Berita Utama

Banjir Generasi Milenial, Industri Kreatif Bisa Fenomenal

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) bertekad untuk terus menumbuhkan sektor industri kreatif di dalam negeri. Sebab, selain mendorong peningkatan jumlah wirausaha baru, industri kreatif juga berperan penting dalam memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional.

“Kami secara rutin telah melaksanakan berbagai event untuk memberi ruang bagi pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Salah satunya adalah acara Creative Talk sebagai kick-off dari kegiatan pengembangan kewirausahaan melalui program Creative Business Incubator- Bali Creative Industry Center (BCIC),” kata Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Minggu (14/7).

Melalui kegiatan tersebut, menurut Gati, pihaknya akan membagikan pengetahuan kepada peserta tentang strategi pengembangan usaha, pemasaran produk, dan peningkatan motivasi dalam berwirausaha. Pelaksanaan Creative Talk di Yogyakarta pada Selasa (9/7) lalu, dilakukan bersamaan dengan gelaran Festival Kebudayaan Yogyakarta yang di dalamnya terdapat pasar seni yang diikuti oleh 50 pelaku ekonomi kreatif yang telah dikurasi.

Pada kesempatan itu, kegiatan yang juga diisi dengan talkshow, menghadirkan sejumlah narasumber di bidang industri kreatif, antara lain Founder Spedagi dan Radio Magno Singgih Susilo, Founder Eboni Watch Afidha Fajar, serta Head of Design and Product Development Brodo Footwear Ahmad Kharisma.

Gati berharap, adanya acara tersebut, dapat meningkatkan minat generasi muda atau generasi milenial di Yogyakarta dalam berwirausaha dan semangat untuk terus mengembangkan usahanya. “Apalagi Jogja merupakan salah satu daerah penyumbang PDB ekonomi kreatif yang cukup besar di Indonesia, yaitu mencapai 16,12 persen dari total PDB ekonomi kreatif Indonesia,” ungkapnya.

Pada tahun 2018, industri kreatif mampu memberikan kontribusi signfikan terhadap PDB nasional, dengan diperkirakan mencapai Rp1.000 triliun. Adapun tiga subsektor yang memberikan sumbangsih besar terhadap ekonomi kreatif tersebut, yakni industri kuliner sebesar 41,69 persen, disusul industri fesyen (18,15 persen), dan industri kriya (15,70 persen).

Untuk itu, Dirjen IKMA menambahkan, Kemenperin fokus memacu potensi ekonomi kreatif yang cukup besar tersebut. Langkah strategis ini juga untuk merebut peluang adanya bonus demografi di Indonesia.

“Pada tahun 2030 mendatang, Indonesia akan mengalami bonus demografi, di mana proporsi usia produktif penduduk usia 20-39 tahun diperoyeksi mencapai lebih dari 88 juta jiwa. Sehingga perlu dipersiapkan pengusaha-pengusaha muda yang nantinya bisa mengambil peluang dari bonus demografi itu,” paparnya.

Gati pun menyampaikan, Indonesia adalah negara yang memiliki budaya yang sangat beragam. Hal ini menjadi modal besar dalam pengembangan ekonomi kreatif. Karena itu, Kemenperin mendirikan BCIC pada tahun 2015 lalu, yang berfungsi sebagai wadah bagi para pelaku industri kreatif kriya dan fesyen untuk mengembangkan usahanya.

“Konsepnya di BCIC, yaitu meet-share-collaborate, di mana para pelaku industri bisa bertemu, berbagi pengalaman dan ide kreatif, sehingga pada akhirnya bisa berkolaborasi untuk menciptakan karya bersama,” imbuhnya.

Program Santripreneur

Gati menambahkan, dalam upaya menumbuhkan wiruasaha baru sektor IKM, Kemenperin juga membidik potensinya di lingkungan pondok pesantren. Contohnya, Ditjen IKMA menggelar program Santripreneur di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta, Jawa Barat.

“Pada tahun ini, Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta menjadi salah satu fokus penumbuhan wirausaha industri, di mana potensi yang dimiliki pondok pesantren ini adalah jumlah santrinya lebih dari 4.000 orang dan sudah memiliki berbagai unit bisnis seperti di bidang percetakan, konveksi, peternakan ikan dan pertanian,” ungkapnya.

Gati menjelaskan, program penumbuhan wirausaha baru IKM di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta, diberikan dalam bentuk bimbingan teknis serta fasilitasi mesin dan peralatan produksi roti. Sebanyak 100 peserta mengikuti kegiatan tersebut, yang berasal dari para santri dan pengurus pondok pesantren.

“Kami memfasilitasi mesin dan peralatan produksi roti yang berjumlah 15 jenis, terdiri dari mesin produksi hingga kemasan,” tuturnya. Dirjen IKMA berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan secara baik untuk pengembangan unit bisnis baru di lingkungan pondok pesantren.

