Pendidikan

Biografi Singkat Yap Thiam Hien

Pada hari Rabu, 24 Januari 2018 diselenggarakan penyerahan Yap Thiam Hien Award 2017 kepada Gus Mus, antara lain, dihadiri oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Laode M Syarif, serta perwakilan keluarga Yap Thiam Hien. Simak video penyerahan award tersebut di https://www.youtube.com/watch?v=Xlmqw-xnQF8

Yap Thiam Hien Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada pihak-pihak yang dinilai punya dedikasi luar biasa dalam penegakan HAM di Indonesia. Penghargaan ini mengambil nama sosok advokat Yap Thiam Hien (1913-1989) yang semasa hidupnya gigih memperjuangkan keadilan dan HAM. Penghargaan ini mulai diberikan pada 1992.

Masa Kecil Yap Thiam Hien

Mr.Yap Thiam Hien (lahir di Koeta Radja, Aceh, 25 Mei 1913 – meninggal di Brusel, Belgia, 25 April 1989 pada umur 75 tahun) adalah seorang pengacara Indonesia keturunan Tionghoa. Ia mengabdikan seluruh hidupnya berjuang demi menegakkan keadilan dan hak asasi manusia (HAM). Namanya diabadikan sebagai nama sebuah penghargaan yang diberikan kepada orang-orang yang berjasa besar bagi penegakan hak asasi manusia di Indonesia.

Yap Thiam Hien, yang biasa dipanggil “John” oleh teman-teman akrabnya, adalah anak sulung dari tiga bersaudara dari Yap Sin Eng dan Hwan Tjing Nio. Kakek buyutnya , Yap A Sin, seorang Luitenant yang bermigrasi dari provinsi Guangdong di Tiongkok ke Bangka, namun kemudian pindah ke Aceh. Ketika monopoli opium di Hindia Belanda dihapuskan, kehidupan keluarga Yap dan banyak tokoh masyarakat Tionghoa saat itu merosot. Ditambah lagi oleh kekeliruan investasi di Aceh berupa kebun kelapa yang ternyata tidak memberikan hasil yang menguntungkan. Pada tahun 1920 kedudukan keluarga Yap digantikan oleh keluarga Han, yang datang dari Jawa Timur.

Thiam Hien dibesarkan dalam lingkungan perkebunan yang sangat feodalistik. Kondisi lingkungan feodalistik ini telah menempa pribadi cucu Kapitan Yap Hun Han (Jap joen Khoy) ini sejak kecil bersifat memberontak dan membenci segala bentuk penindasan dan kesewenang-wenangan.

Pada usia 9 tahun, ibu Thiam Hien meninggal dunia. Ia dan kedua orang adiknya kemudian dibesarkan oleh Sato Nakashima, seorang perempuan Jepang yang merupakan gundik kakeknya. Sato ternyata memainkan peranan besar dalam kehidupan Thiam Hien, memberikan kemesraan keluarga yang biasanya tidak ditemukan dalam keluarga Tionghoa serta rasa etis yang kuat yang kelak menjiwai kehidupan Thiam Hien pada masa dewasa.

Yap Sin Eng, ayah Thiam Hien, ternyata adalah figur yang lemah. Namun Sin Eng ikut membentuk kehidupan anak-anaknya, karena ia memutuskan untuk memohon status hukum disamakan (gelijkstelling) dengan bangsa Eropa. Hal ini memungkinkan anak-anaknya memperoleh pendidikan Eropa, meskipun mereka telah kehilangan status sebagai tokoh masyarakat.

Pindah ke Jawa

Thiam Hien belajar di Europesche Lagere School, Banda Aceh. Kemudian melanjut ke MULO di Banda Aceh. Pada tahun 1920-an, Yap Sin Eng membawa Thiam Hien dan adiknya Thiam Bong pindah ke Batavia. Thiam Hien pun pindah sekolah ke MULO di Batavia, lalu meneruskan ke AMS A-II dengan program bahasa-bahasa Barat di Bandung dan Yogyakarta dan lulus pada 1933. Ia sangat tertarik akan sejarah dan fasih dalam bahasa-bahasa Barat, yaitu bahasa Belanda, bahasa Jerman, bahasa Inggris, bahasa Prancis, dan bahasa Latin.

