Berita Utama

Bank DBS Indonesia Berkolaborasi dengan Blibli.com Hadirkan Diskusi Daring bagi Pelaku Usaha

Sebagai salah satu kontributor Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di Indonesia, usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki andil dalam menentukan kondisi ekonomi Indonesia terlebih di tengah pandemi Covid-19. Melihat hal tersebut, Bank DBS Indonesia sebagai institusi perbankan dengan wawasan bisnis dan industri terdepan, berkolaborasi dengan BliBli.com  untuk memberikan wawasan bagi merchant partner BliBli.com dan pelaku usaha lainnya melalui sesi talkshow bertemakan “What Business Can Do and Adapting with this New Normal”. Hal ini merupakan wujud dari komitmen Bank DBS Indonesia dalam memajukan industri UKM Indonesia.

Dewi Meisari, founder ukmindonesia.id memaparkan tentang besarnya peluang dan dukungan kebijakan bagi UKM di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, turut hadir Maynard Priajaya Arif, VP Group Research DBS Bank Ltd yang memberikan pemaparan mengenai tinjauan ekonomi di tengah Covid-19 dan paparan prediksi pasca Covid-19.

Berdasarkan hasil survey cepat ukmindonesia.id terhadap lebih dari 230 anggotanya pada Maret 2020, lebih dari 70% UKM, merasakan imbas turunnya omset bisnis secara drastis bahkan berdampak negatif. Penjualan produk yang mengalami kenaikan adalah produk herbal, buah, makanan beku (frozen food), yang semuanya berasal dari transaksi online. “Di era digital seperti saat ini, keterampilan memasarkan produk secara online menjadi salah satu kunci dalam menjalankan bisnis. Berdasarkan data Menkominfo tahun 2019 terdapat sekitar 20% pelaku UKM yang memasarkan produknya secara daring,” jelas Dewi

Dewi juga memaparkan beberapa strategi bagi pelaku usaha untuk dapat bersaing dengan pasar. Pertama melakukan penghematan: melakukan musyawarah dengan pegawai mengenai pengurangan gaji sementara waktu, dan dikompensasi dengan penurunan beban kerja (salah satunya dengan menurunkan jam kerja), kedua mengakses program pemerintah yang dapat membantu menurunkan beban biaya (misalnya cicilan pinjaman, listrik, BPJS, pajak, dan lain-lain), ketiga, membidik peluang lain yang ada di depan mata – shifting sementara –  selama dapat mendatangkan arus pendapatan (contoh, coffee shop, bisa shifting berbisnis buah atau frozen food atau jahe merah, kedua proaktif menggali informasi (browsing, bergabung komunitas, dan lain-lain), keempat, gunakan waktu untuk sebanyak-banyaknya belajar dan membenahi usaha (contoh: memperbaiki logo, belajar memasarkan secara daring lebih baik lagi, mencari peluang memasarkan melalui e-commerce, mengikuti berbagai pelatihan daring, dan benahi keuangan).

Tinjauan Ekonomi

Dalam tinjauan ekonomi, Maynard memberikan pemaparan, Covid-19 akan memberikan dampak secara luas terhadap pertumbuhan ekonomi global. Jika melihat perekonomian di negara-negara ASEAN secara keseluruhan di tahun 2020, pertumbuhannya melambat bahkan untuk beberapa negara akan negatif. Apabila melihat sisi positif data pertumbuhan Indonesia dibanding ASEAN, pertumbuhannya cenderung lebih resilien. Berdasarkan forecast dari Group Research DBS pertumbuhan Indonesia saat ini sekitar 1 -1,3%, walaupun sedikit di bawah asumsi pemerintah tapi paling tidak pertumbuhannya masih positif.

Setelah krisis tahun 1998, krisis-krisis yang terjadi dampaknya masih bersifat lokal misalnya krisis Dot.com tahun 2001 di Amerika, dan krisis finansial di tahun 2008 yang menyebabkan beberapa bank juga collapse, berdampak di negara-negara maju tapi tidak berdampak terlalu signifikan bagi Indonesia, karena perekonomian domestik tetap jalan.