Program santripreneur yang dilaksanakan oleh Kemenperin sejak tahun 2013 hingga tahun 2018, telah membina sebanyak 22 pondok pesantren dengan lebih dari 3.000 santri diberikan pelatihan produksi serta motivasi kewirausahaan.

“Cakupan ruang lingkup pembinaan kami di antaranya adalah pelatihan produksi dan bantuan mesin dan peralatan di bidang olahan pangan dan minuman (seperti roti dan kopi), kemudian perbengkelan roda dua, kerajinan boneka dan kain perca, konveksi busana muslim dan seragam, daur ulang sampah, serta produksi pupuk organik cair,” sebut Gati.

Dirjen IKMA menegaskan, pondok pesantren dapat berperan strategis dalam mendukung pertumbuhan industri di Indonesia. Sebab, pondok pesantren memiliki peran sebagai “agent of development” yang sangat penting dan strategis dalam pengembangan sumber daya masyarakat di pedesaan sehingga menjadi sarana yang penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Berdasarkan sensus Kementerian Agama di tahun 2014-2015, jumlah pondok pesantren di Indonesia diperkirakan sebanyak 28.961 yang tersebar di seluruh provinsi dengan total santri sekitar 4.028.660 santri. Dari total 28.961 pondok pesantren, sekitar 23.331 pondok pesantren (80 persen) di antaranya tersebar di empat provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Banten.

“Pondok pesantren memiliki potensi dalam penyediaan sumber daya manusia, yaitu para santri yang berkualitas, ulet, sabar, jujur dan tekun,” ungkap Gati. Pondok pesantren juga memiliki potensi pemberdayaan ekonomi, mengingat sudah banyak pondok pesantren yang mendirikan koperasi, mengembangkan berbagai unit bisnis atau industri berskala kecil dan menengah, dan memiliki inkubator bisnis.

“Dengan jumlah pondok pesantren dan santri yang cukup besar, pondok pesantren memiliki potensi yang strategis untuk mendukung pembangunan ekonomi nasional, salah satunya melalui penumbuhan wirausaha industri baru di lingkungan pondok pesantren,” imbuhnya.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • Magic House : Royal Illusion, Atraksi Seru dan Menegangkan di Dufan Ancol

    Magic House : Royal Illusion, Atraksi Seru dan Menegangkan di Dufan Ancol

    Sepanjang bulan Agustus sampai September 2018 ini ada yang baru di Dunia Fantasi (Dufan) Ancol, Magic House:“Royal Illusion”. Setelah sebelumnya sukses menghadirkan keseruan atraksi magician Denny Darco dan Riana yang mampu menghipnotis pengunjung Dufan, kini kembali menghadirkan atraksi alam bawah sadar tersebut dengan tema yang berbeda dan tentunya lebih seru. Berdurasi 40 menit, pengunjung akan […]
  • First Media Menyediakan Layanan Broadband Internet dan TV Kabel Guna Dukung Produktivitas Peritel & UMKM Indonesia

    First Media Menyediakan Layanan Broadband Internet dan TV Kabel Guna Dukung Produktivitas Peritel & UMKM Indonesia

    PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media, menjalin kemitraan dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dalam penyediaan layanan broadband internet, cable TV, dan periklanan digital untuk peritel & pelaku UMKM Indonesia. Simbolisasi kerja sama dilaksanakan bertepatan dengan rangkaian kegiatan Hari Ritel Nasional (HRN) 2020 yang ditandai penandatanganan MoU oleh Presiden Direktur dan CEO […]
  • Hotel Santika Premiere Bintaro Gelar Simulasi Penanggulangaan Kebakaran dan Evakuasi

    Hotel Santika Premiere Bintaro Gelar Simulasi Penanggulangaan Kebakaran dan Evakuasi

    Proses pengevakuasian tamu terjadi di Hotel Santika Premiere Bintaro setelah mendapat informasi kebakaran yang bersumber dari kamar di lantai 7, pada Kamis, 27 Oktober 2016. Titik api yang berasal dari kamar #724 tersebut tidak berhasil dijinakkan dalam tindakan awal pemadaman oleh tim Kodalsis Hotel Santika Premiere Bintaro, bahkan setelah tim menggunakan hydrant. Segera General Manager […]
  • Solusi Pengobatan Inhalasi : Philips Nebulizer Innospire Essense

    Solusi Pengobatan Inhalasi : Philips Nebulizer Innospire Essense

    Terapi nebulizer merupakan cara pengobatan dengan memberi obat dalam bentuk uap secara langsung pada alat pernafasan menuju paru, yang disebut juga terapi inhalasi. Cara bekerja nebulizer adalah dengan penguapan. Jadi obat-obatannya diracik terlebih sehingga berbentuk cairan, kemudian dimasukan ke tabung nebulizer, dengan pemanasan listrik cairan obat akan berubah menjadi uap yang dihirup dengan masker khusus. Tidak ada […]
  • Konsisten Dukung Industri Clothing Brand Lokal, Telkomsel Kembali Hadirkan Kickfest di Kota Bandung

