JUGA  Identistree, Klinik Gigi Yang Mengutamakan Pelayanan Yang Berkualitas

Screening serviks bukanlah tes untuk mendiagnosis kanker serviks. Tes ini berguna untuk memeriksa kesehatan sel-sel di leher rahim dan mendeteksi jika ada sel yang abnormal. Dengan deteksi dan pengangkatan sel-sel abnormal, kanker serviks dapat dicegah secara maksimal. Pada kebanyakan wanita, tes akan menunjukkan hasil yang normal. Tapi sekitar 5 persen tes menunjukkan adanya perubahan abnormal pada sel leher rahim.

Perubahan ini kebanyakan tidak berujung kepada kanker, dan sel-sel abnormal masih mungkin bisa kembali normal dengan sendirinya. Tapi, pada beberapa kasus tertentu, sel-sel yang bersifat abnormal perlu diangkat karena berpotensi berubah menjadi kanker.

Hasil tes smear yang abnormal tidak berarti seseorang menderita kanker serviks. Kebanyakan hasil abnormal disebabkan oleh infeksi atau adanya sel berisiko kanker yang bisa ditangani dengan mudah. Disarankan pada wanita yang telah aktif secara seksual dan berusia 25-49 tahun diperiksa setiap tiga tahun sekali. Sedangkan wanita berusia 50-64 tahun dapat diperiksa setiap lima tahun sekali. Hubungi dokter untuk mencari tahu lebih banyak tentang pemeriksaan ini.

Tingkat Stadium Menentukan Pengobatan Kanker Serviks

Pengobatan kanker serviks tergantung kepada beberapa faktor. Kanker serviks bisa diobati dengan cara operasi jika diagnosis dilakukan pada tingkat awal. Pada beberapa kasus, hanya serviks yang diangkat dan rahim bisa dibiarkan saja. Pada kondisi yang lebih serius, rahim perlu diangkat seluruhnya. Proses operasi untuk pengangkatan rahim disebut sebagai histerektomi.

Sedangkan prosedur radioterapi adalah langkah alternatif untuk kanker serviks stadium awal. Pada kasus tertentu, radioterapi juga bisa dijalankan berdampingan dengan operasi. Untuk kasus kanker serviks stadium lanjut, biasanya dirawat dengan metode kombinasi kemoterapi dan radioterapi. Beberapa penanganan bisa memiliki efek samping yang berat dan jangka panjang, termasuk di antaranya adalah menopause dini dan kemandulan.

Info lebih lanjut:

Lembaga Konsultan Kanker Indonesia
Alamat : Jl. Cibogo Indah 2 No. 99 Bandung
Telepon : 022 – 8888 1482
Email :

pedulikanker@yahoo.com

lkki_health@yahoo.co.id

info@lembagakonsultankankerindonesia.or.id

Website: http://www.lembagakonsultankankerindonesia.or.id

 

(EGS)

 

 

Baca Juga

  • Yamaha Vega Force Hadir dalam Balutan Warna yang Semakin Sporty

    Yamaha Vega Force Hadir dalam Balutan Warna yang Semakin Sporty

    Yamaha Indonesia memberikan kejutan kepada para pelanggan setianya, khususnya bagi mereka pecinta motor bebek di tanah air melalui peluncuran warna serta desain stripping baru pada Yamaha Vega Force yang membuat tampilan motor tersebut menjadi semakin berkelas dan sporty. Yamaha Vega Force kini diperkaya dengan dua pilihan warna baru yaitu Metallic Black serta Metallic Red yang […]
  • Penandatanganan MoU Summarecon dengan PT Toyota Housing Indonesia

    Penandatanganan MoU Summarecon dengan PT Toyota Housing Indonesia

    PT Summarecon Agung Tbk. terus membuktikan komitmennya dalam menghadirkan inovasi dalam industri properti, salah satunya yaitu dengan menggandeng perusahaan kelas dunia untuk menghadirkan produk berkualitas di kawasannya. PT Summarecon Agung Tbk. melalui anak perusahaannya yaitu PT Summarecon Property Development melakukan kerjasama dengan PT Toyota Housing Indonesia yang merupakan anak perusahaan Toyota Housing Corporation Ltd. Dari […]
  • Dari Bintaro ke Berlin, Program Sekolah Bisa

