Berita Utama

Berikan Lebih Banyak Layanan & Fitur Inovatif, Grab Manfaatkan Big Data

Data is the new oil. Sebuah kalimat yang tidak asing lagi di telinga masyarakat karena baru saja disebutkan oleh Presiden Joko Widodo. Kalimat ini juga menjadi pedoman bagi Grab dalam menjalankan bisnisnya, dalam memberikan layanan yang inovatif dan bersahabat. Dengan menggunakan kemampuan big data, aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia ini mencoba untuk memahami perilaku masyarakat untuk dapat menghadirkan lebih banyak inovasi dan tentunya menjadi solusi bagi kebutuhan pelanggan dan juga 5 juta pengusaha mikro di Indonesia, mencakup mitra pengemudi, mitra merchant, dan mitra agen.

Laporan We Are Social 2020 – Digital 2020 Indonesia (Januari 2020)[1] menunjukkan bahwa 75% pengguna internet Indonesia menggunakan aplikasi mobile yang berhubungan dengan pemetaan. Selain itu, laporan tersebut juga menyatakan bahwa ada 21,7 juta orang yang menggunakan layanan ride-hailing. Melihat fakta tersebut, tidak heran bahwa ada puluhan terabyte data yang dihasilkan oleh aplikasi Grab setiap harinya. Sebagai platform yang terlibat di bidang transportasi, Grab juga berupaya menggunakan teknologi untuk menjawab tantangan kemacetan saat ini.

Ariek Wisnu Wibisono, Head of MapOps, Grab Indonesia menjelaskan, “Sebagai bagian dari tim pemetaan di Grab, data punya peran penting dalam menentukan inovasi apa yang akan kami ciptakan selanjutnya. Menjawab masalah kemacetan hingga akses bagi jutaan pengusaha mikro dan pelanggan merupakan target yang selalu ingin kami capai. Sejalan dengan komitmen GrabForGood, Grab ingin memastikan bahwa setiap orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital. Menyediakan platform yang aman, nyaman dan terus berinovasi untuk menyesuaikan kebutuhan mereka menjadi hal yang paling penting.” “Ada 4 pendekatan yang selalu menjadi tumpuan Grab dalam menggunakan teknologi untuk menghadirkan kebaikan yaitu: 1) mendengarkan dan memahami kebutuhan serta perilaku masyarakat, 2) menggunakan pendekatan hyperlocal untuk mengatasi kebutuhan serta permasalah yang berbeda di tiap wilayah, 3) meningkatkan efisiensi transportasi, serta 4) bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mendorong perubahan positif.” “Sebagai contoh, pendekatan tersebut kami tuangkan dalam sebuah sistem mapping untuk dapat memberikan kesempatan mendapatkan penghasilan yang lebih efisien bagi mitra pengemudi dan pengalaman pemesanan yang lebih mudah bagi pelanggan.”

