Rehat

Berwisata Sambil Mengedukasi Buah Hati di Taman Kupu-Kupu Gita Persada Bandar lampung

Berlibur telah menjadi kebutuhan hidup yang tidak kalah penting dengan kebutuhan hidup lainnya. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya berlibur terlihat dari makin penuhnya tempat-tempat wisata saat weekend atau hari libur nasional. Namun, liburan idealnya bisa membawa manfaat lain dari sekedar bersantai menikmati suasana alam. Salah satunya adalah sisi edukasi. Bagi Anda yang sedang merencanakan berlibur, ada baiknya Anda mempertimbangkan sisi edukasi dari tempat wisata yang akan dipilih. Salah satu tempat wisata yang kental dengan nuansa edukasinya adalah Taman Kupu-Kupu Gita Persada di Bandar Lampung.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada berada di Desa Sukamanis, Kecamatan Kemiling. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Betung membuat suasananya sejuk dan asri. Tidak heran, tempat tempat wisata ini sangat menarik wisatawan untuk berkunjung, terutama keluarga yang ingin mengajak buah hatinya untuk berwisata edukatif. Tidak saja saat weekend, pada hari kerja tempat wisata ini juga banyak dikunjungi wisatawan yang didominasi remaja yang datang secara berkelompok. Tempat yang menyenangkan menjadi sebab tempat ini cukup ramai didatangi pengunjung, terutama saat weekend. Harga tiket masuknya yang murah, cuma Rp. 10.000 / orang membuat tempat wisata ini terjangkau bagi kantong remaja.

Untuk menuju kemari, ada dua alternatif rute yang bisa Anda pilih:

Alternatif pertama, dari pusat kota Bandar Lampung Anda melewati Jl. Imba Kesuma, lalu ikuti jalan menuju Wira Garden, Bumi Kedaton Resort, Batu Putu, masih lurus terus. Jarak Taman Kupu-Kupu Gita Persada dari Bumi Kedaton Resort sekitar 7 km. Anda akan melihat papan kayu besar bertuliskan nama tempat wisata ini di sebelah kanan jalan.

Alternatif kedua, Anda bisa lewat Kemiling. Setelah SMA 7 Bandar Lampung, Anda akan menemukan perempatan. Ambil arah ke kanan dan ikuti terus jalan utama yang didominasi jalan menanjak. Jika Anda telah melewati penangkaran rusa Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman, maka lokasi Taman Kupu-Kupu Gita Persada sudah dekat, berada di sebelah kiri jalan.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung didirikan pada tahun 1997 oleh seorang ahli biologi Universitas Lampung, Dr. Herawati Soekardi. Ide awal Taman Kupu-Kupu Gita Persada ini terjadi secara tidak sengaja. Tahun 1997 Herawati menjadi ketua panitia Seminar Nasional Biologi yang berlangsung di Bandar Lampung. Untuk menghias ruangan acara, Herawati dibuatkan layang-layang menyerupai kupu-kupu oleh sang suami. Selama seminar ia melihat bentuk kupu-kupu dari layang-layang yang dibuat suaminya sangat menarik hatinya, ia pun mulai tertarik dengan serangga ini. Setelah seminar berakhir Herawati pun tergerak berkenalan lebih dalam dengan kupu-kupu. Tidak hanya mengamati, ia pun kemudian meneliti kupu-kupu. Untuk mendukung penelitiannya, Herawati mulai membuat penangkaran kupu-kupu di halaman rumahnya. Dengan berjalannya waktu, koleksinya semakin bertambah yang membuat halaman rumahnya sudah tidak mencukupi lagi.

Beruntung, ia mendapat tanah hibah seluas 4,8 hektar yang merupakan lahan hutan yang sudah rusak. Berkat kegigihannya, pelan-pelan lahan itu berubah menjadi subur kembali dengan berbagai tumbuhan yang menjadi tempat tinggal dan berkembang biak berbagai jenis kupu-kupu. Lahan inilah yang sekarang menjadi Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Nama Gita yang diberikan pada taman tersebut berasal dari nama seorang anak Herawati, yang artinya senandung nyanyian alam.