    Dari Bintaro ke Berlin, Program Sekolah Bisa

    Program “Sekolah Bisa” merupakan suatu kerja sama antara The Body Shop dan British International School (BIS) untuk membantu anak-anak putus sekolah yang bekerja sebagai pemulung atau pengemis di area Bintaro, dengan cara memberikan akses pendidikan. Anak-anak pemulung atau pengemis yang dibina sehari-harinya bertempat tinggal di Pondok Bulakan sebuah kawasan pemukiman kumuh yang dihuni oleh para pemulung, […]
  • So Klin Manjakan 15 Pemenang Sakuravaganza Liburan ke Jepang

    So Klin Manjakan 15 Pemenang Sakuravaganza Liburan ke Jepang

    Jepang, yang dikenal sebagai Negeri Matahari Terbit, juga mempunyai julukan lain yaitu Negeri Sakura. Julukan Negeri Sakura sendiri diberikan karena Jepang memiliki bunga yang khas yaitu Bunga Sakura yang merupakan lambang kebahagiaan dan keindahan. Terinspirasi dari hal tersebut, So Klin, deterjen terkemuka andalan Wings, meluncurkan rangkaian So Klin Experience Sakura pada bulan Februari yang lalu. […]
  • Charles Francis Richter, Penemu Skala Gempa Bumi

    Charles Francis Richter, Penemu Skala Gempa Bumi

    Anda mungkin pernah mendengar skala gempa yang disebut Richter. Sebagai contoh, kejadian gempa di Lebak, Banten kemarin memiliki skala 6,1 Richter. Siapakah Richter? Charles Francis Richter (lahir 26 April 1900 – meninggal 30 September 1985 pada umur 85 tahun) Adalah ahli seismologi dari Amerika Serikat. Lahir di Hamilton, Ohio, menyelesaikan S3 nya di Institute Teknologi […]
  • CIMB Niaga Namaste Festival 2018 Ajak Budayakan Gaya Hidup Sehat dan Ramah Lingkungan

    CIMB Niaga Namaste Festival 2018 Ajak Budayakan Gaya Hidup Sehat dan Ramah Lingkungan

    PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali berkolaborasi dengan Namaste Festival akan menggelar CIMB Niaga Namaste Festival (CNNF) 2018 di Klub Bimasena, Hotel Darmawangsa Jakarta, pada 26-28 Oktober 2018 mendatang. Mengusung tema “Magnifying Gratitude”, CIMB Niaga memberikan dukungan penuh sebagai sponsor utama festival yang menyatukan berbagai komunitas, praktisi yoga, serta aktivis dan praktisi kesehatan […]
  • Menikmati Fotografi Malam dengan Fitur Super Night Mode di Vivo V19

    Menikmati Fotografi Malam dengan Fitur Super Night Mode di Vivo V19

    Sesuai dengan tagline “Perfect Night, Perfect You”, vivo V19 hadir dengan memperkenalkan salah satu fitur keunggulannya yakni Super Night Mode. Teknologi yang tersemat di kamera 32MP Super Night Selfie dan kamera belakang 48MP AI Quad Camera ini mampu menghasilkan foto yang jernih dan tajam, meskipun saat berada di kondisi minim cahaya atau malam hari. Didukung […]
  • Membangun Kompetensi Berbahasa Inggris Anak Melalui Pengenalan Bunyi : I Can Read Bintaro

    Membangun Kompetensi Berbahasa Inggris Anak Melalui Pengenalan Bunyi : I Can Read Bintaro

    Menguasai Bahasa Inggris bagi bangsa seperti bangsa Indonesia yang bahasa sehari-harinya bukan Bahasa Inggris, tidaklah mudah. Padahal, penguasaan Bahasa Inggris merupakan salah satu kunci untuk menguasai berbagai pengetahuan agar kita mampu bersaing di tingkat internasional. Bahasa Inggris yang sudah dianggap sebagai bahasa pengantar internasional memiliki cara penulisan, cara pengucapan serta tata bahasa yang jauh berbeda dari Bahasa […]
  • Foto : Berbagi Kepedulian Terhadap Keluarga dan Anak-Anak di Tangerang Selatan Melalui Kids fair