  • Modifikasi Titik Temu demi Ketertiban: Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan di beberapa kota, tim pemetaan Grab juga memodifikasi beberapa titik kemput di daerah rawan macet untuk memastikan mitra pengemudi dan penumpang dapat bertemu di area yang telah disediakan. Saat ini, sudah terdapat beberapa titik jemput yang dimodifikasi termasuk, Grab Lounge Terminal Bungurasih, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Malang Kota Baru, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Sudirman, dan Pasar Blora. Pilihan lokasi titik jemput atau titik pengantaran di dalam aplikasi Grab di daerah tersebut juga telah disesuaikan agar pelanggan hanya dapat memilih titik spesifik yang telah disediakan sebagai titik temu, sebagai upaya untuk mengurangi penumpukan mitra pengemudi dan mengurai kemacetan.
  • Menemukan Rute Terbaik: Dengan menangkap data perjalanan mitra pengemudi, Grab dapat menemukan berbagai jalur baru yang dilewati oleh mitra pengemudi. Semua data perjalanan tersebut dikumpulkan sehingga Grab bisa memperkirakan jarak dan jalan yang akan ditempuh pengguna ke suatu tempat dengan memberikan rekomendasi rute terbaik. Selain perjalanan lebih efisien, kami juga dapat memberikan harga terbaik bagi pelanggan dan mitra pengemudi.
  • Alokasi Pengemudi yang Seimbang: Tidak hanya itu, Grab juga mengembangkan fitur Heatmap bagi mitra pengemudi dalam aplikasi super mereka. Melalui Heatmap, Grab dapat mengetahui, memantau, memetakan, dan menghitung metrik kebutuhan (permintaan) layanan Grab di lokasi tertentu. Selanjutnya, kami menginformasikan kepada mitra pengemudi secara efektif untuk memastikan adanya mitra pengemudi yang cukup untuk memenuhi permintaan di daerah tersebut.
  • Memberikan Saran Perjalanan Otomatis sesuai Pola Pengguna: Big data tidak hanya digunakan untuk membuat inovasi yang terlihat besar. Sadarkah Anda ketika Anda ingin memesan layanan Grab, aplikasi akan memberikan “Saran Perjalanan” yang biasanya Anda tuju?  Misalnya, di sore hari, akan muncul pilihan perjalanan dari kantor menuju ke rumah pelanggan yang bisa mereka pilih dengan cepat untuk menuju destinasi pilihan mereka.
  • Memudahkan dan Menertibkan Proses Penjemputan: Titik penjemputan juga menjadi poin penting dalam layanan Grab. Oleh karena itu, untuk mempermudah titik temu pengguna dan mitra pengemudi ataupun mitra GrabFood yang mencari restoran di sebuah lokasi, Grab telah menambahkan lebih dari 10 juta Point of Interest (POI) di Indonesia dan hampir 20 juta POI di Asia Tenggara.
    Menuju titik jemput dengan mudah: Untuk pelanggan, Grab juga telah menghadirkan fitur Venues untuk memberikan panduan visual dalam aplikasi untuk menuju titik jemput yang mereka pilih. Hal ini dimungkinkan dengan pengembangan pemetaan dan kebiasaan dari mitra dan pengguna untuk bertemu. Hingga hari ini, sudah ada lebih dari 2.500 Venues di aplikasi Grab.

“Pemetaan menjadi kunci penting bagi seluruh orang yang tergabung dalam ekosistem Grab. Grab berharap dapat menciptakan lebih banyak inovasi yang didukung oleh teknologi dan memberikan layanan yang inovatif dan membawa dampak positif bagi pengguna,” tambah Ariek.

Mulai melayani Indonesia di tahun 2014 dengan fokus utama pada transportasi, di 2020 Grab telah menjangkau lebih dari 234 kota di Indonesia dengan menghadirkan berbagai layanan harian yang dibutuhkan masyarakat seperti pengantaran makanan, pembelian tiket, layanan kesehatan dan lainnya. Untuk bisa terus berinovasi, Grab memanfaatkan big data untuk menyediakan berbagai fitur pendukung untuk mempermudah keseharian masyarakat.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • Rumah Lombok Nuansa Maldives di Pahawang Lampung

    Rumah Lombok Nuansa Maldives di Pahawang Lampung

    Bagi Anda yang gemar melakukan travelling menjelajah berbagai tempat-tempat menarik, ada satu pilihan tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi karena tempat wisata ini menawarkan keunikan yang tidak Anda temukan di tempat lain. Destinasi wisata yang dimaksud adalah Little Maldives di Pahawang, Lampung. Keunikan tempat ini karena menggabungkan berbagai keindahan tempat wisata yang sangat terkenal, […]
  • 35 Tahun Dufan, Yuk Telisik Perjalanannya