Begitu memasuki kawasan Taman Kupu-Kupu Gita Persada ini paru-paru langsung terasa segar. Itu berkat pepohonan rindang serta beberapa jenis bunga yang yang ditujukan sebagai area hidup bebas sekitar 180 jenis kupu-kupu. Setelah melewati pintu gerbang sederhana yang terbuat dari besi, Anda bisa menuju Museum Kupu-Kupu berupa bangunan kayu sederhana berciri tempo dulu.  Kita akan disuguhkan dengan tembok yang dipenuhi dengan pajangan ratusan kupu-kupu yang sudah diawetkan. ada juga beberapa bingkai artikel tentang Taman Kupu-Kupu Gita Persada yang dimuat di berbagai media. Sebagai informasi, kupu-kupu yang diawetkan di sini adalah kupu-kupu yang ditemukan mati secara alami, bukan kupu-kupu yang sengaja dibunuh untuk diawetkan. Koleksi kupu-kupu yang diawetkan merupakan koleksi yang dikumpulkan Herawati sejak tahun 1997.

Puas melihat-lihat dan mempelajari kupu-kupu di Museum Kupu-Kupu kita akan memasuki area playground. Disini kita bisa duduk-duduk bersantai menikmati suasana alam. Anda juga bisa melihat berbagai kupu-kupu yang terbang dan hinggap pada tumbuh-tumbuhan yang ada disini. Kita bisa naik ke beberapa pohon yang ada disini untuk melihat pemandangan di Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Beberapa rumah pohon memiliki ketinggian lumayan, sehingga kita harus berhati-hati menaikinya terutama saat musim hujan. Beberapa rumah pohon sedang dalam tahap pembangunan, salah satunya yang berukuran cukup besar adalah rumah pohon yang dinamakan Rumah Tangkil. Di Rumah Tangkil ini pengunjung bisa mengadakan acara kecil-kecilan dengan latar belakang kerimbunan tempat wisata ini.

Sambil melihat-lihat pemandangan, si kecil bisa bermain-main di area playground ini. Ada beberapa sarana permainan sederhana seperti ayunan dan perosotan, atau berbaring di hammock. Namun bagi Anda yang membawa buah hati perlu mendapat pengawasan, karena di sini ada beberapa pohon durian yang kalau sedang musim durian banyak buah durian bergantungan yang cukup berbahaya bila anak-anak bermain-main di bawahnya.

Bagian penting berikutnya dari tempat wisata ini adalah penangkaran kupu-kupu yang berada di sisi playground. Untuk masuk ke penangkaran kupu-kupu, kita harus berjalan menuruni jalan setapak yang sudah disediakan. Lokasi penangkaran ini terlihat sangat alami di tengah-tengah kerimbunan pohon-pohon. Tempat penangkarannya adalah area tertutup dengan tembok dan atap berupa jaring-jaring, tapi tidak terkunci dan boleh dimasuki. Di dalamnya, ada cukup banyak kupu-kupu aneka warna dan ukuran berterbangan dan hinggap pada bunga-bunga yang ada di situ. Selain itu, ada pula kotak-kotak untuk tempat metamorfosis yang berisi ulat dan kepompong kupu-kupu.

