Belajar Fotografi dengan Kamera HP Bersama Dik Doank

Pada hari Minggu, 11 September 2016, Kandank Jurank Doank mengadakan acara yang bertajuk Belajar Fotografi Menggunakan Kamera Hp. Acara yang menampilkan Dik Doank sebagai pembicara sekaligus pengarah acara ini bertujuan untuk membuka wawasan bahwa kita bisa membuat foto-foto yang berkualitas walaupun menggunakan kamera Hp. Acara ini juga diisi oleh penampilan dari grup band asal Tasikmalaya yang sedang naik daun, Melodrama.

belajar_fotografi_kandank_jurank_doank_info_bintaro

Acara dimulai pada pukul 09.30 yang dibuka oleh Dik Doank. Dik Doank menyampaikan, kita sebetulnya memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan foto-foto berkualitas bahkan mendatangkan uang dengan menggunakan kamera Hp.

Setelah Dik Doank menyampaikan motivasi-motivasi kepada peserta, peserta diberikan tugas untuk mengambil 3 foto secara bebas menggunakan kamera Hp masing-masing. 3 foto tersebut mewakili 3 obyek, yaitu foto panorama, yang menggambarkan pemandangan yang ada di Kandank Jurank Doank, foto sepeda motor dari Komunitas Motor Modif dan foto dari model. Foto-foto itu kemudian harus diupload ke nomor WA salah satu satf Kandank Jurank Doank, untuk nantinya di-review di sesi terakhir.

Semua peserta sangat antusias mengambil foto dari obyek-obyek yang sudah ditentukan. Bahkan karena semangatnya, saat mengambil foto dengan obyek sepeda motor, beberapa peserta ada yang sampai tiarap di rumput untuk mengambil angle yang dirasakannya menarik.

belajar_fotografi_kandank_jurank_doank_info_bintaro_1

Saat mengambil foto dari model kembali terlihat semangat peserta. Model yang dimaksud disini adalah beberapa staf Kandank Jurank Doank yang berpose a la model.

Setelah sesi pengambilan foto, peserta pun diajak ke studio Kandank Jurank Doank di lantai 2 salah satu bangunan untuk menikmati penampilan dari Melodrama. Melodrama terdiri dari Abe pada vokal dan gitar, Pupung pada gitar, Hilman pada synthesizer, Jay pada drum dan perkusi, serta Rangga pada additional bass. Mereka adalah band akustik dnegan sentuhan folk dan British pop.

Didahului perkenalan dan tanya jawab oleh peserta kepada nggota Melodrama, kemudian Melodrama melantunkan 5 buah lagu secara apik. Kombinasi petikan gitar dari Abe dan Pupung memukau peserta yang sebagian berkategori remaja. Sebagai lagu pamungkas adalah sebuah lagu yang berasal dari single terbarunya yang berjudul Pungguk Merindu.

belajar_fotografi_kandank_jurank_doank_info_bintaro_2

Setelah pemberian kenang-kenangan dari Kandank Jurank Doank kepada Melodrama yang diberikan langsung oleh Dik Doank, tibalah saat yang ditunggu-tunggu peserta yaitu penilaian terhadap hasil foto-foto peserta. Sebelumnya Dik Doank menjelaskan ada 3 hal yang harus diperhatikan untuk menghasilkan foto-foto berkualitas dengan menggunakan kamera Hp, yaitu:

  • Adanya penyederhanaan, artinya kita harus menentukan bagian obyek yang akan difoto, bagian mana yang dapat mewakili keseluruhan dari obyek tersebut. Kita tidak perlu mengambil foto dari keseluruhan obyek yang justru malah membuat foto tersebut tidak ‘berbicara’. Dengan mengambil bagian tertentu dari obyek, kita justru akan membuat orang yang melihat foto tersebut menjadi berpikir. Itulah yang bisa membuat foto tersebut menarik.
  • Selectice Focus. Foto yang baik harus menonjolkan obyek utamanya. Jangan membuat kehadiran obyek utama menjadi tidak jelas, dengan kehadiran obyek-obyek lain yang tidak penting. Satu contoh dari membuat suatu obyek menjadi fokus adalah mendekatkan kamera Hp ke obyek, sehingga benda-benda lain di sekitarnya menjadi kabur.
  • Artistik. Foto yang baik harus menonjolkan sisi keindahan dari obyek yang difoto. Untuk membuat suatu foto menjadi indah caranya bermacam-macam, misalnya dengan pengambilan angle, arah cahaya dan kesesuaian dengan obyeknya.

belajar_fotografi_kandank_jurank_doank_info_bintaro_4

Setelah pemaparannya, Dik melanjutkan dengan review foto-foto peserta yang telah dikirimkan sebelumnya. Masing-masing foto dikomentari secara singkat oleh Dik dengan memberikan koreksi dan saran perbaikan untuk foto-foto yang dinilai kurang baik. Sedangkan untuk foto-foto yang sudah baik, Dik memberikan pujian.

Pada pukul 13.00, keseluruhan acara pun berakhir. Tak lupa Dik Doank menyampaikan undangan kepada peserta untuk menghadiri acara-acara Kandank Jurank Doank berikutnya.

 

(ES)

 

Leave a Comment