    Foto : Berbagi Kepedulian Terhadap Keluarga dan Anak-Anak di Tangerang Selatan Melalui Kids fair

    Sebagai bentuk kepedulian khususnya  terhadap keluarga dan anak-anak di Tangerang Selatan, Komunitas GarASI KiTa (Gerakan Peduli ASI sekitar Tangerang Selatan) mengadakan acara Kids Fair, yang bertajuk “Let’s Play with Us. Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 26 Agustus 2017 di Titan Center, Bintaro Sektor 7. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti bazaar dan seminar […]
  • Peringati Hari Perempuan Internasional, Gojek Hadirkan Layanan Transportasi Makin Aman untuk Perempuan

    Peringati Hari Perempuan Internasional, Gojek Hadirkan Layanan Transportasi Makin Aman untuk Perempuan

    Peningkatan standar keamanan merupakan salah satu prioritas utama Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara. Melalui inisiatif #AmanBersamaGojek yang diluncurkan dua pekan lalu, dan bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional, Gojek pertegas komitmennya dalam menghadirkan layanan transportasi daring paling aman melalui pilar teknologi, proteksi, dan edukasi. Dari pilar teknologi, Gojek memastikan keamanan perempuan saat menggunakan […]
  • Kembangkan Ranah Lifestyle, Garmin Hadirkan Seri Smartwatch Terbaru – Venu, Vívomove, dan Vívoactive 4

    Kembangkan Ranah Lifestyle, Garmin Hadirkan Seri Smartwatch Terbaru – Venu, Vívomove, dan Vívoactive 4

    Kehadiran edisi terbaru Garmin yang dirancang khusus untuk melengkapi gaya hidup sehari-hari penggunanya menjadi kabar menggembirakan bagi mereka dengan gaya hidup aktif. Bersama Teletama Artha Mandiri (TAM) yang merupakan anak usaha Erajaya Group untuk memasarkan produk dan menangani layanan purna jual, Garmin Indonesia memperkenalkan VenuTM – smartwatch pertama Garmin dengan layar AMOLED yang memukau, seri […]
  • Harbolnas 2018 Perbesar Pasar Produk Lokal

    Harbolnas 2018 Perbesar Pasar Produk Lokal

    Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) siap digelar pada 11 dan 12 Desember 2018 mendatang. Harbolnas merupakan puncak dari berbagai pesta belanja online yang sudah digelar dari September lalu. Gelaran kegiatan belanja online terbesar ini akan memasarkan ribuan produk lokal selama Harbolnas 2018 edisi khusus produk lokal berlangsung pada 11 Desember 2018. Ketua Panitia Harbolnas 2018, […]
  • Sinar Mas Land Gelar Lomba Baca Al-Quran, Puncak Acara Program Berantas Buta Al-Quran (BBQ) 2018

    Sinar Mas Land Gelar Lomba Baca Al-Quran, Puncak Acara Program Berantas Buta Al-Quran (BBQ) 2018

    Sinar Mas Land bersama dengan Forum Masjid Mushola BSD City dan Yayasan Mama Papa menyelenggarakan lomba baca Al-Quran. Lomba tersebut diselenggarakan di Sekolah Islam Cikal Harapan BSD City. Kegiatan ini menjadi puncak acara program Berantas Buta Al-Quran (BBQ), yang telah dilangsungkan sejak bulan Mei 2018. Para peserta lomba merupakan anak anak yang telah dapat membaca […]
  • Hubungkan Tanah Papua, Targetkan Indonesia Merdeka Internet 2019

    Hubungkan Tanah Papua, Targetkan Indonesia Merdeka Internet 2019

    Agenda Pemerintah untuk memastikan pemerataan pembangunan bidang telekomunikasi terwujud bertahap. Melalui penyediaan akses telekomunikasi USO dan internet rakyat, Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun Base Tranceiver Station (BTS) di kawasan terdepan, terluar dan tertinggal (3T) dan akses internet untuk sekolah serta Puskesmas. Selasa (17/07/2018) kemarin, Menteri Kominfo Rudiantara mengunjungi dua kabupaten […]
  • Di Sini Jagonya Sop Ayam : Sop Ayam Jago Klaten

