Berita Utama

Bertemu Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Mendag Sampaikan Lima Fase New Normal Bidang Perdagangan

Untuk secepatnya menggerakkan ekonomi rakyat di sektor perdagangan, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan lima fase pembukaan tatanan kehidupan baru (new normal) bidang perdagangan. Penerapan pembukaan aktivitas perdagangan khususnya di tempat-tempat usaha yang menggerakkan roda perekenomian bangsa ini akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020 mendatang dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat dan pengawasan serta evaluasi secara menyeluruh.

“Seluruh elemen di bidang perdagangan kini mulai bersiap. Kementerian Perdagangan telah mempersiapkan Exit Strategy COVID-19 dengan membuka aktivitas perdagangan. Tahapan tersebut terdiri dari lima fase dengan persyaratan yang berbeda tergantung tingkat kerentanan terhadap potensi penyebaran COVID-19,” tegas Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat menerima Pimpinan dan Anggota Satgas Lawan COVID-19 DPR RI di Gedung Kementerian Perdagangan Jumat (29/5) sore ini.

Kunjungan Satgas Lawan COVID-19 DPR RI ke Kementerian Perdagangan ini bertujuan selain bersilaturahmi lebaran Idul Fitri 1441 H, yang utama adalah membahas kesiapan Pemerintah dalam pelaksanaan tatanan kehidupan baru (new normal) dengan mengedepankan Protokol Kesehatan pada situasi pandemi COVID-19 di sektor perdagangan di Indonesia.

Mendag Agus Suparmanto yang memimpin pertemuan tersebut didampingi Wamendag Jerry Sambuaga, Sekjen Kementerian Perdagangan Oke Nurwan, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Suhanto, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana, Irjen Kementerian Perdagangan Srie Agustina, Ketua Badan Pengkajian dan Penelitian Perdagangan Kasan Muhri, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Tjahya Wijayanti, Staf Ahli Mendag Arlinda Imbangjaya dan Sutriono Edi, serta Kepala Biro Umum Sugih Rahmansyah serta Sekretaris Ditjen Perundingan Perdagangan Internasional Moga Simatupang dan Kepala Biro Humas Kemendag Olvy Andrianita.

Sementara itu delegasi DPR RI berasal dari sejumlah fraksi yang dipimpin oleh Koordinator Satgas Lawan COVID-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Beberapa anggota ikut hadir antara lain Gus Nabil, Puti Pramathana Puspa Seruni Guntur Soekarno, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena serta Andre Rosiade, Anggota Komisi VI DPR RI.

Menurut Mendag, Exit Strategi COVID-19 Kementerian Perdagangan ini akan dilakukan dengan membuka aktivitas perdagangan secara bertahap dan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, pembatasan jam dan kapasitas operasional, pengaturan jumlah kunjungan dan pembatasan waktu sirkulasi pengunjung, serta penyusunan SOP di tempat-tempat kegiatan perdagangan melalui mitigasi risiko.

Ada 5 (lima) tahapan pada EXIT STRATEGY COVID-19 yang disusun Kementerian Perdangangan. Pertimbangan penerapan setiap fase sangat tergantung pada kondisi daerah atau wilayah dengan parameter tingkat penularan di tempat kegiatan masing-masing atau wilayah, tingkat kedisiplinan masyarakat dan pelaku usaha, serta kesiapan Tim Evaluasi dan Pengawasan yang dilaksanakan oleh Gugus Tugas COVID-19 pusat dan daerah serta Pemerintah Daerah.

Pembukaan aktivitas perdagangan dapat dilaksanakan di daerah atau wilayah zona hijau dengan angka reproduksi virus kategori Rt < 1. Saat ini ada sekitar lebih dari 100 daerah zona hijau (kabupaten/kota) di 8 provinsi (Aceh, Riau, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Jambi, DKI Jakarta, Bali, dan Kepulauan Riau). Kondisi ini bisa bertambah atau berkurang tergantung tingkat kepatuhan dari seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan yang telah diterapkan. Evaluasi dan penentuan status wilayah tersebut ditetapkan oleh GUGUS TUGAS COVID-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Daerah setempat.

“Saat ini daerah yang siap dibuka adalah Semarang, Jawa Tengah, dan sebagian Jawa Barat yang berada di sekitar Jakarta dengan kontribusi ekonomi yang signifikan. Hal itu berdasarkan hasil Analisis Trend (KSP) dan analisis per kelurahan yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat,” imbuh Mendag Agus.

