Rehat

Berwisata Sambil Mengedukasi Buah Hati di Taman Kupu-Kupu Gita Persada Bandar lampung

Berlibur telah menjadi kebutuhan hidup yang tidak kalah penting dengan kebutuhan hidup lainnya. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya berlibur terlihat dari makin penuhnya tempat-tempat wisata saat weekend atau hari libur nasional. Namun, liburan idealnya bisa membawa manfaat lain dari sekedar bersantai menikmati suasana alam. Salah satunya adalah sisi edukasi. Bagi Anda yang sedang merencanakan berlibur, ada baiknya Anda mempertimbangkan sisi edukasi dari tempat wisata yang akan dipilih. Salah satu tempat wisata yang kental dengan nuansa edukasinya adalah Taman Kupu-Kupu Gita Persada di Bandar Lampung.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada berada di Desa Sukamanis, Kecamatan Kemiling. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Betung membuat suasananya sejuk dan asri. Tidak heran, tempat tempat wisata ini sangat menarik wisatawan untuk berkunjung, terutama keluarga yang ingin mengajak buah hatinya untuk berwisata edukatif. Tidak saja saat weekend, pada hari kerja tempat wisata ini juga banyak dikunjungi wisatawan yang didominasi remaja yang datang secara berkelompok. Tempat yang menyenangkan menjadi sebab tempat ini cukup ramai didatangi pengunjung, terutama saat weekend. Harga tiket masuknya yang murah, cuma Rp. 10.000 / orang membuat tempat wisata ini terjangkau bagi kantong remaja.

Untuk menuju kemari, ada dua alternatif rute yang bisa Anda pilih:

Alternatif pertama, dari pusat kota Bandar Lampung Anda melewati Jl. Imba Kesuma, lalu ikuti jalan menuju Wira Garden, Bumi Kedaton Resort, Batu Putu, masih lurus terus. Jarak Taman Kupu-Kupu Gita Persada dari Bumi Kedaton Resort sekitar 7 km. Anda akan melihat papan kayu besar bertuliskan nama tempat wisata ini di sebelah kanan jalan.

Alternatif kedua, Anda bisa lewat Kemiling. Setelah SMA 7 Bandar Lampung, Anda akan menemukan perempatan. Ambil arah ke kanan dan ikuti terus jalan utama yang didominasi jalan menanjak. Jika Anda telah melewati penangkaran rusa Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman, maka lokasi Taman Kupu-Kupu Gita Persada sudah dekat, berada di sebelah kiri jalan.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung didirikan pada tahun 1997 oleh seorang ahli biologi Universitas Lampung, Dr. Herawati Soekardi. Ide awal Taman Kupu-Kupu Gita Persada ini terjadi secara tidak sengaja. Tahun 1997 Herawati menjadi ketua panitia Seminar Nasional Biologi yang berlangsung di Bandar Lampung. Untuk menghias ruangan acara, Herawati dibuatkan layang-layang menyerupai kupu-kupu oleh sang suami. Selama seminar ia melihat bentuk kupu-kupu dari layang-layang yang dibuat suaminya sangat menarik hatinya, ia pun mulai tertarik dengan serangga ini. Setelah seminar berakhir Herawati pun tergerak berkenalan lebih dalam dengan kupu-kupu. Tidak hanya mengamati, ia pun kemudian meneliti kupu-kupu. Untuk mendukung penelitiannya, Herawati mulai membuat penangkaran kupu-kupu di halaman rumahnya. Dengan berjalannya waktu, koleksinya semakin bertambah yang membuat halaman rumahnya sudah tidak mencukupi lagi.

Beruntung, ia mendapat tanah hibah seluas 4,8 hektar yang merupakan lahan hutan yang sudah rusak. Berkat kegigihannya, pelan-pelan lahan itu berubah menjadi subur kembali dengan berbagai tumbuhan yang menjadi tempat tinggal dan berkembang biak berbagai jenis kupu-kupu. Lahan inilah yang sekarang menjadi Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Nama Gita yang diberikan pada taman tersebut berasal dari nama seorang anak Herawati, yang artinya senandung nyanyian alam.

