Berita Utama

Berikan Lebih Banyak Layanan & Fitur Inovatif, Grab Manfaatkan Big Data

Data is the new oil. Sebuah kalimat yang tidak asing lagi di telinga masyarakat karena baru saja disebutkan oleh Presiden Joko Widodo. Kalimat ini juga menjadi pedoman bagi Grab dalam menjalankan bisnisnya, dalam memberikan layanan yang inovatif dan bersahabat. Dengan menggunakan kemampuan big data, aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia ini mencoba untuk memahami perilaku masyarakat untuk dapat menghadirkan lebih banyak inovasi dan tentunya menjadi solusi bagi kebutuhan pelanggan dan juga 5 juta pengusaha mikro di Indonesia, mencakup mitra pengemudi, mitra merchant, dan mitra agen.

Laporan We Are Social 2020 – Digital 2020 Indonesia (Januari 2020)[1] menunjukkan bahwa 75% pengguna internet Indonesia menggunakan aplikasi mobile yang berhubungan dengan pemetaan. Selain itu, laporan tersebut juga menyatakan bahwa ada 21,7 juta orang yang menggunakan layanan ride-hailing. Melihat fakta tersebut, tidak heran bahwa ada puluhan terabyte data yang dihasilkan oleh aplikasi Grab setiap harinya. Sebagai platform yang terlibat di bidang transportasi, Grab juga berupaya menggunakan teknologi untuk menjawab tantangan kemacetan saat ini.

Ariek Wisnu Wibisono, Head of MapOps, Grab Indonesia menjelaskan, “Sebagai bagian dari tim pemetaan di Grab, data punya peran penting dalam menentukan inovasi apa yang akan kami ciptakan selanjutnya. Menjawab masalah kemacetan hingga akses bagi jutaan pengusaha mikro dan pelanggan merupakan target yang selalu ingin kami capai. Sejalan dengan komitmen GrabForGood, Grab ingin memastikan bahwa setiap orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital. Menyediakan platform yang aman, nyaman dan terus berinovasi untuk menyesuaikan kebutuhan mereka menjadi hal yang paling penting.” “Ada 4 pendekatan yang selalu menjadi tumpuan Grab dalam menggunakan teknologi untuk menghadirkan kebaikan yaitu: 1) mendengarkan dan memahami kebutuhan serta perilaku masyarakat, 2) menggunakan pendekatan hyperlocal untuk mengatasi kebutuhan serta permasalah yang berbeda di tiap wilayah, 3) meningkatkan efisiensi transportasi, serta 4) bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mendorong perubahan positif.” “Sebagai contoh, pendekatan tersebut kami tuangkan dalam sebuah sistem mapping untuk dapat memberikan kesempatan mendapatkan penghasilan yang lebih efisien bagi mitra pengemudi dan pengalaman pemesanan yang lebih mudah bagi pelanggan.”

