Pendidikan

Bermain Sambil Belajar, Mengembangkan Kemampuan Anak Secara Kreatif di Rumah Mandar

Ada sebuah ungkapan dari Albert Einstein yang sangat terkenal: “Creativity is intelligent having fun”. Ungkapan dari bapak teori relativitas ini sungguh menggelitik dan membuka kesadaran banyak orang bahwa ada suatu keasyikan tersendiri dalam mengembangkan kemampuan intelektual melalui berbagai hal kreatif. Proses belajar yang sering dianggap sebagai hal yang membosankan bila dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan akan membuat pemahaman atas apa yang dipelajari akan terjadi dalam waktu yang lebih singkat dibanding cara belajar yang konvensional.

Hal inilah yang diterapkan oleh Rumah Mandar, sebuah kelas bermain bayi dan toddler (usia 1 – 3 tahun) yang mengajarkan kreativitas melalui permainan-permainan sederhana dengan cara yang menyenangkan dengan menggunakan bahan-bahan sederhana. Adalah Mega Novelia, mantan anchor news sebuah stasiun televisi nasional, pendiri dan pemilik Rumah Mandar yang berlokasi di Jl. Mandar Blok DE2 No. 9, Bintaro Sektor 3A.

Rumah Mandar mulai buka dari awal Mei 2017. Rumah Mandar sendiri bukanlah playgroup seperti yang kita tahu. Berbeda dengan playgroup yang formal, di Rumah Mandar konsep yang dikembangkan adalah konsep pendidikan di rumah (home-education). Ketimbang menggunakan kurikulum yang baku, Rumah Mandar memberikan program tematik yang berbeda-beda. Di setiap programnya, Mega membagi urutan kegiatan bermain di Rumah Mandar menjadi 4 sesi, yaitu Story Telling, Sensory Play 1, Snack dan Sensory Play 2.

Mega menjelaskan, “Rumah Mandar menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan murah sebagai sarana permainanannya, tujuannya agar orang tua bisa menerapkan berbagai permainan yang dilakukan pada program Rumah Mandar di rumahnya masing-masing.”

“Berbagai permainan di Rumah Mandar lebih difokuskan untuk mengembangkan kemampuan sensorik, utamanya sensorik motorik dan auditori dari anak-anak. Sebagaimana kita ketahui anak-anak pada usia 1-3 tahun masih pada taraf bermain sambil melakukan eksplorasi. Di sinilah mereka akan belajar berbagai hal yang akan membangun pemahaman mereka. Peranan orang tua sangat penting di sini, karena berbagai permainan ini akan membangun hubungan ibu dan anak yang lebih dekat”, lanjut Mega.

Itulah sebabnya pada setiap program Rumah Mandar, Mega mensyaratkan kehadiran orang tua dari sang anak untuk menemaninya bermain. Pada umumnya, yang menemani sang anak adalah si ibu. Namun tidak menutup kemungkinan seorang bapak yang mendampingi anaknya bermain. Mega tidak merekomendasikan anak di dampingi pengasuhnya, karena hal ini berarti si anak akan lebih dekat dengan pengasuhnya ketimbang dengan orang tuannya. Mengingat keterbatasan ruangan yang ada, Mega juga mensyaratkan 1 anak dengan 1 pendamping.

Program bermain di Rumah Mandar selalu berbeda-beda setiap harinya, misalnya pada program tanggal 21 Juni yang lalu, Ruma Mandar mengangat tema Suara, yang memberikan penekanan pada permainan-permainan yang berhubungan dengan suara.

Rangkaian program diawali dengan sesi story telling, dimana anak mendengarkan cerita yang  untuk memilih disampaikan seorang pembimbing anak-anak. Walaupun begitu, setiap anak diberikan kebebasan. Jika ia memilih untuk bermain ketimbang mendengarkan cerita, ia bisa bermain di salah satu sudut ruangan yang tersedia berbagai permainan. Tidak ada keharusan setiap anak untuk mengikuti setiap sesi, di Rumah Mandar anak diberikan kebebasan yang menyenangkan hatinya. Jika ia ingin bermain sendiri saja di sepanjang rangkaian sesi, ia boleh menyibukkan diri dengan permainannya sampai ia merasa bosan dan bergabung dengan anak-anak lainnya.

