BUMN Jasa Survei Bahas Strategic Leadership dan Knowledge pada Kuliah Umum bersama Universitas Indonesia

Sebagai upaya mendukung “Kebijakan Kampus, Merdeka”, BUMN Klaster Jasa Survei, yang terdiri dari Biro Klasifikasi Indonesia, SUCOFINDO dan Surveyor Indonesia, bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia bekerja sama dengan menyelenggarakan Webinar KULIAH UMUM dengan tema “Strategic Leadership dan Knowledge.

Acara Webinar Kuliah Umum ini dilaksanakan secara daring dan dibuka oleh Dr. Ir. Rudiyanto Dip., ISM, MIIRSM, MM., MBA., Direktur Utama PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dan Ketua Kluster BUMN Jasa Survey di Indonesia, dan Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag.rer.publ., Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia,

Hadir sebagai pemateri Ir. Saifuddin Wijaya, MBA., Direktur Pengembangan Sumber Daya PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), Rozainbahri Noor, B. Bus., M. Buss., Direktur Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Bisnis PT SUCOFINDO (Persero), Lussy Ariana Seba, S.Kom., Direktur SDM, PT Surveyor Indonesia (Persero) dan Dr. Rachma Fitriati, M.Si., M.Si (Han), Pengajar dan Peneliti Pascasarjana FIA UI.

Pada kuliah umum ini pemateri membahas dampak Covid-19 secara makro terhadap penurunan PDB Indonesia pada kuartal I, II, dan III tahun 2020. Dampak yang dirasakan tentunya bukan hanya negara dan masyarakat tetapi juga perusahaan yang menghadapi dampak pandemi Covid-19. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi perusahaan dalam mengelola perusahaan sangat diuji selama dan era setelah pandemi nanti. Kemampuan perusahaan untuk membangun Tata Kelola Perusahaan pada masa pandemi Covid-19 ini melalui kepemimpinan stratejik dan manajemen pengetahuan. Kuncinya adalah sumber daya manusia yang mumpuni yang menjadi penggerak dari TIC (Testing, Institute, and Certification) Institute

Rozainbahri Noor, B. Bus., M. Buss., Direktur Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Bisnis PT SUCOFINDO (Persero) menjelasan bahwa Covid-19 adalah suatu krisis yang memberikan rasa urgensi yang tiba-tiba dan nyata. Urgensi ini memungkinkan organisasi untuk melepaskan semua prioritas lain dan fokus pada satu tantangan, mengalokasikan kembali sumber daya sesuai kebutuhan.

Dengan fokus tunggal dan sumber daya yang dialokasikan kembali ini, sekarang menjadi tugas semua orang untuk bersama-sama menyelesaikan masalah, menghadirkan keragaman sudut pandang dan perspektif baru. Urgensi dan fokus tunggal ini melegitimasi apa yang seharusnya merupakan “pemborosan”, memungkinkan lebih banyak eksperimen dan pembelajaran. Secara keseluruhan, ini adalah “Agile on the fly” lanjut Rozain.

Direktur Pengembangan Sumber Daya PT. Biro Klasifikasi Indonesia, Ir. Saifuddin Wijaya, MBA. menjelaskan tentang penerapan one gate system dan AKHLAK Channel (nilai-nilai yang diterapkan di BUMN Indonesia) membangun human capital pada seluruh pemangku kepentingan di PT.BKI dengan melakukan active sharing.

Dalam menghadapi pa ndemi Covid-19. Lussy Ariana Seba, S.Kom. selaku Direktur SDM, PT. Surveyor Indonesia (Persero) memaparkan strategi transformasi digital dengan mengembangkan kompetensi sumber daya manusia berupa digital savvy, global business savvy, managing diversity, dan developing organizational capability. Arsitektur sumber daya manusia yang dikembangkan PT. Surveyor Indonesia.

Pengetahuan kepemimpinan merupakan suatu keharusan untuk memastikan adanya visi, energi, dan antusias pemimpin dalam menerjemahkan konsep pengetahuan menjadi realitas. Peran pemimpin sangat dibutuhkan untuk organizational support, organizational capability, organizational structure, organizational system, dan organizational culture.

Testing, Inspection, and Certification (TIC) INSTITUTE

Testing, Inspection, and Certification (TIC) Institute merupakan sebuah pusat pembelajaran (learning center) dan Pusat Riset dan Inovasi segmen TIC berupaya mengembangkan kompetensi dan pelatihan di bidang TIC (Testing, Inspection and Certification), Leadership dan dukungan Bisnis secara bersama-sama. TIC Institute memiliki visi yang besar, salah satunya menciptakan SDM yang unggul baik di regional maupun global juga memberikan nilai tambah yang lebih besar untuk negeri. Untuk itu, TIC Institute diharapkan akan mampu memperkuat brand posisi BUMN Jasa Survey di Indonesia.

TIC Institute merupakan gabungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jasa survei yaitu PT. Biro Klasifikasi Indonesia, PT. Sucofindo, dan PT. Surveyor Indonesia yang dibentuk pada September 2020 lalu. PT. Biro Klasifikasi Indonesia memiliki fokus pada sektor bisnis jasa survei kelautan, energi, dan industri. Perusahaan selanjutnya PT. Sucofindo memiliki lima fokus bisnis jasa survei pada sektor pertanian, manufaktur, pertambangan dan batubara, minyak dan gas, serta pemerintah. Perusahaan ketiga yaitu PT. Surveyor Indonesia memiliki fokus bisnis pada sektor penguatan kelembagaan, infrastruktur, pertambangan dan batubara, dan minyak dan gas dan pembangkit listrik. Ketiga BUMN ini memiliki lima segmen pasar yaitu testing, inspection, certification, advisory/consulting services, dan training services.

Kolaborasi antara TIC Institute, Universitas Indonesia dan Kampus Merdeka dalam masa COVID-19 ini merupakan respon cepat dan tepat pada transformasi pembelajaran untuk dapat membekali dan menyiapkan lulusan Pendidikan Tinggi kelak, agar menjadi generasi yang unggul, tanggap dan siap menghadapi tantangan zamannya, tanpa tercerabut dari akar budaya bangsanya. Kreativitas dan inovasi menjadi kata kunci penting untuk memastikan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

Sesuai dengan visi misi Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo untuk menciptakan adanya SDM yang lebih unggul Para mahasiswa harus disiapkan menjadi pembelajar sejati yang terampil, lentur dan ulet (agile learner). Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan adalah implementasi dari. Kebijakan Merdeka Belajar merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin masa depan.

(AB)

Leave a Reply