    Konsisten Dukung Industri Clothing Brand Lokal, Telkomsel Kembali Hadirkan Kickfest di Kota Bandung

    Selama 13 tahun, Telkomsel terus dukung perkembangan industri clothing line dari brand lokal di Indonesia. Dukungan ini dituangkan dalam gelaran Kickfest yang hadir setiap tahun. Di tahun ini Telkomsel Kickfest kembali hadir, dimana akan ada pameran ratusan clothing line dari brand-brand lokal karya anak muda. Selama 4 hari berturut-turut, dari tanggal 31 Oktober – 3 […]
  • DBS Dinobatkan Sebagai Bank Terbaik di Dunia

    DBS Dinobatkan Sebagai Bank Terbaik di Dunia

    Pertama kalinya bagi bank asal Singapura dan Asia, Bank DBS unggul dari bank-bank yang lebih besar dan lebih mapan untuk dinobatkan sebagai Best Bank in The World. Penghargaan tertinggi dan bergengsi ini diberikan kepada DBS oleh Global Finance dalam Penghargaan World’s Best Global Banks 2018. Menerima penghargaan sebagai Best Bank in the World menambah pengakuan […]
  • Lion Air Group Akan Memulai Layanan Penumpang Berjadwal Domestik pada 10 Juni 2020

    Lion Air Group Akan Memulai Layanan Penumpang Berjadwal Domestik pada 10 Juni 2020

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan keterangan terbaru, bahwa rencana memulai operasional penerbangan untuk layanan penumpang berjadwal domestik pada 10 Juni 2020. Sesuai perkembangan bahwa calon penumpang pesawat udara sudah semakin memahami serta akan dapat memenuhi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan untuk […]
  • Honda Raih Podium Perdana pada Seri Kedua F1 Grand Prix Styria

    Honda Raih Podium Perdana pada Seri Kedua F1 Grand Prix Styria

    Max Verstappen berhasil meraih podium perdana pada seri kedua F1 Grand Prix Styria 2020 dengan mengendarai mobil balap Aston Martin Red Bull Racing. Max Verstappen mengawali balap di posisi kedua sedangkan rekan setimnya – Alexander Albon memulai lomba dari posisi keenam. Max terus menjaga posisinya hingga memasuki pit stop begitu juga Alex. Max mengalami sedikit […]
  • Remaja dan Orang Tua: Mari Berkomunikasi

    Remaja dan Orang Tua: Mari Berkomunikasi

    Komunikasi adalah perpindahan informasi yang berarti dari satu pihak ke pihak lain melalui berbagai bentuk, mulai dari komunikasi lisan, tulisan, ekspresi wajah dan bahkan gestur tubuh. Dengan berbicara, mengangguk atau mengernyit saja sudah dapat dikategorikan sebagai berkomunikasi. Namun kegagalan dalam berkomunikasi paling sering terjadi antara remaja dengan orang tuanya sendiri. Sang remaja kadang merasa lebih mudah […]
  • Grand Opening Supermarket Tanaman & Trubus Fresh – Toko Trubus Bintaro

    Grand Opening Supermarket Tanaman & Trubus Fresh – Toko Trubus Bintaro

    Kehadiran Toko Trubus di wilayah Bintaro telah cukup lama, namun kehadirannya selama ini belum banyak diketahui oleh masyarakat. Kalaupun ada sebagian warga yang mengetahui keberadaan Toko Trubus, namun baru sebatas tempat berbelanja bibit tanaman buah. Padahal wilayah Bintaro memiliki potensi besar karena banyak warga yang menanam pohon buah-buahan di halaman rumahnya. Namun terkadang bibit-bibit tanaman tersebut […]
  • 3M Indonesia Tunjuk Presiden Direktur Baru

    3M Indonesia Tunjuk Presiden Direktur Baru

    Pertama kali dalam sejarah 45 tahun, 3M di Indonesia menunjuk orang Indonesia sebagai Presiden Direktur. Sigit Priowaskito ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT 3M Indonesia yang efektif per tanggal 9 Desember 2020. Beliau mengawali karier di 3M sejak tahun 2002 sebagai Finance Counsel and Plant Accounting Manager. Pada tahun 2019 ia diangkat sebagai Manufacturing Supply Chain […]
  • Di Sini Jagonya Sop Ayam : Sop Ayam Jago Klaten

