Pendidikan

Belajar Teknologi Berbasis Proses di DIGIKIDZ Bintaro

Di era globalisasi seperti saat ini di mana semua negara berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan, penguasaan teknologi merupakan kunci keunggulan suatu bangsa. Tanpa adanya kemampuan penguasaan teknologi dan melakukan inovasi, suatu bangsa hanya akan menjadi konsumen dari berbagai produk teknologi negara lain. Namun, untuk mampu menguasai teknologi tidaklah mudah, diperlukan pendidikan yang berfokus pada teknologi, sarana dan sistem yang memadai, serta komitmen dari semua pihak untuk bekerjasama membangun kultur inovatif dari anak-anak bangsa.

Untuk memiliki generasi yang  menguasai teknologi  diperlukan proses yang panjang yang dimulai sejak usia dini. Sedari muda, anak-anak perlu diperkenalkan dengan teknologi dan memahaminya dan diharapkan akan timbul inovasi-inovasi. Untuk sampai kepada tahap inovasi, proses menjadi sangat penting. Di Indonesia banyak institusi pendidikan yang berfokus pada teknologi, berbagai sumber pembelajaran tentang teknologi pun bisa ditemukan dengan mudah di mana-mana. Namun kebanyakan hanya memfokuskan pada upaya untuk memahami teknologi, sementara inovasi sendiri sering terabaikan. Tidak heran, pada akhirnya sesorang hanya sampai pada taraf konsumen teknologi yang sebatas mampu menguasai berbagai teknologi dari negara lain.

Beruntunglah pada saat ini masih ada institusi-institusi yang peduli terhadap pentingnya inovasi. Salah satunya adalah DIGIKIDZ. Di lembaga pendidikan ekstra kurikuler bagi anak-anak dan remaja ini, siswa diajarkan proses-proses dalam memahami, menguasai dan melakukan inovasi teknologi dengan ‘tools’ komputer berbasis multimedia. Info Bintaro berkesempatan melihat proses belajar mengajar pada salah satu cabang DIGIKIDZ di Bintaro. Mari kita simak proses belajar di DIGIKIDZ yang mengedepankan proses.

Berlokasi di Komplek Ruko Victorian Blok BB 11, Bintaro Sektor 3A, sebelumnya DIGIKIDZ Bintaro lokasinya berada di Ruko Graha Marcella dekat Bintaro Plaza. Sejak tahun 2013, Digikidz Bintaro pindah ke lokasi yang ditempati sekarang. Jam operasinya, Senin pukul 09.00 – 18.00, Selasa – Jumat pukul 10.00 – 18.00, dan Sabtu pukul 08.00 – 15.00.

Seperti juga dengan DIGIKIDZ di tempat lain, DIGIKIDZ Bintaro memiliki 9 program belajar yang berbasis teknologi dan kreativitas, yaitu Multimedia, Game Development, Animation, Robotkidz, Elmo (Elektronika Modern), Coding, iPad dan Art Factory. Ada sekitar 80 siswa yang terdaftar, dari mulai tingkat Kindy (usia 5 – 6 tahun), Junior (7 – 9 tahun), Teenager (10 – 15 tahun), dan Rockstar (usia 16 – 18 tahun).

Verra Adeyanti, staf  DIGIKIDZ Bintaro menjelaskan, “Proses belajar di  DIGIKIDZ mengacu pada tahapan-tahapan pembelajaran yang telah disusun dalam kurikulum. Keunikan kurikulum di DIGIKIDZ adalah penekanan dari setiap proses, siswa akan diajak untuk memahami satu hal, membuat penyelesaian, mempresentasikan dan mengembangkan ide-ide baru.” Verra memberikan contoh proses belajar pada tingkat Little Engineer (5 – 7 tahun) yang termasuk pada program Robotkidz. Proses belajarnya dibagi menjadi 4 proses, yaitu Connect, Construct, Contemplate, dan Continue. Pada setiap sesinya keempat proses ini akan selalu diulang, namun dengan contoh problem yang berbeda.

