Bintaro Go Skateboarding Day, Ajang Adu Keterampilan Meluncur di Atas Papan Skateboard

Tahukah Anda jika tanggal 21 Juni merupakan hari Skateboard se-dunia? Ternyata di berbagai belahan dunia, hari skateboard sedunia dirayakan dengan meriah, berbagai perlombaan adu ketangkasan skateboard diadakan di antara penggemar skateboard untuk menyambut ‘hari besar’ papan luncur ini.

Komunitas Skateboard Bintaro pun tidak mau ketinggalan untuk merayakan hari skateboard ini dengan mengadakan acara pertandingan yang dinamakan Bintaro Go Skateboarding Day yang berlangsung pada hari Selasa, 21 Juni 2016 (baca juga : Mengenal Komunitas Skateboard Bintaro). Acara yang berlangsung di sepenggal area jogging track di sisi timur dari Hero Emerald, Bintaro Sektor 9 walau pun terlihat sederhana, namun tidak mengurangi kemeriahan dan antusiasme para skateboarder ini.

bintaro_skateboarding_1

Bintaro Go Skateboarding Day, mulai berlangsung dari pukul 3 sore sampai dengan Imsak diikuti oleh sekitar 50-an peserta. Puluhan pasang mata menyaksikan atraksi unjuk kebolehan dari peserta pertandingan. Sorakan dan tepuk tangan memberi semangat sesekali terdengar untuk memberi semangat pada ‘jagoannya’, saat ada peserta yang terpeleset dan jatuh, penonton pun menyoraki dan memberi semangat. Sesekali peserta yang terjatuh meringis kesakitan, namun dengan cepat berdiri kembali dan kembali bersemangat menunjukkan kebolehannya. Tepuk tangan pun kembali riuh terdengar, saat peserta yang baru jatuh tadi dapat kembali menunjukkan ketangkasannya.

Pertandingan pada Bintaro Go Skateboarding Day ini dibagi menjadi 3 kategori, yaitu Best Runs,, Best Trick dan Game of Skate. Pada Best Runs, masing-masing peserta harus menunjukkan keterampilannya melewati 3 rintangan (obstacles) yang dipasang secara berurutan. Obstacles merupakan panggung kayu pendek dengan ketinggian 30 cm dan batang pipa besi yang harus dilewati peserta dengan melompati rintangan-rintangan tersebut. Peserta terbaik adalah peserta yang dapat melewati ketiga rintangan itu tanpa terjatuh. Pada kategori Best Trick, masing-masing peserta unjuk kebolehan menunjukkan ketangkasannya dengan teknik yang beraneka ragam. Kriteria pemenang untuk Best Trick ini adalah peserta yang dapat menunjukkan aksi yang tersulit (atau istilahnya tergokil). Sedangkan pada Game of Skate, 5 peserta (atau lebih) diberikan 5 kesempatan (nyawa) yang diwakili oleh kata SKATE, untuk menunjukkan ketangkasannya secara bergantian. Peserta berikutnya harus melanjutkan atraksi yang dilakukan oleh peserta yang di depannya yang telah kehilangan ‘nyawa’, sampai ia pun kehilangan nyawa juga dan diteruskan oleh peserta berikutnya. Pemenang dari Game of Skate ini adalah peserta yang kehilangan nyawa paling sedikit.

bintaro_skateboarding_2

Untuk kategori Best Run, dipilih 2 juara, yaitu juara 1 dan 2, demikian juga untuk Best Trick, sedangkan untuk Game of Skate hanya ada 1 orang sebagai juarnya. Hadiah yang diperebutkan terhitung sederhana, yaitu uang Rp. 50.000, t-shirt serta berbagai aksesoris bermain skateboard. Namun kita harus mengacungi jempol dengan semangat anak-anak muda ini, walau pun dengan keterbatasan yang mereka miliki, namun mereka tetap memiliki semangat berlatih dan bertanding serta keakraban dan gotong royong di antara mereka. Sesuatu yang sudah jarang kita temukan pada masa kini.

bintaro_skateboarding_3

 

(ES)

 

Leave a Comment