Rehat

Berwisata Sambil Mengedukasi Buah Hati di Taman Kupu-Kupu Gita Persada Bandar lampung

Berlibur telah menjadi kebutuhan hidup yang tidak kalah penting dengan kebutuhan hidup lainnya. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya berlibur terlihat dari makin penuhnya tempat-tempat wisata saat weekend atau hari libur nasional. Namun, liburan idealnya bisa membawa manfaat lain dari sekedar bersantai menikmati suasana alam. Salah satunya adalah sisi edukasi. Bagi Anda yang sedang merencanakan berlibur, ada baiknya Anda mempertimbangkan sisi edukasi dari tempat wisata yang akan dipilih. Salah satu tempat wisata yang kental dengan nuansa edukasinya adalah Taman Kupu-Kupu Gita Persada di Bandar Lampung.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada berada di Desa Sukamanis, Kecamatan Kemiling. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Betung membuat suasananya sejuk dan asri. Tidak heran, tempat tempat wisata ini sangat menarik wisatawan untuk berkunjung, terutama keluarga yang ingin mengajak buah hatinya untuk berwisata edukatif. Tidak saja saat weekend, pada hari kerja tempat wisata ini juga banyak dikunjungi wisatawan yang didominasi remaja yang datang secara berkelompok. Tempat yang menyenangkan menjadi sebab tempat ini cukup ramai didatangi pengunjung, terutama saat weekend. Harga tiket masuknya yang murah, cuma Rp. 10.000 / orang membuat tempat wisata ini terjangkau bagi kantong remaja.

Untuk menuju kemari, ada dua alternatif rute yang bisa Anda pilih:

Alternatif pertama, dari pusat kota Bandar Lampung Anda melewati Jl. Imba Kesuma, lalu ikuti jalan menuju Wira Garden, Bumi Kedaton Resort, Batu Putu, masih lurus terus. Jarak Taman Kupu-Kupu Gita Persada dari Bumi Kedaton Resort sekitar 7 km. Anda akan melihat papan kayu besar bertuliskan nama tempat wisata ini di sebelah kanan jalan.

Alternatif kedua, Anda bisa lewat Kemiling. Setelah SMA 7 Bandar Lampung, Anda akan menemukan perempatan. Ambil arah ke kanan dan ikuti terus jalan utama yang didominasi jalan menanjak. Jika Anda telah melewati penangkaran rusa Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman, maka lokasi Taman Kupu-Kupu Gita Persada sudah dekat, berada di sebelah kiri jalan.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung didirikan pada tahun 1997 oleh seorang ahli biologi Universitas Lampung, Dr. Herawati Soekardi. Ide awal Taman Kupu-Kupu Gita Persada ini terjadi secara tidak sengaja. Tahun 1997 Herawati menjadi ketua panitia Seminar Nasional Biologi yang berlangsung di Bandar Lampung. Untuk menghias ruangan acara, Herawati dibuatkan layang-layang menyerupai kupu-kupu oleh sang suami. Selama seminar ia melihat bentuk kupu-kupu dari layang-layang yang dibuat suaminya sangat menarik hatinya, ia pun mulai tertarik dengan serangga ini. Setelah seminar berakhir Herawati pun tergerak berkenalan lebih dalam dengan kupu-kupu. Tidak hanya mengamati, ia pun kemudian meneliti kupu-kupu. Untuk mendukung penelitiannya, Herawati mulai membuat penangkaran kupu-kupu di halaman rumahnya. Dengan berjalannya waktu, koleksinya semakin bertambah yang membuat halaman rumahnya sudah tidak mencukupi lagi.

Beruntung, ia mendapat tanah hibah seluas 4,8 hektar yang merupakan lahan hutan yang sudah rusak. Berkat kegigihannya, pelan-pelan lahan itu berubah menjadi subur kembali dengan berbagai tumbuhan yang menjadi tempat tinggal dan berkembang biak berbagai jenis kupu-kupu. Lahan inilah yang sekarang menjadi Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Nama Gita yang diberikan pada taman tersebut berasal dari nama seorang anak Herawati, yang artinya senandung nyanyian alam.

