Berita Utama

Berikan Lebih Banyak Layanan & Fitur Inovatif, Grab Manfaatkan Big Data

Data is the new oil. Sebuah kalimat yang tidak asing lagi di telinga masyarakat karena baru saja disebutkan oleh Presiden Joko Widodo. Kalimat ini juga menjadi pedoman bagi Grab dalam menjalankan bisnisnya, dalam memberikan layanan yang inovatif dan bersahabat. Dengan menggunakan kemampuan big data, aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia ini mencoba untuk memahami perilaku masyarakat untuk dapat menghadirkan lebih banyak inovasi dan tentunya menjadi solusi bagi kebutuhan pelanggan dan juga 5 juta pengusaha mikro di Indonesia, mencakup mitra pengemudi, mitra merchant, dan mitra agen.

Laporan We Are Social 2020 – Digital 2020 Indonesia (Januari 2020)[1] menunjukkan bahwa 75% pengguna internet Indonesia menggunakan aplikasi mobile yang berhubungan dengan pemetaan. Selain itu, laporan tersebut juga menyatakan bahwa ada 21,7 juta orang yang menggunakan layanan ride-hailing. Melihat fakta tersebut, tidak heran bahwa ada puluhan terabyte data yang dihasilkan oleh aplikasi Grab setiap harinya. Sebagai platform yang terlibat di bidang transportasi, Grab juga berupaya menggunakan teknologi untuk menjawab tantangan kemacetan saat ini.

Ariek Wisnu Wibisono, Head of MapOps, Grab Indonesia menjelaskan, “Sebagai bagian dari tim pemetaan di Grab, data punya peran penting dalam menentukan inovasi apa yang akan kami ciptakan selanjutnya. Menjawab masalah kemacetan hingga akses bagi jutaan pengusaha mikro dan pelanggan merupakan target yang selalu ingin kami capai. Sejalan dengan komitmen GrabForGood, Grab ingin memastikan bahwa setiap orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital. Menyediakan platform yang aman, nyaman dan terus berinovasi untuk menyesuaikan kebutuhan mereka menjadi hal yang paling penting.” “Ada 4 pendekatan yang selalu menjadi tumpuan Grab dalam menggunakan teknologi untuk menghadirkan kebaikan yaitu: 1) mendengarkan dan memahami kebutuhan serta perilaku masyarakat, 2) menggunakan pendekatan hyperlocal untuk mengatasi kebutuhan serta permasalah yang berbeda di tiap wilayah, 3) meningkatkan efisiensi transportasi, serta 4) bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mendorong perubahan positif.” “Sebagai contoh, pendekatan tersebut kami tuangkan dalam sebuah sistem mapping untuk dapat memberikan kesempatan mendapatkan penghasilan yang lebih efisien bagi mitra pengemudi dan pengalaman pemesanan yang lebih mudah bagi pelanggan.”