Namun, Covid-19 ini berbeda, penyebarannya yang merata ke seluruh dunia dan angka kematian cukup tinggi, membuat dampaknya lebih besar dari krisis yang pernah terjadi sebelumnya. Selain itu, adanya usaha pemerintah di berbagai negara untuk menekan angka penyebaran Covid-19 ini dengan melakukan kebijakan yang berdampak besar ke ekonomi dan sektor lainnya. Salah satunya sektor Transportasi dan Pariwisata.

Lantas berapa lama hal ini akan terjadi? Kasus pertama di Indonesia diumumkan pada awal Maret lalu dan angkanya masih naik hingga saat ini. Yang menjadi pertanyaan, apakah puncaknya akan terjadi di kuartal kedua atau masih akan berlanjut di kuartal ketiga? Untuk asumsi saat ini, harapannya adalah kuartal kedua merupakan puncaknya dan setelah Juni nanti akan ada perbaikan.

Trend kurva Covid-19 di beberapa negara, yang paling bagus saat ini adalah di Cina dan Korea, kasusnya sudah menurun dan hampir tidak ada kasus baru, serta perekonomian di Cina perlahan mulai bergerak kembali. Belajar dari Cina, dibutuhkan waktu hingga empat bulan menuju fase tersebut. Harapannya, Indonesia di bulan Juli nanti dapat memasuki fase recovery, dan angka penyebaran pandemi bisa terus dikontrol serta diharapkan  terlihat adanya perbaikan.

Maynard juga menyebutkan jika melihat dari sisi makro ekonomi dampak Covid-19 di Indonesia sudah mulai terasa di kuartal pertama. Berdasarkan data yang diumumkan pemerintah, di kuartal pertama pertumbuhan PDB kita turun hanya sekitar 2,97% dan jika melihat di lima tahun terakhir  ini adalah pertumbuhan perekonomian yang paling lambat untuk Indonesia bahkan di sepuluh tahun terakhir setelah krisis global tahun 2010.

Yang harus diperhatikan, jika melihat karakteristik perekonomian di Indonesia, sektor konsumsi merupakan kontributor terbesar (sekitar setengah dari PDB). Untuk menghindari dampak negatif yang lebih dalam, pemerintah berupaya menjaga kestabilan sektor konsumsi tersebut dengan memberikan berbagi stimulus.

Indonesia Outlook – DBS Forecast

Melihat pertumbuhan PDB saat ini, apabila di kuartal ketiga di bulan Juli, asumsi aturan Penetapan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberhentikan dan tidak ada gelombang kedua dari pandemi baru, maka pertumbuhan ekonomi bisa mulai bangkit. Namun, Maynard menambahkan, Indonesia harus bersiap menghadapi skenario terburuk, seperti yang sebelumnya disampaikan oleh Menteri Keuangan. Untuk skenario yang sangat berat pertumbuhan PDB dapat mencapai -0.4% dan nilai tukar rupiah bisa melambung hingga Rp20.000.

Ada dua faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut dapat terjadi, yang pertama terjadi gelombang kedua pandemi di semester kedua, dan faktor kedua adalah kebijakan-kebijakan pemerintah serta bank sentral global yang tidak mampu diimplementasikan secara menyeluruh. Untuk membaca riset-riset dari tim Group Research Regional Bank DBS, silakan kunjungi https://www.dbs.id/id/treasures/aics/home.page

Pasca Covid-19

Ada tiga hal yang harus diperhatikan dari sisi konsumen, pertama bahwa pasca pandemi kondisi perekonomian masih lemah dan konsumen masih akan fokus menjaga cash flow dan pengeluaran. Dampaknya, mereka akan mencari harga barang yang lebih murah. Yang kedua bagaimana konsumen akan lebih selektif dan para pelaku bisnis harus siap dengan perubahan perilaku konsumen. Yang ketiga, konsumen akan lebih memilih produk lokal. Hal  ini akan menjadi peluang besar bagi UKM Indonesia.