Begitu memasuki kawasan Taman Kupu-Kupu Gita Persada ini paru-paru langsung terasa segar. Itu berkat pepohonan rindang serta beberapa jenis bunga yang yang ditujukan sebagai area hidup bebas sekitar 180 jenis kupu-kupu. Setelah melewati pintu gerbang sederhana yang terbuat dari besi, Anda bisa menuju Museum Kupu-Kupu berupa bangunan kayu sederhana berciri tempo dulu.  Kita akan disuguhkan dengan tembok yang dipenuhi dengan pajangan ratusan kupu-kupu yang sudah diawetkan. ada juga beberapa bingkai artikel tentang Taman Kupu-Kupu Gita Persada yang dimuat di berbagai media. Sebagai informasi, kupu-kupu yang diawetkan di sini adalah kupu-kupu yang ditemukan mati secara alami, bukan kupu-kupu yang sengaja dibunuh untuk diawetkan. Koleksi kupu-kupu yang diawetkan merupakan koleksi yang dikumpulkan Herawati sejak tahun 1997.

Puas melihat-lihat dan mempelajari kupu-kupu di Museum Kupu-Kupu kita akan memasuki area playground. Disini kita bisa duduk-duduk bersantai menikmati suasana alam. Anda juga bisa melihat berbagai kupu-kupu yang terbang dan hinggap pada tumbuh-tumbuhan yang ada disini. Kita bisa naik ke beberapa pohon yang ada disini untuk melihat pemandangan di Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Beberapa rumah pohon memiliki ketinggian lumayan, sehingga kita harus berhati-hati menaikinya terutama saat musim hujan. Beberapa rumah pohon sedang dalam tahap pembangunan, salah satunya yang berukuran cukup besar adalah rumah pohon yang dinamakan Rumah Tangkil. Di Rumah Tangkil ini pengunjung bisa mengadakan acara kecil-kecilan dengan latar belakang kerimbunan tempat wisata ini.

BACA JUGA  Wisata Kuliner Sambil Menikmati Suasana Alam di Pasar Tahura

Sambil melihat-lihat pemandangan, si kecil bisa bermain-main di area playground ini. Ada beberapa sarana permainan sederhana seperti ayunan dan perosotan, atau berbaring di hammock. Namun bagi Anda yang membawa buah hati perlu mendapat pengawasan, karena di sini ada beberapa pohon durian yang kalau sedang musim durian banyak buah durian bergantungan yang cukup berbahaya bila anak-anak bermain-main di bawahnya.

Bagian penting berikutnya dari tempat wisata ini adalah penangkaran kupu-kupu yang berada di sisi playground. Untuk masuk ke penangkaran kupu-kupu, kita harus berjalan menuruni jalan setapak yang sudah disediakan. Lokasi penangkaran ini terlihat sangat alami di tengah-tengah kerimbunan pohon-pohon. Tempat penangkarannya adalah area tertutup dengan tembok dan atap berupa jaring-jaring, tapi tidak terkunci dan boleh dimasuki. Di dalamnya, ada cukup banyak kupu-kupu aneka warna dan ukuran berterbangan dan hinggap pada bunga-bunga yang ada di situ. Selain itu, ada pula kotak-kotak untuk tempat metamorfosis yang berisi ulat dan kepompong kupu-kupu.