  • Modifikasi Titik Temu demi Ketertiban: Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan di beberapa kota, tim pemetaan Grab juga memodifikasi beberapa titik kemput di daerah rawan macet untuk memastikan mitra pengemudi dan penumpang dapat bertemu di area yang telah disediakan. Saat ini, sudah terdapat beberapa titik jemput yang dimodifikasi termasuk, Grab Lounge Terminal Bungurasih, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Malang Kota Baru, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Sudirman, dan Pasar Blora. Pilihan lokasi titik jemput atau titik pengantaran di dalam aplikasi Grab di daerah tersebut juga telah disesuaikan agar pelanggan hanya dapat memilih titik spesifik yang telah disediakan sebagai titik temu, sebagai upaya untuk mengurangi penumpukan mitra pengemudi dan mengurai kemacetan.
  • Menemukan Rute Terbaik: Dengan menangkap data perjalanan mitra pengemudi, Grab dapat menemukan berbagai jalur baru yang dilewati oleh mitra pengemudi. Semua data perjalanan tersebut dikumpulkan sehingga Grab bisa memperkirakan jarak dan jalan yang akan ditempuh pengguna ke suatu tempat dengan memberikan rekomendasi rute terbaik. Selain perjalanan lebih efisien, kami juga dapat memberikan harga terbaik bagi pelanggan dan mitra pengemudi.
  • Alokasi Pengemudi yang Seimbang: Tidak hanya itu, Grab juga mengembangkan fitur Heatmap bagi mitra pengemudi dalam aplikasi super mereka. Melalui Heatmap, Grab dapat mengetahui, memantau, memetakan, dan menghitung metrik kebutuhan (permintaan) layanan Grab di lokasi tertentu. Selanjutnya, kami menginformasikan kepada mitra pengemudi secara efektif untuk memastikan adanya mitra pengemudi yang cukup untuk memenuhi permintaan di daerah tersebut.
  • Memberikan Saran Perjalanan Otomatis sesuai Pola Pengguna: Big data tidak hanya digunakan untuk membuat inovasi yang terlihat besar. Sadarkah Anda ketika Anda ingin memesan layanan Grab, aplikasi akan memberikan “Saran Perjalanan” yang biasanya Anda tuju?  Misalnya, di sore hari, akan muncul pilihan perjalanan dari kantor menuju ke rumah pelanggan yang bisa mereka pilih dengan cepat untuk menuju destinasi pilihan mereka.
  • Memudahkan dan Menertibkan Proses Penjemputan: Titik penjemputan juga menjadi poin penting dalam layanan Grab. Oleh karena itu, untuk mempermudah titik temu pengguna dan mitra pengemudi ataupun mitra GrabFood yang mencari restoran di sebuah lokasi, Grab telah menambahkan lebih dari 10 juta Point of Interest (POI) di Indonesia dan hampir 20 juta POI di Asia Tenggara.
    Menuju titik jemput dengan mudah: Untuk pelanggan, Grab juga telah menghadirkan fitur Venues untuk memberikan panduan visual dalam aplikasi untuk menuju titik jemput yang mereka pilih. Hal ini dimungkinkan dengan pengembangan pemetaan dan kebiasaan dari mitra dan pengguna untuk bertemu. Hingga hari ini, sudah ada lebih dari 2.500 Venues di aplikasi Grab.

“Pemetaan menjadi kunci penting bagi seluruh orang yang tergabung dalam ekosistem Grab. Grab berharap dapat menciptakan lebih banyak inovasi yang didukung oleh teknologi dan memberikan layanan yang inovatif dan membawa dampak positif bagi pengguna,” tambah Ariek.

Mulai melayani Indonesia di tahun 2014 dengan fokus utama pada transportasi, di 2020 Grab telah menjangkau lebih dari 234 kota di Indonesia dengan menghadirkan berbagai layanan harian yang dibutuhkan masyarakat seperti pengantaran makanan, pembelian tiket, layanan kesehatan dan lainnya. Untuk bisa terus berinovasi, Grab memanfaatkan big data untuk menyediakan berbagai fitur pendukung untuk mempermudah keseharian masyarakat.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • HelloMotion High School: Sekolah Menengah Atas Abad 21 Dengan Pengayaan Design Thinking dan Kreativitas

    HelloMotion High School: Sekolah Menengah Atas Abad 21 Dengan Pengayaan Design Thinking dan Kreativitas

    Setelah sukses mendirikan HelloMotion Academy sejak tahun 2004 yang memiliki visi “Merealisasikan imajinasi setiap individu menjadi kenyataan”, Wahyu Aditya yang juga dikenal sebagai penulis, illustrator, digital artist dan pendiri HelloFest, pada tahun ajaran baru 2017 ini mendirikan HelloMotion High School (SMA HelloMotion), sekolah menengah atas yang menggunakan kurikulum Diknas Plus lewat kombinasi empat materi belajar dengan konsep edukasi “design thinking”. […]
  • Nissan Memperkenalkan Nissan Livina dengan Sporty Package