Pada 1938, Yap memeluk agama Kristen, setelah selama beberapa tahun mempelajarinya dan berkenalan lewat sebuah keluarga Indo, tempat ia kos di Yogyakarta.

Menjadi guru

Selesai dari AMS, dunia pada saat itu dilanda depresi ekonomi, dan Yap tidak dapat memperoleh pekerjaan. Karena itu ia pindah ke Batavia, dan masuk ke Hollands-Chineesche Kweekschool (HCK), di Meester Cornelis. HCK adalah sekolah pendidikan guru yang berlangsung satu tahun, yang memberikan kesempatan kepada para pemuda peranakan yang ingin menempuh pendidikan profesional, namun tidak mempunyai biaya untuk masuk ke universitas. Setamat dari HCK, Yap menjadi guru selama empat tahun di wilde scholen (sekolah-sekolah yang tidak diakui pemerintah Belanda) Chinese Zendingschool, Cirebon. Berikutnya menjadi guru di Tionghwa Hwee Kwan Holl, China School di Rembang dan Christelijke School di Batavia. Lalu, sejak 1938, Yap yang pernah menjadi pencari langganan telepon, bekerja di kantor asuransi Jakarta dan di Balai Harta Peninggalan Departemen Kehakiman pada 1943 serta mendaftar di Rechsthogeschool (Sekolah Tinggi Hukum).

Berangkat ke Belanda

Pada awal 1946, Yap mendapatkan kesempatan untuk bekerja pada sebuah kapal pemulangan orang-orang Belanda yang mengantarkannya ke Belanda untuk menyelesaikan studi hukumnya di Universitas Leiden. Dari sana ia meraih gelar Meester in de Rechten. Sementara belajar di Leiden, Yap tinggal di Zendingshuis, pusat Gereja Reformasi Belanda di Oegstgeest..

Menjadi pengacara

Sekembalinya ke tanah air pada 1948, Yap menikah. Ayahnya, Yap Sin Eng dan Sato Nakashima meninggal pada 1949. Yap mulai bekerja di gereja. Ia pun kemudian mulai berkiprah sebagai seorang pengacara warga untuk warga keturunan Tionghoa di Jakarta. Belakangan ia bergabung dengan sebuah biro hukum kecil namun cukup terkemuka dengan rekan-rekannya yang semuanya terlibat dalam masalah yang jauh lebih luas daripada sekadar masalah Tionghoa. Rekan seniornya pada waktu itu antara lain adalah Lie Hwee Yoe, pendiri biro hukum itu pada tahun 1930-an, Tan Po Goan, seorang pendukung aktif revolusi dan kemudian menjadi anggota Partai Sosialis Indonesia, dan Oei Tjoe Tat yang jauh lebih muda, seorang aktivis Sin Ming Hui dan belakangan aktif di Baperki dan Partindo.

Setelah lebih berpengalaman, Yap bersama John Karwin, Mochtar Kusumaatmadja dan Komar membuka kantor pengacara pada 1950. Sampai kemudian, Yap membuka kantor pengacara sendiri sejak tahun 1970 dan kemudian memelopori berdirinya Peradin (Persatuan Advokat Indonesia) dan kemudian menjadi pimpinan asosiasi advokat itu.

Selama menjadi pengacara, Yap pernah membela pedagang di Pasar Senen yang tempat usahanya tergusur oleh pemilik gedung. Yap juga menjadi salah seorang pendiri Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI).

Pada era Bung Karno, Yap menulis artikel yang mengimbau presiden agar membebaskan sejumlah tahanan politik, seperti Mohammad Natsir, Mohammad Roem, Mochtar Lubis, Subadio, Syahrir, dan Princen.

