Berita Utama

Berikan Lebih Banyak Layanan & Fitur Inovatif, Grab Manfaatkan Big Data

Data is the new oil. Sebuah kalimat yang tidak asing lagi di telinga masyarakat karena baru saja disebutkan oleh Presiden Joko Widodo. Kalimat ini juga menjadi pedoman bagi Grab dalam menjalankan bisnisnya, dalam memberikan layanan yang inovatif dan bersahabat. Dengan menggunakan kemampuan big data, aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia ini mencoba untuk memahami perilaku masyarakat untuk dapat menghadirkan lebih banyak inovasi dan tentunya menjadi solusi bagi kebutuhan pelanggan dan juga 5 juta pengusaha mikro di Indonesia, mencakup mitra pengemudi, mitra merchant, dan mitra agen.

Laporan We Are Social 2020 – Digital 2020 Indonesia (Januari 2020)[1] menunjukkan bahwa 75% pengguna internet Indonesia menggunakan aplikasi mobile yang berhubungan dengan pemetaan. Selain itu, laporan tersebut juga menyatakan bahwa ada 21,7 juta orang yang menggunakan layanan ride-hailing. Melihat fakta tersebut, tidak heran bahwa ada puluhan terabyte data yang dihasilkan oleh aplikasi Grab setiap harinya. Sebagai platform yang terlibat di bidang transportasi, Grab juga berupaya menggunakan teknologi untuk menjawab tantangan kemacetan saat ini.

Ariek Wisnu Wibisono, Head of MapOps, Grab Indonesia menjelaskan, “Sebagai bagian dari tim pemetaan di Grab, data punya peran penting dalam menentukan inovasi apa yang akan kami ciptakan selanjutnya. Menjawab masalah kemacetan hingga akses bagi jutaan pengusaha mikro dan pelanggan merupakan target yang selalu ingin kami capai. Sejalan dengan komitmen GrabForGood, Grab ingin memastikan bahwa setiap orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital. Menyediakan platform yang aman, nyaman dan terus berinovasi untuk menyesuaikan kebutuhan mereka menjadi hal yang paling penting.” “Ada 4 pendekatan yang selalu menjadi tumpuan Grab dalam menggunakan teknologi untuk menghadirkan kebaikan yaitu: 1) mendengarkan dan memahami kebutuhan serta perilaku masyarakat, 2) menggunakan pendekatan hyperlocal untuk mengatasi kebutuhan serta permasalah yang berbeda di tiap wilayah, 3) meningkatkan efisiensi transportasi, serta 4) bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mendorong perubahan positif.” “Sebagai contoh, pendekatan tersebut kami tuangkan dalam sebuah sistem mapping untuk dapat memberikan kesempatan mendapatkan penghasilan yang lebih efisien bagi mitra pengemudi dan pengalaman pemesanan yang lebih mudah bagi pelanggan.”

