Berbagai Menu Mandailing di Resto Ketabo

Berwisata kuliner di Bintaro seakan tidak ada habisnya. Berbagai masakan bisa dijumpai di Bintaro, dari masakan berbagai daerah sampai dengan menu-menu mancanegara bisa ditemui di berbagai sudut Bintaro. Salah satu masakan daerah yang cukup langka ditemui namun bisa kita temukan di Bintaro adalah masakan Mandailing. 
Jika kita mendengar nama Mandailing, mungkin kita lantas membayangkan kopi yang terkenal dari Mandailing. Ternyata Mandailing memiliki berbagai menu masakan khas.

Resto Ketabo terletak di Pasar Modern Bintaro. Lokasinya terletak di sebelah Pintu Selatan 1, tepatnya di Blok RC 03. Resto Ketabo mulai buka dari September 2016. Buka setiap hari dari pukul 08.00-20.00, kecuali hari Senin Resto Ketabo libur.
Berbagai menu Mandailing tersedia di sini. Sebagian menu memiliki kesamaan dengan menu khas Batak Toba, tidaklah mengherankan karena Mandailing merupakan salah satu kategori suku Batak. Namun karena mayoritas masyarakat di Mandailing muslim, menu-menu masakan Mandailing adalah menu-menu yang halal.


Berbagai menu khas Tapanuli menjadi andalan di Resto Ketabo, seperti Ayam Tombur, Ikan Mas Arsik, Ikan Sale baik bumbu Tombur maupun Gule. Pengunjung dapat memilih lauk tersendiri yang belum dilengkapi nasi, atau Paket Nasi yang sudah berisi nasi, lauk dan sayur. Untuk Paket Nasi ini sudah dilengkapi dengan 2 jenis sambal yang dapat dipilih kombinasinya. Ada 3 jenis sambal, yaitu Sambal Tuk Tuk, Sambal Tombur dan Sambal Rebon (udang). Bagi yang suka pedas sebaiknya memilih Sambal Tuk Tuk, sedangkan yang lebih suka sambal yang tidak terlalu pedas, dapat memilih Sambal Tombur atau Sambal Rebon. Sambal Tombur merupakan sambal yang dominan rasa kunyitnya sehingga rasanya tidak terlalu pedas, dengan beberapa cempoka (leunca kalau di Jawa Barat). Untuk Sambal Tuk Tuk, aroma kecombrang terasa segar.

Jangan lupa mencoba Daun Singkong Tumbuk yang merupakan menu khas Tapanuli. Dengan kuah santan yang kental, Daun Singkong Tumbuk ini yang ditumbuk kasar sangat nikmat disantap dengan Teri Kacang yang disebut juga dengan Teri Ceria. Entah kenapa dinamakan Teri Ceria.

Disamping Ayam Tombur, yang merupakan ayam goreng dengan bumbu khusus (Tombur), menu andalan tentu saja Ikan Mas Arsik. Ikan Mas Arsik dengan berbagai bumbu yang dimasak cukup lama, sangat segar dirasakan. Rasanya asam segar. Banyak orang yang baru mencoba Ikan Mas Arsik langsung menyukainya. Biasanya kita bisa mendapatkan Ikan Mas Arsik pada acara-acara seperti pernikahan. Biasanya disajikan kepada seseorang yang dihormati (pihak keluarga wanita pada tradisi Batak).


Untuk pemesanan, Anda dapat menghubungi 021 – 745 2316 atau 0811 915 730.
(ES)

Leave a Comment