Misalnya problem yang dihadapi 3 orang sahabat, Cathy, Bo, dan Daniel dalam menyelamatkan harta karun yang berada di sebuah kapal yang karam di tengah laut. Pada awal sesi, pengajar akan menunjukkan gambar kartun yang menggambarkan situasi yang terjadi. Pengajar akan menceritakan situasi itu dengan cara yang menarik untuk memperjelas gambar yang ditayangkan dan problem yang dihadapi tiga sahabat ini, yaitu menyelamatkan harta karun dari kapa karam. Siswa akan dibimbing untuk mencari solusi dari problem ini. Bagian ini merupakan bagian dari proses Connect.

Selanjutnya masuk pada proses Construct, di sini pengajar akan memberikan kesempatan pada siswa untuk memberikan ide untuk penyelesaian masalah sekaligus membuat konstruksi alat untuk menyelesaikan problem, misalnya pesawat, rakit, jet ski atau kapal selam. Siswa bebas memilih alat yang akan dibuatnya. Begitu siswa telah menentukan alat yang akan dibuat dilanjutkan dengan pembuatan alat menggunakan lego duplo.

Pada proses Contemplate, pengajar akan mengajak siswa berdiskusi mengenai cara kerja alat, imajinasi cerita, melakukan test model alat yang dibuat apakah cukup kuat atau tidak, termasuk siswa diajak untuk memikirkan kemungkinan jika alat yang digunakan ditambah penumpangnya. Pada proses ini peran dari pengajar hanya memancing ide dari siswa, siswa bisa menceritakan bagaimana cara kerja alat itu dengan imajinasinya.

BACA JUGA  Respon Covid-19, XL Axiata dan Indosat Ikut Gratiskan Kuota Internet untuk Akses Belajar di Aplikasi Ruangguru

Sesi akan berakhir pada proses Continue. Pada proses ini siswa akan diajak mengembangkan ide-ide baru seperti mengubah dan menambah bentuk alat. Pengajar akan menanyakan siswa pemahaman yang diperolehnya dalam hal tema utama pelajaran, kegiatan problem solving yang ditutup dengan siswa menyelesaikan worksheet.

Penguatan pemahaman siswa akan proses problem solving dilakukan dengan pengulangan keempat proses dengan contoh kasus yang berbeda. Satu sesi belajar berlangsung dalam durasi 45 – 60. Setiap bulannya terdiri dari 4 sesi. Dengan mengulang proses yang sama, siswa akan makin terbiasa untuk berpikir runut dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

Pada level yang lebih tinggi, misalnya Basic (usia 8 tahun, terdiri dari Basic 1 dan 2), siswa kembali akan diajak mengikuti proses-proses problem solving, namun dengan penambahan materi baru. Pada Level Basic ditambahkan proses programming dalam siklus belajarnya. Siswa mulai diperkenalkan dengan programming sederhana yang menggunakan gambar-gambar menarik. Pada level ini alat yang dibuat siswa sudah bisa bergerak sesuai dengan pemrograman sederhana yang dibuat. Jika siswa mengikuti seluruh proses belajar yang ada, siswa bisa mencapai level Robot Master (usia 15 – 18 tahun) di mana logika berpikir logis dan semangat inovasi sudah menyatu pada siswa, sehingga mereka bisa menerapkannya dalam pendidikan maupun kehidupan sehari-hari.

“Program belajar di DIGIKIDZ Bintaro akan membuat siswa belajar mengembangkan kreativitasnya dengan cara yang menarik. Siswa akan merasakan belajar sebuah teknologi seperti pembuatan robot bukan sesuatu hal yang terlalu rumit. Sistem yang didesain sedemikian rupa dan cara penyampaian pengajar yang menarik akan membuat siswa betah belajar hal-hal yang terlihat rumit,” Verra menutup penjelasannya.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
DIGIKIDZ Bintaro
Komplek Ruko Victorian Blok BB 11 Bintaro Sektor 3A
Bintaro Jaya, Tangerang Selatan
Telp. : 021 – 73883256
Website : http://digikidz.id
Instagram : @digikidz_id
Facebook : digikidz.indonesia

(ES)

 

Baca Juga

  • TelkomGroup Kembali Gelar Turnamen Bridge Telkom Indonesia Open 2019

    TelkomGroup Kembali Gelar Turnamen Bridge Telkom Indonesia Open 2019

    Direktur Human Capital Manajemen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Edi Witjara bersama Ketua Umum Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB GABSI) Miranda Goeltom membuka secara resmi turnamen bridge terbuka “Telkom Indonesia Open” (TIO) di Auditorium Telkom Landmark Tower, Jakarta, Jumat (15/11). Turnamen yang berlangsung pada 14 – 17 November 2019 ini memperebutkan piala […]
  • Antara Karir dan Rumah Tangga, Mana yang Harus Dipilih?