Di penangkaran ini Anda dan buah hati bisa belajar mengenai metamorfosis kupu, melihat telur, ulat, kempong, dan kupu-kupu dari berbagai jenis, bahkan dapat menyentuhnya langsung. Sisi edukasi yang bisa diperoleh anak-anak adalah bisa melatih kepekaan mereka terhadap alam dan kelak tidak menebang atau merusak tanaman yang bisa mengganggu habitat hewan. Di tempat ini juga motorik kasar anak bisa terlatih dengan berjalan naik turun menjelajah taman, naik ke rumah pohon, dan bermain perosotan.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada adalah sekitar bulan Februari dan Maret. Ada banyak kupu-kupu di bulan-bulan itu. Dan sebaiknya berkunjung saat pagi sampai sebelum pukul 16.00. Kupu-kupu paling aktif terbang dari jam 10 sampai jam 2 siang. Sore harinya mereka tidur di ujung ranting dengan sayap tertutup. Kupu-kupu juga akan keluar saat cuaca cerah, tidak berawan dan hujan. Selain itu gunakan pakaian bewarna cerah, karena kupu-kupu suka dengan warna-warna cerah.

Ingin merasakan sensasi naik jembatan bambu di atas kerimbunan tanaman? Di Taman Kupu-Kupu Gita Persada ada beberapa jembatan bambu yang hanya terdiri dari beberapa bambu sebagai alasnya dan beberapa bambu lainnya sebagai pegangan. Kita akan merasakan goyangan bambu dan deritnya. Terasa unik karena jembatan bambu seperti ini sudah sangat jarang kita temukan, jembatan bambu ini melintasi lembah kecil yang menuju sebuah bukit kecil yang menjadi batas dari tempat wisata ini.

Puas berkeliling sebelum pulang Anda bisa beristirahat di tea house yang terletak di dekat gerbang masuk tempat wisata ini. Tea house merupakan area tempat beristirahat sekaligus mengisi perut. Pengunjung tidak dilarang membawa makanan dari luar. Sementara yang mungkin tidak membawa makanan dapat memesan di area tea house dengan harga menu yang sangat terjangkau, walaupun pilihan menunya tidak banyak dan terhitung sederhana, seperti teh manis, es jeruk, mie goreng, mie rebus dan nasi goreng.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada bisa dikunjungi setiap hari sekitar pukul 09.00-17.00 WIB.

Untuk informasi, silakan hubungi:
Yayasan Sahabat Alam
Jl. Griya Utama Blok II.B/19
Wayhalim Permai, Bandar Lampung 35135
Telp. 0721 – 703993
Faks. 0721 – 702831

(ES)

 

Tags

 

Baca Juga

  • Chevrolet Trailblazer dan Colorado Tangguh di Tengah Hujan Lebat dan Genangan Air

    Chevrolet Trailblazer dan Colorado Tangguh di Tengah Hujan Lebat dan Genangan Air

    Studi meramalkan beberapa wilayah Asia Tenggara akan mengalami peningkatan curah hujan tahun ini, sehingga risiko banjir dan genangan air pun turut meningkat. Tak hanya itu, kondisi hujan deras dapat mengurangi jarak pandang dan menyebabkan jalan licin hingga banjir atau genangan air. The New Trailblazer dan Chevrolet Colorado menghadirkan kenyamanan dan keamanan ekstra saat menghadapi genangan air hingga kedalaman […]
  • Wings Group Indonesia Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan UNICEF agar Anak Indonesia Mendapat Air dan Sanitasi Bersih

    Wings Group Indonesia Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan UNICEF agar Anak Indonesia Mendapat Air dan Sanitasi Bersih

    Wings Group Indonesia (PT Sayap Mas Utama & PT Wings Surya) perusahaan penghasil produk-produk makanan, minuman, perawatan rumah tangga dan perawatan tubuh mengumumkan komitmen untuk bekerjasama dengan UNICEF (The United Nations Children’s Fund), badan PBB yang hadir di 190 negara dan bekerja untuk menjangkau anak-anak yang paling terpinggirkan di dunia. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan […]
  • Citilink dan ShopeePay Wujudkan Penerbangan Aman dan Terjangkau di Masa Pandemi