    35 Tahun Dufan, Yuk Telisik Perjalanannya

    Tahun ini Dunia Fantasi Ancol genap berusia 35 tahun, bukan waktu yang singkat untuk mempertahankan eksistensi kawasan wahana bermain yang paling diminati dan menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol. Buat kamu yang punya kenangan dan hobi menghabiskan liburan di kawasan ini, wajib mengetahui perjalannya dari tahun ke tahun. Dunia Fantasi Ancol […]
  • Kerjasama Rapid Test Covid-19 Lion Air Group Dan Dompet DhuafaTelah Menjangkau Wilayah Depok

    Kerjasama Rapid Test Covid-19 Lion Air Group Dan Dompet DhuafaTelah Menjangkau Wilayah Depok

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group bersama Dompet Dhuafa Republika melalui Dompet Dhuafa Social Enterprise (DDSE) terus mengembangkan fasilitas layanan pelaksanaan uji kesehatan skrining awal dan cepat (Rapid Test Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)), dengan memperluas area Jawa Barrat (Jabar), efektif […]
  • Langkah Komprehensif Gojek untuk Jaga Kesehatan dan Keselamatan Mitra Driver Andalan Masyarakat di Tengah Covid-19

    Langkah Komprehensif Gojek untuk Jaga Kesehatan dan Keselamatan Mitra Driver Andalan Masyarakat di Tengah Covid-19

    Sebagai super app terbesar di Asia Tenggara, Gojek berkomitmen untuk berada di garda terdepan dalam mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19) di seluruh ekosistemnya melalui berbagai langkah proaktif untuk memastikan keamanan dan kesehatan bersama. Pandemik COVID-19 adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan menghadirkan tantangan bagi masyarakat serta mitra driver Gojek untuk tetap dapat beraktivitas […]
  • Sering Lembur Di Saat Akhir Pekan?

    Sering Lembur Di Saat Akhir Pekan?

    Sabtu dan Minggu biasanya dipakai untuk bersantai setelah lelah bekerja dari hari Senin hingga Jumat. Tapi ada punya di antara kita yang masih membawa pekerjaan ke rumah di saat akhir pekan. Apakah Anda merasa terlalu sibuk untuk liburan? Simak tips dari Qerja untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Pekerjaan bisa membuat kita sangat sibuk. Ada […]
  • Hino Hentikan Produksi Sementara, Stok Unit Tetap Aman

    Hino Hentikan Produksi Sementara, Stok Unit Tetap Aman

    Dampak dari meluasnya penyebaran COVID-19 telah menyebabkan melambatnya pasar kendaraan truk dan bus di Indonesia. Beberapa rantai pasokan komponen impor dari luar negara juga mengalami gangguan. Menyikapi kondisi tersebut, PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) – pabrik perakitan truk dan bus merk Hino — melakukan beberapa kebijakan. Presiden Direktur HMMI, Masahiro Aso mengatakan “Di masa […]
  • Siap Adopsi Gaya StartUp, Bank Muamalat Gelar I’m Possible

    Siap Adopsi Gaya StartUp, Bank Muamalat Gelar I’m Possible

    PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (“Bank Muamalat”) mengunjungi kantor Bukalapak dan Tiket.com untuk mengamati secara langsung operasional bisnis perusahaan rintisan (startup) berbasis digital. Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan, perkembangan perusahaan startup di Indonesia sangat menarik untuk dipelajari. Pasalnya mereka punya cara kerja yang inovatif, agile dan customer centric. Perhatian Bank […]
  • Shopee Bekerjasama dengan L’oréal Meluncurkan Super Brand Day Keempatnya di Asia Tenggara dan Taiwan

    Shopee Bekerjasama dengan L’oréal Meluncurkan Super Brand Day Keempatnya di Asia Tenggara dan Taiwan

    Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, kembali berkolaborasi dengan perusahaan kecantikan nomor 1 di dunia yaitu L’Oréal untuk meluncurkan Super Brand Day keempatnya secara regional. Pada bulan lalu, L’Oréal bermitra dengan Shopee untuk menjalankan Super Brand Day di Thailand, Taiwan, dan Vietnam dan telah mencapai kesuksesan besar. Melalui 4 brand ternamanya, antara […]
  • Magic House: Atraksi Baru dan Seru di Dufan

