Berwisata Alam di Hutan Kota Tanah Tingal

Saat liburan sekolah menjelang, pastinya Anda mulai memikirkan alternatif bagi si buah hati untuk mengisi waktu liburnya. Berbagai tempat wisata di berbagai daerah seperti di Puncak, Lembang, Sukabumi dan lainnya pun mulai menyambut liburan anak sekolah dengan berbagai program wisata edukasi yang menarik, misalnya mengenalkan alam sampai dengan outbond.

Wilayah Bintaro yang identik dengan mal-mal dan tempat nongkrong ternyata memiliki lokasi wisata outbond yang luput dari perhatian banyak warga, yaitu Tanah Tingal. Jadi buat apa jauh-jauh berwisata alam dengan menghadapi resiko kemacetan parah jika di Bintaro ada tempat wisata alam yang menarik.

tanah_tingal

Hutan Kota Tanah Tingal berlokasi di Jl. Merpati Raya No. 32, Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat. Untuk mencapai lokasi Tanah Tingal tidak sulit, Anda dapat menggunakan berbagai sarana transportasi baik mobil, sepeda motor maupun kendaraan umum. Anda cukup menuju Stasiun Sudimara, dari stasiun jaraknya tidak sampai 1 km. Begitu memasuki lokasi Anda akan segera disambut plang kayu yang bertuliskan Tanah Tingal sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari lokasinya.

Boediardjo
Boediardjo (Sumber : Wikipedia)

Hutan Kota Tanah Tingal dimiliki oleh keluarga Boediardjo, mantan menteri penerangan pada periode awal Orde Baru, serta pernah menjabat berbagai jabatan duta besar, sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga. Hal ini merupakan perwujudan kecintaan beliau pada alam. Berbagai jenis tumbuh-tumbuhan dan hewan dibiarkan hidup dan berkembang biak dan dirawat dengan baik, menjadikan tempat ini sebagai tempat melepas lelah keluarga besar Boediardjo yang cukup nyaman. Hutan kota ini memiliki luas 10 hektar memiliki keanekaragaman hayati yang cukup kaya, mulai dari hutan, danau dan sungai. Pengelolaan Hutan Kota Tanah Tingal saat ini dilakukan oleh PT. Tanah Tingal yang dimiliki oleh keluarga Boediardjo. Nama Tingal sendiri merujuk pada nama suatu desa di Magelang, Jawa Tengah, dimana beliau berasal.

Berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan di sini, dari mulai menjelajah hutan, mengamati aktivitas burung, bermain kayak di danau, renang, outbond, wall climbing, melukis pemandangan alam di tempat terbuka, menyaksikan berbagai foto di galeri foto dan berbagai ornamen Jawa. Sayangnya karena keterbatasan dana operasional, sebagian kegiatan menarik seperti menanam padi di sawah, berkebun, menananm anggrek, sudah ditiadakan. Namun hal ini tidak mengurangi menariknya berwisata di sini.

Berbagai fasilitas tersedia bagi pengunjung seperti Kios Tanah Tingal, lapangan futsal, area bermain anak, rumah “Ndekem”, area sawah, rumah bugis, kolam renang, pondok penginapan, ruang tunggu sopir, Sekolah Tanah Tingal, rumah panggung, rumah seni, kebun sayuran, kebun anggrek dan tanaman hias, area camping, area permainan air, area outbond dan kolam ikan.

Khusus untuk kegiatan outbond, dimana tersedia fasilitas seperti jembatan tali dan pamper pole, fasilitas ini hanya tersedia bagi rombongan dengan jumlah peserta minimal 50 orang.

tanah_tingal_1 tanah_tingal_2

Hutan Kota Tanah Tingal buka setiap hari termasuk hari libur. Dengan melihat fasilitas yang tersedia, tempat ini juga cocok dijadikan alternatif bagi sekolah-sekolah maupun perusahaan-perusahaan yang berlokasi di wilayah Bintaro dan sekitarnya sebagai alternatif untuk kegiatan gathering, outbond maupun karyawisata. Jika Anda datang secara berombongan, Anda harus mengorder beberapa hari sebelum tanggal kedatangan.

Jadi, berwisata saja ke Tanah Tingal dan nikmati suasana alam yang masih asri di sini.

Hutan Kota Tanah Tingal
Jl. Merpati Raya 32B, Kel. Sawah Baru, Kec. Ciputat
Tangerang Selatan
Telp. : 021 – 7409454, 7409429
Fax. : 021 – 7412912

 

(ES)

 

One Thought to “Berwisata Alam di Hutan Kota Tanah Tingal”

  1. Hagana

    Baru aja dari sini.. Tapi sedikit kecewa, waktu sampai & nanyain bapak penjaga, beliau bilang tempat wisatanya uda ga bagus lagi, mba.. Waktu diliat, emang kurang terawat & ga ada pengunjung.. Berhubung dateng bareng keluarga, kita mutusin buat balik aja.. Tp kalo gua sendiri or bareng sepupu yg suka ngebolang mungkin kita bakal stay.. Tempat ini cocok juga buat nyantai” atau syuting horor.. Bisa jadi oke, kalo dinikmati.. ^^

Leave a Comment