Begitu pula ketika terjadinya Peristiwa G30S, Yap, yang dikenal sebagai pribadi yang antikomunis, juga berani membela para tersangka G30S seperti Abdul Latief, Asep Suryawan, Oei Tjoe Tat, dan Sudisman. Yap bersama H.J.C Princen, Aisyah Aminy, Dr Halim, Wiratmo Sukito, dan Dr Tambunan yang tergabung dalam Lembaga Pembela Hak-hak Asasi Manusia (LPHAM) yang mereka dirikan 29 April 1966 dan sekaligus mewakili Amnesty International di Indonesia, meminta supaya para tapol PKI dibebaskan.

Ia juga membuktikan nasionalisme tidak dapat dikaitkan dengan nama yang disandang seseorang. Ini dibuktikannya dengan tidak mengganti nama Tionghoa yang ia sandang sampai akhir hayatnya walaupun ada himbauan dari pemerintah Orde Baru kepada orang Tionghoa di Indonesia untuk mengganti nama Tionghoa mereka.

Ia juga membela Soebandrio, bekas perdana menteri, yang menjadi sasaran cacian massa pada awal Orde Baru itu. Pembelaan Yap yang serius dan teliti kepada Soebandrio itu sempat membuat hakim-hakim militer di Mahmilub (Mahkamah Militer Luar Biasa) bingung dan kesal.

Yap juga seorang tokoh yang antikorupsi. Ia bahkan sempat ditahan selama seminggu pada tahun 1968 sebagai akibat kegigihannya menentang korupsi di lembaga pemerintah.

Pada Peristiwa Malari (Malapetaka Lima Belas Januari) 1974, Yap juga tampil teguh memosisikan diri membela para aktivis mahasiswa. Ia pun ditahan tanpa proses peradilan. Ia dianggap menghasut mahasiswa melakukan demonstrasi besar-besaran. Begitu pula ketika terjadi Peristiwa Tanjung Priok pada 1984, Yap maju ke depan membela para tersangka.

Dalam perjalanan tugas menghadiri konferensi internasional Lembaga Donor untuk Indonesia di Brussel, Belgia, Yap menderita pendarahan usus. Setelah dua hari dirawat di Rumah Sakit Santo Agustinus, Brussel, Yap menghembuskan napas yang terakhir pada 25 April 1989. Jenazahnya diterbangkan ke Jakarta. Lima hari kemudian, diiringi ribuan pelayat, jenazahnya dikebumikan di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir Jakarta.

Sumber: Wikipedia

Tags

 

Baca Juga

  • Paket Liburan Keluarga di Hotel Santika Premiere Bintaro

    Paket Liburan Keluarga di Hotel Santika Premiere Bintaro

    Bagi warga Bintaro yang sibuk dari Senin-Jumat, weekend menjadi waktu yang sangat berarti. Pernahkah Anda terjebak macet panjang selama liburan akhir pekan? Kini warga Bintaro tidak perlu seperti itu lagi. Hotel Santika Premiere Bintaro menghadirkan STAYCATION, yang diluncurkan pada tanggal 29 April 2016.  STAYCATION adalah paket menginap liburan singkat dengan tinggal di hotel yang memiliki […]
  • Samsung Dekatkan Diri dengan Konsumen melalui Aplikasi Samsung Member

    Samsung Dekatkan Diri dengan Konsumen melalui Aplikasi Samsung Member

    Samsung menghadirkan aplikasi purna jual Samsung Member sebagai upaya mendekatkan diri dengan konsumen. Samsung Member adalah aplikasi untuk semua pengguna Samsung yang mengubah setiap ponsel menjadi dunia yang penuh dengan bermacam keistimewaan dan layanan pelanggan pribadi. Keistimewaan Samsung Member untuk pengguna Samsung ditawarkan melalui beberapa menu yang tersedia yaitu mendapatkan layanan melalui live chat, telpon, […]
  • Potensi Fintech bagi Optimalisasi Penyaluran Program Bantuan Sosial Pemerintah

