Belajar Teknik Angkat Beban Secara Benar Untuk Meningkatkan Kebugaran : MW Bootcamp BSD

Pada umumnya wanita sangat menghindari olah raga yang sifatnya mengangkat beban. Dalam pandangan masyarakat, mengangkat beban merupakan olah raga yang kurang baik bagi wanita karena bisa membentuk otot tangan dan kaki menjadi besar. Padahal umumnya wanita berolahraga selain untuk kebugaran juga untuk mendapatkan bentuk tubuh yang indah. Namun berbeda dengan MW Bootcamp, mengangkat beban merupakan salah satu bentuk latihan yang baik bagi kebugaran, sekaligus dapat  membentuk keindahan tubuh.

MW Bootcamp yang merupakan singkatan dari Mighty Warriors Bootcamp merupakan komunitas fitness outdor (baca juga : MW Bootcamp, Membentuk Tubuh Sehat dengan Cara Menyenangkan). Ketimbang menggunakan berbagai alat-alat fitness yang berharga mahal, MW Bootcamp menggunakan metode latihan yang terprogram tanpa menggunakan alat, kalaupun menggunakan alat, MW Bootcamp menggunakan berbagai peralatan yang murah dan mudah diperoleh di mana-mana. Salah satunya adalah karung pasir !!!

Salah satu cabang dari MW Bootcamp, adalah di Primavera, Foresta BSD. MW Bootcamp di BSD ini memiliki jadwal latihan setiap hari Senin, mulai pukul 08.00. Lokasinya mengambil tempat di cluster Primavera, Foresta BSD City. MW Bootcamp Primavera BSD ini memiliki member yang rutin berlatih sekitar 30-an orang, mayoritas adalah wanita. Berbagai latar belakang profesi dari para membernya, dari mulai mahasiswi, ibu rumah tangga sampai dengan wirausaha.

Seperti pada olah raga apa pun, latihan di MW Bootcamp dimulai dengan pemanasan (warming up). Diawali dengan lari kecil ala MW Bootcamp (Warrior Run) selama 10 menit untuk mempersiapkan kondisi fisik para peserta. Usai melakukan Warrior Run,  sesi latihan dilanjutkan dengan Dynamic Stretching.

Berbagai gerakan yang memaksimalkan fungsi tangan dan kaki dilakukan selama 10 menit. Faktor dari tempat latihan yang berada di alam terbuka, ditambah dengan matahari yang mulai terik, membuat sebagian peserta mulai menunjukkan kelelahan. Namun latihan yang dilakukan secara santai dan menyenangkan oleh coach Mike Brumby membuat peserta tetap bersemangat mengikuti setiap gerakan yang dicontohkan oleh Mike.

Setelah sesi pemanasan, latihan pun berlanjut pada latihan utama. Program pada hari itu adalah berlatih mengangkat beban. Sebelumnya, Mike dan pihak MW Bootcamp telah menyiapkan pikulan kayu yang diikat dengan karung berisi pasir pada kedua ujungnya. Berat masing-masing karung ini kurang lebih 3 kg. Cukup unik melihat alat sederhana yang digunakan.

Sebelum memulai latihan, Mike menjelaskan teknik yang akan dilatih pada sesi kali itu. Sesi latihan hari itu menggunakan berbagai teknik yang umum digunakan pada olah raga angkat besi, seperti Back Squat, Bicep Curls, Hip Thrusted, Dead Lift, Overhead Press, Clean, Squat Press dan Overhead Walk. Tidak hanya itu, Mike pun menjelaskan hal-hal mendasar seperti cara memegang tongkat kayu, posisi kaki saat mengambil ancang-ancang , saat mengangkat barbel pasir dan saat menurunkan barbel. Hal ini menjadi penting, karena walaupun beban yang diangkat tidak seberapa berat, namun kesalahan dalam teknik mengangkat bisa menyebabkan cidera.

Usai berlatih mengangkat beban dengan posisi di tempat, peserta pun diminta untuk mengangkat barbel pasir kemudian berlari dan berbalik arah , sampai dengan menurunkan barbel pasir ke tanah. Variasi latihan, seperti mengangkat barbel berulang kali, berlari, mengangkat barbel kembali berulang kali dilakukan peserta.

Latihan hari itu pun berakhir menjelang pukul 10.00 karena matahari sudah meninggi. Sampai ketemu lagi pada sesi latihan berikutnya.

Tertarik untuk bergabung? Add atau follow saja Facebook dan Instagram MW Bootcamp atau langsung ke salah satu coach-nya, Mike Brumby (Facebook dan Instagram). Atau bisa juga dengan mengontak melalui telp/WA ke nomor 0812 8948 1777.

 

(ES)

Leave a Comment