  • Modifikasi Titik Temu demi Ketertiban: Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan di beberapa kota, tim pemetaan Grab juga memodifikasi beberapa titik kemput di daerah rawan macet untuk memastikan mitra pengemudi dan penumpang dapat bertemu di area yang telah disediakan. Saat ini, sudah terdapat beberapa titik jemput yang dimodifikasi termasuk, Grab Lounge Terminal Bungurasih, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Malang Kota Baru, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Sudirman, dan Pasar Blora. Pilihan lokasi titik jemput atau titik pengantaran di dalam aplikasi Grab di daerah tersebut juga telah disesuaikan agar pelanggan hanya dapat memilih titik spesifik yang telah disediakan sebagai titik temu, sebagai upaya untuk mengurangi penumpukan mitra pengemudi dan mengurai kemacetan.
  • Menemukan Rute Terbaik: Dengan menangkap data perjalanan mitra pengemudi, Grab dapat menemukan berbagai jalur baru yang dilewati oleh mitra pengemudi. Semua data perjalanan tersebut dikumpulkan sehingga Grab bisa memperkirakan jarak dan jalan yang akan ditempuh pengguna ke suatu tempat dengan memberikan rekomendasi rute terbaik. Selain perjalanan lebih efisien, kami juga dapat memberikan harga terbaik bagi pelanggan dan mitra pengemudi.
  • Alokasi Pengemudi yang Seimbang: Tidak hanya itu, Grab juga mengembangkan fitur Heatmap bagi mitra pengemudi dalam aplikasi super mereka. Melalui Heatmap, Grab dapat mengetahui, memantau, memetakan, dan menghitung metrik kebutuhan (permintaan) layanan Grab di lokasi tertentu. Selanjutnya, kami menginformasikan kepada mitra pengemudi secara efektif untuk memastikan adanya mitra pengemudi yang cukup untuk memenuhi permintaan di daerah tersebut.
  • Memberikan Saran Perjalanan Otomatis sesuai Pola Pengguna: Big data tidak hanya digunakan untuk membuat inovasi yang terlihat besar. Sadarkah Anda ketika Anda ingin memesan layanan Grab, aplikasi akan memberikan “Saran Perjalanan” yang biasanya Anda tuju?  Misalnya, di sore hari, akan muncul pilihan perjalanan dari kantor menuju ke rumah pelanggan yang bisa mereka pilih dengan cepat untuk menuju destinasi pilihan mereka.
  • Memudahkan dan Menertibkan Proses Penjemputan: Titik penjemputan juga menjadi poin penting dalam layanan Grab. Oleh karena itu, untuk mempermudah titik temu pengguna dan mitra pengemudi ataupun mitra GrabFood yang mencari restoran di sebuah lokasi, Grab telah menambahkan lebih dari 10 juta Point of Interest (POI) di Indonesia dan hampir 20 juta POI di Asia Tenggara.
    Menuju titik jemput dengan mudah: Untuk pelanggan, Grab juga telah menghadirkan fitur Venues untuk memberikan panduan visual dalam aplikasi untuk menuju titik jemput yang mereka pilih. Hal ini dimungkinkan dengan pengembangan pemetaan dan kebiasaan dari mitra dan pengguna untuk bertemu. Hingga hari ini, sudah ada lebih dari 2.500 Venues di aplikasi Grab.

“Pemetaan menjadi kunci penting bagi seluruh orang yang tergabung dalam ekosistem Grab. Grab berharap dapat menciptakan lebih banyak inovasi yang didukung oleh teknologi dan memberikan layanan yang inovatif dan membawa dampak positif bagi pengguna,” tambah Ariek.

Mulai melayani Indonesia di tahun 2014 dengan fokus utama pada transportasi, di 2020 Grab telah menjangkau lebih dari 234 kota di Indonesia dengan menghadirkan berbagai layanan harian yang dibutuhkan masyarakat seperti pengantaran makanan, pembelian tiket, layanan kesehatan dan lainnya. Untuk bisa terus berinovasi, Grab memanfaatkan big data untuk menyediakan berbagai fitur pendukung untuk mempermudah keseharian masyarakat.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • Bersantai Menikmati Berbagai Menu Pilihan dengan Nuansa Tana Toraja di Tator Coffee Boutique

    Bersantai Menikmati Berbagai Menu Pilihan dengan Nuansa Tana Toraja di Tator Coffee Boutique

    Mendengar nama Tana Toraja, pikiran kita mungkin akan melayang pada kekhasan budaya satu etnis di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan rumah adatnya, kesenian dan cara pemakaman yang unik. Tana Toraja memang memiliki keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Selain keunikan budayanya, Tana Toraja juga terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi dengan kualitas […]
  • Sinar Mas Land Hadirkan Nuansa Liburan pada Klaster Caelus Berkonsep Resort di BSD City

    Sinar Mas Land Hadirkan Nuansa Liburan pada Klaster Caelus Berkonsep Resort di BSD City

    Sinar Mas Land melalui BSD City kembali meluncurkan hunian mewah terbaru di Kawasan Greenwich BSD City tahap kedua Klaster Caelus. Mengusung konsep resort bintang lima bernuansa liburan, Klaster Caelus menghadirkan kenyamanan, kemewahan dan privacy dalam sebuah hunian. Inovasi ini diwujudkan oleh BSD City untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan hunian yang terintegrasi langsung dengan alam dalam […]
  • Terminal 1C Bandara Soetta Siapkan Mobile Check In