Jenis aktivitas perdagangan yang akan mulai dibuka dalam ‘new normal’, meliputi pasar rakyat, toko swalayan (minimarket, supermarket, hypermarket, Department Store), restoran/rumah makan/warung makan, kafe, toko obat farmasi dan alat kesehatan, mall atau pusat perbelanjaan,restoran di Rest Area, alon/Spa, tempat hiburan/pariwisata.

“Pembukaan aktivitas perdagangan itu disesuaikan dengan fasenya. Pada fase tertentu misalnya pusat perbelanjaan baru bisa dibuka,dengan jam operasional dan jumlah pengunjung yang dibatasi secara bergilir setiap tiga jam,”katanya.

Untuk memperkuat implementasi pembukaan aktivitas perdagangan ini Kementerian Perdagangan telah menyiapkan Surat Edaran (SE) Menteri Perdagangan No. 12 Tahun 2020 tanggal 28 Mei 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan di Sektor Perdagangan. Di dalam SE tersebut diatur SOP Protokol Kesehatan Pasar Rakyat, Ritel Modern, Toko Swalayan, Supermarket, Hypermart, Pusat Perbelanjaan/Department Store, Restoran/Rumah Makan/Warung Makan dan Kafe, Toko Obat/Farmasi dan Alat Kesehatan, Restoran di rest area diperbolehkan secara terbatas, Salon/Spa, Tempat Hiburan/Pariwisata dan Tempat Hiburan tertentu seperti Kebun Binatang, Museum, Galeri Seni serta Pedagang Kaki Lima (PKL) dan aktivitas perdagangan lainnya seperti warteg.

Menggerakkan Ekonomi

Menurutnya, pembukaan aktivitas perdagangan ini dilakukan karena pandemi COVID-19 telah berdampak ke berbagai aspek kehidupan. Di sektor ekonomi, wabah COVID-19 telah menghentikan sebagian besar aktivitas ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 juga diprediksi melambat. Sebelum COVID-19 pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan sebesar 5,3%, dan angka ini menurun menjadi 2,3% setelah adanya COVID-19. Tidak hanya itu, investasi turut terhambat dan ekspor-impor terkontraksi.

COVID-19 juga memaksa para pelaku usaha untuk menutup usahanya. Akibatnya, karyawan terpaksa dirumahkan, bahkan terjadi pemutusan hubungan kerja. Langkah tersebut terpaksa diambil akibat terhentinya operasional secara total akibat pandemi COVID-19. Dampak lanjutannya yaitu meningkatnya pemutusan hubungan kerja (PHK), pengangguran, dan kemiskinan.

“COVID-19 sangat berdampak pada unit-unit usaha kecil, salah satunya para pedagang di pasar rakyat. Jumlah pedagang diperkirakan dapat menurun sebesar 29%, sementara omzet rata-rata pedagang menurun sebesar 39%. Pemerintah Indonesia telah bekerja keras melakukan tindakantindakan untuk melindungi keselamatan rakyat dan ekonomi Indonesia agar keduanya dapat menjadi pemenang dalam melawan virus corona ini,”kata Mendag.

Untuk itulah, ujar Mendag Agus, pemerintah mendorong beroperasinya pasar rakyat dengan mengedepankan protokol kesehatan. Pengelola pasar, pedagang, dan pembeli harus disiplin dalam mentaati dalam mengimplementasikan Protokol Kesehatan yang ditetapkan pemerintah dan mematuhi SOP Protokol Kesehatan. Pasar harus terus buka dan beroperasi, pedagang harus tetap berdagang, petani tetap menyalurkan hasil panennya ke pasar, dan masyarakat membutuhkan bahan kebutuhan pokok untuk melanjutkan hidupnya sehari-hari.

“Kami ingin menggerakkan ekonomi secepat-cepatnya dalam new normal ini. Sebelumnya kita tahu pasar dan pusat perbelanjaan banyak yang tutup. Kita buat protokol kesehatan yang tetap dalan pembukaannya nanti,” jelasnya.

Dalam paparannya, Mendag Agus Suparmanto mengungkapkan new normal adalah tahapan baru setelah kebijakan stay at home atau work from home atau pembatasan sosial yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. ‘New normal’ utamanya agar warga yang memerlukan aktivitas di luar rumah dapat bekerja dengan menggunakan standar kesehatan.