    Antara Karir dan Rumah Tangga, Mana yang Harus Dipilih?

    Pertanyaan ini sering muncul dalam benak kelompok perempuan urban milenial, baik pada perempuan yang sudah menikah, baru menikah, atau akan memutuskan menikah. Tidak jarang mereka dipusingkan karena merasa ‘terbebani’ untuk memilih antara berkarir dan menapaki jenjang karir yang lebih tinggi, atau harus berkutat dengan urusan rumah tangga. Banyak yang akhirnya memutuskan untuk mencoba menyeimbangkan keduanya, […]
  • Khasiat Sumsum Tulang Sapi Bagi Kesehatan

    Khasiat Sumsum Tulang Sapi Bagi Kesehatan

    Sapi sebagai salah satu hewan ternak memiliki banyak fungsi lainnya. Tidak sedikit bagian tubuh sapi yang dikonsumsi manusia. Di antaranya adalah sumsum tulang belakang sapi. Mari kita simak, kandungan dan manfaatnya apa saja sumsum tulang belakang sapi ini. Kandungan dalam sumsum tulang belakang Lemak – Kandungan lemak yang ada pada sapi potong sangat banyak sekitar […]
  • MW Bootcamp, Membentuk Tubuh Sehat dengan Cara Menyenangkan

    MW Bootcamp, Membentuk Tubuh Sehat dengan Cara Menyenangkan

    Kita sering mendengar orang berkata, “yang penting selalu sehat”. Memang kesehatan menjadi faktor penting dalam kehidupan semua orang. Tercukupinya berbagai kebutuhan jasmani menjadi tidak berarti tanpa diimbangi dengan kesehatan tubuh. Bayangkan, bila ditengah-tengah berbagai kelimpahan kita menderita berbagai penyakit yang menyebabkan kita tidak bisa menikmati semua itu. Salah kunci penting untuk memiliki tubuh yang sehat […]
  • Sate Madura Maknyus di Taman Jajan Bintaro

    Sate Madura Maknyus di Taman Jajan Bintaro

    Siapa sih yang tidak kenal dengan sate ayam khas Madura? Sate ayam yang disajikan dengan bumbu kecap atau bumbu kacang yang makyus? Saat pembantu lagi mudik seperti saat ini, Anda bisa mengajak keluarga untuk menikmati sate di Pondok Sate Madura yang terletak di Taman Jajan Bintaro Sektor 7. Lokasinya tidak jauh dari pintu masuk Taman […]
  • Pengundian Program Telkomsel Siaga Sebar Hepi Periode 1

    Pengundian Program Telkomsel Siaga Sebar Hepi Periode 1

    Telkomsel mengumumkan pemenang program undian Telkomsel Siaga Sebar Hepi periode pertama sebagai apresiasi bagi para pelanggan setia. Pelanggan dengan nomor 0811559XXX dari Samarinda keluar sebagai pemenang hadiah utama berupa 1 unit mobil Honda HR-V. Pemenang diumumkan pada acara pengundian yang dilakukan di Telkomsel Smart Office, Jakarta. Vice President High Value Customer Segment Telkomsel, Riny Novitriyanti […]
  • Samsung Umumkan Pemenang “Best Of 2018” Galaxy Apps Awards

    Samsung Umumkan Pemenang “Best Of 2018” Galaxy Apps Awards

    Samsung Electronics America, Inc. mengumumkan “Best of 2018” Galaxy Apps Awards yang pertama, memberikan pengakuan pada para kreator di balik aplikasi paling inovatif dan populer di Galaxy Apps Store. Di panggung Samsung Developer Conference, pemenang dari lima kategori menerima penghargaan ini dalam upacara penganugerahan khusus. Melalui “Best of 2018” Awards, Samsung menghargai kreator independen unggul […]
  • Gojek Dukung Para Pahlawan Tenaga Kesehatan di Garis Depan Covid-19