Di penangkaran ini Anda dan buah hati bisa belajar mengenai metamorfosis kupu, melihat telur, ulat, kempong, dan kupu-kupu dari berbagai jenis, bahkan dapat menyentuhnya langsung. Sisi edukasi yang bisa diperoleh anak-anak adalah bisa melatih kepekaan mereka terhadap alam dan kelak tidak menebang atau merusak tanaman yang bisa mengganggu habitat hewan. Di tempat ini juga motorik kasar anak bisa terlatih dengan berjalan naik turun menjelajah taman, naik ke rumah pohon, dan bermain perosotan.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada adalah sekitar bulan Februari dan Maret. Ada banyak kupu-kupu di bulan-bulan itu. Dan sebaiknya berkunjung saat pagi sampai sebelum pukul 16.00. Kupu-kupu paling aktif terbang dari jam 10 sampai jam 2 siang. Sore harinya mereka tidur di ujung ranting dengan sayap tertutup. Kupu-kupu juga akan keluar saat cuaca cerah, tidak berawan dan hujan. Selain itu gunakan pakaian bewarna cerah, karena kupu-kupu suka dengan warna-warna cerah.

Ingin merasakan sensasi naik jembatan bambu di atas kerimbunan tanaman? Di Taman Kupu-Kupu Gita Persada ada beberapa jembatan bambu yang hanya terdiri dari beberapa bambu sebagai alasnya dan beberapa bambu lainnya sebagai pegangan. Kita akan merasakan goyangan bambu dan deritnya. Terasa unik karena jembatan bambu seperti ini sudah sangat jarang kita temukan, jembatan bambu ini melintasi lembah kecil yang menuju sebuah bukit kecil yang menjadi batas dari tempat wisata ini.

Puas berkeliling sebelum pulang Anda bisa beristirahat di tea house yang terletak di dekat gerbang masuk tempat wisata ini. Tea house merupakan area tempat beristirahat sekaligus mengisi perut. Pengunjung tidak dilarang membawa makanan dari luar. Sementara yang mungkin tidak membawa makanan dapat memesan di area tea house dengan harga menu yang sangat terjangkau, walaupun pilihan menunya tidak banyak dan terhitung sederhana, seperti teh manis, es jeruk, mie goreng, mie rebus dan nasi goreng.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada bisa dikunjungi setiap hari sekitar pukul 09.00-17.00 WIB.

Untuk informasi, silakan hubungi:
Yayasan Sahabat Alam
Jl. Griya Utama Blok II.B/19
Wayhalim Permai, Bandar Lampung 35135
Telp. 0721 – 703993
Faks. 0721 – 702831

(ES)

 

 

Baca Juga

  • Raih Kepercayaan Bank, Smart Finance Dapatkan Fasilitas Kredit Dari Bank Mitra Niaga

    Raih Kepercayaan Bank, Smart Finance Dapatkan Fasilitas Kredit Dari Bank Mitra Niaga

    Smart Finance dan Bank Mitra Niaga telah melakukan penandatanganan kerja sama mengenai perjanjian kredit pada Senin, 14 Januari 2019 bertempat di Wisma Slipi 77 Jakarta Barat . Adapun fasilitas kredit yang diberikan Bank Mitra Niaga kepada Smart Finance sebesar Rp 10 miliar. Penyaluran kredit senilai Rp 10 miliar tersebut diberikan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan […]
  • Selat Solo Lezat di Taman Jajan Bintaro

    Selat Solo Lezat di Taman Jajan Bintaro

    Kali ini Info Bintaro mencoba menu berbuka puasa di Warung Es Bajak yang ada di Taman Jajan Bintaro Sektor 7. Menu makanan yang dapat dipilh di antaranya Selat Solo, Galantin, Asem-Asem Daging, Rawon, Nasi Bogana, Gule, Sosis Solo, Rujak Serut. Sedangkan minuman yang tersedia aneka Wedang Jahe (Kopi, Susu, Teh, Kencur Jeruk) Jus Kedondong, Sirsak, […]
  • Datascrip Office Furniture Showroom Hadir di Jakarta Design Centre Dengan Konsep Desain Kantor Kekinian

    Datascrip Office Furniture Showroom Hadir di Jakarta Design Centre Dengan Konsep Desain Kantor Kekinian

