Sel. Sep 24th, 2019

Buat Yang Kangen Dengan Makanan Pontianak: Bakmi Ponti Kalimantan

Pontianak memang dikenal sebagai gudangnya makanan lezat. Ketenaran makanan asal Pontianak dan daerah-daerah di Kalimantan Barat seperti Singkawang membuat daerah ini selalu diingat dari aneka kulinernya. Bagi yang pernah lama tinggal di Pontianak atau hanya sekedar mampir karena tugas kantor atau bisnis, pasti tahu berbagai tempat makan di Jl. Gajah Mada, Jl. Veteran, Jl. Tanjung Pura, dll. yang menyajikan berbagai pilihan masakan dari pagi sampai malam hari. Sangking tenarnya berbagai masakan asal Pontianak, kita bisa menemukan di berbagai tempat di Jabodetabek gerai-gerai kuliner dengan embel-embel ‘Pontianak’. Tidak semua dari gerai-gerai ini dimiliki oleh orang-orang asal Pontianak, sebagian hanya memanfaatkan nama Pontianak sebagai pemancing orang mampir ke gerainya.

Bagi Anda yang kangen dengan lezatnya kuliner asal Pontianak, ada 1 tempat yang bisa jadi referensi karena menyajikan bakmi khas Pontianak : Bakmi Ponti Kalimantan yang berlokasi di Pasar 8, Alam Sutera. Gerai satu ini dimiliki oleh orang yang betul-betul berasal dari Pontianak, jadi bisa dijamin keotentikannya.

Sebelum Anda mampir ke sini, hal penting yang harus Anda perhatikan: gerai ini menyajikan menu-menu non halal.

Gerai ini buka setiap hari dari pukul 06.30 – 14.00, dari pukul 14.00 – 15.00 gerai ini tidak melayani pengunjung untuk memberikan kesempatan pengelola dan karyawannya untuk beristirahat sekaligus mempersiapkan jam buka pada sore hari. Sore hari gerai ini buka dari pukul 15.00 – 21.00. Jadi kalau Anda ingin datang kemari sebaiknya jangan pada pukul 14.00 – 15.00.

Pontianak sebetulnya lebih dikenal dengan bakmi kepitingnya, namun Bakmi Ponti Kalimantan ini tidak menyajikan bakmi kepiting, karena untuk bakmi kepiting Pontianak sendiri bisa kita temukan di bagian lain dari Pasar 8 ini. Yang menjadi andalan di sini tentu saja bakmi, walaupun menu-menu lainnya juga tersedia seperti kwetiau yangjuga khas Pontianak.

Yang istimewa dari bakmi di sini adalah porsinya yang lumayan besar. Sebelum Anda menikmati menu-menu di sini, sebaiknya dalam kondisi perut yang lapar karena menu-menu lainnya tidak kalah banyak. Sepiring penuh bakmi lengkap yang mengkilap karena menggunakan minyak babi lauk tambahan yang bervariasi : daging babi goreng kecap yang tidak digoreng sampai kering, daging merah, kerupuk rambak babi, baso ikan, tauge dan daun bawang. Semuanya lumayan banyak dan dijamin puas. Kuahnya dilengkapi dengan pangsit.

BACA JUGA  Wall Street English Untuk Bahasa Inggris Bisnis dan Profesional

Begitu disantap terasa cita rasa khas bakmi Pontianak. Bakmi Pontianak memang dikenal dengan rasanya yang khas. Bila kita menyantap bakminya saja dijamin sudah terasa nikmat, tidak hambar. Ditambah dengan tambahan lauknya yang berlimpah, pasti Anda pulang dengan perut yang kenyang.

Kalau Anda memilih kwetiau, menu-menu tambahannya sama dengan bakmi. Perbedaannya hanya kwetiau yang digunakan kwetiau putih yang rasanya tawar. Namun dengan menu-menu tambahan dan kuahnya yang asin ditambah sambal dan saus, menyantap kwetiau ini memiliki kenikmatan tersendiri.

Jika Anda tidak sabar menikmati kelezatan bakmi Pontianak, datang saja ke Ruko Pasar 8, Jl. Alam Utama (Sebelah Bakmi Medan Kebon Jahe), Alam Sutera. Untuk pemesanan hubungi 0812 8006 8977.

 

(BON)

 

 

Baca Juga