Batibul House, Menikmati Sate Khas Tegal Dengan Suasana Kafe

Biasanya sate identik dengan jualan di gerobak atau warung makan sederhana di pinggir jalan. Demikian juga dengan sate Tegal, walaupun sate Tegal sudah sangat terkenal, namun kalau kita ingin menikmatinya kita harus siap dengan tempat dan berbagai hal, yang walaupun sepele, namun bisa sangat berpengaruh dengan selera makan bagi sebagian orang. Ambil contoh, mungkin Anda akan menemukan gelas minum yang retak atau berwarna kehitaman, atau kursi plastik yang kondisinya mengkuatirkan untuk diduduki.

Situasi inilah yang kerap ditemukan oleh Dini Nugroho, seorang wanita yang berasal dari Tegal. Dini yang kerap makan sate Tegal untuk mengobati kerinduannya dengan kota asalnya, sering menemukan situasi yang ‘seadanya’ saat ia bersantap. Walaupun ia mengakui rasa sate yang disantapnya enak, namun tak urung pemandangan seadanya cukup mengganggu juga. Sehingga akhirnya ia berpikir untuk mengembangkan bisnis kuliner sate Tegal dengan suasana yang berbeda.

Dipilihlah lokasi di Pasar Segar Graha Raya RB-1 No. 5 yang sekarang ditempati oleh Batibul House, nama gerai kuliner yang dibangunnya. Dini memilih nama Batibul House – Sate Tegal, untuk memberikan kesan gerainya merupakan tempat yang nyaman untuk menyantap sate Tegal serta berbagai menu lainnya. Batibul merupakan singkatan dari Bawah Tiga Bulan yang menjadi keunggulan dari Batibul House karena hanya menggunakan daging kambing yang masih muda.

sate_batibul_info_bintaro_2

Batibul House mulai buka sejak 10 Agustus 2016. Sebelumnya Batibul House pernah buka di Bintaro 9 Walk. Setelah pusat jajan berpindah dari Bintaro 9 Walk ke Taman Jajan Bintaro, dipilihlah Pasar Segar Graha Raya sebagai lokasi barunya. Tempat baru ini kemudian dikembangkan sebagai tempat makan yang ‘cozy’, pelayanan yang bagus serta tempat yang bersih.

Dini berupaya Batibul House tidak hanya menjadi sekedar tempat makan, namun menjadi tempat yang menyenangkan untuk kongkow. Karena itulah Batibul House bekerja sama dengan Laku Kopi, sebuah cafe yang menyajikan minuman kopi, sehingga pengunjung dapat menikmati berbagai menu Batibul House sambil minum kopi. Pengunjung juga dapat bebas untuk memilih apakah ia akan kongkow di Batibul House atau di Laku Kopi.

Selain tempat yang nyaman, Dini pun fokus untuk menyediakan menu-menu yang berkualitas. Sebagai contoh, ia hanya menggunakan daging kambing yang didatangkan langsung dari Tegal. Dini menjelaskan ada perbedaan dari kualitas daging kambing asal Tegal dengan daging kambing yang berasal dari lokasi sekitar. “Peternakan kambing di Tegal menggunakan makanan yang khusus bagi ternak-ternaknya, seperti rumput yang baik, menggunakan vitamin dan nutrisi-nutrisi yang disiapkan khusus sebagai asupan.” Hal ini terlihat dari kelembutan dagingnya, “Dari yang pernah saya rasakan, daging kambing asal Tegal lebih lembut.” sambung Dini. Daging kambing dari Batibul House merupakan daging dari kambing yang masih muda dan segar. Contoh lainnya adalah kecap, kecap yang digunakan merupakan kecap produksi Tegal.

sate_batibul_info_bintaro_3

Menu utama dari Batibul House tentu saja Sate Kambing yang menjadi favorit dari pengunjung. Pilihan yang tersedia untuk Sate Kambing adalah daging semua, atau campur antara daging, usus, kulit dan ati-ampla. Standarnya bumbu sate yang digunakan adalah bumbu kecap, namun pengunjung juga dapat memesan Sate Kambing bumbu kacang. Selain Sate Kambing, menu favorit lainnya adalah Tongseng Kambing. Bagi anak-anak, Sate Ayam merupakan pilihan favorit. Pilhan menu-menu lainnya seperti Ayam Bakar, Gulai Kambing, Sop Kambing, Tongseng Ayam dan Nasi Goreng Kambing.

Sesuai namanya, Batibul, menu-menu yang menggunakan kambing di Batibul House sangat lembut, tidak ada bau khas kambing. Hal ini menunjukkan Batibul House mengolah daging kambing sedemikian rupa, atau dalam istilah umum : pintar mengolah daging kambingnya. Rasa gurih dari daging kambingnya menunjukkan bumbu-bumbu yang digunakan cukup meresap ke dalam dagingnya. Rasa gurih ini juga bisa kita rasakan saat menikmati Tongseng Kambing. Pekatnya bumbu yang digunakan membuat menu satu ini berbeda, tidak heran Tongseng Kambing ini menjadi favorit pengunjung.

Sambil bersantap jangan lupa menikmati Teh Poci dengan gula batu. Keharuman melati teh asal Tegal ini sangat nikmat diminum saat masih panas dan menjadi pencuci mulut setelah bersantap. Saat ini Batibul House memiliki promo dimana pengunjung bisa mendapatkan Teh Poci atau dessert gratis bila mengambil foto yang ada unsur Batibul House-nya dan mempostingnya di Instagram dengan memberikan tag @batibulhouse

sate_batibul_info_bintaro_1

Bagi pelanggan yang memiliki acara di rumah seperti arisan, ulang tahun, dll, Batibul House melayani panggilan ke tempat dengan jumlah minimum 50 porsi. Pesanan untuk layanan panggilan di tempat ini harus dilakukan minimal 3 hari sebelumnya.

Untuk pemesanan dapat menghubungi 0813 1941 0798 atau direct message ke Instagram @batibulhouse atau Facebook : Batibul House.

 

(ES)

Leave a Reply