  • Modifikasi Titik Temu demi Ketertiban: Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan di beberapa kota, tim pemetaan Grab juga memodifikasi beberapa titik kemput di daerah rawan macet untuk memastikan mitra pengemudi dan penumpang dapat bertemu di area yang telah disediakan. Saat ini, sudah terdapat beberapa titik jemput yang dimodifikasi termasuk, Grab Lounge Terminal Bungurasih, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Malang Kota Baru, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Sudirman, dan Pasar Blora. Pilihan lokasi titik jemput atau titik pengantaran di dalam aplikasi Grab di daerah tersebut juga telah disesuaikan agar pelanggan hanya dapat memilih titik spesifik yang telah disediakan sebagai titik temu, sebagai upaya untuk mengurangi penumpukan mitra pengemudi dan mengurai kemacetan.
  • Menemukan Rute Terbaik: Dengan menangkap data perjalanan mitra pengemudi, Grab dapat menemukan berbagai jalur baru yang dilewati oleh mitra pengemudi. Semua data perjalanan tersebut dikumpulkan sehingga Grab bisa memperkirakan jarak dan jalan yang akan ditempuh pengguna ke suatu tempat dengan memberikan rekomendasi rute terbaik. Selain perjalanan lebih efisien, kami juga dapat memberikan harga terbaik bagi pelanggan dan mitra pengemudi.
  • Alokasi Pengemudi yang Seimbang: Tidak hanya itu, Grab juga mengembangkan fitur Heatmap bagi mitra pengemudi dalam aplikasi super mereka. Melalui Heatmap, Grab dapat mengetahui, memantau, memetakan, dan menghitung metrik kebutuhan (permintaan) layanan Grab di lokasi tertentu. Selanjutnya, kami menginformasikan kepada mitra pengemudi secara efektif untuk memastikan adanya mitra pengemudi yang cukup untuk memenuhi permintaan di daerah tersebut.
  • Memberikan Saran Perjalanan Otomatis sesuai Pola Pengguna: Big data tidak hanya digunakan untuk membuat inovasi yang terlihat besar. Sadarkah Anda ketika Anda ingin memesan layanan Grab, aplikasi akan memberikan “Saran Perjalanan” yang biasanya Anda tuju?  Misalnya, di sore hari, akan muncul pilihan perjalanan dari kantor menuju ke rumah pelanggan yang bisa mereka pilih dengan cepat untuk menuju destinasi pilihan mereka.
  • Memudahkan dan Menertibkan Proses Penjemputan: Titik penjemputan juga menjadi poin penting dalam layanan Grab. Oleh karena itu, untuk mempermudah titik temu pengguna dan mitra pengemudi ataupun mitra GrabFood yang mencari restoran di sebuah lokasi, Grab telah menambahkan lebih dari 10 juta Point of Interest (POI) di Indonesia dan hampir 20 juta POI di Asia Tenggara.
    Menuju titik jemput dengan mudah: Untuk pelanggan, Grab juga telah menghadirkan fitur Venues untuk memberikan panduan visual dalam aplikasi untuk menuju titik jemput yang mereka pilih. Hal ini dimungkinkan dengan pengembangan pemetaan dan kebiasaan dari mitra dan pengguna untuk bertemu. Hingga hari ini, sudah ada lebih dari 2.500 Venues di aplikasi Grab.

“Pemetaan menjadi kunci penting bagi seluruh orang yang tergabung dalam ekosistem Grab. Grab berharap dapat menciptakan lebih banyak inovasi yang didukung oleh teknologi dan memberikan layanan yang inovatif dan membawa dampak positif bagi pengguna,” tambah Ariek.

Mulai melayani Indonesia di tahun 2014 dengan fokus utama pada transportasi, di 2020 Grab telah menjangkau lebih dari 234 kota di Indonesia dengan menghadirkan berbagai layanan harian yang dibutuhkan masyarakat seperti pengantaran makanan, pembelian tiket, layanan kesehatan dan lainnya. Untuk bisa terus berinovasi, Grab memanfaatkan big data untuk menyediakan berbagai fitur pendukung untuk mempermudah keseharian masyarakat.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • Singapore Airlines dan Mastercard Perkuat Kemitraan melalui Peluncuran Program Krisflyer Experiences

    Singapore Airlines dan Mastercard Perkuat Kemitraan melalui Peluncuran Program Krisflyer Experiences

    Singapore Airlines dan Mastercard mengumumkan perpanjangan kemitraan mereka melalui peluncuran program KrisFlyer Experiences, yang memungkinkan para anggota KrisFlyer dan pemilik kartu Mastercard menggunakan miles mereka untuk berbagai kegiatan terpilih dan menikmati akses istimewa ke berbagai acara. Untuk memenuhi beragam keinginan para anggota, KrisFlyer Experiences mencakup berbagai minat termasuk di bidang kuliner, hiburan, seni, olahraga, serta […]
  • Pemkot Samarinda Bersinergi dengan Gojek, Ajak Masyarakat Belanja di Pasar Rakyat melalui Layanan GoShop

    Pemkot Samarinda Bersinergi dengan Gojek, Ajak Masyarakat Belanja di Pasar Rakyat melalui Layanan GoShop