    Desain ruang kerja terus berkembang seiring perkembangan teknologi dan perubahan tren di lingkungan kerja. Beberapa hal yang turut mempengaruhi tren desain interior kantor masa kini adalah unsur kolaborasi dan multifungsi. Memahami hal tersebut, Datascrip menghadirkan office furniture showroom di Jakarta Design Centre dengan mengusung konsep desain kantor masa kini. “Hadirnya showroom Datascrip di Jakarta Design […]
  • Bank Danamon Mengumumkan Rancangan Penggabungan Usaha

    Bank Danamon Mengumumkan Rancangan Penggabungan Usaha

    PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan PT Bank Nusantara Parahyangan Tbk, anggota dari Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. telah mempublikasikan Ringkasan Rancangan Penggabungan Usaha (RRPU) pada Selasa, 22 Januari 2019. RRPU mencakup penjelasan terkait penggabungan usaha dan dimana Bank Danamon akan menjadi bank yang menerima penggabungan. Rancangan penggabungan usaha ini menunggu persetujuan dari pihak otoritas […]
  • Luncurkan Fitur Ganti Lokasi, Pesan Go-Food dari Kota Lain Kini Bukan Halangan

    Luncurkan Fitur Ganti Lokasi, Pesan Go-Food dari Kota Lain Kini Bukan Halangan

    GO-FOOD, layanan pesan-antar makanan dalam aplikasi GOJEK yang saat ini telah menjadi layanan terbesar di Asia Tenggara dengan jaringan mitra merchant yang luas, terus berinovasi dengan meluncurkan fitur Ganti Lokasi yang didedikasikan bagi para pengguna yang ingin mengekspresikan kasih sayang melalui pemesanan paket makanan/ minuman bagi orang terkasihnya di kota/ wilayah lain. Tidak hanya memberikan […]
  • Namiya Familia Shop, Toko Hijab Berkualitas di Pasar Segar Graha Bintaro

    Namiya Familia Shop, Toko Hijab Berkualitas di Pasar Segar Graha Bintaro

    Namiya Familia Shop adalah toko busana muslimah dan hijab yang ada di Pasar Segar Graha Bintaro Blok KO1 No. 2, Graha Raya. Setiap hari buka dari jam 7 sampai jam 3 sore, kecuali pada tiap Kamis, toko ini tutup. Di toko ini dijual baju muslim anak dan dewasa serta kaos kaki, manset tangan. Kebanyakan adalah buatan […]
  • Mengenal Tersedak dan Cara Mengatasinya

    Mengenal Tersedak dan Cara Mengatasinya

    Tersedak terjadi apabila terdapat benda asing bersarang di tenggorokan atau tenggorokan, yang menghalangi aliran udara. Pada orang dewasa, potongan makanan keras sering menjadi penyebabnya. Sedangkan pada anak–anak lebih sering disebabkan oleh benda – benda kecil yang dimakannya. Karena tersedak menyumbat aliran oksigen ke otak, oleh karenanya diperlukan penanganan yang sesegera mungkin pada kasus ini. Tanda […]
  • Pameran UMKM “The I Corner” Gramedia Emerald

    Pameran UMKM “The I Corner” Gramedia Emerald

    Apa hubungan antara selingkuh, poligami, edukasi BH dan MCK dengan UMKM? Ternyata ada, keempat kata yang konotasinya agak ‘miring’ itu merupakan program-program yang dikembangkan oleh Enigami, sebuah UMKM industri kreatif yang menghasilkan berbagai produk siap pakai dengan menggunakan limbah kertas. Keempat program itu merupakan program pemberdayaan masyarakat untuk mengumpulkan, mengolah dan memasarkan produk-produk yang dihasilkannya. […]
  • Tempatnya Nongkrong Sambil Pangkas Rambut: Lugue Barber Shop