    Nissan Memperkenalkan Nissan Livina dengan Sporty Package

    Nissan Indonesia mengumumkan peluncuran edisi terbatas dari Nissan Livina dengan Sporty Package. Dengan hanya 100 unit tersedia dalam warna hitam, kendaraan ini ditawarkan di harga Rp 265.400.000 (on the road DKI Jakarta).  Pelanggan dapat melakukan pesanan mulai dari hari ini di dealer Nissan di seluruh Indonesia, untuk menerima pengiriman kendaraan pada bulan ini. Sejak All-New […]
  • Magic House: Atraksi Baru dan Seru di Dufan

    Magic House: Atraksi Baru dan Seru di Dufan

    Ada atraksi baru di Dunia Fantasi (Dufan) Ancol sepanjang bulan April ini. Seru dan menegangkan melihat atraksi tersebut. Magic House merupakan pilihan hiburan yang sayang untuk dilewatkan. Berdurasi 40 menit, atraksi ini akan membawa pengunjung ke dunia halusinasi yang menegangkan. Diperankan oleh para pesulap (magician) profesional, pertunjukan ini mulai dipertontonkan 30 Maret sampai 30 April […]
  • Investasi 2018 : Menguji Kepercayaan Pada Bitcoin

    Investasi 2018 : Menguji Kepercayaan Pada Bitcoin

    Sepanjang 2017, nilai bitcoin meroket dari sekitar 900 dollar AS pada awal tahun hingga menembus 19.000 dollar AS pada Desember. Roller coaster nilai uang virtual ini berputar kencang. Dalam satu bulan terakhir, nilai bitcoin sempat terpangkas separuh, anjlok hingga mendekati 9.000 dollar AS. Menurut data Coinbase, Jumat (26/1), nilai bitcoin bergerak naik-turun pada kisaran 10.432 dollar AS […]
  • The New Normal di Industri Keuangan: Transformasi Digital dan Edukasi Konsumen Jadi Kunci

    The New Normal di Industri Keuangan: Transformasi Digital dan Edukasi Konsumen Jadi Kunci

    Pandemi yang belum diketahui kapan berakhirnya membuat masyarakat kini harus menghadapi fase The New Normal, yakni fase terjadinya perubahan perilaku masyarakat dalam beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19. Dalam hal keuangan, berbagai perubahan karena pandemi mulai terlihat dari bagaimana masyarakat bertransaksi, kecenderungan untuk lebih memperhatikan nilai ketika membeli sebuah barang, serta pengelolaan […]
  • Kenali Gejala Stress Anda

    Kenali Gejala Stress Anda

    Kita hidup di dunia yang bergerak cepat, di mana stres sudah kita anggap sebagai bagian dari hidup sehari-hari. Tanpa disadari, sebenarnya stres yang kita alami sudah dalam tahap berbahaya. Walau stres tak mungkin kita hindari, tetapi seharusnya bisa dikendalikan agar tidak menjadi besar. Efek buruk stres bukan hanya dirasakan tubuh, tapi juga penurunan kestabilan emosi. […]
  • Telkomsel Gelar Program IndonesiaNext 2020 untuk Pengembangan Talenta Unggul Indonesia Tersertifikasi

    Telkomsel Gelar Program IndonesiaNext 2020 untuk Pengembangan Talenta Unggul Indonesia Tersertifikasi

    Telkomsel mengajak anak-anak muda Indonesia untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan daya saing sebagai sumber daya manusia unggul dengan kembali menyelenggarakan IndonesiaNEXT. Pada edisi kelima ini, IndonesiaNEXT 2020 hadir di 13 regional yang mencakup seluruh 34 provinsi di Indonesia demi menjangkau lebih banyak generasi muda di seluruh penjuru negeri. IndonesiaNEXT 2020 dibuka dengan seminar daring bertajuk […]
  • Agar Harga Jual Mobil Anda Girang Bergoyang

    Agar Harga Jual Mobil Anda Girang Bergoyang

    Memasuki Bulan April ini, jika berada di Jabodetabek, mungkin Anda akan menemui salah satu atau beberapa mobil branding berjalan dengan pesan Mobil Goyang yang berkeliling di jalanan Jabodetabek. ‘Mobil Goyang’ merupakan kampanye marketing yang diluncurkan oleh platform jual mobil bekas Carsome, untuk menyampaikan betapa girangnya kita bisa jual mobil mendapatkan harga tinggi. Lebih dari itu, […]
  • Bebek Rejaubees, Bebek Lezat ala Maluku Tenggara