    Gojek Dukung Para Pahlawan Tenaga Kesehatan di Garis Depan Covid-19

    Komitmen Gojek mendukung ujung tombak tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda terdepan pada masa pandemi COVID-19 kembali ditunjukkan. Super-app terdepan di Asia Tenggara tersebut, hari ini, mengumumkan inisiatif bantuan mobilisasi bagi tenaga kesehatan. Inisiatif yang dilakukan oleh Gojek ini berupa paket voucher perjalanan dengan GoRide dan GoCar untuk para nakes dari dan ke rumah-rumah sakit rujukan. […]
  • Sedang Mencari Souvenir Untuk Acara Pernikahan? Green Craft & Design Bisa Menjawab Kebutuhan Anda

    Sedang Mencari Souvenir Untuk Acara Pernikahan? Green Craft & Design Bisa Menjawab Kebutuhan Anda

    Dalam sebuah acara pernikahan, fungsi souvenir sangat penting. Souvenir yang diterima setiap undangan yang hadir, menyatakan ucapan terima kasih dari kedua pengantin dan keluarga besarnya untuk kesediaan dari para undangan untuk meluangkan waktu menghadiri acara pernikahan itu. Ada satu kebanggaan bagi pengantin apabila souvenir yang diberikan kepada para undangan berguna dan selalu digunakan. Hal ini juga […]
  • Tips Memilih Taman Bermain Anak

    Tips Memilih Taman Bermain Anak

    Berapa usia putra putri Anda? Bila sudah memasuki usia sekolah, Anda pasti mulai sibuk mencari informasi sekolah terbaik bagi sang buah hati. Mari simak tips cara memilih taman bermain anak dari Ayahbunda.com. Mulai pilih-pilih Taman Bermain yang oke untuk si Batita? Jangan sembarangan memilih Taman Bermain lho. Pilih yang benar-benar sesuai dengan minat dan berkualitas […]
  • Huawei Mendobrak Standar Smartphone dengan Huawei Mate 30 Series

    Huawei Mendobrak Standar Smartphone dengan Huawei Mate 30 Series

    Huawei meluncurkan HUAWEI Mate 30 Series yang menggebrak pasar smartphone di acara peluncuran eksklusif di Munchen. Menentukan standar baru di setiap area, mulai dari desain estetika hingga perangkat keras dan inovasi perangkat lunak, HUAWEI Mate 30 Series merupakan smartphone pertama dengan 5G generasi kedua dan puncak dari perkembangan teknologi mobile. Memanfaatkan keahlian Huawei dalam teknologi […]
  • Di Bulan Kasih Sayang, Female Sebarkan Virus #Whereloveison

    Di Bulan Kasih Sayang, Female Sebarkan Virus #Whereloveison

    Memasuki bulan Februari yang lekat dengan momentum hari kasih sayang,  97,9 Female Radio menyuarakan #WhereLoveIsOn – sebuah ajakan kepada setiap orang untuk mencintai hidup lebih dari sebelumnya dan menebar cinta kepada sesama. Wujud dari ajakan tersebut, salah satunya adalah mengajak para orang tua, khususnya pendengar Female Radio untuk menuangkan rasa cinta dan kasihnya kepada sang […]
  • Foto : Kemeriahan Kartini Vaganza KB – TK Pembangunan Jaya di Puri Bintaro

    Foto : Kemeriahan Kartini Vaganza KB – TK Pembangunan Jaya di Puri Bintaro

    Untuk memeriahkan Hari Kartini, KB – Tk Pembangunan Jaya bekerjasama dengan RW. 09 Puri Bintaro mengadakan kegiatan Kartini Vaganza. Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu, 21 April 2018 dari mulai pukul 07.30 – 11.00 ini berlangsung di samping danau Puri Bintaro. Sejak pagi telah terlihat keramaian warga Puri Bintaro yang mendatangi lokasi acara dengan para […]
  • Zhongan dan Grab Bentuk Joint Venture untuk Ciptakan Marketplace Asuransi Digital di Asia Tenggara

    Zhongan dan Grab Bentuk Joint Venture untuk Ciptakan Marketplace Asuransi Digital di Asia Tenggara