    Tempatnya Nongkrong Sambil Pangkas Rambut: Lugue Barber Shop

    Pengen potong rambut kayak Neymar? Buat para pecinta sepak bola, pasti tidak asing dengan Neymar. Nama lengkapnya Neymar da Silva Santos Júnior. Dia lahir 5 Februari 1992; umur 25 tahun) yang umumnya dikenal sebagai Neymar atau Neymar Jr, adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain untuk klub Prancis Paris Saint-Germain. Dia bermain sebagai penyerang […]
  • Menu Sarapan Pagi Untuk Pecinta Kuliner di Bintaro

    Menu Sarapan Pagi Untuk Pecinta Kuliner di Bintaro

    INFOBINTARO (IB) – Menu sarapan pagi biasanya tidak jauh dari roti, bubur ayam, atapun nasi uduk. Bagi yang tidak ingin menu terlalu berat, tapi tetap mengenyangkan, bubur bisa menjadi menu pilihan sarapanmu. Nah, untuk pencinta kuliner di Bintaro kamu bisa mencoba Bubur Ayam Monas yang lokasinya ada di depan RS Premier Bintaro/Lotte Mart. Bubur Ayam […]
  • Sasar Milenial, HKR dan UrbanAce Dorong Penjualan Amethyst Tower

    Sasar Milenial, HKR dan UrbanAce Dorong Penjualan Amethyst Tower

    Menyasar pasar millennials yang jadi potensi pasar terbesar industri properti saat ini, PT HK Realtindo (HKR), anak usaha PT. Hutama Karya, menjalin kerja sama dengan protal properti UrbanAce.com. Kerja sama tersebut difokuskan pada penjualan unit apartemen Amethyst Tower di Kemayoran, Jakarta.Pusat. Kerja sama tersebut membuat urbanace yang memiliki sistem pemasaran real estate secara daring dan […]
  • Apa yang Harus Kita Lakukan Bila Menjadi Korban Pelecehan Seksual

    Apa yang Harus Kita Lakukan Bila Menjadi Korban Pelecehan Seksual

    Pada tanggal 31 Oktober 2019 Jurusan Psikologi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menggelar seminar “Mencegah Kekerasan Gender Berbasis Online”. Seminar ini merupakan kerja sama UPJ dengan lembaga atau inisiatif Never Okay Project. Hadir sebagai pembicara tunggal adalah Fiana Dwiyanti yang merupakan Head of Social Change pada inisiatif Never Okay Project. Didampingi Clara Moningka, staf pengajar Program […]
  • GIICOMVEC 2018 Catatkan Hasil Positif, Menjadi Barometer Baru Untuk Pasar Kendaraan Komersial di Indonesia

    GIICOMVEC 2018 Catatkan Hasil Positif, Menjadi Barometer Baru Untuk Pasar Kendaraan Komersial di Indonesia

    Perhelatan GIICOMVEC (GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo) 2018, pameran otomotif gelaran GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) yang dilangsungkan di Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center (JCC) telah berakhir pada Minggu, 4 Maret 2018. Selama empat hari perhelatan, mulai tanggal 1-4 Maret 2018, pameran GIICOMVEC yang berkonsep business-to-business telah mendapat apresiasi yang […]
  • Menggugah Minat Traveling ke Kalimantan Selatan Lion Air Menawarkan Tarif Spesial Mulai dari Rp 354.000

    Menggugah Minat Traveling ke Kalimantan Selatan Lion Air Menawarkan Tarif Spesial Mulai dari Rp 354.000

    Lion Air, member of Lion Air Group, mengumumkan program spesial bertajuk “terbang bareng Lion Air” pada beberapa rute penerbangan domestik khusus dari dan menuju Banjarmasin – Bandar Udara Internasional Syamdudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ) efektif 04 September 2019 sampai batas waktu yang belum ditentukan Momen terbaik pada kesempatan ini sekaligus semarak bertepatan Hari […]
  • Pertunjukan Filosofi Tumpeng Dalam Kemasan Modern