“Jadi, bukan sekedar keluar rumah, bergerombol, atau keluyuran. Pada masa COVID-19 ini, tidak mungkin aktivitas ekonomi berhenti tanpa kepastian sehingga menyebabkan banyak perusahaan yang mem-PHK karyawannya, terjadinya kekacauan sosial dan kebangkrutan perusahaan, sehingga aktivitas ekonomi secara nasional berhenti total,” ujar Mendag Agus.

Dijelaskan Mendag, ‘new normal’ harus dilakukan dengan penuh kesadaran dan disiplin dari seluruh elemen masyarakat sebagai antisipasi wabah masih ada di lingkungan sekitar kita sehingga aktivitas ekonomi diperbolehkan beroperasi hanya dengan protokol kesehatan yang telah diterapkan.

Dalam implementasi ‘new normal’ atau kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial, dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar kesehatan yang sebelum pandemi tersebut tidak ada, diharapkan dapat mendorong sektor ekonomi agar tidak semakin terpuruk dan menjaga agar negara tetap bisa berdaya menjalankan fungsinya.

Pemerintah akan mengatur agar kehidupan masyarakat berangsur-angsur kembali normal sambil melihat dan memperhatikan fakta yang terjadi di lapangan. Masyarakat diminta untuk dapat beraktivitas dengan menyesuaikan dan beradaptasi dengan tatanan kehidupan baru ini.

Diharapkan ‘new normal’ ini dapat menjadi titik tolak menuju tatanan kehidupan baru masyarakat Indonesia agar dapat beraktivitas kembali dan menjalankan roda perekonomian sekaligus tetap melawan ancaman COVID-19 dengan secara disiplin menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat.

“Kebiasaan baru ini harus diterapkan oleh masyarakat, baik konsumen maupun pelaku usaha, dengan kesadaran tinggi. Semoga adaptasi ‘new normal’ dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga situasi perekonomian kita kembali dapat berangsur pulih dan kehidupan masyarakat dapat kembali normal dan masyarakat tetap sehat seperti sedia kala,” tegasnya.

Apresiasi DPR RI

Dalam kesempatan ini, Koordinator Satgas Lawan COVID-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengapresiasi langka Exit Strategy COVID-19 di bidang perdagangan yang dilakukan Kemendag. “Fase pembukaan aktivitas kegiatan perdagangan dan pengaturan SOP Protokol Kesehatan yang dilakukan Kementerian Perdagangan sudah sangat baik dan perlu diapresiasi,” tegasnya.

Terkait reward and punishment dalam menjalankan fase pembukaan aktivitas perdagangan dan SOP Protokol Kesehatan, Mendag Agus memuji anggota DPR RI sebagai bahan masukan yang sangat baik agar pelaksanaan new normal di bidang perdagangan dapat berjalan lebih baik.

Sementara itu, berbagai masukan DPR RI mendapat perhatian serius Mendag Agus. Salah satunya masukan tentang SOP Protokol Kesehatan apabila di pasar atau pusat perbelanjaan terdapat pedagang yang terjangkit COVID-19. Pasar atau pusat perbelanjaan itu tidak serta merta ditutup.

Menjawab masukan tersebut, Mendag Agus meminta pelaku usaha dan Pemda melakukan rapid test hingga test PCR kepada para pedagang. Ini dilakukan untuk memastikan para pedagang, baik di Pasar Rakyat maupun di Pusat Perbelanjaan tidak terjangkit COVID-19.

Stabilkan Harga Gula

Dalam kesempatan itu, anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengapresiasi langkah Menteri Perdagangan Agus Suparmanto yang tak kenal lelah melakukan berbagai upaya menstabilkan harga gula termasuk menggelar operasi pasar gula hingga berhasil menurunkan harga gula pasir menjadi normal kembali.

“Saya mengapresiasi kerja keras Menteri Perdagangan dalam menstabilkan harga gula dan kini berhasil menjadi normal kembali,” tegas Andre.

