Berbagai Pilihan Kuliner Solo dan Indonesia di Caos Dahar

Solo tidak hanya identik dengan batiknya. Di kota yang terkenal dengan julukan “kota yang tidak pernah tidur” ini juga terkenal sebagai gudangnya kuliner lezat. Berbagai makanan minuman maupun jajanan yang khas dapat dengan mudah dijumpai di Solo. Anda akan dimanjakan oleh keanekaragaman makanan yang tersebar di berbagai sudut kota ini, yang menyajikan cita rasa khas dan eksotis yang langka dijumpai di tempat lain.

Di Bintaro, walaupun tidak begitu banyak, ada beberapa lokasi yang menyajikan menu-menu kuliner asal Solo. Namun sayangnya, kalaupun menyajikan kuliner Solo, pilihan menunya tidak banyak. Kabar baiknya, sekarang Anda bisa menemukan tempat makan yang menyajikan menu-menu khas Solo yang lengkap karena pilihan menunya yang cukup banyak.Dimana itu? Yuk kita simak.

Resto Caos Dahar yang berlokasi di Lobby Graha Hero, CBD Bintaro Sektor 7 ini menyajikan berbagai pilihan menu khas Solo yang beragam. Tidak hanya kuliner-kuliner Solo saja, melainkan juga kuliner Jawa dan kuliner nusantara tersedia di sini. Tidak tanggung-tanggung, ada lebih dari 100 menu tersedia siap untuk Anda pilih. Walaupun pilihan menunya beragam, namun menu khas Solo menjadi menu-menu andalannya.

caos_dahar_info_bintaro_1

Kata Caos Dahar berasal dari bahasa Jawa “Kromo Inggil”, yang berarti “memberi/menyajikan makan.” Di dalam kebudayaan Jawa, Caos Dahar biasanya disiapkan untuk menyajikan makanan kepada orang-orang yang disegani atau dihormati. Inilah yang menjadi harapan dari Caos Dahar untuk menyediakan beragam kuliner tradisional Solo dan Jawa dengan harga yang terjangkau.

Berawal dari hobi blusukan berbagai kuliner lezat di berbagai daerah di Indonesia, dengan berbekal resep warisan turun temurun dari Solo, berdirilah Resto Caos Dahar pada tahun 2013. Kota Wisata Cibubur dipilih sebagai lokasi gerai pertamanya. Ternyata sambutan pelanggan-pelanggannya di sini sangat baik, sehingga dalam waktu yang tidak begitu lama gerai kedua di foodcourt Block Booster Cibubur pun dibuka, menyusul kemudian gerai ketiga di foodcourt Giant Jati Asih.

Wilayah Bintaro pun dipilih sebagai gerai ke-4, dengan pertimbangan banyaknya kaum urban yang bermukim di Bintaro yang menyukai kuliner tradisional Jawa. Ternyata pihak Hero-Giant menyambut baik pembukaan gerai baru ini dengan memberikan lokasi yang cukup nyaman, di area samping lobby Graha Hero. Pada tanggal 15 Januari 2017, Caos Dahar pun resmi beroperasi bersamaan dengan mulai beroperasinya ‘sister resto’ dari Caos Dahar, Xiang Mee yang menyajikan menu-menu peranakan. Kedua resto ini menempati bangunan yang sama dengan tidak ada pembedaan lokasi, sehingga pengunjung pun dapat memesan berbagai menu chinese food dengan menu tradisional Jawa.

Interiornya bernuansa Jawa dengan kursi kayu khas Jawa berwarna coklat tua. Langit-langitnya dihiasi dengan lampu-lampu gantung bernuansa tradisional jawa, sedangkan lantainya keramik bermotif batik. Daya tampungnya cukup besar, untuk indoor, yang merupakaan non smoking room, dapat menampung sampai dengan 100 orang, sedangkan bagian outdoor bisa menampung sekitar 50 orang. Di Caos Dahar tersedia free wifi bagi pengunjung yang ingin mengakses internet.

Sesuai dengan tagline-nya: Menu Lengkap Rasa Mantap, Caos Dahar menyajikan pilihan menu tradisional Solo dan Jawa yang beragam. Ada 14 menu favorit khas Solo yang mesti Anda coba, seperti Lontong Solo, Timlo Solo, Selat Solo, Ayam Goreng Kremes Caos Dahar yang dapat dipesan per 1 ekor ayam atau per potong, Iga Penyet, Lele Bumbu Rujak, dll. Kategori menunya juga sangat beragam, seperti Menu Penyetan, Menu Racikan Khas Solo, Menu Kambing, Menu Nasi Goreng, Menu Sop, Olahan Gurame, Nila, Udang, Dori, dll.

Selesai bersantap, Anda juga bisa menikmati beragam cemilan, seperti Ande Ande Lumut, Pisang Coklat Lumer, Tahu/Tempe Goreng, Bakwan Jagung sampai dengan Karak Ndeso, alias Peyek Kacang. Untuk menemani acara santap Anda, berbagai jenis minuman tersedia, dari minuman standar, seperti teh tawar, es teh manis, samapi dengan minuman unik yang menyegarkan, seperti Es Jalamos (Jahe Salam Laos), Es Gula Asem/Kunyit Asem, Es Belimbing Wuluh. Bahkan Es Bumi Hangus :), yang dapat membumihanguskan rasa dahaga Anda.Bagi Anda yang penasaran, Es Bumi Hangus ini terbuat dari Potongan roti tawar, cincau hitam, kacang merah dalam seduhan coklat bubuk dan susu coklat, ditambah es serut dan biji selasih. O ya, berbagai pilihan jus juga tersedia.

caos_dahar_info_bintaro_2

Jam buka Caos Dahar dari Seni-Jumat, pukul 07.00-21.00, untuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, Caos Dahar buka dari pukul 09.00-21.00.

Caos Dahar menerima pesanan dalam jumlah besar untuk berbagai keperluan seperti katering, nasi box, arisan, dll. Khusus untuk arisan, tersedia paket khusus untuk 10 orang atau kelipatannya. Pesanan nasi tumpeng pun dapat dilayani. Untuk minimum order pesanan dalam jumlah besar ini adalah 50 orang dan pengorderan dilakukan selambat-lambatnya H-3, sedangkan khusus untuk nasi tumpeng H-2.

Saat ini pemesanan bisa dilakukan secara langsung ke nomor 021 – 2986 4941. Caos Dahar sedang dalam taraf proses kerjasama dengan GoFood untuk pemesanan menu.

Instagram :@caos.dahar
Facebook : Caos Dahar

 

(ES)

Leave a Comment