Berita Utama

Berikan Lebih Banyak Layanan & Fitur Inovatif, Grab Manfaatkan Big Data

Data is the new oil. Sebuah kalimat yang tidak asing lagi di telinga masyarakat karena baru saja disebutkan oleh Presiden Joko Widodo. Kalimat ini juga menjadi pedoman bagi Grab dalam menjalankan bisnisnya, dalam memberikan layanan yang inovatif dan bersahabat. Dengan menggunakan kemampuan big data, aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia ini mencoba untuk memahami perilaku masyarakat untuk dapat menghadirkan lebih banyak inovasi dan tentunya menjadi solusi bagi kebutuhan pelanggan dan juga 5 juta pengusaha mikro di Indonesia, mencakup mitra pengemudi, mitra merchant, dan mitra agen.

Laporan We Are Social 2020 – Digital 2020 Indonesia (Januari 2020)[1] menunjukkan bahwa 75% pengguna internet Indonesia menggunakan aplikasi mobile yang berhubungan dengan pemetaan. Selain itu, laporan tersebut juga menyatakan bahwa ada 21,7 juta orang yang menggunakan layanan ride-hailing. Melihat fakta tersebut, tidak heran bahwa ada puluhan terabyte data yang dihasilkan oleh aplikasi Grab setiap harinya. Sebagai platform yang terlibat di bidang transportasi, Grab juga berupaya menggunakan teknologi untuk menjawab tantangan kemacetan saat ini.

Ariek Wisnu Wibisono, Head of MapOps, Grab Indonesia menjelaskan, “Sebagai bagian dari tim pemetaan di Grab, data punya peran penting dalam menentukan inovasi apa yang akan kami ciptakan selanjutnya. Menjawab masalah kemacetan hingga akses bagi jutaan pengusaha mikro dan pelanggan merupakan target yang selalu ingin kami capai. Sejalan dengan komitmen GrabForGood, Grab ingin memastikan bahwa setiap orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital. Menyediakan platform yang aman, nyaman dan terus berinovasi untuk menyesuaikan kebutuhan mereka menjadi hal yang paling penting.” “Ada 4 pendekatan yang selalu menjadi tumpuan Grab dalam menggunakan teknologi untuk menghadirkan kebaikan yaitu: 1) mendengarkan dan memahami kebutuhan serta perilaku masyarakat, 2) menggunakan pendekatan hyperlocal untuk mengatasi kebutuhan serta permasalah yang berbeda di tiap wilayah, 3) meningkatkan efisiensi transportasi, serta 4) bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mendorong perubahan positif.” “Sebagai contoh, pendekatan tersebut kami tuangkan dalam sebuah sistem mapping untuk dapat memberikan kesempatan mendapatkan penghasilan yang lebih efisien bagi mitra pengemudi dan pengalaman pemesanan yang lebih mudah bagi pelanggan.”