Semua pelaku usaha akan  berusaha memasarkan produknya secara daring, dan kompetisi akan semakin ketat, karena pasca Covid-19 tren belanja secara daring akan meningkat. Bersiap dengan strategi bisnis untuk me-retain pelanggan dengan berbagai macam program. Tetap mempersiapkan beberapa produk retail offline. Kedepannya kanal online dan offline bisa dikembangkan bersama karena beberapa produk masih penting secara offline, jadi dipersiapkan strategi untuk mendapatkan dampak yang positif bersamaan.

Memanfaatkan layanan perbankan

Para pelaku usaha dituntut harus mampu memanfaatkan layanan perbankan online secara optimal. Tidak sedikit perbankan yang menawarkan layanan semacam ini yang akan memudahkan para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya.

Bank DBS Indonesia memiliki layanan perbankan digital bagi kebutuhan transaksi personal yaitu digibank by DBS dan korporasi yaitu DBS IDEAL. Layanan ini mungkinkan nasabah korporasi mengakses layanan perbankan selama 24 jam seperti mengecek rekening, status keuangan hingga menyetujui transaksi keuangan berikutnya kapan saja selama 24 jam dan dari mana saja. Kemudahan lainnya adalah menciptakan transparansi pada arus keuangan pribadi dan bisnis, dan melakukan integrasi pada sistem.

Sebagai lembaga keuangan, Bank DBS Indonesia menjalankan praktis bisnis dan perbankan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, dengan menyediakan layanan perbankan yang mendukung dan memudahkan para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Melalui layanan digibank by DBS untuk kebutuhan transaksi pribadi  dan  DBS IDEAL untuk pelaku usaha dapat mengatur keuangan perusahaan dari rumah sehingga bisnis lancar dan produktif.

(BON)

 

Baca Juga

  • Ragam Keunggulan All New Aerox 155 Connected hingga Layak Menyandang Predikat The Best Sporty Scooter

    Ragam Keunggulan All New Aerox 155 Connected hingga Layak Menyandang Predikat The Best Sporty Scooter

    All New Aerox 155 Connected telah resmi menyapa konsumen Indonesia dengan membawa sejumlah ubahan dari generasi sebelumnya. Sentuhan peningkatan dilakukan di berbagai sektor mulai dari desain, fitur, maupun performa untuk menghadirkan karakter Sporty Scooter yang kuat agar dapat mendukung aktivitas berkendara bagi mereka yang berjiwa muda. Pembalap muda yang saat ini tengah menjajal All New […]
  • Pasopati Studio Photo, Studionya Orang Bintaro

    Pasopati Studio Photo, Studionya Orang Bintaro

    Seringkali kesuksesan suatu bisnis  justru dimulai dari ketidaksengajaan. Hal inilah yang dialami oleh David Suhim, pendiri dan pemilik Pasopati Studio Photo, saat membangun Pasopati sehingga menjadi salah satu studio photo terkemuka bukan hanya di Bintaro, melainkan juga di Indonesia. Berawal dari ketertarikan David melihat wartawan-wartawan yang kerap datang ke toko kamera tempatnya bekerja di daerah Dharmawangsa, […]
  • Tanggapi Banjir, Vivo Hadirkan Program After-Sales Vivo Peduli

    Tanggapi Banjir, Vivo Hadirkan Program After-Sales Vivo Peduli

    Bencana banjir yang melanda Jabodetabek dan beberapa daerah di Pulau Jawa ikut memberikan kerugian diberbagai sisi bagi masyarakat, termasuk kerusakan perangkat elektronik akibat air/water damage. Memberikan kemudahan bagi pengguna vivo di Indonesia, vivo bersama vivo Service Center menghadirkan program “Vivo Peduli”. Program yang berlaku mulai 1 Maret hingga 30 April 2020 ini mengakomodasi perpanjangan waktu […]
  • Luncurkan Program BirdKirim, Bluebird Perkuat Jangkauan Layanan Pengantaran Logistik