    Potensi Fintech bagi Optimalisasi Penyaluran Program Bantuan Sosial Pemerintah

    Pandemi COVID-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk aspek ekonomi, di tingkat global. Performa sebagian besar sektor industri mengalami penurunan. UMKM, terutama di sektor pariwisata dan ritel mengalami dampak negatif yang signifikan. Daya beli masyarakat pun ikut menurun, seiring dengan lesunya perekonomian. Guna mengurangi dampak negatif pandemi COVID-19 terhadap perekonomian nasional, pemerintah Indonesia menerapkan beberapa program […]
  • BMW Group Indonesia Hadirkan Rangkaian Kendaraan Terbaiknya di Ajang IIMS 2018

    BMW Group Indonesia Hadirkan Rangkaian Kendaraan Terbaiknya di Ajang IIMS 2018

    BMW Group Indonesia kembali perlihatkan kepemimpinannya dalam hal inovasi, kemewahan, kenyamanan dan kenikmatan berkendara di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Pada IIMS 2018, 16 kendaraan dari brand BMW dan MINI ditampilkan dalam BMW Group Pavilion yang bertempat di hall D4 dalam lokasi seluas 860 m2. Pada kesempatan yang sama, BMW Indonesia juga kembali tampilkan […]
  • Alibaba Business School Prakarsai Global E-commerce Talent Network untuk Bantu Pengajar Mengembangkan Ekonomi Digital

    Alibaba Business School Prakarsai Global E-commerce Talent Network untuk Bantu Pengajar Mengembangkan Ekonomi Digital

    Alibaba Business School mengumumkan pembentukan Global E-Commerce Talent (GET) Network, berkolaborasi dengan universitas dan institusi pelatihan dari seluruh dunia. GET Network dibangun di dalam program Alibaba GET untuk memberikan ekosistem edukasi yang menyeluruh kepada seluruh anggota jaringan. GET akan fokus mengedukasi dan meningkatkan keterampilan individu untuk mencapai kesuksesan mereka di industri e-dagang pada era ekonomi […]
  • Indosat Ooredoo Hadirkan Solusi Smart City, Hybrid Cloud, dan Big Data

    Indosat Ooredoo Hadirkan Solusi Smart City, Hybrid Cloud, dan Big Data

    Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) telah membuat Pemerintah Indonesia baik pusat dan daerah melakukan sejumlah pembatasan terhadap kegiatan masyarakat sebagai salah satu upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengendalikan jumlah pasien yang harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit, puskesmas, dan sarana kesehatan lainnya, sehingga akan meringankan tugas para tenaga […]
  • Sering Konsumsi Kaldu, Bila Anda Ingin Cantik

    Sering Konsumsi Kaldu, Bila Anda Ingin Cantik

    Kaldu yang terbuat dari sari tulang ayam maupun sapi, lebih sering dimanfaatkan untuk memasak beragam makanan berkuah agar tercipta aroma dan rasa khas yang menggugah selera. Namun, tahukah Anda bahwa kaldu yang berasal dari tulang ini pun memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kulit Anda? Menurut Dr Frank Lipman, seorang pakar kedokteran integratif dan fungsional, kaldu […]
  • Kalbe Umumkan Pemenang Karya Sains Kalbe Junior Scientist Award 2018

    Kalbe Umumkan Pemenang Karya Sains Kalbe Junior Scientist Award 2018

    PT Kalbe Farma Tbk. mengumumkan sekaligus memberi penghargaan kepada 10 pemenang (terunggul) dan 1 pemenang terfavorit Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2018. Pemberian penghargaan KJSA 2018 yang diselenggarakan di Pasar Seni Ancol Jakarta diserahkan oleh Irawati Setiady selaku Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk dan L.T Handoko selaku Ketua Dewan Juri KJSA 2018. Tiga hari […]
  • Brand Ambassador Tokopedia, BTS, Semangati Masyarakat Indonesia Lawan Pandemi

