Bolu Gulung Batik : Enak Dilihat, Enak Dirasa

Bolu gulung merupakan jenis kue yang banyak digemari, tidak hanya di Indonesia, namun di berbagai negara di dunia. Bolu gulung yang populer di Eropa dan Amerika dengan nama “Swiss Roll” telah dikenal sejak abad ke-19. Tidak ada bukti yang menyatakan bolu gulung berasal dari negara Swiss, sebagian ahli sejarah meyakini, Swiss Roll berasal dari Eropa Tengah, seperti Austria. Dengan berjalannya waktu tradisi membuat dan menghidangkan Swiss Roll ini tersebar ke berbagai wilayah Eropa, termasuk Inggris. Penjelajahan Inggris ke seluruh dunia untuk menguasai berbagai wilayah baru di di dunia, menyebabkan Swiss Roll ini akhirnya tersebar dan menjadi populer di benua Amerika dan Asia.

IMG-20160606-WA0006

Di Indonesia, bolu gulung sudah lama populer sebagai jenis kue yang banyak dihidangkan saat menjamu tamu. Selain karena rasanya yang manis, tekstur bolu gulung yang lembut dan aromanya yang harum, membuat bolu gulung sangat cocok dihidangkan sebagai teman minum teh bersama keluarga atau sahabat. Untuk membuat bolu gulung lebih nikmat, biasanya bolu gulung diisi dengan selai nanas, strawberry, coklat dan krim. Bahkan terkadang dengan potongan buah yang dicampur dengan krim.

Penampilan dari bolu gulung yang monoton, serupa dengan silinder, berwarna kuning kecoklatan atau putih membuat orang pada waktu belakangan ini mulai mengkreasikan ide untuk membuat bolu gulung lebih menarik, salah satunya dengan motif batik. Motif dari batik yang bermacam-macam, baik motif tradisional mau pun modern dengan warna-warni yang menarik dapat diterapkan pada bolu gulung. Hasilnya adalah bolu gulung yang terlihat menarik dan eksotis, dan yang tak kalah penting ‘batik-batik’ indah ini dapat dimakan dan enak rasanya.

IMG-20160606-WA0008

Sebagai pewarna dari motif-motif batik ini digunakan pewarna alami, sehingga bolu gulung batik ini aman bagi kesehatan, disamping itu juga bolu-bolu gulung batik ini tidak menggunakan bahan pengawet. Bila ditempatkan di udara terbuka, bolu gulung batik dapat bertahan sampai dengan 3 hari, sedangkan bila disimpan di lemari pendingin, bolu gulung batik ini dapat bertahan sampai dengan 6 hari. Proses pembuatan dari bolu gulung ini tidak jauh berbeda dari bolu gulung biasa, kecuali pada proses pembuatan motif batiknya. Di mana motif batik ini dibentuk dari cetakan yang dilukis sesuai motif-motif yang diinginkan, dengan memberikan warna-warna yang berbeda sesaui dengan motifnya. Tidak heran, karena prosesnya sedikit lebih sulit, harga bolu gulung batik ini sedikit lebih mahal.

IMG-20160606-WA0002Dengan penampilan yang indah ini, bolu gulung batik sangat cocok dijadikan oleh-oleh atau souvenir, mau pun sebagai jamuan pada arisan atau acara pernikahan. Dengan menempatkan pada kotak yang diberi ornamen yang menarik, siapa pun akan senang menerima pemberian cantik ini. Atau Anda ingin menjamu tamu-tamu di rumah dengan potongan bolu gulung batik yang enak ini? Dijamin tamu-tamu Anda akan terkesan dengan hidangan yang Anda sajikan.

Anda tertarik untuk memesan bolu gulung batik ini sebagai jamuan bagi tamu saat hari Lebaran nanti? Atau sebagai oleh-oleh saat Anda ke kampung halaman, Anda dapat menghubungi Cemal-Cemil, 0812 8393 9079 (Telp/WA).

Untuk motif-motif yang tersedia, Anda dapat memilih dari alternatif-alternatif yang ada berikut ini. Motif-motif ini akan terus ditambah, sehingga Anda memiliki alternatif yang beragam.


Motif-Motif Pilihan Bolu Gulung Batik

(Silakan klik pada kategori di bawah)


Widget not in any sidebars

Leave a Reply