Begitu memasuki kawasan Taman Kupu-Kupu Gita Persada ini paru-paru langsung terasa segar. Itu berkat pepohonan rindang serta beberapa jenis bunga yang yang ditujukan sebagai area hidup bebas sekitar 180 jenis kupu-kupu. Setelah melewati pintu gerbang sederhana yang terbuat dari besi, Anda bisa menuju Museum Kupu-Kupu berupa bangunan kayu sederhana berciri tempo dulu.  Kita akan disuguhkan dengan tembok yang dipenuhi dengan pajangan ratusan kupu-kupu yang sudah diawetkan. ada juga beberapa bingkai artikel tentang Taman Kupu-Kupu Gita Persada yang dimuat di berbagai media. Sebagai informasi, kupu-kupu yang diawetkan di sini adalah kupu-kupu yang ditemukan mati secara alami, bukan kupu-kupu yang sengaja dibunuh untuk diawetkan. Koleksi kupu-kupu yang diawetkan merupakan koleksi yang dikumpulkan Herawati sejak tahun 1997.

Puas melihat-lihat dan mempelajari kupu-kupu di Museum Kupu-Kupu kita akan memasuki area playground. Disini kita bisa duduk-duduk bersantai menikmati suasana alam. Anda juga bisa melihat berbagai kupu-kupu yang terbang dan hinggap pada tumbuh-tumbuhan yang ada disini. Kita bisa naik ke beberapa pohon yang ada disini untuk melihat pemandangan di Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Beberapa rumah pohon memiliki ketinggian lumayan, sehingga kita harus berhati-hati menaikinya terutama saat musim hujan. Beberapa rumah pohon sedang dalam tahap pembangunan, salah satunya yang berukuran cukup besar adalah rumah pohon yang dinamakan Rumah Tangkil. Di Rumah Tangkil ini pengunjung bisa mengadakan acara kecil-kecilan dengan latar belakang kerimbunan tempat wisata ini.

BACA JUGA  Ketika Kehangatan Masa Lalu Hadir Kembali di Pasar Seni Ancol

Sambil melihat-lihat pemandangan, si kecil bisa bermain-main di area playground ini. Ada beberapa sarana permainan sederhana seperti ayunan dan perosotan, atau berbaring di hammock. Namun bagi Anda yang membawa buah hati perlu mendapat pengawasan, karena di sini ada beberapa pohon durian yang kalau sedang musim durian banyak buah durian bergantungan yang cukup berbahaya bila anak-anak bermain-main di bawahnya.

Bagian penting berikutnya dari tempat wisata ini adalah penangkaran kupu-kupu yang berada di sisi playground. Untuk masuk ke penangkaran kupu-kupu, kita harus berjalan menuruni jalan setapak yang sudah disediakan. Lokasi penangkaran ini terlihat sangat alami di tengah-tengah kerimbunan pohon-pohon. Tempat penangkarannya adalah area tertutup dengan tembok dan atap berupa jaring-jaring, tapi tidak terkunci dan boleh dimasuki. Di dalamnya, ada cukup banyak kupu-kupu aneka warna dan ukuran berterbangan dan hinggap pada bunga-bunga yang ada di situ. Selain itu, ada pula kotak-kotak untuk tempat metamorfosis yang berisi ulat dan kepompong kupu-kupu.

Di penangkaran ini Anda dan buah hati bisa belajar mengenai metamorfosis kupu, melihat telur, ulat, kempong, dan kupu-kupu dari berbagai jenis, bahkan dapat menyentuhnya langsung. Sisi edukasi yang bisa diperoleh anak-anak adalah bisa melatih kepekaan mereka terhadap alam dan kelak tidak menebang atau merusak tanaman yang bisa mengganggu habitat hewan. Di tempat ini juga motorik kasar anak bisa terlatih dengan berjalan naik turun menjelajah taman, naik ke rumah pohon, dan bermain perosotan.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada adalah sekitar bulan Februari dan Maret. Ada banyak kupu-kupu di bulan-bulan itu. Dan sebaiknya berkunjung saat pagi sampai sebelum pukul 16.00. Kupu-kupu paling aktif terbang dari jam 10 sampai jam 2 siang. Sore harinya mereka tidur di ujung ranting dengan sayap tertutup. Kupu-kupu juga akan keluar saat cuaca cerah, tidak berawan dan hujan. Selain itu gunakan pakaian bewarna cerah, karena kupu-kupu suka dengan warna-warna cerah.

Ingin merasakan sensasi naik jembatan bambu di atas kerimbunan tanaman? Di Taman Kupu-Kupu Gita Persada ada beberapa jembatan bambu yang hanya terdiri dari beberapa bambu sebagai alasnya dan beberapa bambu lainnya sebagai pegangan. Kita akan merasakan goyangan bambu dan deritnya. Terasa unik karena jembatan bambu seperti ini sudah sangat jarang kita temukan, jembatan bambu ini melintasi lembah kecil yang menuju sebuah bukit kecil yang menjadi batas dari tempat wisata ini.