    Terminal 1C Bandara Soetta Siapkan Mobile Check In

    Menjelang arus mudik, pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta terus memaksimalkan pelayanan prima dengan menyediakan fasilitas mobile check-in di Terminal 1C. Erwin Revianto, Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang Minggu mengatakan, PT Angkasa Pura II (Persero) menyampaikan, menjelang arus mudik lebaran seperti saat ini sudah menjadi hal yang umum bandara akan menjadi […]
  • PT Piaggio Indonesia Memperkuat Vespa Primavera dan Vespa Sprint dengan Menghadirkan Generasi “S” Terbaru

    PT Piaggio Indonesia Memperkuat Vespa Primavera dan Vespa Sprint dengan Menghadirkan Generasi “S” Terbaru

    PT Piaggio Indonesia melanjutkan komitmen untuk memperkuat Premiumization Roadmap Strategy dengan memberikan produk-produk terbaik yang kini terwujud dalam produk unggulan terbarunya, Vespa Primavera S 150 i-get ABS dan Vespa Sprint S 150 i-get ABS. Generasi ‘S’ terbaru hadir dengan teknologi termutakhir, pilihan warna terbaru dan tampilan estetika mempesona yang menambahkan kesan dan karakter berani dan […]
  • Kebutuhan Asupan Nutrisi bagi Perempuan Berbeda di Setiap Jenjang Usia

    Kebutuhan Asupan Nutrisi bagi Perempuan Berbeda di Setiap Jenjang Usia

    Pada setiap tahap kehidupan perempuan, keseimbangan antara nutrisi dan olahraga teratur menjadi faktor yang sangat menentukan. Hal ini patut menjadi perhatian perempuan untuk mendapatkan kesehatan tubuh prima serta untuk memenuhi kebutuhan energi dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Tuntutan pekerjaan dan keluarga membuat perempuan wajib memiliki kemampuan untuk mengetahui jenis-jenis nutrisi yang penting pada setiap fase usia. […]
  • GM Indonesia Tegaskan Apresiasi bagi Pelanggan Chevrolet Sepanjang Bulan September

    GM Indonesia Tegaskan Apresiasi bagi Pelanggan Chevrolet Sepanjang Bulan September

    Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September, Chevrolet Indonesia menghadirkan layanan khusus kepada pelanggan setianya di seluruh Indonesia dengan memberikan pemeriksaan gratis untuk 20 item di diler resmi Chevrolet. Program ini akan berlangsung sampai dengan 30 September 2018 bagi seluruh tipe dan tahun produksi kendaraan Chevrolet. “Chevrolet Indonesia selalu menempatkan konsumen […]
  • Fantastis, Angka Minat pada Masa Registrasi Mate 30 Pro Luar Biasa

    Fantastis, Angka Minat pada Masa Registrasi Mate 30 Pro Luar Biasa

    Beberapa waktu lalu, Huawei telah mengkonfirmasi bahwa smartphone flagship terbarunya, HUAWEI Mate 30 Pro, akan segera hadir di pasar Indonesia minggu ini. Konsumen Indonesia yang berminat untuk memiliki smartphone Mate 30 Pro lebih awal, dibuka pendaftaran online, yang nantinya mereka akan dipilih untuk dapat melaju ke tahap berikutnya yakni periode pre-order. Sejak 2 November 2019 […]
  • Sekolah Kreasi Anak Bangsa, Sekolah Sekaligus Daycare Bagi Anak Anda

    Sekolah Kreasi Anak Bangsa, Sekolah Sekaligus Daycare Bagi Anak Anda

    Tempat Penitipan Anak (TPA) bermunculan di perkotaan. Kehadirannya di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menjadi tempat alternatif mengasuh anak saat orangtua bekerja. Meski belum menjadi pilihan utama, kehadiran “TPA atau day care” tersebut dinilai penting dan memenuhi kebutuhan pekerja. Ada beragam alasan orang tua menitipkan anaknya ke TPA. Menurut Harian Kompas, 6 Agustus […]
  • Juara Snack, Bisnis Camilan yang Jadi Juara Selama Masa PSBB