Setelah sesi story telling aktivitas diteruskan dengan Sensory Play 1 yang didahului dengan bernyanyi dan perkenalan. Pada sesi Sensory Play ini anak diajak untuk bermain seperti memasukkan rice cracker ke dalam botol air mineral plastik. Rice cracker dan botol air mineral plastik adalah contoh-contoh bahan-bahan permainan yang digunakan di Rumah Mandar. Rice cracker bisa dibeli dengan mudah di toko snack anak-anak dengan harga yang sangat murah, sekitar Rp. 4 ribu per kilogramnya.

Tujuan dari sesi Sensory Play ini adalah melatih kemampuan motorik halus anak-anak dengan memegang satu demi satu butiran rice cracker dan memasukkannnya de dalam botol serta berlatih fokus. Permainan memasukkan rice cracker ke dalam botol juga bisa melatih sensorik warna, karena rice cracker memiliki warna yang beraneka ragam. Contoh permainan sederhana lainnya adalah permainan membuat alat musik marakas serta memainkannya dan menelpon dengan menggunakan 2 buah botol plastik bekas air mineral yang dihubungan dengan benang. Dengan permainan ini anak diajar berbagai hal termasuk mengenal sains sederhana yangberhubungan dengan suara.

Yang tidak kalah seru adalah permainan messy play pada sesi Sensory Play 2. Pada sesi ini anak diajak bermain pada sebuah box container plastik yang telah diisi dengan air sabun. Anak-anak yang merasa gembira dengan permainan yang dilakukan di ruang terbuka ini, seolah diajak berimajinasi dengan gelembung-gelembung sabun dan bermain air sabun baik bermain sendiri mau pun bermain dengan anak-anak lainnya. Di sela-sela sesi ini, Mega memberikan tips penggunaan sabun yang aman bagi anak-anak bila ingin melakukan permainan ini di rumah.

Di setiap sesinya, Mega selalu menjelaskan kepada para orang tua, nama permainan yang akan dilakukan, tujuan permainan, cara membuat permainan itu dan sedikit tips mencari bahan-bahan yang diperlukan untuk permainan itu.

Jika Anda ingin mengikuti program bermain di Rumah Mandar, Anda bisa mengakses Instagram @rumahmandar atau melalui Whatsapp 0813 1813 9617 untuk mendapatkan informasi kapan program berikutnya akan berlangsung dan tema programnya. Di setiap programnya, biaya keikutsertaan sebesar Rp. 150 ribu untuk 1 anak dan 1 pendamping. Untuk harinya, baik pada hari kerja atau saat weekend (Sabtu) dari mulai pukul 09.00-11.00.

 

(ES)

Tags

 

Baca Juga

  • Acara Puncak The NextDev Summit 2020, Telkomsel Hadirkan Wadah Kolaborasi Berbasis Teknologi Digital Kreatif

    Acara Puncak The NextDev Summit 2020, Telkomsel Hadirkan Wadah Kolaborasi Berbasis Teknologi Digital Kreatif

    Figur-figur penting di ekosistem digital di Indonesia berkumpul dan memberikan inspirasi bagi para insan kreatif Indonesia dalam The NextDev Summit 2020, konferensi teknologi inspiratif yang menjadi wadah kolaborasi bagi tech-enthusiast, penggerak startup, hingga talenta digital. Pada edisi keduanya ini, The NextDev Summit 2020 hadir di hari puncak penyelenggaraan Jakarta Content Week pada 15 November 2020. […]
  • Masalah-Masalah Akademik Yang Umum Dihadapi Siswa SMP dan SMA