    Citilink dan ShopeePay Wujudkan Penerbangan Aman dan Terjangkau di Masa Pandemi

    Tidak dapat dipungkiri pandemi COVID-19 membawa dampak yang sangat signifikan di segala lini bisnis, termasuk industri penerbangan. ShopeePay, penyedia pembayaran digital yang mudah, aman, dan memuaskan, menjalin kerja sama dengan maskapai Citilink dalam menyediakan pembayaran yang contactless dan memuaskan untuk masyarakat yang harus melakukan perjalanan udara. Langkah ini juga mendukung usul para pelaku industri aviasi […]
  • Stok Pasar Menipis, Daihatsu Siap Pacu Produksi

    Stok Pasar Menipis, Daihatsu Siap Pacu Produksi

    Sejak dibukanya aktivitas perekonomian secara bertahap, industri otomotif nasional mulai bergairah dan menunjukkan tren peningkatan sedikit demi sedikit. Kondisi ini membuat stok kendaraan menjadi semakin menipis mengingat hampir semua brand tidak melakukan produksi secara optimal. Hal yang sama juga terjadi pada Daihatsu, kondisi stok Daihatsu di pasar sangat terbatas, sehingga tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan secara maksimal. […]
  • Grab Hadiahkan Layanan Gratis bagi Garuda Muda Selama 1 Tahun, Sebagai Apresiasi untuk Kemenangan Timnas di Piala AFF U-22

    Grab Hadiahkan Layanan Gratis bagi Garuda Muda Selama 1 Tahun, Sebagai Apresiasi untuk Kemenangan Timnas di Piala AFF U-22

    Grab, everyday super app terkemuka di Asia Tenggara, turut merayakan kemenangan tim nasional (timnas) Indonesia U-22 yang baru saja meraih Juara di ajang Piala AFF U-22 2019 yang berlangsung di Kamboja. Sebagai apresiasi atas perjuangan tanpa kenal lelah dari ke 37 pemain Garuda Muda, tim official dan tim pelatih, Grab akan memberikan layanan Grab secara […]
  • Telkomsel Pastikan Data Pelanggan Tetap Aman

    Telkomsel Pastikan Data Pelanggan Tetap Aman

    Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan manfaat teknologi secara menyeluruh untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat Indonesia di setiap aspek kehidupan. Komitmen tersebut juga termasuk dalam memberikan rasa aman bagi pelanggan untuk menggunakan seluruh produk dan layanan dari Telkomsel, termasuk yang menjadi prioritas utama perusahaan yakni jaminan sistem perlindungan dan […]
  • Aneka Lomba Dalam Rangka Hari Pahlawan di Living World

    Aneka Lomba Dalam Rangka Hari Pahlawan di Living World

    Dalam rangka memperingati hari Pahlawan, Digikidz Indonesia lembaga kursus komputer dan art anak-anak mengadakan DigiFest 2017 pada hari Sabtu, 25 November 2017 jam 10.00-19.00 di Living World, Alam Sutera. Ada beragam lomba yang digelar seperti robot, wedo, NXT, desain poster, art dan fashion show dengan tema “Pahlawan Indonesia”.Tak ketinggalan juga ada Squishy décor. Putra putri […]
  • AirAsia Akan Pindahkan Penerbangan Internasional di Jakarta ke Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

    AirAsia Akan Pindahkan Penerbangan Internasional di Jakarta ke Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

    AirAsia akan memindahkan operasional penerbangan internasional dari Terminal 3 ke Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai 12 Desember 2018 pukul 03.00 pagi WIB. Nantinya seluruh penerbangan AirAsia rute domestik maupun internasional akan beroperasi di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sehubungan dengan perpindahan ini, jadwal penerbangan AirAsia tidak mengalami perubahan. Namun, demi kenyamanan, kami mengimbau penumpang […]
  • Menggugah Minat “Trend Traveling” Era Milenial Lion Air Tawarkan Tarif Promo Jelajahi Medan dan Jayapura

    Menggugah Minat “Trend Traveling” Era Milenial Lion Air Tawarkan Tarif Promo Jelajahi Medan dan Jayapura