    Di Sini Jagonya Sop Ayam : Sop Ayam Jago Klaten

    Siapa yang tidak tahu dengan sop ayam? Sewaktu kecil kita mungkin akrab dengan sop ayam yang dibuat oleh ibunda untuk membuat kita berselera makan. Sop ayam juga kerap dijadikan menu makan bagi orang yang sakit karena memang sop ayam memiliki nutrisi yang tinggi dan gampang dicerna. Sayangnya, sop ayam sering dianggap sebagai menu rumahan. Alhasil […]
  • Daimler Commercial Vehicles Indonesia Tetap Membuka Jaringan Layanan Servis untuk Pelanggan

    Daimler Commercial Vehicles Indonesia Tetap Membuka Jaringan Layanan Servis untuk Pelanggan

    PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) dan PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) berkomitmen untuk selalu menjaga bisnis pelanggan kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia tetap berjalan, dengan aktif menyediakan jaringan layanan servis dan pasokan suku cadang selama situasi darurat wabah COVID-19 di Indonesia. DCVI dan DCVMI memantau setiap perkembangan situasi dengan seksama, termasuk kesehatan […]
  • Mulai Hot Selling Day Vivo V15, Vivo Tawarkan Paket Garansi dan Promosi Khusus hingga 2 Tahun

    Mulai Hot Selling Day Vivo V15, Vivo Tawarkan Paket Garansi dan Promosi Khusus hingga 2 Tahun

    Mulai Selasa (12/3), Vivo V15 yang hadir dengan rangkaian fitur unggulan pada kamera dan desain sudah bisa didapatkan langsung di omni-channel baik di gerai resmi dan mitra ritel vivo yang tersebar di seluruh Indonesia maupun di official online store vivo yaitu: Akulaku, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Dipasarkan dengan harga resmi Rp4.399.000, vivo melengkapi […]
  • Foto : Memahami Budaya Tradisional Jepang Melalui J-Cafest UMN 2017

    Foto : Memahami Budaya Tradisional Jepang Melalui J-Cafest UMN 2017

    Untuk menambah wawasan mengenai kebudayaan Jepang serta menampilkan hasil karya anggota UKM, Unit Kerja Mahasiswa (UKM) Japanese Culture and Animation Forte (J-Cafe) UMN menggelar sebuah event yang bertajuk J-Cafest diisi berbagai aktivitas seperti workshop (ilustrasi, upacara minum teh, workshop make-up, digital comic making) untuk meningkatkan kemampuan dan keingintahuan peserta, berbagai lomba (karaoke, cosplay, toys photography, […]
  • Bakmi Tops : Kuliner Chinesse Food Halal, Sekali Dicoba Pasti Suka

    Bakmi Tops : Kuliner Chinesse Food Halal, Sekali Dicoba Pasti Suka

    Siapa yang tidak kenal dengan chinese food? Beragam kuliner chinese food mudah ditemui di mana-mana karena disukai banyak orang karena rasanya yang tidak menggigit dengan bumbu-bumbu yang telah menyatu dengan masyarakat Indonesia, sehingga cocok di lidah banyak orang. Kuliner chinese food  sudah lama menjadi bagian keseharian masyarakat Indonesia. Berbicara mengenai chinese food di Jakarta, tidak […]
  • Danamon Gelar Danamon Run 2019

    Danamon Gelar Danamon Run 2019

    PT Bank Danamon Indonesia Tbk akan menggelar kembali ajang lari Danamon Run, lomba lari dengan konsep unik dan pertama di Indonesia dimana pelari dapat menentukan garis finish ketika sedang berlari. Di tahun ketiganya, Danamon Run 2019 dijadwalkan terlaksana pada 10 November 2019 di area ICE BSD, Tangerang Selatan. Dengan target 6.000 peserta, ajang lari ini […]