(AB)

 

Baca Juga

  • Antusiasme Tinggi Masyarakat Terhadap Vivo Esports Cup 2020

    Antusiasme Tinggi Masyarakat Terhadap Vivo Esports Cup 2020

    Bersamaan dengan peluncuran vivo V19 di Indonesia pada minggu lalu, vivo turut mengumumkan dibukanya gelaran vivo Esports Cup 2020, turnamen yang diperuntukan untuk para gamers pemula di seluruh Indonesia. Berkesempatan untuk memenangkan hadiah total senilai Rp 200 juta, pendaftaran telah di buka pada 10 Maret hingga 25 Maret 2020 mendatang secara online di www.vivoesportscup.com dengan […]
  • Luncurkan Situs Kampanye Save Our Sharks, WWF-indonesia Ajak Masyarakat dan Pelaku Usaha Berhenti Konsumsi Hiu

    Luncurkan Situs Kampanye Save Our Sharks, WWF-indonesia Ajak Masyarakat dan Pelaku Usaha Berhenti Konsumsi Hiu

    WWF-Indonesia meluncurkan sosharks.wwf.id sebagai situs kampanye Save Our Sharks (“#SOSharks”) pada Selasa, 12 Mei 2020. Situs ini digagas untuk mengajak publik, penyedia jasa pariwisata, dan pelaku industri hidangan laut agar menghentikan perdagangan dan konsumsi hiu. Peluncuran situs dibarengi dengan penyelenggaraan diskusi daring bertajuk “Tren Hiu: Konsumsi atau Konservasi? Webinar yang dimoderasi oleh presenter sekaligus #SOSharks […]
  • Idul Fitri 2018, Pelindo 1 Siapkan Mudik Gratis 4.750 Peserta Pelindo 1 Prioritaskan Faktor Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan bagi Pemudik

    Idul Fitri 2018, Pelindo 1 Siapkan Mudik Gratis 4.750 Peserta Pelindo 1 Prioritaskan Faktor Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan bagi Pemudik

    Guna mempermudah masyarakat untuk merayakan Idul Fitri 2018 di kampung halamannya, PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) atau Pelindo 1 menggelar program mudik gratis bagi 4.750 peserta melalui 11 rute mudik yang akan dilayani dengan moda darat dan laut. Program Mudik Gratis ini juga bertujuan untuk mengalihkan pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor ke moda transportasi […]
  • Serba Spesial di Indobuildtech Jakarta 2019 2nd Phase : Dari Promo Diskon Building Material & Interior, Sampai Architecture Installation Festival

    Serba Spesial di Indobuildtech Jakarta 2019 2nd Phase : Dari Promo Diskon Building Material & Interior, Sampai Architecture Installation Festival

    Bertepatan dengan momentum bulan kemerdekaan yang senantiasa sarat dengan kegiatan selebrasi, maka pameran IndoBuildTech Jakarta The 2nd Phase di Jakarta Convention Center (JCC) menghadirkan ragam produk dan acara yang serba spesial, mulai dari promo diskon besar-besaran untuk produk-produk building material, perlengkapan interior bangunan, hingga festival mahakarya instalasi arsitek terkemuka, Jakarta Architecture Installation Festival (JAIF) 2019. […]
  • Berbagi Kebaikan #Dirumahaja Ala Generasi 125

    Berbagi Kebaikan #Dirumahaja Ala Generasi 125

    Optimis, kreatif, dan pantang menyerah dalam kondisi apapun merupakan semangat dari generasi 125. Dengan semangat #generasi125, Yamaha bersama youtuber Hobby Makan asal Kalimantan akan mengajak kalian untuk tetap berbagi kebaikan meskipun #dirumahaja. Namun bagaimana cara berbagi kebaikan ala generasi 125 dari rumah aja? Jawabannya ada dalam Digital festival Yamaha pada akhir pekan ini hari Sabtu, […]
  • Modifikasi Twins Baru dari Royal Enfield

    Modifikasi Twins Baru dari Royal Enfield

    Royal Enfield, pemimpin pasar global untuk segmen motor mid-size, untuk pertama kalinya memperkenalkan kepada publik tiga motor kustom terbaru yang dibuat sebelum sepeda motor ini diluncurkan ke pasaran dengan platform twin-cylinder, di festival Wheels and Waves edisi ke-7. Wheels and Waves merupakan festival berselancar dan bermotor terkemuka di Eropa yang diadakan setiap tahun di kota […]
  • Gandeng Komunitas Gamer Surabaya, Telkom Luncurkan Indihome Paket Premium dengan Kecepatan Hingga 300 Mbps

    Gandeng Komunitas Gamer Surabaya, Telkom Luncurkan Indihome Paket Premium dengan Kecepatan Hingga 300 Mbps

