Jum. Des 6th, 2019

Budidaya Lobster Air Tawar di BFC Mini Farm

Lobster merupakan salah satu menu yang termasuk eksklusif di berbagai restoran. Tidak banyak resto yang menyajikan lobster di daftar menunya. Hal ini tidak terlepas dari pasokan lobster yang tidak banyak, belum lagi harga menunya yang tidak murah, Bila Anda penggemar lobster di Bintaro, Anda cukup beruntung karena sangat mungkin lobster yang Anda santap berasal dari peternakan lobster yang ada di Bintaro sendiri: BFC Mini Farm, sehingga pasokan selalu terjamin.

Bintaro Fish Center (BFC) Mini Farm berlokasi di Jl. Kavling Baitis Salmah No.123, RT.03 / RW.07, Sawah Baru, Bintaro. Lokasinya tidak begitu jauh dari Pasar Modern Bintaro, Sektor 7. Dari Pasar Modern Anda tinggal berkendaraan lurus ke arah Jl. Palem Indah. Kira-kira 50 meter dari pertigaan arah menuju Perumahan Palem Indah, Anda berbelok ke kiri, masuk ke Jl. Kavling Baitis Salmah. Dari situ Anda tinggal mengikuti jalan yang ada, menempuh jarak sekitar 700 meter sampai tiba di BFC Mini Farm.

BFC Mini Farm didirikan oleh Cuncun Setiawan yang sama sekali tidak memiliki latar belakang ilmu peternakan atau perikanan. Cuncun lulus sebagai Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Indonesia (ITI) pada tahun 2000. Selepas dari bangku kuliah, ia memilih untuk menjadi wirausaha ketimbang karyawan, sesuatu yang sangat aneh di mata sebagian orang yang mengenalnya saat itu. Ternyata jiwa wirausaha telah dimilikinya semenjak ia di bangku SD dengan berjualan biji karet dan alat tulis yang terus berlanjut sampai ia menyelesaikan kuliahnya.

Usaha budidaya lobster air tawar ini pun tidak muncul begitu saja. Ia mengawali bisnisnya dengan berbisnis ikan cupang. Ikan cupangnya bahkan sampai diekspor ke berbagai negara, seperti Amerika dan Kanada. Ia mulai melirik bisnis lobster pada tahun 2002. Awalnya ia membudidayakan lobster hias asal Papua di kolam-kolam yang dibangunnya di lahan milik orang tuanya.

Setelah usahanya berjalan beberapa waktu lamanya, ia melihat adanya kebutuhan lobster konsumsi untuk berbagai menu di restoran. Sayangnya kebutuhan ini tidak diimbangi dengan pasokan yang memadai. Tidak heran, menu lobster yang saat itu didominasi dengan lobter laut berharga cukup tinggi dan hanya bisa dinikmati segelintir orang. Cuncun melihat potensi lobster air tawar dapat menjadi alternatif yang berharga lebih murah. Dari situ, ia mulai belajar mengembangbiakkan lobster air tawar secara otodidak. Tentunya, berbagai kegagalan cukup sering ia dapatkan, sampai akhirnya ia menemukan metode yang dikembangkannya sendiri, sehingga lobster bisa menjadi besar dalam waktu yang lebih singkat.

Pada awalnya ia memelihara lobster dari mulai telur sampai menjadi lobster dewasa yang siap panen. Namun seiring meningkatnya permintaan lobster hasil budi dayanya, Cuncun mulai kewalahan memenuhi permintaan dari berbagai resto pelanggannya. Cuncun pun mulai memikirkan alternatif dengan sistem kemitraan dengan menggandeng masyarakat yang ingin berbisnis budi daya lobster. Sistem kemitraan inilah yang berlaku sampai dengan saat ini.