  • Modifikasi Titik Temu demi Ketertiban: Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan di beberapa kota, tim pemetaan Grab juga memodifikasi beberapa titik kemput di daerah rawan macet untuk memastikan mitra pengemudi dan penumpang dapat bertemu di area yang telah disediakan. Saat ini, sudah terdapat beberapa titik jemput yang dimodifikasi termasuk, Grab Lounge Terminal Bungurasih, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Malang Kota Baru, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Sudirman, dan Pasar Blora. Pilihan lokasi titik jemput atau titik pengantaran di dalam aplikasi Grab di daerah tersebut juga telah disesuaikan agar pelanggan hanya dapat memilih titik spesifik yang telah disediakan sebagai titik temu, sebagai upaya untuk mengurangi penumpukan mitra pengemudi dan mengurai kemacetan.
  • Menemukan Rute Terbaik: Dengan menangkap data perjalanan mitra pengemudi, Grab dapat menemukan berbagai jalur baru yang dilewati oleh mitra pengemudi. Semua data perjalanan tersebut dikumpulkan sehingga Grab bisa memperkirakan jarak dan jalan yang akan ditempuh pengguna ke suatu tempat dengan memberikan rekomendasi rute terbaik. Selain perjalanan lebih efisien, kami juga dapat memberikan harga terbaik bagi pelanggan dan mitra pengemudi.
  • Alokasi Pengemudi yang Seimbang: Tidak hanya itu, Grab juga mengembangkan fitur Heatmap bagi mitra pengemudi dalam aplikasi super mereka. Melalui Heatmap, Grab dapat mengetahui, memantau, memetakan, dan menghitung metrik kebutuhan (permintaan) layanan Grab di lokasi tertentu. Selanjutnya, kami menginformasikan kepada mitra pengemudi secara efektif untuk memastikan adanya mitra pengemudi yang cukup untuk memenuhi permintaan di daerah tersebut.
  • Memberikan Saran Perjalanan Otomatis sesuai Pola Pengguna: Big data tidak hanya digunakan untuk membuat inovasi yang terlihat besar. Sadarkah Anda ketika Anda ingin memesan layanan Grab, aplikasi akan memberikan “Saran Perjalanan” yang biasanya Anda tuju?  Misalnya, di sore hari, akan muncul pilihan perjalanan dari kantor menuju ke rumah pelanggan yang bisa mereka pilih dengan cepat untuk menuju destinasi pilihan mereka.
  • Memudahkan dan Menertibkan Proses Penjemputan: Titik penjemputan juga menjadi poin penting dalam layanan Grab. Oleh karena itu, untuk mempermudah titik temu pengguna dan mitra pengemudi ataupun mitra GrabFood yang mencari restoran di sebuah lokasi, Grab telah menambahkan lebih dari 10 juta Point of Interest (POI) di Indonesia dan hampir 20 juta POI di Asia Tenggara.
    Menuju titik jemput dengan mudah: Untuk pelanggan, Grab juga telah menghadirkan fitur Venues untuk memberikan panduan visual dalam aplikasi untuk menuju titik jemput yang mereka pilih. Hal ini dimungkinkan dengan pengembangan pemetaan dan kebiasaan dari mitra dan pengguna untuk bertemu. Hingga hari ini, sudah ada lebih dari 2.500 Venues di aplikasi Grab.

“Pemetaan menjadi kunci penting bagi seluruh orang yang tergabung dalam ekosistem Grab. Grab berharap dapat menciptakan lebih banyak inovasi yang didukung oleh teknologi dan memberikan layanan yang inovatif dan membawa dampak positif bagi pengguna,” tambah Ariek.

Mulai melayani Indonesia di tahun 2014 dengan fokus utama pada transportasi, di 2020 Grab telah menjangkau lebih dari 234 kota di Indonesia dengan menghadirkan berbagai layanan harian yang dibutuhkan masyarakat seperti pengantaran makanan, pembelian tiket, layanan kesehatan dan lainnya. Untuk bisa terus berinovasi, Grab memanfaatkan big data untuk menyediakan berbagai fitur pendukung untuk mempermudah keseharian masyarakat.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • Kirim Paket Esok Hari Sampai dari dan ke Jabodetabek dengan Tiki Hanya Rp 12 Ribu/kg

    Kirim Paket Esok Hari Sampai dari dan ke Jabodetabek dengan Tiki Hanya Rp 12 Ribu/kg

    PT. Citra Van Titipan Kilat (“TIKI”), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, menggenjot transaksi pengiriman di awal tahun 2021 ini dengan memberikan promo tarif city courier untuk pengiriman paket dari dan ke wilayah Jabodetabek yaitu sebesar Rp 8 ribu / kg untuk produk REG (Regular) dan Rp 12 ribu / kg untuk produk ONS (Over […]
  • Tips Mengelola Stres Saat Diam di Rumah Selama Pandemi

    Tips Mengelola Stres Saat Diam di Rumah Selama Pandemi

    Derasnya informasi secara terus menerus tentang Pandemi Covid-19 yang terjadi di hampir seluruh belahan dunia, dapat mengganggu emosional dan menyebabkan kelelahan fisik dan mental. Selain, masyarakat diminta untuk melakukan physical distancing atau menjaga jarak fisik demi memutus mata rantai penyebaran virus tersebut seperti ibadah di rumah, belajar di rumah, hingga bekerja dari rumah, juga dapat […]
  • Speedtuner : Distro Bagi Penggemar Otomotif di Bintaro