    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi seluruh segmen pelanggannya. Kali ini, Telkom mempersembahkan IndiHome Paket Premium 200 Mbps dan 300 Mbps yang secara resmi diluncurkan dengan menggandeng komunitas gamer di Surabaya, Senin (23/9). Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana dalam acara re-launching IndiHome Paket Premium mengatakan, […]
  • Gerai Gramedia ke-122 Hadir di Sukabumi

    Gerai Gramedia ke-122 Hadir di Sukabumi

    PT Gramedia Asri Media (Gramedia) akan membuka cabang gerainya di wilayah Sukabumi. Mulai tanggal 12 Mei 2020, masyarakat Sukabumi sudah dapat berbelanja di gerai Gramedia ke-122 tersebut. Gramedia Sukabumi berlokasi di Jalan Surya Kencana No.12, Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Sukabumi, Jawa Barat. Gramedia Sukabumi memberikan promosi Gratis Ongkos Kirim Layanan Pesan Antar untuk wilayah Sukabumi […]
  • Berbagai Pilihan Pangkas Rambut di Bintaro

    Berbagai Pilihan Pangkas Rambut di Bintaro

    Pada umumnya orang menginginkan penampilan dirinya rapi, bersih dan menarik untuk dilihat sehingga akan meningkatkan respek dari orang lain. Salah satu yang paling berperan untuk menunjang penampilan adalah rambut. Rambut yang rapi akan memberikan kesan yang positif terhadap seseorang, tentunya dengan kesan yang positif kita akan lebih mudah diterima dan dihargai orang lain. Tidaklah heran, apabila […]
  • Masjid Istiqlal, Masjid Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara

    Masjid Istiqlal, Masjid Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara

    Tanggal 22 Februari dikenal sebagai hari Istiqlal. Masjid Istiqlal (arti harfiah: Masjid Merdeka) adalah masjid nasional negara Republik Indonesia yang terletak di bekas Taman Wilhelmina, di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka yang di tengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas), di pusat ibukota Jakarta. Di seberang Timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta. Imam besarnya adalah Prof. […]
  • Menang Banyak dengan Motor Pilihan Milenial di Era New Normal

    Menang Banyak dengan Motor Pilihan Milenial di Era New Normal

    Memasuki era New Normal, pemilihan sepeda motor yang praktis menjadi prioritas utama dalam mendukung mobilitas. Salah satu sepeda motor yang dikenal dengan fitur dan kepraktisannya adalah Yamaha FreeGo. Salah satu produk Generasi 125 yang mendapat predikat Best Buy Matic (dalam Motor Plus Award 2019) ini semakin banyak menuai testimoni positif dari berbagai kalangan khususnya kaum […]
  • AIA Persembahkan Asuransi Kecelakaan Gratis Untuk Para Pemudik

    AIA Persembahkan Asuransi Kecelakaan Gratis Untuk Para Pemudik

    PT AIA FINANCIAL (AIA), salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia, memperkenalkan produk baru untuk perlindungan jiwa khusus dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, yaitu Asuransi Kecelakaan Gratis. Asuransi kecelakaan gratis ini ditujukan untuk masyarakat Indonesia yang akan melakukan perjalanan mudik, baik yang merupakan nasabah AIA maupun non-nasabah. Setiap tahunnya, jutaan masyarakat Indonesia melakukan […]
  • Nissan Dekatkan New Terra dengan Penggemar SUV di Jakarta

    Nissan Dekatkan New Terra dengan Penggemar SUV di Jakarta

    Perkembangan pesat infrastruktur di Indonesia mendorong kebutuhan akan mobil yang mampu melewati beragam kondisi jalan, baik di perkotaan maupun jalan yang lebih menantang. Nissan menghadirkan New Terra untuk memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat di segmen SUV di Indonesia. “Terra akan membawa pengalaman berkendara ke level yang lebih tinggi,” kata President Director PT. Nissan Motor Indonesia, […]
  • PruRide Indonesia 2020 Virtual Ride Sukses Sentuh Lebih dari Satu Juta Masyarakat Indonesia Hidup Aktif dan Lebih Sehat

    PruRide Indonesia 2020 Virtual Ride Sukses Sentuh Lebih dari Satu Juta Masyarakat Indonesia Hidup Aktif dan Lebih Sehat

    PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride, event sepeda virtual pertama dari PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) telah sukses digelar pada 20-23 Agustus 2020. Ajang tahunan ini merupakan salah satu perwujudan komitmen Prudential Indonesia selama 25 tahun mendampingi masyarakat untuk hidup lebih sehat dan sejahtera. Selama empat hari, 3.000 pecinta sepeda tidak hanya berhasil menantang dirinya […]
  • Blenger Burger Bintaro Menyediakan Porsi XL

    Blenger Burger Bintaro Menyediakan Porsi XL

    INFOBINTARO (IB) – Cari burger dengan harga murah dan porsi besar? Pilihannya Blenger Burger Bintaro. Kamu tidak perlu merogoh kantong sampai Rp. 50.000 untuk membeli burger ini meskipun memilih menu XL. Bagi kamu yang sudah kelaparan di daerah Bintaro, yuk nikmati burger paling terkenal di Jakarta ini yang terletak di Jalan Taman Barat Blok F/1 […]
  • Event Japan Music Expression di Plaza Bintaro 1 Mei 2016

    Event Japan Music Expression di Plaza Bintaro 1 Mei 2016

    Dalam acara ini ada 13 band dan 1 kelompok dance Jepang yang berpartisipasi. Bahkan ada band Sakurai yang khusus datang dari Bandung. Seperti namanya, acara Japan Music Expression ini penuh nuansa Jepang. Lagu dan dance yang dibawakan juga terasa unsur budaya Timur tersebut. Dan disambut sangat antusias oleh para penonton di sekitar panggung utama yang […]
  • Tiga Tahun Wuling Motors Melangkah Bersama Indonesia

    Tiga Tahun Wuling Motors Melangkah Bersama Indonesia

    Pada Sabtu lalu (11/7), Wuling Motors (Wuling) genap memasuki tahun ketiga dalam perjalanannya di industri otomotif Tanah Air. Wuling memulai langkahnya sejak ground-breaking fasilitas pabrik dan supplier park seluas 60 hektar di Greenland International Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat, pada Agustus 2015. Kemudian pada 11 Juli 2017 pabrik Wuling resmi beroperasi dan menjadikan tanggal tersebut sebagai peringatan hari jadinya di Indonesia. […]
  • Starbucks dan Alibaba Perkuat Kemitraan, Luncurkan Voice Command Pemesanan melalui Tmall Genie

    Starbucks dan Alibaba Perkuat Kemitraan, Luncurkan Voice Command Pemesanan melalui Tmall Genie

    Starbucks melakukan terobosan besar dalam merevolusi pengalaman digital bagi para konsumen. Di Tiongkok, Starbucks meluncurkan pemesanan via perintah suara (voice command) dan mengantar pesanan melalui speaker pintar Alibaba, yaitu Tmall Genie. Para pelanggan di Tiongkok kini bisa memesan minuman dan makanan favorit dari Starbucks hanya dengan menggunakan pesan suara dan mendapatkannya dalam waktu 30 menit. […]
  • Bank DBS Berikan Dukungan Financing USD 195 Juta dan Platform Digital ke Chandra Asri untuk Menjalankan Bisnis

    Bank DBS Berikan Dukungan Financing USD 195 Juta dan Platform Digital ke Chandra Asri untuk Menjalankan Bisnis

    Berkomitmen untuk senantiasa mendukung Mitra Bisnis di tengah tantangan pandemi dan era new normal, Bank DBS berikan dukungan penuh kepada PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) berupa pinjaman pembiayaan dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi melalui platform digital DBS IDEAL dan DBS RAPID untuk mengelola efektivitas dan efisiensi bisnis sehari-hari agar dapat tetap mengedepankan proses bisnis […]
  • Menyelami Potensi Kecerdasan Buatan Vivo V11 Pro

    Menyelami Potensi Kecerdasan Buatan Vivo V11 Pro

    Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah mesin yang diberikan kemampuan intuitif seperti layaknya manusia melalui sistem informasi atau program aplikasi. Mesin dengan kecerdasan buatan dapat menyelesaikan tugas tertentu, mengumpulkan informasi, serta berbagai tugas lain yang dapat memberikan kemudahan bagi penggunanya. Saat ini, teknologi kecerdasan buatan pun dapat kita temui dalam berbagai aplikasi, termasuk smartphone. […]

Tinggalkan Balasan