Puas berkeliling sebelum pulang Anda bisa beristirahat di tea house yang terletak di dekat gerbang masuk tempat wisata ini. Tea house merupakan area tempat beristirahat sekaligus mengisi perut. Pengunjung tidak dilarang membawa makanan dari luar. Sementara yang mungkin tidak membawa makanan dapat memesan di area tea house dengan harga menu yang sangat terjangkau, walaupun pilihan menunya tidak banyak dan terhitung sederhana, seperti teh manis, es jeruk, mie goreng, mie rebus dan nasi goreng.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada bisa dikunjungi setiap hari sekitar pukul 09.00-17.00 WIB.

Untuk informasi, silakan hubungi:
Yayasan Sahabat Alam
Jl. Griya Utama Blok II.B/19
Wayhalim Permai, Bandar Lampung 35135
Telp. 0721 – 703993
Faks. 0721 – 702831

(ES)

 

 

Baca Juga

  • Bisnis Keluarga? Siapa Takut

    Bisnis Keluarga? Siapa Takut

    Banyak orang beranggapan kalau bisnis itu sesuatu yang menghasilkan uang, atau suatu hal yang besar dan sulit untuk dilakukan. Jangan takut dulu, siapa bilang bisnis itu sulit? Nyatanya di Indonesia banyak sekali kegiatan bisnis yang berkembang dengan pesat dan mencapai kesuksesannya. Penelitian terkait juga mengungkapkan bahwa kebanyakan bisnis di Indonesia dimulai dari usaha keluarga dan […]
  • Dapur Icut Menyediakan Layanan Katering Berkualitas

    Dapur Icut Menyediakan Layanan Katering Berkualitas

    Dalam bisnis apapun, kualitas pelayanan merupakan hal penting dan tidak bisa ditawar. Sebagai contoh, dalam bisnis katering, faktor-faktor penting meliputi kualitas makanan yang disajikan dan kualitas pelayanan merupakan ukuran yang dinilai oleh pelanggan. Kelangsungan suatu bisnis akan bergantung kepada tingkat kepercayaan pelanggan-pelanggannya. Kekecewaan pelanggan akan cepat sekali menurunkan penjualan, ditambah citra buruk yang akan dengan […]
  • Hero Group Penuhi Kebutuhan Pakan Satwa Taman Safari Indonesia

    Hero Group Penuhi Kebutuhan Pakan Satwa Taman Safari Indonesia

    PT Hero Supermarket, Tbk. (HERO Group) melalui food business unit Hero Supermarket dan Giant, menghadirkan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) berupa kerja sama dalam bentuk pemberian donasi produk pangan layak konsumsi guna memenuhi kebutuhan pakan satwa selama pandemik COVID-19. Head of Communication and Government Relations Hero Supermarket Diky Risbianto menjelaskan hal ini dilakukan Hero […]
  • Berbagai Pilihan Kuliner Solo dan Indonesia di Caos Dahar

    Berbagai Pilihan Kuliner Solo dan Indonesia di Caos Dahar

    Solo tidak hanya identik dengan batiknya. Di kota yang terkenal dengan julukan “kota yang tidak pernah tidur” ini juga terkenal sebagai gudangnya kuliner lezat. Berbagai makanan minuman maupun jajanan yang khas dapat dengan mudah dijumpai di Solo. Anda akan dimanjakan oleh keanekaragaman makanan yang tersebar di berbagai sudut kota ini, yang menyajikan cita rasa khas dan eksotis […]
  • Yuk, Tingkatkan Produktivitas Bekerja dari Rumah dengan Mulai Melakukan Hal yang Sederhana

    Yuk, Tingkatkan Produktivitas Bekerja dari Rumah dengan Mulai Melakukan Hal yang Sederhana

    Bekerja di rumah diperlukan kedisiplinan seperti ketika kita bekerja di kantor, hal ini dibutuhkan agar kita dapat menjalankan rutinitas serta menyelesaikan segala tugas pekerjaan kantor tepat waktu. Layaknya bekerja di kantor, kamu harus pastikan tidak menunda waktu untuk bekerja. Bahkan untuk tetap aktif bekerja, manajemen perusahaan pun rutin mengadakan meeting secara online saat sedang kerja […]
  • Lenovo Kembali Mengadakan Promo Khusus untuk Para Gamer