    Sejalan dengan upaya Pemerintah untuk memitigasi penyebaran pandemi COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui Dinas Perdagangan menggandeng Gojek berkolaborasi untuk mengajak masyarakat berbelanja di pasar-pasar rakyat dengan menggunakan layanan GoShop. GoShop merupakan layanan solusi pembelian  bahan kebutuhan harian secara online baik di pasar maupun swalayan yang memudahkan konsumen memenuhi kebutuhan harian dari rumah saja. Gojek […]
  • Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Berkendara dengan Teknologi Kaca Film Terbaru

    Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Berkendara dengan Teknologi Kaca Film Terbaru

    Kenyamanan dan keamanan berkendara mobil tidak hanya berbekal dari aspek eksterior dan interior mobil, namun juga dapat ditingkatkan dengan penambahan aksesoris. Aksesoris pada mobil seperti lapisan kaca film tidak hanya berfungsi untuk estetika tetapi juga sebagai perlindungan ekstra pada mobil dan pengendaranya. Sebagai perusahaan dengan keahlian pada teknologi kaca film, 3M menghadirkan produk kaca film […]
  • Dukung Ekonomi Kreatif Indonesia, Bodrex Tumbuhkan Semangat Kolaborasi Generasi Muda melalui #Kolabodrex

    Dukung Ekonomi Kreatif Indonesia, Bodrex Tumbuhkan Semangat Kolaborasi Generasi Muda melalui #Kolabodrex

    Bodrex, merek obat analgesik nomor satu untuk mengatasi sakit kepala di Indonesia selalu berupaya untuk menghadirkan inisiatif-inisiatif agar lebih dekat dan terlibat dengan seluruh kalangan masyarakat, tak terkecuali generasi muda. Melalui kegiatan #kolabodrex, Bodrex bekerjasama dengan tiga pionir street style di Indonesia, yakni Never Too Lavish, Urban Sneaker Society, dan Stayhoops untuk membuat produk streetwear […]
  • Menginap dengan Pemandangan Terbaik di Dubai

    Menginap dengan Pemandangan Terbaik di Dubai

    Sektor perhotelan Dubai yang beragam dan dinamis diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan selama beberapa tahun mendatang. Dubai menyediakan kamar hotel terbaik yang ditargetkan akan terisi hingga 35,5 juta per tahun pada 2019, mewakili Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan (CAGR) sebesar 10,2% selama 24 bulan ke depan. Menurut studi komprehensif mengenai pasar yang dilakukan […]
  • Yuk, Ketemu dan Sharing Pengalaman Seru Kamu di ’Ramadhan Earn Wave’ Persembahan Genmuda.com

    Yuk, Ketemu dan Sharing Pengalaman Seru Kamu di ’Ramadhan Earn Wave’ Persembahan Genmuda.com

    Mau ngabuburit kamu makin produktif? Langsung aja dateng ke acara “Ramadhan Earn Wave” persembahan Genmuda.com Memasuki Ramadhan tahun ini, Genmuda.com bakalan ajak Kawan Muda buat ikuan seru-seruan di acara “Ramadhan Earn Wave” yang diadakan tanggal 9-11 Juni 2017 di Piazza Gandaria City, Jakarta. Selain bisa mengisi waktu berbuka puasa, acara ini sekaligus menjadi wadah serta […]
  • Chic-Chat & Workshop #2 Permata Bank

    Chic-Chat & Workshop #2 Permata Bank

    Banyak orang yang memiliki cita-cita ingin memiliki bisnis sendiri. Dalam pekerjaan sehari-hari sebagai karyawan kita sering mendengar orang mengatakan kepingin punya usaha. Mungkin kita sendiri pernah terlintas pikiran seperti itu. Ya siapa sih yang tidak kepingin punya usaha sendiri, pendapatan besar, waktu kerja fleksibel, tidak tergantung kepada perusahaan tempat bekerja dengan segala permasalahannya, tidak menunggu […]
  • Terlengkap Sebagai Pembayaran Transportasi Publik, LinkAja Gelar Promo Cashback 50%

    Terlengkap Sebagai Pembayaran Transportasi Publik, LinkAja Gelar Promo Cashback 50%