    Brand Ambassador Tokopedia, BTS, Semangati Masyarakat Indonesia Lawan Pandemi

    Tokopedia bersama BTS, grup mega bintang global asal Korea Selatan sekaligus Brand Ambassador Tokopedia, menyampaikan dukungan semangat dan imbauan kepada masyarakat Indonesia dalam melawan pandemi COVID-19 yang saat ini terjadi. Melalui video yang diunggah pada media sosial resmi Tokopedia, ketujuh anggota BTS — terdiri dari RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V dan Jung Kook — […]
  • Berbagai Khimar dan Gamis Cantik Motif Animal Print dan Abstrak dari Bagasi Bunda Bagi Kebutuhan Busana Muslim Anda

    Berbagai Khimar dan Gamis Cantik Motif Animal Print dan Abstrak dari Bagasi Bunda Bagi Kebutuhan Busana Muslim Anda

    Seringkali suatu bisnis dimulai dari kesukaan terhadap sesuatu yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Sampai pada suatu saat mungkin pelakunya menyadari bahwa kesukaannya itu bisa dikembangkan menjadi suatu bisnis yang sangat prospektif sekaligus disenanginya. Hal inilah yang dialami oleh Siti Fatima yang akrab dipanggil Ima dalam mengembangkan bisnis busana muslimnya, Bagasi Bunda. Sebelum mengembangkan bisnisnya, Ima suka […]
  • Kompetisi Tari Arsawati: “Ragam Sanur Budaya Indonesia.” yang Digelar di Universitas Multimedia Nusantara

    Kompetisi Tari Arsawati: “Ragam Sanur Budaya Indonesia.” yang Digelar di Universitas Multimedia Nusantara

    Tari Saman adalah tarian Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan Bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo […]
  • Perkuat Fondasi Bisnis Digital, TelkomGroup Akan Hadirkan Hyperscale Data Center

    Perkuat Fondasi Bisnis Digital, TelkomGroup Akan Hadirkan Hyperscale Data Center

    Dalam rangka mengakselerasi bisnis digital platform sebagai enabler berbagai layanan dan solusi ICT, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) membangun data center skala besar berstandar global dengan sertifikasi tier 3 dan 4, Telkom HyperScale Data Center (HDC). Dengan kategori tier tersebut, maka data center ini memiliki spesifikasi, fasilitas, dan service level terbaik dengan 99,995% uptime […]
  • Bintaro Memiliki Bakmi Andalan : Bakmi Bintaro 99

    Bintaro Memiliki Bakmi Andalan : Bakmi Bintaro 99

    Bakmi meemang merupakan satu kuliner yang banyak digemari. Proses pembuatannya yang sederhana dan rasanya yang lezat membuat bakmi sering menjadi pilihan saat bersantap. Bukan hanya untuk sarapan pagi, namun bakmi juga sering dijadikan pengganti makanan ‘berat’ seperti nasi. Di wilayah Bintaro, kita dapat dengan mudah menemukan berbagai penjual bakmi yang menjadikan bakmi sebagai menu utama. Salah […]
  • Film dan Serial Ini Bisa Kamu Tonton Sebagai Hiburan di Rumah

    Film dan Serial Ini Bisa Kamu Tonton Sebagai Hiburan di Rumah

    Di tengah imbauan physical distancing guna memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19, platform digital menjadi andalan masyarakat untuk belajar, bekerja, dan beraktivitas #dirumahaja. Pandemi ini memang seharusnya kita anggap serius, namun kita harus tetap optimis untuk bisa melaluinya dengan semangat tetap hidup sehat dan berkualitas. Nah, agar tidak merasa “terisolasi” di rumah, maka menonton film atau serial TV […]
  • Warung Jajan Veteran, Tempat Nongkrong Murmer Yang Tidak Murahan