    Luncurkan Program BirdKirim, Bluebird Perkuat Jangkauan Layanan Pengantaran Logistik

    PT Blue Bird Tbk sebagai penyedia transportasi terdepan di Indonesia memperkenalkan program BirdKirim, sebuah program layanan pengantaran logistik sebagai kelanjutan dari program Bluebird COD (Chat-Order-Delivery) yang sebelumnya telah diluncurkan ke konsumen Indonesia beberapa waktu lalu. Melalui program BirdKirim, Bluebird menawarkan opsi tambahan bagi konsumen yang ingin mendapatkan layanan pengantaran logistik dengan melakukan pemesanan melalui aplikasi […]
  • Mengenal Tradisi Pohon Natal Pada Perayaan Natal Umat Kristiani

    Mengenal Tradisi Pohon Natal Pada Perayaan Natal Umat Kristiani

    Kebiasaan memasang pohon Natal sebagai dekorasi dimulai dari Jerman. Pemasangan pohon Natal yang umumnya dari pohon cemara, atau mengadaptasi bentuk pohon cemara, itu dimulai pada abad ke-16. Saat penduduk Jerman menyebar ke berbagai wilayah termasuk Amerika, mereka pun kerap memasang cemara yang tergolong pohon evergreen untuk dekorasi Natal di dalam rumah. Dari catatan yang ada, […]
  • Sssssstttttt…Infonya iPhone 9 Segera Rilis

    Sssssstttttt…Infonya iPhone 9 Segera Rilis

    Dilansir dari laman 9to5Mac, Jumat, 3 April 2020, Apple akan meluncurkan ponsel entry level-nya bukan dengan nama iPhone 9 melainkan iPhone SE. Artinya, ponsel ini akan merujuk pada iPhoe seri SE versi 2020 atau generasi kedua setelah perusahaan telah meluncurkan iPhone SE generasi pertama pada 2016. iPhone 9 digadang-gadang akan menjadi suksesor dari iPhone SE. Berkaitan […]
  • Setelah Huawei P40 Pro, Sebentar Lagi Huawei P40 dan P40 Pro+ Akan Segera Hadir di Indonesia

    Setelah Huawei P40 Pro, Sebentar Lagi Huawei P40 dan P40 Pro+ Akan Segera Hadir di Indonesia

    Sejak pertama kali resmi diperkenalkan pada Maret lalu, Huawei Seri P40 akan semakin lengkap dan segera bisa dimiliki oleh konsumen Indonesia. Bagi yang mengikuti perkembangan inovasi pada produk flagship terbaru dari Huawei pasti sudah tidak asing lagi bahwa HUAWEI P40 Pro+, HUAWEI P40 Pro, dan HUAWEI P40 memiliki desain mutakhir, performa tinggi dengan kemampuan 5G […]
  • Menang Banyak dengan Motor Pilihan Milenial di Era New Normal

    Menang Banyak dengan Motor Pilihan Milenial di Era New Normal

    Memasuki era New Normal, pemilihan sepeda motor yang praktis menjadi prioritas utama dalam mendukung mobilitas. Salah satu sepeda motor yang dikenal dengan fitur dan kepraktisannya adalah Yamaha FreeGo. Salah satu produk Generasi 125 yang mendapat predikat Best Buy Matic (dalam Motor Plus Award 2019) ini semakin banyak menuai testimoni positif dari berbagai kalangan khususnya kaum […]
  • Membuat Anak-Anak Berani ke Dokter, Program Aku Dokter Cilik RS Omni Hospitals Alam Sutera

    Membuat Anak-Anak Berani ke Dokter, Program Aku Dokter Cilik RS Omni Hospitals Alam Sutera

    “Ayo, kalo kamu nakal nanti mama bawa ke dokter, biar kamu nanti disuntik di sana.” Kita sering mendengar orang tua yang menakut-nakuti buah hatinya akan membawa ke dokter jika si anak berbuat kenakalan. Tidak heran, sebagian anak merasakan jika ke dokter adalah salah satu hal yang paling menakutkan. Sayangnya banyak orang tua yang juga tidak […]
  • Pameran Indocraft 2020 Gelar Produk Etnik Milenial Batik dan Craft, Semarak dengan Demo Make Up, Fashion Show dan Workshop