    Lenovo Kembali Mengadakan Promo Khusus untuk Para Gamer

    Lenovo, salah satu merek PC terdepan di dunia, mengumumkan dimulainya promo khusus untuk produk gaming Lenovo Legion Y520. Melalui promo ini, pelanggan akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah langsung untuk setiap pembelian produk seri tersebut. Pelanggan yang membeli produk Lenovo Legion Y520 dengan tipe tertentu berkesempatan untuk mendapatkan hadiah langsung dengan cara, sebagai berikut: Follow […]
  • Ciptakan Waktu Berkualitas Bersama Keluarga dengan Belanja Kebutuhan di Shopee 10.10 Beauty & Supermarket Brand Day

    Ciptakan Waktu Berkualitas Bersama Keluarga dengan Belanja Kebutuhan di Shopee 10.10 Beauty & Supermarket Brand Day

    Dalam keseruan kampanye 10.10 Brands Festival, Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan menghadirkan Beauty & Supermarket Brand Day pada 7 Oktober 2019. Kebersamaan dalam keluarga harus terjalin setiap hari agar hubungan orang tua dan anak tetap harmonis. Orang tua, baik ayah maupun ibu, memiliki peran masing-masing dalam mendukung tumbuh kembang anak. Salah […]
  • Grab dan Hyundai Luncurkan GrabCar Elektrik, Dorong Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

    Grab dan Hyundai Luncurkan GrabCar Elektrik, Dorong Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

    Untuk mendukung inisiatif pemerintah guna menghadirkan 2 juta kendaraan elektrik (electric vehicle/EV) pada tahun 2025 serta sejalan dengan Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik yang diluncurkan Desember 2019  bersama Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Grab hari ini meluncurkan GrabCar Elektrik powered by Hyundai yang pertama di Indonesia serta berbagai fitur GrabCar terbaru lainnya. Hyundai IONIQ EV […]
  • Berburu Gudeg di Bintaro: Gudeg Jogja Bu Umi

    Berburu Gudeg di Bintaro: Gudeg Jogja Bu Umi

    Nampaknya gudeg merupakan salah satu kuliner favorit di Bintaro. Hal ini terlihat dari banyaknya gerai kuliner yang menyajikan gudeg di daftar menunya. Jika kita menelusiri wilayah Bintaro dari mulai Tanah Kusir sampai dengan Graha Raya, hampir bisa dipastikan kita akan menemukan gerai yang menyajikan gudeg. Tentunya hal ini tidak terlepas dari banyaknya penggemar gudeg di Bintaro. […]
  • Bekerja Sama dengan Facebook, Kampus Shopee Mengedukasi Pengusaha Lokal untuk Memajukan Bisnisnya melalui Media Sosial

    Bekerja Sama dengan Facebook, Kampus Shopee Mengedukasi Pengusaha Lokal untuk Memajukan Bisnisnya melalui Media Sosial

    Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di Indonesia, Yogyakarta. Melalui kerjasama ini, Shopee dan Facebook bertujuan untuk membekali para penjual dengan keterampilan media sosial yang diharapkan dapat membantu mereka dalam mengembangkan bisnisnya di platform e-commerce. Kelas […]
  • Mengenal Museum Sumpah Pemuda

    Mengenal Museum Sumpah Pemuda

    Belum lama ini kita memperingati hari Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda ini dideklarasikan di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta yang akrab disebut museum Sumpah Pemuda. Tulisan ini mengulas tentang sejarah museum ini. Museum Sumpah Pemuda adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat dan dikelola […]
  • Huawei Ajak Berbagi Kasih Sayang dengan February in Harmony

    Huawei Ajak Berbagi Kasih Sayang dengan February in Harmony

    Bulan Februari identik dengan bulan kasih sayang. Apakah Anda sedang mencari hadiah untuk orang terdekat yang lebih spesial dari biasanya? Huawei hadir dengan “February in Harmony” yang memberikan beragam penawaran bagi Anda yang ingin memberikan kado spesial di bulan Februari ini. “Ada berbagai cara kita mengungkapkan kasih sayang pada orang-orang terdekat. Memahami hal tersebut, Huawei […]
  • Foto : Serunya Pertandingan Liverpool vs MU di PHX Bintaro

