Ming. Sep 22nd, 2019

Buat Toko Online, Mendorong Startup Potensial Untuk Tumbuh Berkembang

Tumbuhnya startup di Indonesia pada waktu belakangan ini sangat mengejutkan berbagai pihak. Bisnis pemula berbasis online yang sebelumnya tidak dilirik, ternyata bisa berkembang secara fenomenal. Beberapa bahkan dalam waktu singkat berkembang menjadi bisnis ‘unicorn alias bisnis dengan valuasi di atas 1 milyar dollar, sesuatu yang hampir mustahil diraih oleh bisnis-bisnis konvensional. Tengok saja seperti Gojek, Tokopedia atau Traveloka, 3 bisnis yang berawal dari startup kemudian berkembang menjadi sedemikian besarnya sehingga ‘memaksa’ berbagai investor kelas dunia untuk melirik pada startup-startup di Indonesia.

Sayangnya gambaran indah di permukaan ini tidak seindah yang terjadi di tingkat akar rumput. Tumbuhnya minat anak muda untuk mengembangkan startup-startup inovatif tidak dibarengi kemudahan-kemudahan bagi mereka untuk mengembangkan bisnisnya. Alasan klasik seperti tidak jelasnya konsep bisnis dengan hitung-hitungan keuangannya menjadi alasan ampuh bagi kalangan perbankan maupun venture capital (penyuntik modal) untuk menolak mengucurkan pendanaan yang dibutuhkan para startup.

Hal inilah yang menjadi keprihatian dari Rein Mahatma, seorang yang cukup banyak mendalami dunia startup, sekaligus salah satu pelaku startup. Rein yang merupakan founder dari Buat Toko Online (https://buattokoonline.id) dan co-founder dari StartupBisnis (http://startupbisnis.com) ini pernah bekerja di beberapa inkubator startup, seperti Mojopia dan Batavia Incubator, serta sebuah perusahaan venture capital, Systec Group, banyak melihat startup-startup yang tumbuh di Indonesia harus berjuang sendiri. “Saya melihat dari startup-startup yang ada hanya sedikit yang mampu berkembang menjadi bisnis yang sesungguhnya, problemnya adalah pendanaan. Walaupun banyak venture capital yang mencari startup-startup potensial, namun mereka tidak tertarik menjadi mentor bagi startup-startup ini.” jelas Rein kepada Info Bintaro di kantornya di Skystar Venture, Universitas Multimedia Nusantara. Bagi venture capital lebih menarik untuk memilih startup potensial yang sudah lumayan berkembang kemudian berinvestasi ketimbang membina startup-startup dari nol.

Rein mengakui, memang banyak kekurangan dari startup-startup yang ada. Salah satunya adalah konsep bisnis. Salah satu yang sering ditemukannya dari startup misalnya saat menentukan nama dari website yang digunakan. Ia menemukan banyak dari startup menggunakan nama domain yang kurang menjual, padahal nama domain adalah faktor penting dalam melakukan digital marketing nnantinya. Hal lain yang ia temukan adalah sangat kurangnya talent untuk programmer. Padahal startup-startup yang berbasis teknologi informasi sangat membutuhkan pemrograman yang handal.

BACA JUGA  Xiaomi Luncurkan Generasi Penerus Smartphone Android One Mi A2 & Mi A2 Lite

Dari situ, ia tergerak untuk mengembangkan sebuah startup yang berfungsi menjadi mentor bagi bisnis-bisnis startup melalui Buat Toko Online. Ada hal menarik yang mendasari Rein menggunakan nama Buat Toko Online sebagai nama startup-nya. Ia melihat tingginya animo masyarakat untuk berbisnis menjual barang secara online. Ia meyakini sekalipun saat ini media sosial marak digunakan sebagai alat pemasaran berbagai produk. Namun dari observasinya dari berbagai riset-riset yang dilakukan  secara internasional, content marketing tetap menduduki peringkat pertama metode pemasaran online yang efektif.

Content marketing adalah publikasi berupa artikel-artikel yang dimuat pada website yang bersifat mempromosikan atau menjual. Content marketing memanfaatkan search engine seperti Google, Yahoo, Bing, dll untuk menemukan content-content marketing yang bertebaran di internet. Dengan metode seperti Search Engine Optimization (SEO), sebuah content marketing bisa ditemukan dengan mudah. Sehingga dengan content marketing inilah sebuah website toko online bisa menjadi tool marketing yang dahsyat.

Buat Toko Online sendiri menyediakan jasa pembuatan toko online berbasis web. Tidak hanya itu, Buat Toko Online juga akan mensupervisi klien-kliennya sejak awal dari penentuan nama domain, sampai dengan strategi-strategi digital marketing yang sebaiknya dipilih. Namun bisnis yang bisa memanfaatkan jasa Buat Toko Online tidak hanya startup, beberapa klien Buka Toko Online adalah bisnis besar yang sudah sangat mapan, seperti bank-bank. Buat Toko Online membantu bisnis-bisnis ini yang notabene bukan bisnis berbasis online dengan mengoptimasikan website dan media sosial yang dimiliki sehingga produk dan jasa yang dipasarkannya akan efektif.

Bagi bisnis-bisnis yang akan memanfaatkan jasa Buat Toko Online, mekanismenya tidak sulit. Calon klien tinggal menghubungi Buat Toko Online, kemudian dilakukan pertemuan (meeting) untuk menangkap ide-ide bisnis yang akan dijalankan. Selanjutnya pihak Buat Toko Online akan mengajukan proposal sesuai kebutuhan dari bisnis tersebut yang bila disetujui maka pihak Buat Toko Online akan mulai mengeksekusinya.

Nah, jika Anda ingin bisnis Anda berkembang, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan metode-metode pemasaran online yang efektif.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Buat Toko Online
Skystar Venture
Universitas Multimedia Nusantara, New Media Tower Lt. 12
Gading Serpong 15811
Website : https://buattokoonline.id

BACA JUGA  Namiya Familia Shop, Toko Hijab Berkualitas di Pasar Segar Graha Bintaro

 

(ES)

 

 

Baca Juga