    Warung Jajan Veteran, Tempat Nongkrong Murmer Yang Tidak Murahan

    Bersosialisasi merupakan bagian keseharian kita sebagai makhluk sosial. Setiap orang membutuhkan waktu untuk bersama rekan mau pun keluarga baik sekedar untuk ngobrol santai sampai dengan membicarakan hal seperti urusan sekolah, pekerjaan atau bisnis. Namun sayangnya, tidak semua tempat pertemuan untuk bersosialisasi (baca : tempat nongkrong) terjangkau bagi kantong kebanyakan orang, khususnya bagi anak muda yang […]
  • Kwetiau 28 Aho Salsa Food City, Summarecon Mall Serpong, Mempertahankan Ciri Khas Sejak 1977

    Kwetiau 28 Aho Salsa Food City, Summarecon Mall Serpong, Mempertahankan Ciri Khas Sejak 1977

    Usaha kuliner kian menjamur saat ini. Berbagai jenis kuliner yang ditawarkan berbagai gerai kuliner muncul silih berganti, ada yang mampu bertahan dan bahkan berkembang, namun banyak juga yang akhirnya tidak mampu bertahan, lenyap ditelan persaingan bisnis yang keras. Bila sebuah usaha kuliner mampu bertahan selama puluhan tahun, tentunya usaha kuliner ini memiliki kelebihan sehingga tetap […]
  • Oppo Resmi Luncurkan F9 dengan Desain Warna Gradasi dan Teknologi VOOC Flash Charge

    Oppo Resmi Luncurkan F9 dengan Desain Warna Gradasi dan Teknologi VOOC Flash Charge

    OPPO Indonesia hari ini resmi meluncurkan OPPO F9 dengan teknologi VOOC Flash Charge, Waterdrop Fullscreen, dan kamera utama ganda. Perangkat yang mampu mendefinisikan ulang keunggulan perangkat seri F ini hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Sunrise Red dan Twilight Blue. Konsumen dapat mulai melakukan pre-order OPPO F9 mulai tanggal 23 hingga 30 Agustus 2018 dengan […]
  • Traveloka Travel and Lifestyle Fair 2018 Ajak Masyarakat Wujudkan Mimpi Jadi Aksi

    Traveloka Travel and Lifestyle Fair 2018 Ajak Masyarakat Wujudkan Mimpi Jadi Aksi

    Menyambut musim liburan di penghujung tahun 2018, Traveloka untuk pertama kalinya mengadakan Traveloka Travel and Lifestyle Fair (TTLF) 2018 di Main Atrium, Gandaria City. Mengusung tema “Actionable Inspirations”, Traveloka mengajak para pengunjung untuk mewujudkan inspirasi menjadi aksi dengan memanfaatkan beragam produk di aplikasi Traveloka, mulai dari produk-produk liburan wisata hingga gaya hidup. Dilengkapi dengan berbagai […]
  • Roambee, Startup Logistik Berbasis IoT Asal Amerika Serikat Peroleh Investasi Seri B1 dari Telkomsel Mitra Inovasi

    Roambee, Startup Logistik Berbasis IoT Asal Amerika Serikat Peroleh Investasi Seri B1 dari Telkomsel Mitra Inovasi

    Unit ventura Telkomsel Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) bersama MDI Ventures mengumumkan pendanaan seri B1 untuk Roambee, startup penyedia layanan di bidang logistik dan pemantauan asset berbasis internet-of-things (IoT). Investasi TMI dan MDI Ventures untuk startup yang berasal dari Amerika Serikat tersebut juga mencerminkan tingginya potensi pasar industri digital Indonesia untuk menarik startup skala global yang […]
  • Teknik Komputer UMN Digandeng Kementerian Pertanian Ciptakan Smart Farming System

    Teknik Komputer UMN Digandeng Kementerian Pertanian Ciptakan Smart Farming System

    Sebagai negara agrikultur, Indonesia memiliki potensi besar apabila berbagai integrasi teknologi terbaru seperti internet of things (IoT) dapat diimplementasikan dalam meningkatkan kualitas pertanian di negeri ini. Oleh karena itu, Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) Kementerian Pertanian menggandeng program studi (prodi) Teknik Komputer Universitas Multimedia Nusantara (UMN) untuk bersinergi dalam mewujudkan pertanian cerdas di […]