    Pertunjukan Filosofi Tumpeng Dalam Kemasan Modern

    Dalam banyak kesempatan istimewa, pasti kita akan disuguhi nasi tumpeng, lengkap dengan prosesi pemotongan tumpeng. Namun apakah Anda mengetahui makna di dalamnya? Tumpeng tidak sekedar nasi kuning dengan lauk pauk sayur dan telor. Namun ada filosofi mendalam di balik nasi tumpeng. Untuk memperkenalkan filosofi tumpeng ke generasi muda, diselenggarakanlah TUFE 2017 yang merupakan singkatan dari Tumpeng […]
  • Maybank Indonesia Serahkan Grand Prize”Tabungan Co-Branding Maybank Finance”

    Maybank Indonesia Serahkan Grand Prize”Tabungan Co-Branding Maybank Finance”

    PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) menyerahkan hadiah utama (grand prize) program “Tabungan Co-Branding Maybank Finance” di Kantor Cabang Maybank Indonesia jalan Diponegoro, Medan. enyerahan hadiah utama dilakukan Regional Director – Sumatera Utara, Bennedi Sianipar kepada Harun Widjaja nasabah Maybank Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Jalan Bandung Medan berupa 1 (satu) unit mobil Toyota […]
  • BincangShopee Berikan Tips Traveling dengan Harga Miring

    BincangShopee Berikan Tips Traveling dengan Harga Miring

    Berlibur merupakan kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk menghilangkan penat dan mengisi kembali energi setelah menghadapi aktivitas sehari-hari. Tidak hanya destinasi luar negeri, destinasi lokal juga sangat menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman ataupun untuk bepergian sendiri. Keindahan alam, wisata serta ragam budaya yang ditawarkan oleh setiap daerah di Indonesia sudah menjadi daya tarik bagi […]
  • GM Berkomitmen Berikan Layanan Purna Jual kepada Seluruh Pelanggan Indonesia

    GM Berkomitmen Berikan Layanan Purna Jual kepada Seluruh Pelanggan Indonesia

    General Motors (GM) Indonesia memastikan kepada pelanggan setianya akan tetap hadir dan eksis dalam memberikan layanan purna jual. Hal ini merupakan komitmen yang diberikan oleh GM Indonesia setelah pengumumannya untuk menghentikan penjualan kendaraan-kendaraan baru pada akhir Maret 2020 mendatang. Setelah Maret 2020 mendatang, layanan purna jual dan aftersales akan tetap berada di bawah naungan GM […]
  • Foto : Menyelami Kedalaman Makna Tumpeng Melalui Karya Lukisan Pada TUFE 2017

    Foto : Menyelami Kedalaman Makna Tumpeng Melalui Karya Lukisan Pada TUFE 2017

    Untuk memperkenalkan filosofi tumpeng ke generasi muda, para mahasiswa S1 Event Prasetiya Mulya angkatan 2015 mengadakan event TUFE 2017 yang berlangsung pada hari Kamis, 24 Agustus 2017, di Titan Center, Bintaro (Baca juga : Pertunjukan Filosofi Tumpeng Dalam Kemasan Modern). TUFE 2017 menampilkan 2 bentuk acara, story telling dan art exhibition. Pada art exhibition ada […]
  • Old Soldier will Never Die : Duel Meet Superkid vs SAS 2017

    Old Soldier will Never Die : Duel Meet Superkid vs SAS 2017

    Old soldier will never die, they just fade away. Ungkapan lama dari kata-kata perpisahan Jenderal Douglas Mac Arthur ini sangat tepat menggambarkan para musisi rock tanah air generasi lama. Walaupun era kejayaan musik rock sudah berlalu, namun musik rock masih eksis sampai saat ini, begitupun dengan sebagian musisinya. Lagu-lagu rock tempo dulu nyatanya masih digemari, tidak hanya […]