    Lion Air, member of Lion Air Group mengumumkan program promo bertajuk #liburanmakinmudah pada beberapa rute penerbangan domestik efektif 1 Maret 2019. Tarif promo 50% dibawah tarif normal tersedia di rute yang dilayani dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) menuju Medan melalui Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO) dan tujuan Jayapura […]
  • Layanan Wealth Management di Indonesia: Peluang Besar dan Tantangannya

    Layanan Wealth Management di Indonesia: Peluang Besar dan Tantangannya

    Dalam diskusi panel secara digital ‘Hubbis digital dialogue series’ beberapa waktu lalu mengenai Wealth Management di Indonesia, Bank DBS Indonesia menyatakan kesiapan menyambut peluang dan mengembangkan layanan pengelolaan kekayaan melalui teknologi digital, sebagai komitmen sebagai mitra terpercaya pengelolaan kekayaan nasabah dalam menghadapi iklim investasi di era baru. Dari diskusi ini dibahas juga kecenderungan Masyarakat Indonesia […]
  • Mengenal Bintaro Bimmers Community, Komunitas Penggemar Mobil BMW Bintaro

    Mengenal Bintaro Bimmers Community, Komunitas Penggemar Mobil BMW Bintaro

    Sebuah komunitas seringkali berdiri dengan diawali ketidaksengajaan. Kesamaan minat membuat orang-orang yang semula tidak saling mengenal kemudian merasakan kecocokan, hingga berakhir pada keinginan untuk membuat sebuah komunitas. Hal inilah yang terjadi pada Bintaro Bimmers Community (BBC), sebuah komunitas penggemar mobil BMW di Bintaro. Taufik Obel, Ketua Komunitas BBC menceritakan, awal berdirinya komunitas ini dari seringnya […]
  • Lenovo Mencari Gamer Lokal untuk Beradu di Turnamen Gaming Asia – Legion of Champions (LoC) III

    Lenovo Mencari Gamer Lokal untuk Beradu di Turnamen Gaming Asia – Legion of Champions (LoC) III

    Lenovo, merk PC no.1 di dunia, mengumumkan dibukanya pendaftaran online untuk mengikuti turnamen tahunan Legion of Champions (LoC) III. LoC merupakan salah satu usaha utama Lenovo dalam menumbuhkan generasi gamer berikutnya dan mengembangkan komunitas gaming di tingkat Asia Pasifik. Turnamen ini menyediakan arena bagi para pemain eSports untuk unjuk gigi, serta mengajak para penggemar gaming […]
  • Rekomendasi Smartphone Baru untuk Kembali Memaksimalkan Aktivitas Setelah Hari Raya

    Rekomendasi Smartphone Baru untuk Kembali Memaksimalkan Aktivitas Setelah Hari Raya

    Setelah merayakan hari kemenangan yang berbeda di tahun ini, kini saatnya kita kembali produktif dengan menjalani serangkaian kegiatan positif dan bermanfaat. Kembali bekerja, belajar, hingga beragam kegiatan lainnya dari rumah akan semakin semangat jika memiliki perangkat smartphone yang didukung dengan spesifikasi yang mumpuni. “Berpusatnya kegiatan di rumah membuat munculnya kebutuhan-kebutuhan baru dari konsumen yang sebelumnya […]
  • Layanan Prima Menghadapi Liburan Natal dan Tahun Baru dari Telkomsel

    Layanan Prima Menghadapi Liburan Natal dan Tahun Baru dari Telkomsel

    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara khusus melakukan pengawalan dalam menghadapi lonjakan trafik telekomunikasi nasional pada periode akhir tahun dengan menyiagakan “Posko TelkomGroup Siaga Natal 2018 dan Tahun Baru 2019”. Operasional posko secara resmi dimulai dengan pengecekan kesiapan jaringan dan infrastruktur TelkomGroup secara serentak di seluruh Indonesia melalui video conference yang dipimpin langsung oleh Direktur Network […]
  • Ingin Berbisnis Bed Cover dan Homeset? Densprei Menyediakan Semua Kebutuhan Anda