    Speedtuner : Distro Bagi Penggemar Otomotif di Bintaro

    Sebagai kawasan kaum urban yang memiliki kelas ekonomi masyarakatnya menengah-atas, Bintaro memiliki banyak komunitas-komunitas hobi, termasuk otomotif. Banyaknya penggemar otomotif di Bintaro menjadi peluang bisnis menarik bagi Gustavo Pane dan Prayoga PN, 2 anak muda penggemar otomotif. Persahabatan keduanya dan kesamaan hobi membuat keduanya bergabung dalam salah satu komunitas otomotif Basbin (Basis Bintaro) yang menggemari mobil-mobil […]
  • Salsa Food City, Tempat Bersantap Asyik Bersama Keluarga Sambil Menikmati Live Musik

    Salsa Food City, Tempat Bersantap Asyik Bersama Keluarga Sambil Menikmati Live Musik

    Bagi Anda yang sedang mencari tempat bersantai bersama keluarga sambil menikmati berbagai masakan yang lezat di wilayah Tangerang dan Tangerang Selatan, ada satu tempat lagi yang perlu Anda pertimbangkan : Salsa Food City. Apa sih keistimewaan tempat makan satu ini? Yuk kita simak. Salsa Food City merupakan nama sebuah foodcourt yang berlokasi di Gading Serpong, […]
  • “Sharing Economy” Lion Parcel dengan Kereta Api Logistik

    “Sharing Economy” Lion Parcel dengan Kereta Api Logistik

    Lion Parcel mengumumkan kerjasama yang tertuang dalam memorandum of understanding (MoU) dengan Kereta Api Logistik (KALOG) yang merupakan usaha dibidang layanan logistik dan angkutan barang berbasis kereta api pada Jumat, 8 Maret 2019. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama Lion Parcel, Farian Kirana dan Plt. Direktur Utama Kereta Api Logistik, Junaidi Nasution bertempat di kantor […]
  • Tips liburan: Cara Memilih Biro Perjalanan (Travel Agent)

    Tips liburan: Cara Memilih Biro Perjalanan (Travel Agent)

    Untuk dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata dengan mudah tanpa harus repot-repot memikirkan transportasi ataupun segala keperluan yang harus dimiliki saat berwisata, jasa biro perjalanan tertentu sangat membantu Anda dalam melakukan perjalanan wisata. Biro perjalanan wisata yang akan mengatur perjalanan, transportasi, makanan serta hal-hal yang diperlukan dalam perjalanan Anda. Tetapi, sekarang banyak biro perjalanan yang kurang […]
  • Sate Maranggi Uwa Arya, Sate Lezat Harga Bersahabat

    Sate Maranggi Uwa Arya, Sate Lezat Harga Bersahabat

    Sate Maranggi adalah sate khas Purwakarta, Jawa Barat, biasanya terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Selain dari Purwakarta, Sate Maranggi banyak dijajakan juga di daerah sekitarnya, hingga daerah Cianjur. Yang membedakan Sate Maranggi dengan sate lainnya adalah proses perendaman daging dalam bumbu (marination), sebelum dibuat menjadi sate dan dimasak. Karena proses pembumbuan inilah, maka […]
  • Penuhi Minat Tinggi Pengguna Terhadap Produk Elektronik, Shopee Hadirkan 4.4 Mega Elektronik Sale

    Penuhi Minat Tinggi Pengguna Terhadap Produk Elektronik, Shopee Hadirkan 4.4 Mega Elektronik Sale

    Seiring berkembangnya teknologi, keinginan masyarakat akan produk elektronik pun kian meningkat. Kini, keinginan untuk memiliki produk elektronik terbaru dengan brand, seri dan kualitas tinggi sudah menjadi gaya hidup mayoritas masyarakat. Melihat hal ini, Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan menggelar kampanye Shopee 4.4 Mega Elektronik Sale untuk memenuhi kebutuhan elektronik pengguna. Kampanye […]
  • Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan

    Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan

    Kita sering mendengar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Namun sayangnya peran serta pemerintah belum banyak dirasakan oleh pelaku-pelaku ekonomi yang menempati porsi terbesar dalam menggerakan perekonomian, bahkan di saat kondisi ekonomi global mengalami penurunan seperti saat ini, usaha-usaha kerakyatan tetap bergerak dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang tidak […]
  • Nikmatnya Nasi Uduk Pak Agus di Kuliner Malam Pasar Modern Bintaro

    Nikmatnya Nasi Uduk Pak Agus di Kuliner Malam Pasar Modern Bintaro

    Nasi uduk merupakan kuliner yang cukup populer dan memiliki banyak penggemar fanatik. Memang rasa nasi uduk yang gurih membuat ketagihan banyak orang. Apalagi dengan kombinasi pecel lele, ayam goreng atau bebek goreng dan dimakan saat masih mengepul. Rasanya siapa pun tidak bisa memungkiri kenikmatannya. Karena banyaknya penggemar nasi uduk, tidak heran penjual nasi uduk dengan […]
  • SIA Hadirkan Penerbangan Jarak Menengah Pesawat A350-900 Terbaru pada Rute Singapura – Adelaide

    SIA Hadirkan Penerbangan Jarak Menengah Pesawat A350-900 Terbaru pada Rute Singapura – Adelaide

    Singapore Airlines (SIA) telah mengumumkan Adelaide sebagai destinasi peluncuran untuk pesawat A350-900 jarak menengah (medium-haul) terbaru. Dijadwalkan untuk mulai mengoperasikan penerbangan harian pada 17 Desember 2018, armada A350-900 terbaru akan beroperasi sebagai SQ279 dari Singapura menuju Adelaide, dan kembali dengan nomor penerbangan SQ278, dari Adelaide menuju Singapura, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pesawat A350-900 jarak […]
  • Penjualan Jet Commerce Meningkat Hampir Sembilan Kali Lipat pada Ramadhan 2019

    Penjualan Jet Commerce Meningkat Hampir Sembilan Kali Lipat pada Ramadhan 2019

    Jet Commerce, e-commerce enabler penyedia solusi end-to-end, mencatat hampir sembilan kali lipat peningkatan penjualan sepanjang Ramadhan 2019 dibandingkan Ramadhan tahun lalu. Peningkatan ini didukung oleh kampanye belanja online yang digelar berbagai platform e-commerce dimana Jet Commerce bersama mitra brand turut berpartisipasi memberikan beragam penawaran menarik. Selain peningkatan secara keseluruhan, Jet Commerce bersama mitra brand juga […]
  • GrabFood Rayakan Pencapaian Pertumbuhannya dengan Peluncuran GrabFood Signature di Indonesia

    GrabFood Rayakan Pencapaian Pertumbuhannya dengan Peluncuran GrabFood Signature di Indonesia

    GrabFood, layanan pesan-antar makanan dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, menandai pencapaian bisnis terbarunya sebagai platform pesan-antar makanan terbesar berdasarkan total nilai penjualan atau GMV (gross merchandise value) dan platform pesan-antar makanan #1 yang paling sering digunakan di Indonesia. Dalam survei konsumen yang dilakukan oleh Kantar, sebuah perusahaan riset global, 58% konsumen di Indonesia mengatakan GrabFood […]
  • Kemenparekraf Jaga Eksistensi Pariwisata Indonesia di Pasar Asia Timur

    Kemenparekraf Jaga Eksistensi Pariwisata Indonesia di Pasar Asia Timur

    Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus berupaya menjaga eksistensi pariwisata Indonesia di tiga negara pasar kawasan Asia Timur yaitu Jepang, Korea Selatan dan Chinese Taipei. Salah satunya dengan melakukan webinar series bersama lebih dari 100 pelaku industri pariwisata dari masing-masing originasi. “Upaya ini penting untuk menjaga kepercayaan terhadap citra pariwisata Indonesia […]
  • Ovo, Visionet dan Kadin Paradigma Baru Kota Tangerang Teken Kerja Sama untuk Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

    Ovo, Visionet dan Kadin Paradigma Baru Kota Tangerang Teken Kerja Sama untuk Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