    LinkAja sebagai uang elektronik nasional menghadirkan kemudahan layanan ekosistem transportasi paling lengkap, mulai dari moda transportasi darat, udara, hingga laut. Lebih dari itu, LinkAja juga hadir untuk melayani pembayaran pembelian bahan bakar minyak di 5.873 SPBU Pertamina dan sejumlah jasa pembayaran parkir. Dengan sistem yang terintegrasi, pengguna dapat bepergian dengan praktis, nyaman, dan aman dalam […]
  • Mau Menunggang Kuda? Tidak Usah Jauh-Jauh, Ke Branchsto Saja

    Mau Menunggang Kuda? Tidak Usah Jauh-Jauh, Ke Branchsto Saja

    Biasanya kalau kita ingin berwisata sambil berkuda, tempat yang menjadi tujuan adalah Lembang atau Puncak. Namun sekarang kita tidak perlu pergi jauh-jauh dengan resiko mengalami kemacetan panjang apalagi saat musim liburan, kawasan Bintaro memiliki alternatif tempat wisata dimana kita dapat mencoba naik kuda, belajar menunggangi kuda bahkan berkuda sambil memanah. Wah menarik ya… Ya, Branchsto […]
  • Sold Out di Flash Sale Perdana, Infinix Hot S3X Kembali Ramaikan Harbolnas Bersama Lazada Indonesia

    Sold Out di Flash Sale Perdana, Infinix Hot S3X Kembali Ramaikan Harbolnas Bersama Lazada Indonesia

    Infinix, produsen smartphone asal Hong Kong, kembali meneruskan catatan penjualan luar biasa dalam flash sale yang mereka adakan di Lazada, Jumat (31/8) kemarin. Seluruh unit Infinix Hot S3X yang baru saja dirilis habis terjual. Flash sale Infinix Hot S3X merupakan salah satu cara Infinix dalam mengapresiasi antusiasme konsumen Lazada terhadap produk Infinix. Pada kuartal kedua […]
  • Sejarah Tahun Baru Imlek

    Sejarah Tahun Baru Imlek

    Tanggal 16 Februari adalah tahun baru Imlek. Tahun baru ini akan dirayakan oleh terutama dalam peradaban Asia Timur. Di perayaan tahun baru, semua keluarga akan berkumpul, makan bersama. Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Menurut Wikipedia, perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama (bahasa Tionghoa: 正月; pinyin: zhēng yuè) di […]
  • Agar Harga Jual Mobil Anda Girang Bergoyang

    Agar Harga Jual Mobil Anda Girang Bergoyang

    Memasuki Bulan April ini, jika berada di Jabodetabek, mungkin Anda akan menemui salah satu atau beberapa mobil branding berjalan dengan pesan Mobil Goyang yang berkeliling di jalanan Jabodetabek. ‘Mobil Goyang’ merupakan kampanye marketing yang diluncurkan oleh platform jual mobil bekas Carsome, untuk menyampaikan betapa girangnya kita bisa jual mobil mendapatkan harga tinggi. Lebih dari itu, […]
  • Tips Ciptakan Momen Liburan Menyenangkan dan Bebas dari Rasa Khawatir

    Tips Ciptakan Momen Liburan Menyenangkan dan Bebas dari Rasa Khawatir

    Pepatah mengatakan, hidup ini cuma sekali, selayaknya jadikan hidup ini berarti. Dan traveling atau bepergian bersama keluarga bisa menjadi salah satu cara untuk jadikan hidup ini lebih berarti sekaligus melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Apalagi sekarang sudah memasuki masa liburan sekolah, dimana menjadi waktu yang tepat untuk bepergian bersama keluarga dan mencari pengalaman hidup yang […]
  • Perkuat Roadmap Menuju 5G, Telkomsel Hadirkan VoLTE

    Perkuat Roadmap Menuju 5G, Telkomsel Hadirkan VoLTE

    Telkomsel sebagai leading digital telco company berkomitmen untuk terus bergerak maju memimpin perkembangan inovasi teknologi seluler di Indonesia. Komitmen tersebut kali ini diwujudkan melalui soft launch layanan voice over Long Term Evolution (VoLTE), yang sekaligus menjadi salah satu milestone Telkomsel dalam memperingati usia ke-25 pada tahun ini. Layanan VoLTE merupakan layanan telepon dengan basis jaringan […]
  • Huawei Menggelar Berbagai Promo dan Cashback di Harbolnas