    Ingin Berbisnis Bed Cover dan Homeset? Densprei Menyediakan Semua Kebutuhan Anda

    Berbisnis bed cover dan homeset seperti taplak meja, penutup galon air mineral, sarung bantal lantai dan sarung bantal kursi merupakan bisnis yang menjanjikan karena barang-barang ini selalu menjadi kebutuhan setiap rumah tangga. Ingin berbisnis produk-produk ini namun terkendala dengan kerepotan yang siap menghadang dalam menyiapkan produk-produk ini? Mengapa tidak mencoba memesan dari Densprei saja? Anda […]
  • Schneider Electric Bekerjasama dengan Infrastructure Masons untuk Memperkuat Industri Infrastruktur Digital

    Schneider Electric Bekerjasama dengan Infrastructure Masons untuk Memperkuat Industri Infrastruktur Digital

    Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, mengumumkan kemitraannya dengan Infrastructure Masons (iMasons), sebuah asosiasi profesional nirlaba untuk industri infrastruktur digital. Sebagai mitra, Schneider Electric akan menyediakan iMasons akses ke sumber daya untuk mendukung program pendidikan, jejaring, dan donasi. iMasons, sebuah organisasi yang terdiri dari eksekutif infrastruktur digital terkemuka, profesional […]
  • Indihome Siap Lahirkan Penyanyi Baru Indonesia

    Indihome Siap Lahirkan Penyanyi Baru Indonesia

    Di tengah pandemi Covid-19, IndiHome terus berupaya membangkitkan semangat dan potensi masyarakat Indonesia melalui Semua Bisa Berubah Maju Cover Song Competition yang telah dilaksanakan sejak 28 September 2020. IndiHome yang merupakan produk unggulan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggelar kompetisi ini bekerja sama dengan salah satu diva Indonesia, Melly Goeslaw. Kompetisi ini sangat disambut […]
  • Mercedes-Benz E 350 E EQ Power Memenangkan Dua Penghargaan ‘Best Electric Vehicle’ dan ‘Best Sedan’ Pada Ajang IIMS 2018

    Mercedes-Benz E 350 E EQ Power Memenangkan Dua Penghargaan ‘Best Electric Vehicle’ dan ‘Best Sedan’ Pada Ajang IIMS 2018

    Ajang otomotif bergengsi, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 menjadi catatan positif dan membawa kesuksesan bagi Mercedes-Benz Indonesia. Pada event yang digelar dari tanggal 19 hingga 29 April 2018 di Jakarta International Expo, Kemayoran ini Mercedes-Benz E 350 e EQ Power berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus yakni kategori Best Electric Vehicle dan Best Sedan. Pada […]
  • SIA dan Como Shambhala Luncurkan Hidangan Sehat

    SIA dan Como Shambhala Luncurkan Hidangan Sehat

    Singapore Airlines (SIA) bersama dengan COMO Shambhala, sebuah merek kesehatan yang berpusat di Singapura, pada hari ini mengumumkan peluncuran hidangan sehat yang dikuratori khusus pada beberapa penerbangan tertentu SIA mulai September 2019. Hidangan sehat adalah bagian dari kemitraan SIA dan COMO Shambhala yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pengalaman perjalanan para pelanggan secara holistik. Para […]
  • Nilai-Nilai Seorang Entrepreneur

    Nilai-Nilai Seorang Entrepreneur

    Wirausaha atau biasa disebut dengan entrepreneur adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk melihat dan mengevaluasi peluang bisnis, memperoleh sumber daya yang diperlukan untuk mengambil keunggulan dan berinisiatif mengambil tindakan yang tepat untuk menjamin sukses. Ada pula yang mendefinisikan bahwa seorang entrepreneur adalah orang yang mampu mengalihkan sumber-sumber daya dari daerah-daerah yang menghasilkan hasil rendah atau […]