Berbagai Alternatif Lokasi Kegiatan Outbond di Tangerang Selatan

Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Para peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental, serta langsung merasakan sukses dan gagal dalam pelaksanaan tugas.

Outbound juga bermanfaat sebagai sarana yang dapat meningkatkan kebersamaan dan kekompakan team (team building). Selain mengembangkan kemampuan apresiasi atau kreativitas dan penghargaan terhadap perbedaan dalam sebuah kelompok juga memberikan kontribusi memupuk jiwa kepemimpinan, kemandirian, keberanian, percaya diri, tanggung jawab dan empati yang merupakan nilai dasar yang harus dimiliki setiap orang.

Menjamurnya berbagai kegiatan outbond yang dilakukan berbagai perusahaan, instansi pemerintah, sekolah, maupun komunitas pada saat ini membutuhkan alternatif-alternatif lokasi untuk melaksanakan kegiatan outbond. Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ternyata memiliki lokasi-lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengadakan kegiatan outbond. Tidak perlu jauh-jauh dan mengalami kemacetan parah dan menghabiskan biaya yang besar. Simak beberapa alternatif lokasi kegiatan outbond berikut ini.

Taman Wisata Situ Gintung

Lokasi outbond yang satu ini terletak di area Taman Wisata Situ Gintung, Jl. Pisangan Raya No. 20 RT 03/09, Cirendeu Ciputat, Tangerang Selatan yang berdekatan dengan lokasi Danau Situ Gintung. Lokasinya cukup gampang diakses, tidak jauh dari Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Area outbondnya berada berdekatan dengan kolam renang yang merupakan fasilitas utama di sini. Fasilitas outbondnya cukup lengkap dan tertata rapi.

Taman Wisata Situ Gintung menawarkan paket kegiatan outbond yang dinamakan Zona Petualang yang terdiri dari 2 paket program, Kids Adventure dan Adult Adventure. Biaya penggunaan fasilitas ini adalah Rp. 55.000/orang untuk anak-anak dan Rp. 60.000 untuk dewasa. Jenis-jenis tantangan yang tersedia seperti Jembatan Goyang, Halang Rintang, Flag of Glory, Ilusi Gravitasi, Jembatan Gantung dan Flying Fox. Biaya-biaya tadi sudah meliputi Ice Breaking, Games, guide + facilitator, games master, snack dan fasilitas klinik termasuk asuransi. Jumlah peserta minimal untuk memesan paket outbond di sini minimal 20 orang. Namun sebaiknya jumlah peserta yang mengikuti outbond tidak terlalu banyak, karena lokasi outbondnya tidak begitu besar.

outbond_taman_wisata_pulau_info_bintaro

Untuk reservasi dilakukan dengan menghubungi 021 – 9250 0708 atau 0813 14142369 atau email : zonapetualang@gmail.com.

Kandank Jurank Doank

Sebetulnya Kandank Jurank Doank merupakan sekolah alam yang dibangun oleh selebritis dan seniman Dik Doank untuk berbagi berbagai pengetahuan secara gratis kepada masyarakat umum. Kandank Jurank Doank membuka fasilitas outbond di lokasinya yang memiliki luas 2 hektar ini dengan tujuan untuk menunjang operasional sekolah alamnya. Lokasinya terletak Komplek Pondok Sawah Indah (Alvita) Blok Q No. 14, Kampung Sawah Ciputat, Tangerang Selatan tidak begitu jauh dari Kampus Universitas Pembangunan Jaya.

Ada 5 paket outbond yang ditawarkan Kandank Jurank Doank. Kegiatan-kegiatan outbond yang disediakan di paket outbondnya sangat menarik, karena membuat peserta bisa berinteraksi langsung dengan alam, seperti menanam padi, memandikan kerbau, menangkap ikan, maupun berbagai jenis aktivitas olah raga team building seperti Tangga Monyet, Flying Fox, Perahu Kampret, Menggapai Tali dan Fun Games. Tarif yang ditawarkan berkisar dari Rp. 110 ribu – Rp. 135 ribu per orang. Namun harga-harga ini sudah meliputi MC, sound system, trainer dan snack selama 4-5 jam. Jumlah peserta untuk mengambil paket outbond di sini terdiri dari 2 kategori jumlah peserta, yaitu maksimum 30 dan 50 orang.