    Huawei Menggelar Berbagai Promo dan Cashback di Harbolnas

    Dalam rangka menyambut tahun baru 2020 dan Hari Belanja Online Nasional di tanggal 12 Desember 2019, Huawei CBG Indonesia siap mempersembahkan berbagai promo menarik di beragam platform e-commerce untuk serangkaian produk terbarunya yang diluncurkan tahun ini, mulai dari produk smartphone Mate 30 Pro, Nova 5T, dan P30 Series, hingga produk wearables seperti FreeBuds 3, Watch […]
  • Lewat #Bawaakuke…challenge Di #Lebaranaladin Tahun Ini, Traveler Indonesia Bisa Wujudkan Liburan Impian Sambil Berbagi

    Lewat #Bawaakuke…challenge Di #Lebaranaladin Tahun Ini, Traveler Indonesia Bisa Wujudkan Liburan Impian Sambil Berbagi

    Dalam rangka menyambut bulan Ramadan dan menghidupkan semangat berbagi, pada #LebaranAladin kali ini Mister Aladin membagikan voucher hotel gratis senilai total Rp. 7.500.000 untuk travelers yang beruntung lewat #BawaAkuKe…Challenge. Tidak hanya berkesempatan memenangkan hadiah, travelers yang berpartisipasi dalam kompetisi ini otomatis juga menyumbang sembako, alat-alat kesehatan serta kebersihan ke Panti Jompo Pusaka 41, Cengkareng. #BawaAkuKe…Challenge […]
  • Atasi Tantangan di Masa Covid-19: Gojek Luncurkan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver

    Atasi Tantangan di Masa Covid-19: Gojek Luncurkan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver

    Seiring dengan semakin meluasnya dampak pandemi COVID-19, Gojek, super app on-demand terdepan di Asia Tenggara, terus menguatkan upayanya membantu para mitra driver untuk memastikan keberlangsungan mata pencaharian mereka di tengah penurunan aktivitas masyarakat. Pada tanggal 24 Maret lalu, Gojek telah menggalang Dana Bantuan Mitra Gojek senilai Rp100 miliar, yang terkumpul dari donasi jajaran manajemen senior […]
  • Coba Menu Baru di Lokasi Baru Cubite Bintaro

    Coba Menu Baru di Lokasi Baru Cubite Bintaro

    Buat para pecinta kue cubit di Bintaro, tentu sudah kenal dengan outlet Cubite Bintaro yang ada di Taman Jajan Bintaro sektor 7. Nah, sejak dua bulan lalu, Cubite Bintaro pindah ke wilayah Bintaro sektor 1 di ruko dua lantai yang lebih luas tempatnya dibanding tempat pertama. Di sini ruang lantai dasar diperuntukkan bagi non-smoking area […]
  • Wakacao, The First Pepper Rice in Indonesia Bakal Buka Cabang Kedua di Bintaro

    Wakacao, The First Pepper Rice in Indonesia Bakal Buka Cabang Kedua di Bintaro

    Ada kabar gembira nih buat para penggemar Wakacao, bulan ini bakal ada cabang Wakacao kedua di Bintaro lho…Di mana tempatnya? Tunggu info selanjutnya di sini ya…. Gerai Wakacao yang sudah ada di Bintaro adalah gerai di Pasar Modern Bintaro. Dibuka sejak bulan Maret 2017. Apa sih menu andalannya? Sesuai dengan taglinenya, Wakacao ini merupakan pepper […]
  • Jangan Lupa Ya, Akhir Pekan Ini Lagu-lagu Hits 90-an Siap Tampil di Pantai Ancol

    Jangan Lupa Ya, Akhir Pekan Ini Lagu-lagu Hits 90-an Siap Tampil di Pantai Ancol

    Konser Flashback The 90’s Music segera digelar. Jadwal pertama akan menghadirkan Funky Kopral, /Rif dan juga Tipe-X di Floating Stage Pantai Lagoon Ancol, mulai pukul 17.00 WIB. Band ini merupakan band yang sangat populer di era 90-an. Funky Kopral merupakan salah satu band yang beraliran funk dan berdiri pada 1998. Sementara /Rif adalah grup band […]

Tinggalkan Balasan