    Bebek Rejaubees, Bebek Lezat ala Maluku Tenggara

    Kuliner bebek termasuk kuliner yang cukup populer, berbagai jenis menu masakan bebek mudah ditemukan di berbagai gerai di berbagai tempat. Hal ini menunjukkan menu masakan bebek cukup digemari masyarakat. Pada umumnya bebek disajikan dengan digoreng dan dimakan bersama dengan sambal. Tidak heran, karena cara pengolahan yang kurang lebih sama, kita sering tidak merasakan perbedaan antara […]
  • Berbagai Tawaran Menarik Untuk Tampil Menawan di Optik Tunggal

    Berbagai Tawaran Menarik Untuk Tampil Menawan di Optik Tunggal

    Saat ini kacamata bukan lagi berfungsi membantu penglihatan, namun sudah bergeser untuk menunjang penampilan. Dengan kacamata yang tepat, penampilan akan menjadi lebih menarik. Kacamata yang dulu berbentuk kaku, besar dan berat, dengan perkembangan teknologi berkembang menjadi modis dan nyaman, namun tidak menghilangkan fungsi utamanya. Optik Tunggal sebagai distributor dan penjual berbagai produk kacamata dari berbagai brand terkemuka […]
  • Samsung Menghadirkan Kemewahan Sesungguhnya pada Seri Flagship Galaxy S9 dan S9+ melalui Edisi Terbaru Sunrise Gold

    Samsung Menghadirkan Kemewahan Sesungguhnya pada Seri Flagship Galaxy S9 dan S9+ melalui Edisi Terbaru Sunrise Gold

    Samsung Electronics Indonesia, mengumumkan edisi warna terbaru dari smartphone Galaxy S9+: Sunrise Gold. Diluncurkan secara global pada Februari 2018, di Indonesia Samsung Galaxy S9 dan S9+ juga telah tersedia dalam warna Midnight Black, Coral Blue, dan Lilac Purple. “Teknologi telah menjadi cara baru bagi orang-orang dalam mengekspresikan kepribadian serta gaya mereka – dan pemilihan warna […]
  • Shopee Luncurkan Kampanye 11.11 Big Sale, Ciptakan e-Commerce untuk Semua Orang

    Shopee Luncurkan Kampanye 11.11 Big Sale, Ciptakan e-Commerce untuk Semua Orang

    Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, meluncurkan kampanye 11.11 Big Sale tahunannya. Menyusul kesuksesan Shopee dalam kampanye 9.9 dan 10.10 sebelumnya, inisiatif kampanye ini mencerminkan pertumbuhan e-commerce yang kuat di wilayah Shopee beroperasi. Dalam 11.11 kali ini, Shopee terus berkomitmen untuk menciptakan dampak positif untuk mendukung komunitas, menciptakan peluang baru bagi penjual […]
  • Matahari Kini Hadir di Batam City Square

    Matahari Kini Hadir di Batam City Square

    Jaringan ritel modern PT Matahari Department Store Tbk (“Matahari” atau “Perseroan”; kode saham: “LPPF”), baru saja meresmikan gerai keempatnya di Batam, tepatnya di pusat perbelanjaan Batam City Square. Gerai ini menjadi gerai kesepuluh yang diresmikan di tahun 2019 dan menjadi gerai fisik ke-168 yang dioperasikan oleh Matahari di seluruh Indonesia. Matahari Batam City Square merupakan […]
  • Dukung Masyarakat Kejar Resolusi Baru, GrabFood Luncurkan Gerakan Jangan Lupa Makan

    Dukung Masyarakat Kejar Resolusi Baru, GrabFood Luncurkan Gerakan Jangan Lupa Makan