    Bertempat di Lapangan Green Lake City, Cipondoh, Tangerang, OVO dan Kamar Dagang dan Industri Paradigma Baru (KADIN PB) Kota Tangerang menandatangani Nota Kesepahaman yang bertujuan untuk menjadikan OVO QR code tersedia sebagai platform pembayaran untuk para pelaku UMKM di Kota Tangerang. Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur OVO, Johnny Widodo dan Hadi B.Sc selaku Ketua Dewan […]
  • RNI Jalin Kerjasama dengan KAI, Sediakan Fasilitas Rapid Test di Stasiun dengan Harga Rp 85 Ribu

    RNI Jalin Kerjasama dengan KAI, Sediakan Fasilitas Rapid Test di Stasiun dengan Harga Rp 85 Ribu

    PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) melalui Anak Perusahaannya, PT Rajawali Nusindo, melakukan penandatangan kerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) untuk penyediaan fasilitas Rapid Tes di 12 Stasiun. Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Keuangan PT Rajawali Nusindo Gigis Saptono dengan Direktur Niaga PT KAI (Persero) Maqin Uddin Norhadi disaksikan Direktur Keuangan PT RNI […]
  • Yuk, Ketemu dan Sharing Pengalaman Seru Kamu di ’Ramadhan Earn Wave’ Persembahan Genmuda.com

    Yuk, Ketemu dan Sharing Pengalaman Seru Kamu di ’Ramadhan Earn Wave’ Persembahan Genmuda.com

    Mau ngabuburit kamu makin produktif? Langsung aja dateng ke acara “Ramadhan Earn Wave” persembahan Genmuda.com Memasuki Ramadhan tahun ini, Genmuda.com bakalan ajak Kawan Muda buat ikuan seru-seruan di acara “Ramadhan Earn Wave” yang diadakan tanggal 9-11 Juni 2017 di Piazza Gandaria City, Jakarta. Selain bisa mengisi waktu berbuka puasa, acara ini sekaligus menjadi wadah serta […]
  • 9 September, ShopeePay Hadirkan Promo Lebih Meriah untuk Puncak Kampanye Semua Rp1

    9 September, ShopeePay Hadirkan Promo Lebih Meriah untuk Puncak Kampanye Semua Rp1

    Berkomitmen untuk meningkatkan antusiasme masyarakat dalam bertransaksi non-tunai secara aman, efektif, dan efisien, ShopeePay, fitur layanan e-money terintegrasi di Indonesia, menghadirkan kampanye Semua Rp1 yang merupakan kampanye terbesar ShopeePay sejak diperkenalkan dan diluncurkan di Indonesia. Kampanye ini dimulai dari tanggal 18 Agustus hingga 9 September, dan merayakan penghujung kampanye yakni di tanggal 9 September, ShopeePay […]
  • AirAsia.com Luncurkan Fitur SNAP Tawarkan Paket Kombo Tiket Pesawat + Hotel

    AirAsia.com Luncurkan Fitur SNAP Tawarkan Paket Kombo Tiket Pesawat + Hotel

    Platform AirAsia.com kembali memperluas penawaran produknya di Indonesia dengan meluncurkan fitur SNAP yang menawarkan paket kombo tiket pesawat AirAsia dan hotel dengan harga yang lebih hemat dibandingkan membeli secara terpisah. Melalui fitur SNAP tersebut, pelanggan dapat merencanakan perjalanan lebih mudah dan terjangkau dengan memanfaatkan penawaran kombo terbaik dari berbagai hotel berbintang di Indonesia hanya di platform airasia.com, baik […]
  • Jalur Alternatif Keluar Area Taman Jajan Bintaro Telah Dibuka

    Jalur Alternatif Keluar Area Taman Jajan Bintaro Telah Dibuka

    Antrian panjang kendaraan yang akan keluar dari area Taman Jajan Bintaro yang kerap terjadi pada jam-jam sibuk di malam hari ternyata sudah ditindaklanjuti oleh pengelola dengan membuka jalur alternatif melalui kawasan Bursa Mobil Bintaro di sisi selatan dari Kawasan Taman Jajan. Hal ini dilakukan karena semakin bertambahnya pengunjung Taman Jajan sehingga mengurangi kenyamanan pengunjung, rupanya […]

Tinggalkan Balasan