    Magic House: Atraksi Baru dan Seru di Dufan

    Ada atraksi baru di Dunia Fantasi (Dufan) Ancol sepanjang bulan April ini. Seru dan menegangkan melihat atraksi tersebut. Magic House merupakan pilihan hiburan yang sayang untuk dilewatkan. Berdurasi 40 menit, atraksi ini akan membawa pengunjung ke dunia halusinasi yang menegangkan. Diperankan oleh para pesulap (magician) profesional, pertunjukan ini mulai dipertontonkan 30 Maret sampai 30 April […]
  • Kesiapan Kapasitas Jaringan Indosat Ooredoo Selama Ramadan

    Kesiapan Kapasitas Jaringan Indosat Ooredoo Selama Ramadan

    Masyarakat Indonesia tahun ini menghadapi situasi yang berbeda dari biasanya sejak terjadinya pandemi Covid-19. Pemerintah juga mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk mencegah penyebaran virus dan mengembalikan kondisi seperti sedia kala. beberapa kota telah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berdampak pada meningkatnya kebutuhan telekomunikasi pelanggan. Bulan Ramadan juga sudah dekat, dimana masyarakat Indonesia yang biasa […]
  • Sambut Liburan Akhir Pekan Panjang,Siapkan Kendaraan dan Diri Anda untuk Perjalanan Aman dan Nyaman

    Sambut Liburan Akhir Pekan Panjang,Siapkan Kendaraan dan Diri Anda untuk Perjalanan Aman dan Nyaman

    Mengunjungi sanak saudara ataupun melakukan perjalanan ke berbagai tujuan wisata di luar kota dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk melewati libur akhir pekan panjang minggu depan. Bagi Anda yang menyukai berlibur melalui jalur darat, road-trip akan menjadi kegiatan yang seru menarik untuk dilakukan, terutama bagi yang belum pernah menjajal tol baru Trans Jawa yang mencakup […]
  • Puncak Ajang Adu Kreatifitas Modifikasi Customaxi Segera Digelar !

    Puncak Ajang Adu Kreatifitas Modifikasi Customaxi Segera Digelar !

    Kompetisi modifikasi skutik MAXI Yamaha yaitu CustoMAXI akhirnya mencapai puncaknya pada grand final. Momen tersebut akan dilaksanakan di area Cihampelas Walk, Bandung, Sabtu 2 Maret 2019. CustoMAXI yang merupakan kontes modifikasi online pertama dan terbesar di Indonesia, digelar perdana pada periode 2017 – 2018. Pendaftaran dilakukan melalui website customaxiyamaha.com, setelah itu diseleksi secara online untuk […]
  • “Semerbak Nusantara”, Prestasi Membanggakan SMA Plus Pembangunan Jaya

    “Semerbak Nusantara”, Prestasi Membanggakan SMA Plus Pembangunan Jaya

    Pada bulan Agustus lalu, para siswa SMA Plus Pembangunan Jaya mengikuti Indonesia Student Company Competition yang diselenggarakan di Lotte Shopping Avenue pada tanggal 26 Agustus 2017 dengan produk andalannya berupa pewangi mobil herbal yang dinamai “Semerbak Nusantara”.  Tim SMA Plus Pembangunan Jaya yang disebut sebagai Entrepezo Nature Indonesia  berhasil menjadi juara 1 sekaligus mendapatkan golden ticket […]
  • Mendukung Lampung Fair 2019, Lion Air Menghadirkan Berbagai Pilihan Layanan Penerbangan ke Bumi Ruwa Jurai

    Mendukung Lampung Fair 2019, Lion Air Menghadirkan Berbagai Pilihan Layanan Penerbangan ke Bumi Ruwa Jurai

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW) dan Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group berpartisipasi dalam perhelatan Lampung Fair 2019 yang mengusung tema “Kilau Lampung Semarak Sumatera”, penekanan pada ekpose potensi lokal yang ada di Lampung. Program promosi daerah berbasis kearifan lokal dipusatkan pada 19 April – 03 […]
  • Telkomsel Maknai Idul Adha 1441H dengan Menyalurkan Hewan Kurban kepada 43.000 Penerima Manfaat

    Telkomsel Maknai Idul Adha 1441H dengan Menyalurkan Hewan Kurban kepada 43.000 Penerima Manfaat

    Menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Telkomsel memberikan bantuan 777 hewan kurban  yang akan disalurkan kepada sekira 43.000 penerima manfaat di seluruh Indonesia. Bantuan hewan kurban yang terdiri dari 101 ekor sapi dan 676 ekor domba/kambing ini merupakan bagian dari kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) Telkomsel yang pada tahun ini mengambil semangat Sebarkan Kebahagiaan. […]
  • Tips Ramadhan: Menyeimbangkan Ibadah dan Pekerjaan

    Tips Ramadhan: Menyeimbangkan Ibadah dan Pekerjaan

    Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Dibandingkan 11 bulan lainnya dalam satu tahun, bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa. Betapa tidak, setiap ibadah diganjar dengan pahala yang jumlahnya beberapa kali lipat. Tantangan terberat saat bulan Ramadan adalah saat harus bangun sahur padahal pagi-pagi harus bekerja. Akibatnya mengantuk kemudian tertidur di tempat kerja. Kalau sudah […]
  • Huawei P30 Pro Hadirkan Warna Baru dan Case Glamor Swarovski

    Huawei P30 Pro Hadirkan Warna Baru dan Case Glamor Swarovski

    Warna Mystic Blue resmi menjadi anggota baru dari keluarga Huawei P30 Pro di Indonesia. Sebelumnya, hanya ada dua pilihan warna P30 Pro yang dijual di Indonesia, yakni Breathing Crystal, dan Aurora. Pada ajang IFA 2019, di Berlin, Jerman bulan kemarin, Huawei memperkenalkan dua varian baru P30 Pro, yaitu Misty Lavender dan Mystic Blue. Untuk market […]
  • OPPO Luncurkan Aplikasi Be A Greater You

    OPPO Luncurkan Aplikasi Be A Greater You

    OPPO dan Disney Pixar’s kembali meluncurkan kerja sama strategis melalui sebuah aplikasi yang bernama Be A Greater You. Peluncuran ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi antara OPPO dan Disney Pixar’s yang sebelumnya terwujud melalui perangkat OPPO A92 Disney and Pixar’s Toy Story Edition Special Bundling dan Enco W11 Disney and Pixar’s Toy Story Edition. “Kerja sama […]
  • Bazaar Akhir Tahun, Saat Tepat untuk Cuci Gudang

    Bazaar Akhir Tahun, Saat Tepat untuk Cuci Gudang

    Akhir tahun bisa berarti dua hal: mengamburkan duit atau justru kesempatan menjaring rezeki. Jika Anda tipe pengusaha, tentu pilihan Anda yang kedua. Di akhir tahun, banyak program bazar yang bisa Anda manfaatkan untuk meraup fulus. Nah, bazar semacam itu bisa jadi peluang bagi mereka yang ingin mendapat uang tambahan di akhir tahun. Mereka yang ingin […]
  • Belanja Busana, Makan Siang Sambil Mendengarkan Live Music, Bisa Dilakukan Semua di Griya CIMB Niaga 2

    Belanja Busana, Makan Siang Sambil Mendengarkan Live Music, Bisa Dilakukan Semua di Griya CIMB Niaga 2

    Orang bilang, sambil menyelam minum air. Nah ini bisa Anda lakukan di Griya CIMB Niaga 2. Bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan di sekitar area Bintaro, sedang ada bazaar busana di area lobby Griya CIMB Niaga 2. ​ Bazaar yang berlangsung dari tanggal 27 Maret – 7 April, mulai pukul 08.00-18.00 ini menggelar berbagai busana […]

Tinggalkan Balasan