    Sibuk bukan alasan untuk lupa makan! GrabFood, layanan pesan-antar makanan #1 yang paling sering digunakan di Indonesia, hadir dengan semangat untuk mendukung setiap orang dalam mewujudkan beragam resolusi dan harapan pada tahun yang baru ini dengan meluncurkan Gerakan Jangan Lupa Makan di tanah air. Jangan sampai kesibukan yang begitu padat dalam keseharian malah membuat kita […]
  • Telkomsel Gelar I Loop Run di 8 Kota

    Telkomsel Gelar I Loop Run di 8 Kota

    Setelah sukses dan mendapat tanggapan positif di tahun 2017, Telkomsel kembali menyelenggarakan I LOOP Run di 8 kota di Indonesia. Sebuah acara berlari bersama sejauh 5 Km dan 10 Km dengan perpaduan konsep fun dalam kompetisi. Berbeda dari tahun sebelumnya yang bertemakan Foam Run, I LOOP Run tahun ini bertema Cosplay Run yaitu para peserta […]
  • Penghentian Sementara Operasional Penerbangan Lion Air Group

    Penghentian Sementara Operasional Penerbangan Lion Air Group

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan keterangan resmi terkait dengan layanan pengoperasian  penerbangan penumpang berjadwal yang melayani jaringan domestik, bahwa melaksanakan penghentian sementara operasional penerbangan. Lion Air Group sangat mendukung pemerintah terkait dengan usaha pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 […]
  • Nespresso Bagikan Resep Penuh Kehangatan untuk Tahun Baru Imlek 2020

    Nespresso Bagikan Resep Penuh Kehangatan untuk Tahun Baru Imlek 2020

    Menyambut Tahun Baru Imlek 2020, setiap keluarga pasti memiliki acara dan tradisinya masing-masing dalam merayakan hari yang telah dinanti-nanti sepanjang tahun ini, mulai dari ritual tukar kado hingga ragam sajian makanan yang akan disantap bersama keluarga dan kerabat terdekat. Menyambut kedatangan tahun Tikus Tanah, kali ini Nespresso membagikan resep yang khusus disiapkan untuk Tahun Baru […]
  • Masakan Makassar di Bintaro: Dapoer Mamakoe

    Masakan Makassar di Bintaro: Dapoer Mamakoe

    Makassar terkenal sebagai salah satu gudang kuliner di Indonesia. Berbagai masakan Makassar digemari bukan saja oleh orang-orang yang berasal dari Makassar melainkan juga dari berbagai wilayah di Indonesia. Berbagai sudut kotanya menyimpan tempat makan enak yang menggugah selera. Tidak hanya memiliki jenis dan macam kuliner yang beragam, akan tetapi banyak orang yang menilai bahwa makanan khas Makassar […]
  • Foto : Menu-Menu Baru Cubite Bintaro

    Foto : Menu-Menu Baru Cubite Bintaro

    Kabar gembira bagi Anda penggemar menu-menu Cubite. Kepindahan Cubite ke Bintaro Sektor 1 ternyata menghadirkan menu-menu baru yang tidak kalah dengan menu-menu lamanya yang sudah sangat dikenal. Kali ini Cubite Bintaro akan menghadirkan 4 menu kekinian: Ayam Geprek, Nasi Sate Taichan, Superme Mango dan Superme Durian. Yuk cobain… [masterslider id=”36″] TagsBintaro Sektor 1Masakan FusionBerita Terkait:Jangan Lewatkan […]
  • Kolaborasi Linkaja dengan Pahamify Dukung Kemudahan Belajar Online

    Kolaborasi Linkaja dengan Pahamify Dukung Kemudahan Belajar Online

    Sebagai uang elektronik nasional dari dan untuk Indonesia, LinkAja secara progresif terus berkolaborasi dengan berbagai platform digital karya anak bangsa. Melihat perkembangan sektor pendidikan yang signifikan beberapa tahun terakhir ini, LinkAja kini hadir sebagai opsi pembayaran digital pada Pahamify, aplikasi belajar online yang mengedepankan konten berkualitas, dengan ribuan video pembelajaran premium beranimasi, kuis, dan ringkasan […]

Tinggalkan Balasan