Berbagai Pilihan Kue Kualitas Premium di Dapur UQ

Menjalankan usaha kuliner yang mengedepankan kualitas memang tidaklah mudah. Godaan untuk melakukan kompromi dengan keinginan pasar demi meraih keuntungan besar dalam waktu singkat seringkali menggoda seseorang yang ujung-ujungnya mengorbankan kualitas. Kalau sudah begini kepercayaan pelanggan akan hilang, bahkan mungkin akan menjadi bumerang yang berujung kebangkrutan.

dapur_uq_logo_info_bintaroMenyadari bahwa kepercayaan pelanggan sangat penting. Luki Akbar dalam membangun Dapur UQ, suatu usaha kuliner yang fokus dengan memproduksi dan memasarkan berbagai macam kue, sangat mengutamakan kualitas dari kue-kue yang diproduksinya. Uki panggilan akrabnya, sangat menyadari kualitas dari kue-kue yang diproduksinya sangat bergantung pada kualitas bahan-bahan yang digunakan. Untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tentu saja harganya tidak murah, yang akan berpengaruh pada harga jualnya.

Namun Uki yang memiliki passion dalam kuliner percaya bahwa masih banyak orang yang lebih memilih kualitas ketimbang harga murah namun dengan rasa yang ‘murahan’. Baginya, membuat kue-kue tidak sekedar mengejar keuntungan belaka, namun memiliki nilai seni, manakala pelanggan-pelanggannya merasa puas, itulah kepuasan batinnya.

Dengan berjalannya waktu, ternyata apa yang menjadi prinsipnya terbukti benar. Pelanggan-pelanggannya tidak pernah merasa kecewa memesan kue-kue dari Dapur UQ. Bahkan tidak sedikit dari antara pelanggan-pelanggannya merekomendasikan kepada orang lain yang akhirnya malah menjadi pelanggan barunya. Uki sering mendapat testimoni positif dari pemesan kue-kuenya melalui whatsapp atau SMS.

Dapur UQ memproduksi bermacam-macam jenis kue. Jenis kue-kuenya merupakan kue-kue barat, baik kue
basah maupun kue kering. Salah satu yang menjadi andalannya adalah Baked Potato with 3 Cheese yang merupakan kue dari resep yang dikembangkannya. Ide awal dari kue ini berawal dari keinginannya untuk membekali anaknya dengan kue-kue saat berangkat sekolah. Kue yang dibuatnya pada waktu itu adalah kentang yang diisi dengan daging. Betul-betul kentang bulat yang dilubangi dan diisi daging.

Ternyata teman-teman anaknya di sekolah juga menyukai kue kreasinya, bahkan ada yang mengorder melalui anaknya. Dari situ Uki berpikir untuk memodifikasi kue kentang isi daging itu dengan kentang yang digiling, akhirnya terciptalah Baked Potato 3 Cheese. Bahan-bahan yang digunakan untuk kue ini merupakan bahan-bahan terbaik dengan 3 jenis keju : parmesan, mozzarella dan cheddar. Sebetulnya bisa saja ia menggunakan 1 jenis keju saja, namun ia ingin memberikan rasa yang unik terhadap kue buatannya.

dapur_uq_info_bintaro_1
Baked Potato 3 Cheese

Talenta Uki dalam memasak muncul dari ketidaksengajaan. Ia berkisah, satu waktu di masa kecilnya ia sangat ingin makan satu jenis kue. Saat ia meminta kepada kakaknya yang pintar memasak untuk dibuatkan kue itu, kakaknya malah memberikan resep cara membuat kue itu dan mengatakan, membuat kue itu sulit sehingga ia memberikan resep itu kepada Uki kecil untuk membuatnya. Karena Uki sangat ingin makan kue itu, akhirnya ia mencoba juga untuk membuatnya dengan banyak bertanya kepada ibunya. Akhirnya kue itu pun jadi dan ia menanyakan kepada kakaknya bagaimana rasa kue buatannya. Di luar dugaan kakaknya mengatakan kue buatannya enak. Sejak itu Uki terus belajar membuat berbagai kue sampai ia dewasa.

Setelah ia bekerja sebagai karyawan di berbagai perusahaan besar, hobinya dalam memasak terus berlanjut. Kesukaannya dalam memasak lebih ditujukan agar anak semata wayangnya tidak jajan sembarangan dengan membekali kue-kue buatannya saat berangkat sekolah. Setelah bekerja sekitar 20 tahun dengan jabatan terakhirnya General Manager, Uki memutuskan mengajukan pensiun dini supaya memiliki waktu lebih banyak bagi anaknya. Itulah saat ia mulai mengembangkan usaha kulinernya yang diberi nama Dapur UQ sampai sekarang.

Disamping mengasah kemampuannya memasak dengan belajar dari pengalaman, Uki pun mengikuti berbagai kursus masak dan sekolah memasak. Dari pendidikan formal itu, Uki mendapat berbagai pengetahuan yang tidak diperolehnya dari pengalaman semata. Misalnya, ia diajarkan saat akan mengubah suatu resep, ia harus menghitung dulu kalori dari perubahan resep yang akan dilakukannya, sehingga ia sudah bisa mengetahui bahan-bahan yang harus dikurangi/ditambah atau diganti. Semuanya terukur, bukan cuma mengandalkan feeling.

dapur_uq_info_bintaro_2
Lapis Surabaya Cake dengan Topping Coklat

Dalam memasarkan kue-kue buatannya, Uki mengandalkan penjualan dari mulut ke mulut dan Instagram. Dimulai dari orang-orang yang dikenalnya, seperti mantan bos atau teman-temannya, lama kelamaan pelanggannya makin berkembang. Berbagai permintaan ia dapatkan setelah kuenya direferensikan oleh kenalannya kepada orang lain. Selain itu penggunaan Instagram dirasakan membantunya untuk lebih memperluas penjualannya.

Uki sangat menjaga kepuasan pelanggannya, ia tidak mau menerima suatu pesanan sekalipun nilainya besar, kalau lokasi pemesan tidak terjangkau oleh layanan Gojek, misalnya di luar kota, karena ia tidak ingin kue pesanannya diterima dalam kondisi rusak. Pengecualiannya, jika pelanggannya membawa sendiri kue pesanannya (hand carry). Jika pelanggannya menerima kue pesanannya dalam keadaan rusak, maka ia tidak segan untuk mengganti kue tersebut tanpa membebankan biaya apa pun kepada pelanggannya. Dalam memenuhi selera dari pelanggannya, Uki sangat akomodatif untuk memenuhi permintaan sesuai selera, misalnya pelanggannya ingin kue pesanannya tidak terlalu manis, maka Luki akan menyesuaikan resepnya sesuai keinginan pelanggan.

Tidak hanya mampu membuat berbagai kue dengan kualitas premium, Uki pun siap melayani permintaan berbagai masakan seperti nasi tumpeng, rendang, dimsum, sampai makanan khas satu daerah seperti Arsik dari Sumatera Utara.

Kami pun mengakhiri pembicaraan kami, dengan mencoba beberap kue yang diproduksi Dapur UQ…hemmm memang leker…kami menggumam…memang kualitas tidak bisa bohong….

Untuk pemesanan, Anda dapat menghubungi 0816 1603 124 / 0821 1019 4788. Instagram @dapur.uq

Dapur UQ adalah anggota dari Komunitas Juragan Kuliner (JK). Baca juga Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan)

Berbagai pilihan produk Dapur UQ

[huge_it_slider id=”7″]

 

(ES)

 

 

Leave a Reply