    Juara Snack, Bisnis Camilan yang Jadi Juara Selama Masa PSBB

    Pernah dengar istilah blessing in disguise? Berkah di tengah situasi yang kurang menguntungkan. Mungkin istilah ini pas menggambarkan apa yang dialami Fitria Hadiah dengan bisnis Juara Snack. Di tengah situasi yang tidak menentu akibat dampak COVID-19, Fitria justru bisa memberikan lapangan pekerjaan baru melalui bisnis Juara Snack. Banyaknya pesanan yang diterima setiap hari, membuat Fitri […]
  • Apresiasi Pelanggan Tanah Air, Uniqlo Kembali Hadirkan Program Arigato Indonesia

    Apresiasi Pelanggan Tanah Air, Uniqlo Kembali Hadirkan Program Arigato Indonesia

    Tidak terasa 2020 sebentar lagi akan segera berlalu. Dengan segala kondisi yang telah terjadi sepanjang tahun ini, UNIQLO ingin berterima kasih kepada para pelanggan di seluruh Indonesia karena telah memberikan kepercayaan menjadikan UNIQLO dan LifeWear sebagai bagian dari kehidupan mereka. Oleh karena itu program ARIGATO INDONESIA kembali dihadirkan sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih […]
  • Gojek Permudah Belanja Kebutuhan Harian dari Rumah

    Gojek Permudah Belanja Kebutuhan Harian dari Rumah

    Sejalan dengan pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di kota Denpasar, Gojek siap berada di garda terdepan membantu masyarakat untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya melalui layanan GoMart. Melalui layanan ini, Gojek terus mengedepankan protokol keselamatan dan kesehatan guna melindungi para mitra driver, merchant dan pengguna layanannya dari risiko paparan COVID-19. Setelah hadir di […]
  • Gojek Xcelerate Luluskan 35 Startup Indonesia dan Asia Pasifik dan Perkenalkan 3 Startup Inovatif Berdampak Sosial

    Gojek Xcelerate Luluskan 35 Startup Indonesia dan Asia Pasifik dan Perkenalkan 3 Startup Inovatif Berdampak Sosial

    Gojek Xcelerate, program akselerator startup dari Gojek dan Digitaraya, memperkenalkan tiga startup inovatif yang dinilai paling berdampak sosial positif di acara diskusi publik “Gojek Xcelerate Xcellence” yang digelar hari ini bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Di hadapan para partner global Gojek Xcelerate dan pemodal ventura, ketiga startup tersebut berbagi pengalaman selama mengikuti bootcamp dan […]
  • Segala Food, Menu Yang Pas Buat Lembur di Kantor

    Segala Food, Menu Yang Pas Buat Lembur di Kantor

    Apakah Anda sering lembur di  kantor dan tidak ada OB yang bisa disuruh beli makan malam? Bila Anda tinggal di Bintaro, ada alternatif untuk pesan makan malam. Namanya Segala Food. Kenapa namanya Segala Food? Karena para pendirinya ingin menyajikan segala makanan nasi nusantara. Di sini anda dapat memesan nasi lidah lado merah dan nasi lidah […]
  • Harbolnas 12.12, Vivo Gelar S1 Pro Happy Holideals

    Harbolnas 12.12, Vivo Gelar S1 Pro Happy Holideals

    Dalam rangka menyemarakan Hari Belanja Online Nasional 12.12 (Harbolnas 12.12), vivo Indonesia menggelar program S1 Pro Happy Holideals yang menawarkan hadiah utama trip ke Jepang dan berbagai hadiah mingguan serta benefit menarik bagi para konsumen di Indonesia. “Kami mengajak konsumen untuk mengikuti program S1 Pro Happy Holideals. Sebagai rangkaian kampanye S-Series terbaru vivo S1 Pro, […]
  • Ace Tawarkan Solusi Kebutuhan Harian Melalui Produk – Produk Pilihan