    Pameran Indocraft 2020 Gelar Produk Etnik Milenial Batik dan Craft, Semarak dengan Demo Make Up, Fashion Show dan Workshop

    Memasuki  tahun  penyelenggaraan  yang  ke-17,  INDOCRAFT  2020  kembali  menghadirkan  ragam terbaru  produk-produk  batik  dan  craft,  yang  merupakan  kategori  produk  andalan  ekonomi  kreatif Indonesia.    Di  tengah  maraknya  isu  dunia virus korona,  Pameran  Indocraft  2020  tetap  digelar  sesuai jadwal,  11-15  Maret  di    Cendrawasih  Hall  Jakarta  Convention  Center  (JCC),  demi  memberikan  solusi kepada  para  pecinta  batik  dan  produk  […]
  • Cari Roti Cane di Bintaro? Ke Mie Aceh Benerr Meriaah di Culture Kitchen Saja

    Cari Roti Cane di Bintaro? Ke Mie Aceh Benerr Meriaah di Culture Kitchen Saja

    Roti cane atau canai adalah sejenis roti pipih (flatbread) dengan pengaruh India, yang banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Roti ini bisa ditemukan di gerai mamak di Malaysia atau di rumah makan Aceh di Indonesia. Di Singapura, roti seperti ini dinamai roti prata. Bentuk dan bahannya mirip dengan kerala porotta. Roti ini sangat pipih karena […]
  • Solusi Kebutuhan Internet Simple dan Bebas Khawatir, IM3 Ooredoo Hadirkan Paket Freedom Internet

    Solusi Kebutuhan Internet Simple dan Bebas Khawatir, IM3 Ooredoo Hadirkan Paket Freedom Internet

    Sejalan dengan visi menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Indosat Ooredoo melalui IM3 Ooredoo menghadirkan keseruan internetan terbaru dengan meluncurkan paket Freedom Internet. Paket ini sejalan dengan D strategi LEAD, yaitu mendapatkan kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan dengan harga dan kualitas yang sepadan. Dengan peluncuran paket ini, IM3 Ooredoo menjawab semua keluh kesah pelanggan […]
  • Foto : Muncak Teropong Laut, Obyek Wisata Tempat Menikmati Pemandangan Laut Teluk Lampung yang Sayang Dilewatkan

    Foto : Muncak Teropong Laut, Obyek Wisata Tempat Menikmati Pemandangan Laut Teluk Lampung yang Sayang Dilewatkan

    Bandar Lampung sebagai ibu kota Provinsi Lampung dikenal memiliki berbagai obyek wisata yang berbasis pantai. Lokasinya yang mudah dicapai dari berbagai kota besar seperti Jakarta, Palembang dan Bandung membuat kota ini semakin dilirik sebagai destinasi berlibur  dengan biaya yang relatif murah. Kota yang dijuluki kota seribu bukit ini memiliki berbagai perbukitan yang berbatasan dengan laut. […]
  • Mau Beli Bunga Untuk Kekasih di Hari Valentine?

    Mau Beli Bunga Untuk Kekasih di Hari Valentine?

    Selain coklat, bunga telah menjadi alternatif hadiah terbaik yang biasa diberikan saat perayaan hari kasih sayang atau valentine. Namun ketika datang ke toko bunga, tak jarang para pria bingung untuk memilih bunga valentine. Bunga apa yang paling bagus dan pas diberikan pada pasangannya. Untuk itu, berikut beberapa tips memilih bunga yang pas untuk hari valentine […]
  • Maxstream dan Astro Hadirkan Konten Orisinal “Nawangsih”, Serial Drama Horror Garapan Melly Goeslow

    Maxstream dan Astro Hadirkan Konten Orisinal “Nawangsih”, Serial Drama Horror Garapan Melly Goeslow