    Masalah-Masalah Akademik Yang Umum Dihadapi Siswa SMP dan SMA

    Tidak semua remaja dapat menjalani kegiatan akademiknya  di sekolah dengan baik dan mulus tanpa hambatan. Beberapa dari mereka, karena faktor dari dalam diri sendiri maupun faktor-faktor eksternal menghadapi berbagai masalah yang dapat mempengaruhi bahkan menghambat prestasi akademiknya. Berikut masalah-masalah umum yang sering dihadapi oleh remaja berkaitan dengan aktivitas akademik di sekolah: Motivasi Belajar Rendah Menurut […]
  • Canon Image Square ke-20 Hadir di Kota Semarang

    Canon Image Square ke-20 Hadir di Kota Semarang

    Keseriusan PT. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia dalam melayani pelanggan di tanah air, salah satunya diwujudkan dengan menghadirkan Canon Image Square di berbagai kota. Hari ini, Canon Images Square secara resmi dibuka untuk melayani para pelanggan di Kota Semarang dan sekitarnya. Gerai Canon Image Square ke-20 ini berada di Focus […]
  • Unilever Food Solutions Gelar Kompetisi Ngulik Rasa, Kreasikan Fusion Food Khas Indonesia

    Unilever Food Solutions Gelar Kompetisi Ngulik Rasa, Kreasikan Fusion Food Khas Indonesia

    Unilever Food Solutions adakan Kompetisi ‘Ngulik Rasa’ untuk membangkitkan kreativitas pebisnis kuliner Indonesia dalam menciptakan kreasi fusion dari makanan khas Indonesia yang tengah digemari milenial Indonesia. Lebih dari 2.900 pebisnis kuliner dari seluruh Indonesia telah tertantang untuk memberikan sentuhan fusion pada tiga kategori masakan yaitu Sate, Soto, dan Nasi Goreng. Joy Tarigan, Managing Director Unilever […]
  • KAI Perpanjang Pengembalian 100% Uang Tiket Hingga Keberangkatan 17 Juni

    KAI Perpanjang Pengembalian 100% Uang Tiket Hingga Keberangkatan 17 Juni

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperpanjang kebijakan pengembalian 100% uang tiket kereta api menjadi hingga keberangkatan 17 Juni 2020, dimana sebelumnya hanya sampai keberangkatan 4 Juni 2020. “Ketentuan pengembalian penuh ini berlaku untuk pembatalan mulai tanggal 5 Juni 2020 untuk keberangkatan 5 Juni s.d 17 Juni 2020,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus. Joni […]
  • Skandinavia Bangun Kepercayaan melalui Fika Room

    Skandinavia Bangun Kepercayaan melalui Fika Room

    Februari, bulan keberuntungan dan penuh suka, demikian tema yang diangkat pada program-program yang diluncurkan oleh pengembang apartemen yang terletak persis di sebelah Mall terpopuler di Kota Tangerang, Skandinavia. Seperti melalui program Lucky Tree, pengembang memberikan kesempatan pada 50 pembeli pertama selama bulan Februari 2019 hingga 05 Maret 2019 untuk menarik pohon keberuntungan yang terdapat potongan […]
  • Sinar Djaya: The Best Crispy Pork In The World

    Sinar Djaya: The Best Crispy Pork In The World

    Bagi Anda yang suka berburu kuliner non halal di Bintaro, kini sudah ada pilihan yang baru. Namanya Sinar Djaya. Kuliner ini memiliki 2 cabang yakni di The Breeze BSD City dan Ruko Kebayoran Square Bintaro (Dekat Fontana Sport Massage Bintaro). Namun saat PSBB Tangsel, cabang Bintaro yang ada di Kebayoran Square hanya menerima order online […]
  • Serunya Berkreasi dengan Printer Trendi Pixma TS8270

    Serunya Berkreasi dengan Printer Trendi Pixma TS8270

    Tampil trendi dan kekinian from head to toe sudah jadi kode wajib bagi anak muda milenial, apalagi saat akan mem-posting foto bertema #OOTD (Outfit Of The Day). Untuk tampil kece dan fashionable tentunya diperlukan sentuhan kreatif dan unik. Printer terbaru Canon, PIXMA TS8270 membantu kamu mengkreasikan stiker kuku favoritmu. Jika tak sempat ke salon, kamu […]
  • Kenalkan Dana Pensiun ke Millennials dan Gen-Z, Avrist Assurance Rangkul Potensi Kanal Digital

    Kenalkan Dana Pensiun ke Millennials dan Gen-Z, Avrist Assurance Rangkul Potensi Kanal Digital

    Dana pensiun merupakan sebuah bahan diskusi yang cenderung dinomorduakan atau bahkan dinomortigakan oleh para Millennials dan Gen-Z. Hal ini dikarenakan kata-kata ‘Pensiun’ identik dengan usia lanjut non-produktif sehingga seakan-akan tidak ada urgensi untuk mengelola kelangsungan kesejahteraan ketika usia pensiun tiba. Bila mengacu pada laporan dari OJK yang diterbitkan pada tahun 2018, maka jumlah total peserta […]
  • Yang Kangen Masakan Manado, Resto Amurang Tempatnya

    Yang Kangen Masakan Manado, Resto Amurang Tempatnya

    Mencari tempat makan yang menyajikan masakan Manado di Bintaro terhitung gampang-gampang susah. Sebab walaupun masakan Manado termasuk populer dan punya banyak penggemar, namun mencari tempat makan masakan Manado yang pas bisa dikatakan cukup sulit. Di beberapa lokasi memang ada gerai makan yang menjual masakan Manado, namun kebanyakan masakan Manado yang disajikan di situ pilihannya tidak […]
  • Rayakan Hari Jadi ke- 2, Digibank By DBS Berikan Kejutan untuk Nasabah Sepanjang Agustus

    Rayakan Hari Jadi ke- 2, Digibank By DBS Berikan Kejutan untuk Nasabah Sepanjang Agustus

    Agustus menjadi bulan yang dipenuhi dengan perayaan hari besar. Setelah minggu lalu merayakan Hari Raya Idul Adha, minggu ini seluruh rakyat Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74. Tidak kalah seru dengan Hari Kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 29 Agustus 2019 nanti, digibank by DBS akan memasuki usia ke-2, lho! Dalam rangka merayakan hari jadinya yang […]
  • El Capitano, Es Kopi Tajin dan Anti Peluru di Kafe Kararopi, BSD City

    El Capitano, Es Kopi Tajin dan Anti Peluru di Kafe Kararopi, BSD City

    El Capitano merupakan menu baru di Kararopi yang dimiliki Yan S. Dikara.  Kopi ini merupakan kopi kocok. Sesuai namanya, kopi dibuat dengan cara dikocok di alat pengocok atau biasa disebut shaker. Kopinya disajikan dengan metode air dingin atau cold brew. Selain disajikan di Kafe Kararopi, El Capitano juga dijual dalam kemasan botol dengan merek K2 (lihat Instagram: […]
  • Resolusi 2018: Diet Ketat Miliki Resiko Eating Disorder

    Resolusi 2018: Diet Ketat Miliki Resiko Eating Disorder

    Ada banyak dari kita yang ingin menurunkan berat badan secara cepat di tahun ini. Tapi apakah kita sudah mengontrol makanan yang kita makan dan berolahraga? Banyak orang yang lebih memilih jalan pintas agar berat badan berkurang banyak dalam waktu singkat. Ancamannya Anda dapat terkena eating disorder. Eating disorder (kelainan kebiasaan makan) adalah suatu kelainan atau […]
  • Mencegah Kanker Dengan Mengkonsumsi Beras Hitam

    Mencegah Kanker Dengan Mengkonsumsi Beras Hitam

    Penyakit kanker disebabkan adanya penyimpangan dalam satu atau beberapa sel tubuh manusia, dikarenakan adanya sel yang bermutasi oleh suatu penyebab. Salah satu penyebabnya adalah peranan dari radikal bebas. Radikal bebas datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan konfigurasi kimia. Mereka semua saling berbagi kebutuhan akan elektron di dalam tubuh manusia. Seperti kita ketahui, setiap sel akan berusaha […]
  • Menyambut “The New Normal”, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) Lakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan Baru

    Menyambut “The New Normal”, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) Lakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan Baru

    Pandemi corona yang mengancam seluruh belahan dunia telah membawa perubahan yang sangat besar dalam kehidupan manusia, baik terhadap cara orang bekerja, dalam melakukan perjalanan atau bepergian hingga dalam menjalani kehidupan pada umumnya. Mengantisipasi hal tersebut, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN tengah melakukan sosialisasi protokol kesehatan baru di seluruh jaringan hotelnya yang berada di […]
  • Tampil Kinclong Saat Bersilaturahmi

    Tampil Kinclong Saat Bersilaturahmi

    Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba; salah satu momen yang paling dinantikan adalah mengunjungi sanak saudara ataupun melakukan perjalanan ke berbagai tujuan wisata di luar kota. Tahun ini diperkirakan ada sekitar 8,44 juta orang akan melakukan perjalanan pulang kampung saat hari raya nanti, di mana 3,76 juta di antaranya mengendarai mobil pribadi[1] Perlu diingat […]
  • Menang Banyak dengan Motor Pilihan Milenial di Era New Normal

    Menang Banyak dengan Motor Pilihan Milenial di Era New Normal

    Memasuki era New Normal, pemilihan sepeda motor yang praktis menjadi prioritas utama dalam mendukung mobilitas. Salah satu sepeda motor yang dikenal dengan fitur dan kepraktisannya adalah Yamaha FreeGo. Salah satu produk Generasi 125 yang mendapat predikat Best Buy Matic (dalam Motor Plus Award 2019) ini semakin banyak menuai testimoni positif dari berbagai kalangan khususnya kaum […]
  • Mata Uang Virtual: Bagaimana Dengan Masa Depan ”Cryptocurrency”?

    Mata Uang Virtual: Bagaimana Dengan Masa Depan ”Cryptocurrency”?

    Investor kondang Warren Buffett mengatakan, mata uang digital, seperti bitcoin dan sejenisnya, akan berakhir dengan buruk. ”Secara umum tentang cryptocurrencies, saya bisa katakan dengan keyakinan penuh bahwa semua itu akan berakhir dengan buruk.” Hal itu dia katakan kepada CNBC, Rabu (10/1). Cryptocurrency merupakan julukan bagi mata uang digital dan penggunaannya hanya lewat internet. Mata uang ini […]
  • Komunitas Trailblazer Indonesia Tempuh Jarak 2.445 km, Rekatkan Silaturahmi dengan Touring ke Banyuwangi

    Komunitas Trailblazer Indonesia Tempuh Jarak 2.445 km, Rekatkan Silaturahmi dengan Touring ke Banyuwangi

    Bagi komunitas otomotif, momen touring merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu, tak hanya berkesempatan menjajal kendaraan kebanggaan, silaturahmi dan mempertebal rasa persaudaraan menjadi agenda utama dalam kegiatan tersebut. Hal ini merupakan semangat yang mendasari “Trailblazer Explore Banyuwangi 2018” yang dihelat oleh Komunitas Trailblazer Indonesia (TBZI), diadakan dari tanggal 16 – 23 Agustus. “Kami sangat mengapresiasi antusiasme teman-teman […]
  • Dukung Program Nasional BanggaBuatanIndonesia, Blibli Hubungkan Penjual ke Pelanggan di Seluruh Indonesia

    Dukung Program Nasional BanggaBuatanIndonesia, Blibli Hubungkan Penjual ke Pelanggan di Seluruh Indonesia

    Blibli terus berupaya untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM melalui kerja sama dengan pemerintah pada program #BanggaBuatanIndonesia. Komitmen Blibli berhasil meningkatkan jumlah seller di berbagai kota serta mendorong pertumbuhan produk di masing-masing kategori yang menjadi fokus dari program nasional tersebut. Blibli membuat satu laman khusus untuk mendukung kampanye #KarenaLokalNo1 yang berisikan kurasi produk UMKM pada lima […]

Tinggalkan Balasan