Yang istimewa dari paket outbond Kandank Jurank Doank, hari itu menjadi hari khusus rombongan yang mengambil paket outbond pada hari itu. Jadi waktunya tidak berbarengan dengan rombongan outbond lain seperti yang sering terjadi di beberapa lokasi outbond.

outbond_kandank_jurank_doank_info_bintaro

Untuk reservasi dapat dilakukan dengan menghubungi  021 – 7463 1934, atau email : kjd.office@gmail.com. Selain itu pemesanan paket outbond dapat dilakukan melalui Blibli.com. Yang perlu diperhatikan bagi rombongan yang menggunakan bus, mengingat jalan akses menuju Kandank Jurank Doank cukup sempit karena terletak di komplek perumahan, disarankan untuk tidak menggunakan bus yang berukuran besar.

Hutan Kota Tanah Tingal

Sebagai lokasi kegiatan outbond, Hutan Kota Tanah Tingal sangat ideal karena memiliki berbagai variasi bentang alam, seperti sungai, danau, hutan maupun sawah di lokasinya yang luasnya 10 hektar. Karena luasnya ini kita masih bisa mendengar suara burung di pepohonan serta mencium bau khas pepohonan hutan. Udaranya pun sejuk karena banyaknya pepohonan besar yang sudah tumbuh cukup lama.

Hutan Kota Tanah Tingal berlokasi di Jl. Merpati Raya No. 32, Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan. Untuk mengaksesnya bisa menggunakan mobil dan sepeda motor dan juga kereta.

Berbagai kegiatan outbond tersedia seperti memanen padi di sawah, belajar berkebun anggrek, bercocok tanaman pangan seperti padi, jagung, singkong, dan sayur mayur, flying fox, bermain kayak (canoing), panjat dinding, meniti jembatan tali dan pamper pole. Namun kegiatan-kegiatan ini hanya bisa dilakukan bila datang bersama rombongan, minimal 50 orang. Hutan Kota Tanah Tingal juga menyediakan fasilitas camping ground bagi rombongan peserta yang ingin merasakan keasrian alam.

outbond_tanah_tingal_info_bintaro

Untuk melakukan reservasi bisa dilakukan dengan menghubungi  021 – 7409 454, 7409 429 atau fax. : 021 – 7412 912.

Lubana Sengkol

Sejatinya Lubana Sengkol merupakan lokasi pemancingan yang kemudian dikembangkan juga fasilitas pondok makan dan fasilitas untuk melakukan kegiatan outbond karena memiliki tempat yang cukup luas yaitu 6 hektar dan tertata apik. Berlokasi di dekat anak Sungai Cisadane, Lubana Sengkol memang ideal untuk melaksanakan kegiatan outbond yang berhubungan dengan air.

Lubana Sengkol berlokasi di Jl. Baru Hutama Karya KM. 1.5, Kampung Sengkol Muncul, Setu, Tangerang Selatan. Untuk mengaksesnya bisa dilakukan melalui Jalan tol Jakarta Serpong dengan keluar di exit Rawa Buntu BSD dengan mengambil arah ke Parung/Gunung Sindur.

Fasilitas outbond yang tersedia di Lubana Sengkol bermacam-macam, dari mulai berbagai jenis permainan khas outbond seperti flying fox, highropes bridge, wall climbing, ropeling, paintball maupun olah raga seperti kano, bebek gowes sampai dengan menanam padi, bercocok tanam sampai menangkap ikan dan bercocok tanam. Tersedia juga camping ground bagi peserta rombongan yang ingin melakukan aktivitas camping dan sekaligus outbond.

Berbagai fasilitas outbond ini bisa dimanfaatkan oleh rombongan dengan minimum peserta 30 orang.

outbond_lubana_sengkol_info_bintaro

Untuk melakukan reservasi bisa dilakukan melalui hotline 24 jam : (021) 4464 7743 , 4628 9685, fax : (021) 7587 9963, atau email : info@lubanasengkoloutbound.com

 

(ES)

Leave a Comment