    Ace Tawarkan Solusi Kebutuhan Harian Melalui Produk – Produk Pilihan

    Terus manjakan konsumen dengan berbagai pilihan produk inovatif dan berkualitas, ACE tawarkan promo menarik untuk berbagai produk yang memudahkan kegiatan keseharian melalui program Your Everyday Solutions, hingga 5 Februari 2019 di toko ACE seluruh Indonesia. Malvin Tarigan, Promotion and Advertising Manager PT ACE Hardware Indonesia, Tbk menjelaskan, “Program Your Everyday Solutions kami hadirkan sebagai solusi […]
  • Kerjasama XL Home- AirConsole, Kini Pelanggan XL Home Bisa Main Gim di TV Cukup Pakai Smartphone!

    Kerjasama XL Home- AirConsole, Kini Pelanggan XL Home Bisa Main Gim di TV Cukup Pakai Smartphone!

    Untuk terus memberikan layanan home entertainment yang terbaik dan lengkap bagi pelanggan XL HOME, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus melakukan terobosan-terobosan baru bekerjasama dengan para penyedia layanan home entertainment terkemuka. Salah satu kerjasama terbaru XL Axiata jalin dengan AirConsole, perusahaan social gaming berbasis di Swiss, guna menghadirkan layanan gim yang bisa dimainkan oleh […]
  • Masalah-Masalah Akademik Yang Umum Dihadapi Siswa SMP dan SMA

    Masalah-Masalah Akademik Yang Umum Dihadapi Siswa SMP dan SMA

    Tidak semua remaja dapat menjalani kegiatan akademiknya  di sekolah dengan baik dan mulus tanpa hambatan. Beberapa dari mereka, karena faktor dari dalam diri sendiri maupun faktor-faktor eksternal menghadapi berbagai masalah yang dapat mempengaruhi bahkan menghambat prestasi akademiknya. Berikut masalah-masalah umum yang sering dihadapi oleh remaja berkaitan dengan aktivitas akademik di sekolah: Motivasi Belajar Rendah Menurut […]
  • Lomba Anak dan Dampaknya

    Lomba Anak dan Dampaknya

    Menurut theAsianparent Indonesia, salah satu media parenting ternama di Asia Tenggara, lomba anak memiliki dampak positif bagi anak-anak, tetapi juga bisa membawa dampak negatif. Dampak Positif Mengikuti Lomba Anak Lomba-lomba anak tersebut memang banyak manfaatnya, dari mengembangkan potensi anak sampai memupuk rasa percaya diri mereka. Seperti pada lomba mewarnai, anak belajar untuk percaya pada kemampuannya, […]
  • PT Piaggio Indonesia Hadirkan Kompetisi Konten Digital Live More at Home

    PT Piaggio Indonesia Hadirkan Kompetisi Konten Digital Live More at Home

    Sebagian besar masyarakat Indonesia kini sedang menjalankan imbauan pemerintah untuk #DiRumahAja guna mencegah penyebaran wabah COVID-19. Mengajak para pecinta Vespa untuk tetap semangat dan aktif selama #DiRumahAja, PT Piaggio Indonesia menghadirkan kompetisi konten digital atau Digital Content Competition (DCC) bertemakan “Live More at Home”. Kompetisi ini mengajak para pecinta Vespa melakukan tetap melakukan aktivitas menyenangkan […]
  • Apresiasi Nasabah, CIMB Niaga Gelar Program Festival Xtra Step Up Savers

    Apresiasi Nasabah, CIMB Niaga Gelar Program Festival Xtra Step Up Savers

    PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali menggelar program Festival Xtra Step Up Savers yang menawarkan keuntungan lebih dan berbagai hadiah menarik kepada nasabah dengan cara meningkatkan saldo tabungan. Program yang berlangsung selama satu tahun sejak 1 Maret 2020 hingga 28 Februari 2021 tersebut, memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mendapatkan cashback hingga Rp100 juta […]

Tinggalkan Balasan