BACA JUGA  Apakah Anda Sedang Mencari Pekerjaan? Yuk Menjadi Marketing Properti

Saat ini BFC Mini Farm memiliki mitra peternak lobster air tawar mencapai ribuan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Lobster-lobster ini kemudian ludes dibeli puluhan restoran yang rutin mengambil lobster-lobster siap konsumsi. Walaupun ia telah dibantu oleh mitra-mitranya yang berjumlah ribuan, nyatanya kebutuhan yang ada masih tetap tinggi, untuk itu BFC Mini Farm membatasi jumlah pesanan lobster dari masing-masing restoran.

Menurut Hara, staf BFC Mini Farm, BFC Mini Farm menerapkan sistem terbuka, artinya siapapun dapat menjadi mitra BFC Mini Farm sekalipun ia tidak memiliki latar belakang dan pengetahuan budi daya lobster air tawar. Namun Hara lebih menyarankan, usaha ini dilakukan oleh para pensiunan, karena berdasarkan pengalaman para orang tua lebih memiliki ketelatenan dalam mengurus lobster-lobster, disamping waktunya pun lebih banyak.

Untuk menjadi mitra, tentunya syarat utamanya adalah memiliki lahan yang cukup untuk melakukan budi daya lobster dan ketersediaan air tawar yang kualitasnya baik. Calon mitra akan mendapatkan training pelatihan cara melakukan budi daya. Setelah itu mitra dapat membawa sepasang indukan lobster (jantan dan betina) dan 3 pasang calon indukan yang berkualitas bagus.

Tidak hanya itu, mitra pun akan mendapatkan pakan lobster yang cukup untuk 3 bulan. BFC Mini Farm juga siap melakukan pengecekan lingkungan kolam tempat hidup lobster jika diminta oleh calon mitra, seperti air dan faktor-faktor lainnya dengan membawa peralatan pengecekan. Sehingga bila hasil pengecekan ditemukan kondisi-kondisi yang tidak memadai, BFC Mini Farm dapat memberikan masukan untuk perbaikan-perbaikannya.

Prinsip tugas mitra adalah memelihara indukan dan bakal indukan sehingga dapat bertelur kemudian menghasilkan benur (anakan lobster). Benur-benur ini kemudian dibeli oleh BFC Mini Farm untuk dibesarkan sampai dengan ukuran tertentu. Setelah itu lobster-lobster ini dilepas kembali kepada mitra-mitranya untuk dibesarkan sampai menjadi lobster dewasa yang dapat mencapai ukuran sampai 6,5 kg. Barulah kemudian lobster-lobster ini dilempar kembali ke BFC Mini Farm untuk disalurkan ke restoran-restoran langganannya.

Tidak hanya mengembangkan lobster, BFC Mini Farm juga membudidayakan berbagai hewan, seperti ikan, penyu air tawar, landak mini, kelinci, sampai dengan ular sanca batik. Hewan-hewan ini merupakan tambahan saja sifatnya, dan baru dimulai beberapa tahun belakangan ini karena adanya permintaan dari pengunjung-pengunjungnya.

BFC Mini Farm juga menyediakan sarana edukasi bagi anak-anak berupa program Wisata Edukasi BFC Mini Farm. Program ini menyediakan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar dan mengenal berbagai hewan yang ada di BFC Mini Farm, sekaligus berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut. Program ini tersedia bagi rombongan murid sekolah. Sekolah-sekolah yang pernah mengikuti program ini ternyata tidak hanya sekolah-sekolah yang berada di sekitar Bintaro, bahkan dari berbagai sekolah di seputaran Jabodetabek.

BACA JUGA  SamsungGalaxy M10 Resmi Dijual Secara Online Mulai Tanggal 27 Maret 2019

Tertarik jadi mitra? Hubungi saja BFC Mini Farm setiap hari dari pukul 08.00-17.00 melalui 0812 8098 908, atau melalui email : lobsterairtawar001@yahoo.com. Untuk mengakses informasi, dapat membuka website http://www.bfcminifarm.com.

 

(BON)

 

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan