Berniat Membuka Resto? Hubungi Rifani Sebagai Konsultannya

Bisnis kuliner memang merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini terlihat dari terus bermunculannya berbagai gerai kuliner di berbagai tempat yang menawarkan berbagai pilihan menu. Namun sayangnya, tidak semua orang yang mencoba masuk ke bisnis kuliner mengalami kesuksesan sekalipun memiliki dana yang cukup. Banyak faktor penyebabnya, salah satunya adalah kurangnya pengalaman.

Walaupun belum memiliki pengalaman, atau tidak memiliki pengalaman banyak, tidak menutup kita dapat membangun bisnis kuliner yang sukses. Tentunya kita memerlukan bimbingan dari orang-orang yang memiliki pengalaman di bidang kuliner, seperti yang dijalankan oleh Rifani, konsultan sekaligus pengelola This is Eat, sebuah resto dengan menu food street di Bitoz, Bintaro Sektor 7. (baca juga : This is Eat, Menawarkan Konsep Baru Street Food). Berbekal pengalaman kerjanya di berbagai resto dan hotel selama bertahun-tahun, Rifani memiliki keinginan untuk membagi pengalaman dan wawasannya bisa membantu orang-orang yang ingin membangun usaha kuliner.

Rifani, yang kelahiran Jakarta tahun 1984 ini, mulai menggeluti kuliner semenjak di bangku kuliah di D3 Aktripa, Bandung. Setelah lulus pada tahun 2008, Rifani memilih bekerja di Malaysia sebagai banquet di sebuah resto. Setelah bekerja kurang lebih 1 tahun, ia memilih untuk pindah kerja ke Crystal Hotel di Batam. Di sini pekerjaan yang dijalaninya masih sama sebagai seorang banquet. Tidak lama di Batam, ia memutuskan kembali ke Jakarta dengan bekerja di PT. Nandos Pangan Indonesia yang mengelola restoran Portugal.Di sini karirnya mulai meningkat, dari steward/diswasher ia bisa mencapai posisi sebagai chef. Di sinipun ia tidak lama bekerja.

Pada tahun 2010, Rifani memutuskan untuk pindah bekerja di sebuah resto di Bandung, Preferee 72. Tugasnya di sini berbeda dengan tempat-tempat kerja sebelumnya, yaitu di bagian service. Saat bekerja di Bandung, ia mendapat tawaran dari seorang temannya untuk bekerja di restoran Avenue di Gili Trawangan, Bali, juga sebagai service. Setahun bekerja di Bali, ia mendapat tawaran bekerja di Jakarta, di Ismaya Group. Di sini karirnya semakin meningkat, posisi terakhirnya sebagai manager.

Setelah 4 tahun bekerja di sini ia mulai berpikir untuk memanfaatkan pengalamannya yang beragam untuk menjadi konsultan restoran. Mulailah ia menawarkan jasanya sebagai konsultan bagi calon-calon investor yang berencana membangun resto. Ia mempelajari konsep=konsep dari berbagai restoran terkemuka dan mengadopsinya dalam proposal yang diajukan kepada para investor. Di dalam proposalnya, ia tidak saja mengajukan konsep, namun juga mengusulkan menu-menu kreasinya yang dianggapnya sesuai dengan konsep yang diajukannya.

Tidak semua proposal yang diajukannya disetujui, namun dalam rentang 2014-2017, ia sudah mengembangkan 5 buah restoran, This is Eat, Hapiness Kitchen & Coffee, Liberica Cofee, Eatstagram dan sebuah restoran di Sukabumi, The Green Coffee.

Dalam menjalankan profesinya sebagai konsultan restoran, Rifani memilih gaya pop-resto yang menyasar anak-anak muda dari mulai remaja, mahasiswa sampai dengan karyawan-karyawan muda. Gaya pop-resto ini dirasakannya sesuai dengan passion-nya, walaupun jika ada permintaan untuk mengembangkan konsep yang lain, ia pun siap melakukannya.

Di setiap proyek-proyek yang ditanganinya, ia menawarkan pengembangan restoran itu dari awal sampai sesudah bisa beroperasi dengan baik (full service). Dari mulai jasa konsultan seperti pada umumnya, Rifani memasukan juga jasa brand identity, seperti warna, logo, dsb, promosi, social media, bahkan menu di dalam proposalnya. Hal inilah yang  membedakannya dari konsultan resto yang lain. Umumnya konsultan-konsultan resto hanya menawarkan jasa perancangan manajemen dan sistem development dari restoran, sehingga tidak jarang proposal yang diajukan terlihat bagus, namun saat dijalankan tidak dapat berkembang secara baik.

Rifani merupakan gambaran dari seorang anak muda yang bersemangat terus mengembangkan talenta dan pengetahuannya. Berbagai pengalaman yang pernah dijalaninya digunakannya untuk mengembangkan kemampuannya yang lain.

Anda ingin membuka restoran? Hubungi saja:

Rifani
Telp: 0812 8443 5384
Email : rifanicruze10@gmail.com

 

(ES)

Leave a Comment