      ZhongAn Online P&C Insurance Co., Ltd., penjamin asuransi berbasis Internet pertama di Tiongkok, hari ini mengumumkan bahwa anak perusahaan mereka, ZhongAn Technologies International Group Limited, dan Grab Holdings Inc., online-to-offline mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, akan menjalin kerja sama dengan membentuk joint venture (‘JV”) untuk memasuki sektor bisnis distribusi asuransi digital di Asia […]
  • Mengenal Batik Etnik Tangerang Selatan: Batik Ethnic Sekar Purnama

    Mengenal Batik Etnik Tangerang Selatan: Batik Ethnic Sekar Purnama

    Batik telah menjadi kekayaan budaya Bangsa Indonesia yang diakui dunia. Batik telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia dari Indonesia. Sejarah panjang keberadaan batik di Indonesia serta pasang surut perkembangannya hingga saat ini memberikan bukti bahwa batik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan bangsa Indonesia sendiri. Wilayah Tangerang Selatan pun memiliki batik-batik khas […]
  • Menggali Ide Event dan Bisnis Pariwisata Siswa-Siswi SMA Melalui Creation 2016 Universitas Prasetiya Mulya

    Menggali Ide Event dan Bisnis Pariwisata Siswa-Siswi SMA Melalui Creation 2016 Universitas Prasetiya Mulya

    Siswa-siswi SMA merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki peran penting bagi kemajuan bangsa karena mereka akan segera memasuki jenjang pendidikan tinggi. Untuk itu mereka perlu dipersiapkan untuk memiliki cara berpikir kreatif sehingga diharapkan mereka dapat berkontribusi kepada masyarakat sesuai bidang keahlian yang dipilihnya. Untuk membuka wawasan dari siswa-siswi SMA mengenai dunia event dan pariswisata, Universita […]
  • DBS Tayangkan Sparks Musim Kedua

    DBS Tayangkan Sparks Musim Kedua

    Sejalan dengan komitmennya untuk meningkatkan agenda pembangunan berkelanjutan sebagai fokus dan tujuan bank, Bank DBS menayangkan musim kedua SPARKS, sebuah serial mini yang telah berhasil menyabet penghargaan. Bertemakan “Everyday Heroes for a Better World” (Pahlawan dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Menjadikan Dunia Lebih Baik), yang diilhami oleh kisah nyata, tiga episode pertama musim ini mengisahkan sekelompok […]
  • SPIL Bersama LinkAja Hadirkan Program Benefit Pelanggan dan Karyawan

    SPIL Bersama LinkAja Hadirkan Program Benefit Pelanggan dan Karyawan

    Era digitalisasi menuntut para pelaku usaha untuk terus berinovasi dalam meningkatkan performa perusahaan di tengah persaingan pasar, baik dari segi kualitas pelayanan untuk pelanggan, ekspansi pasar, ataupun berbagai program tunjangan insentif bagi karyawannya. Termasuk di dalamnya inovasi dalam menjalin kerja sama strategis, seperti yang dilakukan PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) dengan LinkAja. Bentuk kerja […]
  • Wisata Kuliner Sambil Menikmati Suasana Alam di Pasar Tahura

    Wisata Kuliner Sambil Menikmati Suasana Alam di Pasar Tahura

    Siang itu terdengar teriakan beberapa anak-anak yang sedang mandi di bawah air terjun, ditingkahi suara gemericik air, sementara beberapa puluh meter dari situ terlihat beberapa keluarga sedang menikmati santapan di meja dan kursi kayu. Semilir angin yang berhembus di sela-sela kerindangan pohon membuat siang yang terik itu tidak terasa gerah. Itulah suasana di Pasar Tahura, […]
  • Sasa Mendobrak Pasar MSG dengan Menghadirkan Konser Micin Social Gang

    Sasa Mendobrak Pasar MSG dengan Menghadirkan Konser Micin Social Gang

    Di tahun 2020 ini, Sasa MSG yang merupakan produk pertama PT Sasa Inti (Sasa) dan telah menjadi salah satu merek penyedap masakan lokal yang memimpin pasar Indonesia kembali mempublikasikan MSG dengan tema baru yang mendobrak stigma mengenai MSG melalui pesan yang positif bahwa MSG aman dikonsumsi karena terbuat dari fermentasi tetes tebu pilihan. Salah satu […]