Bijak Memilih Daycare

Tempat penitipan anak (Daycare) sebenarnya bukan semata-mata tempat penitipan anak, tetapi juga tempat yang menyediakan program-program stimulasi dan eksplorasi yang aman. Para orang tua wajib cermat memilih daycare untuk menjaga buah hati tercinta selama dia bekerja. Simak tipsnya berikut ini:

  1. Lokasi yang dekat rumah atau kantor. Pilih dan lakukan kunjungan investigasi ke beberapa daycare yang dekat  dengan tempat kerja atau rumah. Jika memilih di dekat kantor, asyiknya saat istirahat siang masih mungkin menjenguk anak dan melakukan kegiatan bersama. Pun jika ada hal darurat, bisa segera berada di dekat anak tercinta.
  2. Memilih daycare yang terletak di lantai dasar. Daycare  yang menyatu dengan gedung perkantoran sebaiknya berada di lantai dasar. Mengapa? Anak-anak usia balita umumnya senang beraktivitas fisik: jalan, berlari, memanjat, hingga naik turun tangga.
  3. Perhatikan SDM (Sumber Daya Manusia)nya. Selain pengasuh, daycare  sebaiknya ini memiliki tenaga ahli, seperti dokter dan psikolog anak serta petugas keamaan.
  4. Perbandingan jumlah bayi/anak dan pengasuh. Maksimal setiap pengasuh menjaga tiga anak balita. Untuk bayi, tiga pengasuh bertanggung jawab terhadap 2—3 bayi.
  5. Cek apakah ada sarana bermain yang layak. Sudah sesuaikah sarana itu dengan keamanan dan kebutuhan  anak?
  6. Bila daycare memiliki sistem pembayaran harian, Anda dapat mencoba sehari atau dua hari untuk menitipkan anak Anda. Perhatikan respons anak setelah beberapa hari mencoba layanan daycare. Jika ia gembira dan bersemangat saat akan berangkat ke daycare, berarti dia enjoy. Jika si kecil justru menangis, baiknya mencari daycare lain.

Di kawasan Bintaro dan sekitarnya banyak terdapat tempat penitipan anak atau daycare. Salah satunya adalah Playtime Daycare yang ada di kawasan Pondok Jagung, Graha Raya Bintaro.

Info Bintaro melakukan wawancara dengan Julian Valensia, BA Pimpinan Playtime Daycare. Menurut beliau sistem pengajaran di daycare ini menganut sistem Letterland dan Montessori dari Inggris. Anak-anak diajar membaca dengan cara yang menyenangkan. Mereka juga dididik mengenal moral dan keberagaman Indonesia. Playtime Daycare yang ada di Pondok Jagung ini berdiri sejak pertengahan tahun 2016. Ini merupakan cabang kedua setelah cabang pertama yang didirikan di Purwakarta pada tahun 2011.

Sumber daya manusia di Playtime Daycare terdiri dari 15 guru, 6 nanny dan juru masak yang menyediakan masakan untuk semua anak. Yang menjadi keunikan dari Playtime Daycare, tempat ini tidak sekedar menjadi daycare namun juga menjadi sekolah. “Bisa dibilang 2 in 1, “ ujar Julian yang pernah menjalankan Tumble Tot sebelumnya. Kegiatan sekolah dimulai jam 8 pagi. Namun ada orang tua yang mengantar anaknya jam 6.30 sebelum berangkat ke kantornya di daerah Sudirman, Jakarta. Anak-anak dapat berada di Playtime Daycare sampai jam 19.00 setiap hari.

Sistem Pembelajaran Sesuai Kelompok Usia

  • Baby (usia 3 bulan) – Berjalan : Akan mulai mengikuti kelas EnerGym Baby di usia 6 Bulan ke atas dan akan pindah ke tahapan kelas berikutnya seiiring dengan perkembangan anak.
  • Berjalan – 3 Tahun : Pada usia ini, anak-anak akan mengikuti kelas EnerGym Kidz 1+, 2+ dan Pre-Nursery sesuai tingkatan usia.
  • 3 – 6 Tahun : Dalam tingkatan usia ini, anak-anak akan mengikuti kelas Nursery, Kindergarten 1 dan Kindergarten 2 (Pra sekolah, TKK A dan TKK B) sesuai tingkatan usia anak. Dan juga dalam tingkat ini anak akan mendapatkan pelajaran intra computer yang bekerjasama dengan DigiKidz dan juga pelajaran Bahasa Mandarin.
  • 6 – 11 Tahun : Merupakan daycare setengah hari yang di desain untuk anak-anak yang sudah duduk di tingkat Sekolah Dasar. Dalam program ini anak-anak akan mengikuti bimbingan belajar 3x seminggu di sore hari.
    Sarana bermain

Aneka permainan telah disediakan di dalam area daycare. Namun pada sore hari, anak-anak diberi kesempatan untuk bermain di luar ruang seperti bermain bola. Pada saat itu pintu pagar Playtime Daycare akan ditutup rapat dan ada petugas keamanan yang berjaga. Jadi tidak ada orang luar yang dapat memasuki wilayah Playtime Daycare.

Nasionalisme

Di Playtime Daycare, anak-anak merayakan hari-hari besar Indonesia bersama-sama dengan beragam kegiatan menarik. Ini untuk menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air. Mereka pun diajar mengenal aneka permainan tradisional baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. Para guru juga mengajar kebudayaan, lagu-lagu, gambar-gambar tentang Indonesia.

Afternoon Class (Kelas Tambahan di Sore Hari)

Di sore hari terdapat kelas yang dapat diikuti anak-anak daycare dan terbuka untuk umum, usia 2,5 tahun – 12 tahun. Ini memberi kesempatan bagi anak-anak yang bersekolah di luar Playtime Daycare, melanjutkan aktivitasnya di Playtime Daycare. Mereka dapat memilih aktivitas belajar sempoa bersama dengan Sempoa Sip, maupun kelas komputer anak-anak bersama dengan DigiKidz. Di Playtime Daycare juga tersedia pilihan Art class (kelas ketrampilan) bersama dengan Art Factory, Tae Kwon Do dan ballet.

Untuk info lebih lanjut:
Playtime Daycare (Penitipan Anak) 
Jl. Pd. Jagung No.8, Pd. Jagung Tim., Tangerang Selatan 15326
Telp 021 – 5383 378

www.ptdaycare.com

 

(EGS)

Leave a Comment