    Foto : Serunya Pertandingan Liverpool vs MU di PHX Bintaro

    PHX Bintaro, sebuah foodcourt di Bintaro Sektor 9, menggelar acara Nonton Bareng (Nobar) bagi pengunjungnya pada Sabtu, 14 Oktober 2017. Nobar ini menampilkan pertandingan yang sudah ditunggu-tunggu para penggemar sepak bola yaitu antara Liverpool melawan MU. Suasana malam Minggu pun menjadi hangat dengan teriakan para pengunjung yang menonton pertandingan ini sambil menikmati berbagai pilihan menu […]
  • Vivo S1 Pro Fancy Sky Sudah Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

    Vivo S1 Pro Fancy Sky Sudah Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

    Setelah mengonfirmasi kehadiran varian baru dari vivo S1 Pro, vivo membuka Pre-Order vivo S1 Pro New Color secara online eksklusif di e-commerce partner Lazada mulai hari ini. Hadir dengan harga Rp 3,999,9999,- konsumen dapat mengikuti Pre-Order vivo S1 Pro New Color hingga 9 Januari mendatang. “Melanjuti antusiasme dan respon positif konsumen Indonesia terhadap vivo S1 […]
  • Nikmatnya Seafood Kelapa Muda di Branchsto Resto

    Nikmatnya Seafood Kelapa Muda di Branchsto Resto

    IINFOBINTARO (IB) – Biasanya kelapa muda muda identik dengan minuman segar pelepas dahaga. Rasa air kelapa muda yang manis dan sedikit asam dipadu dengan daging buahnya yang lembut dan manis ditambah dengan es dan sedikit gula sangat segar dinikmati di siang hari yang panas. Namun bagaimana jika kelapa muda dikombinasikan dengan seafood yang notabene merupakan […]
  • Cara Membuat Kerajinan Decoupage

    Cara Membuat Kerajinan Decoupage

    Decoupage, yang berasal dari bahasa Prancis découper atau berarti memotong, merupakan kerajinan atau bentuk seni yang memerlukan potongan-potongan bahan (biasanya kertas) yang ditempel pada objek dan kemudian dilapisi dengan pernis atau pelitur. Proses ini membuat tampilan potongan-potongan kertas yang rata tampak dalam dan membuat pola serta gambar terlihat seolah-olah dilukis pada objek yang diproses dengan teknik decoupage. Decoupage adalah […]
  • Tips Mengenalkan Buku Sejak Dini Kepada Anak

    Tips Mengenalkan Buku Sejak Dini Kepada Anak

    Mengenalkan buku pada anak merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan orangtua sejak dini. Bagaimana cara memulainya? Simak tips-tips berikut ini. Buku sebaiknya diperkenalkan saat anak masih berusia batita atau di bawah tiga tahun. Bila anak senang membaca, kemampuan berbahasa anak bisa meningkat dengan pesat. Ia akan menemukan kosa kata baru yang bisa digunakan sehari-hari. […]
  • Biznet Goes to School Secara Online Dukung Kegiatan Belajar dari Rumah

    Biznet Goes to School Secara Online Dukung Kegiatan Belajar dari Rumah

    Biznet sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan masyarakat selama beraktivitas #DiRumahAja. Salah satunya adalah kegiatan belajar dari rumah atau online learning yang saat ini masih dijalankan oleh sebagian besar pelajar di Indonesia. Salah satu bentuk dukungan Biznet hadir melalui program Biznet Goes to School Online yang diselenggarakan oleh Biznet […]
  • Pilihan Baru Jelajahi Intra-Lampung Wings Air Resmikan Rute Tanjung Karang ke Krui

    Pilihan Baru Jelajahi Intra-Lampung Wings Air Resmikan Rute Tanjung Karang ke Krui

    Wings Air, member of Lion Air Group meresmikan penerbangan perdana di Provinsi Lampung, melayani dari Tanjung Karang ke Krui. Wings Air beroperasi secara regular berjadwal tiga kali dalam sepekan setiap Senin, Rabu dan Jumat. Penerbangan diresmikan oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) yang terdiri dari Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal; Komandan Kodim (Dandim) 0422/Lampung […]
  • Donasikan Buku Anda ke Taman Baca Anak Lebah Indonesia

    Donasikan Buku Anda ke Taman Baca Anak Lebah Indonesia

    Saat ini masih banyak anak Indonesia yang belum beruntung. Buku masih merupakan barang langka dan mahal. Tidak terjangkau untuk dibeli. Padahal buku adalah sumber ilmu pengetahuan yang berharga. Taman Baca Anak Lebah (TBAL) merupakan inisiatif nirlaba dan non-politis yang didirikan di Jakarta tahun 2009. Memiliki misi untuk menumbuhkan minat baca pada anak-anak Indonesia sejak usia […]