    Aplikasi video streaming Telkomsel, MAXstream melalui MAXstream Original kembali menghadirkan konten orisinal dalam upaya meningkatkan pengalaman penggunanya dalam menikmati berbagai konten video. Kali ini MAXstream berkolaborasi bersama Astro memproduksi serial drama horror berjudul “Nawangsih”. Episode 1 dan 2 akan bisa dinikmati mulai tanggal 16 Januari 2019 dan 8 episode berikutnya akan dirilis setiap hari Kamis […]
  • Grab Tingkatkan Standar Keamanan Terpadu untuk Layanan Pesan-Antar Makanan

    Grab Tingkatkan Standar Keamanan Terpadu untuk Layanan Pesan-Antar Makanan

    Ketika masyarakat Indonesia tengah melaksanakan aturan untuk menjaga jarak fisik dengan tetap berkegiatan di rumah, seperti yang diamanatkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, Grab berkomitmen untuk terus melayani para pengguna sekaligus melindungi kesejahteraan dan pendapatan mitra pengemudi dan mitra merchant. Grab juga meluncurkan sejumlah langkah pencegahan dan dukungan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan para mitra […]
  • Saus Premium Brenda & Abon Kuah Ikan, Nikmatnya Citarasa Khas Bangka Untuk Berbagai Makanan

    Saus Premium Brenda & Abon Kuah Ikan, Nikmatnya Citarasa Khas Bangka Untuk Berbagai Makanan

    Saus cocolan tidak bisa terpisahkan dari keseharian masyarakat Indonesia, dari sekedar teman makan kerupuk, campuran saat makan mie instan, sampai dengan ayam goreng, saus cocolan mesti ada untuk menambah selera makan kita. Umumnya saus cocolan buatan pabrik menawarkan rasa yang standar yaitu pedas manis asam dengan aroma khas saus. Dari sisi kesehatan, sudah menjadi rahasia umum saus […]
  • Mercedes-Benz Meluncurkan E 300 e EQ Power Sebagai Plug-in Hybrid E-Class Pertama di Indonesia

    Mercedes-Benz Meluncurkan E 300 e EQ Power Sebagai Plug-in Hybrid E-Class Pertama di Indonesia

    Pada ajang GAIKINDO International Auto Show (GIIAS) 2019, yang diselenggarakan pada tanggal 18 Juli hingga 28 Juli 2019 yang lalu Mercedes-Benz memamerkan model plug-in hybrid pertamanya di Indonesia yakni E 300 e EQ Power “Sesuai dengan tema GIIAS 2019 tahun ini “Future in Motion”, MercedesBenz dengan bangga mengumumkan peluncuran perdana new E 300 e EQ […]
  • Huawei Ajak Berbagi Kasih Sayang dengan February in Harmony

    Huawei Ajak Berbagi Kasih Sayang dengan February in Harmony

    Bulan Februari identik dengan bulan kasih sayang. Apakah Anda sedang mencari hadiah untuk orang terdekat yang lebih spesial dari biasanya? Huawei hadir dengan “February in Harmony” yang memberikan beragam penawaran bagi Anda yang ingin memberikan kado spesial di bulan Februari ini. “Ada berbagai cara kita mengungkapkan kasih sayang pada orang-orang terdekat. Memahami hal tersebut, Huawei […]
  • Ekosistem Go-Jek Bantu Majukan Cibadak Culinary Night

    Ekosistem Go-Jek Bantu Majukan Cibadak Culinary Night

    GO-JEK – penyedia layanan on-demand terdepan di Indonesia kembali mengukuhkan komitmen mendukung Bandung Smart City dengan menghadirkan ekosistemnya di Cibadak Culinary Night. Tidak hanya menghadirkan solusi transportasi, GO-JEK juga memperkenalkan solusi pembayaran elektronik dan membantu para pengusaha UMKM di Cibadak untuk memperluas pasar melalui GO-FOOD. Strategic Region Head Jawa Barat dan Banten GO-JEK, Becquini Akbar […]

Tinggalkan Balasan