    Di Sini Jagonya Sop Ayam : Sop Ayam Jago Klaten

    Siapa yang tidak tahu dengan sop ayam? Sewaktu kecil kita mungkin akrab dengan sop ayam yang dibuat oleh ibunda untuk membuat kita berselera makan. Sop ayam juga kerap dijadikan menu makan bagi orang yang sakit karena memang sop ayam memiliki nutrisi yang tinggi dan gampang dicerna. Sayangnya, sop ayam sering dianggap sebagai menu rumahan. Alhasil […]
  • Prosperity Shopping Sale Comes Together

    Prosperity Shopping Sale Comes Together

    Membuka rangkaian program awal tahun 2019 yang bertepatan dengan hari raya Imlek, Summarecon Mall Bekasi menghadirkan program belanja dan hiburan yang bertajuk “Prosperity Shopping Sale Comes Together” yang berlangsung mulai 24 Januari – 17 Februari 2019 dan akan diisi dengan sejumlah booth pameran, penampilan artis serta atraksi barongsai yang menarik. Ugi Cahyono selaku Center Director […]
  • Nissan Perkenalkan Grand Livina Special Version

    Nissan Perkenalkan Grand Livina Special Version

    Menyasar kaum urban yang menginginkan kendaraan yang trendi, pada Sabtu, 10 Maret 2018 Nissan meluncurkan Grand Livina Special Version pada acara LivinAlife di Serpong, Tangerang. “Sejak dulu, Grand Livina dikenal oleh keluarga Indonesia sebagai MPV senyaman sedan, kabin yang luas dan tenang, serta atmosfer interior yang premium,” ungkap Eiichi Koito, President Director PT. Nissan Motor […]
  • PlayGame Berkolaborasi dengan The Walt Disney Company Southeast Asia untuk Menghadirkan Rangkaian Game Disney kepada Penggemar di Asia Tenggara

    PlayGame Berkolaborasi dengan The Walt Disney Company Southeast Asia untuk Menghadirkan Rangkaian Game Disney kepada Penggemar di Asia Tenggara

    PlayGame dan The Walt Disney Company Southeast Asia (SEA) mengumumkan kolaborasi selama satu tahun untuk menghadirkan rangkaian game spesial bagi para penggemar di seluruh Asia Tenggara. Deretan game tersebut menampilkan karakter-karakter Disney favorit para penggemar dan dapat dimainkan di direct-to-play platform www.PlayGame.com mulai dari Desember 2018. Anton Soeharyo, CEO of PlayGame dan Je Alipio, Director […]
  • Penuhi Kebutuhan Telekomunikasi, IM3 Ooredoo Zone Hadir di Sepanjang Jalur Mudik

    Penuhi Kebutuhan Telekomunikasi, IM3 Ooredoo Zone Hadir di Sepanjang Jalur Mudik

    Jelang Hari Raya Idul Fitri, IM3 Ooredoo menghadirkan berbagai program menarik untuk para pelanggan yang melakukan mudik ke kampung halaman. Setelah meluncurkan paket New Freedom dengan total kuota internet besar hingga 60GB dan semakin lengkap dengan gratis Nelpon ke semua operator, IM3 Ooredoo juga menghadirkan 20 booth IM3 Ooredoo Zone yang tersebar di sepanjang jalur […]
  • Citilink Sediakan Layanan Rapid Test Gratis Tawarkan Kemudahan bagi Pelanggan

    Citilink Sediakan Layanan Rapid Test Gratis Tawarkan Kemudahan bagi Pelanggan

    Maskapai Citilink bekerja sama dengan jaringan klinik Homecare24 menyediakan layanan khusus gratis Rapid Test COVID-19 bagi pelanggan Citilink yang melakukan pembelian tiket melalui website dan mobile apps Citilink pada periode 5-9 Agustus 2020. “Layanan gratis Rapid Test ini merupakan upaya dan komitmen Citilink dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan bepergian di masa adaptasi kebiasaan […]
  • Telkomsel Ajak Komunitas Gaming Mengharumkan Nama Bangsa di SupergamerFest Awards

    Telkomsel Ajak Komunitas Gaming Mengharumkan Nama Bangsa di SupergamerFest Awards

    Telkomsel mengajak seluruh gamer dan penggemar esports di Indonesia untuk merasakan keseruan dari SuperGamerFest 2020, festival virtual yang digelar khusus bagi pencinta game dan esports di Asia Tenggara. Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh SGF adalah SuperGamerFest Awards, sebuah apresiasi untuk kreator konten gaming dan pelaku esports terbaik di kawasan Asia Tenggara. Seluruh insan […]
  • Biografi Singkat Yap Thiam Hien

    Biografi Singkat Yap Thiam Hien

    Pada hari Rabu, 24 Januari 2018 diselenggarakan penyerahan Yap Thiam Hien Award 2017 kepada Gus Mus, antara lain, dihadiri oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Laode M Syarif, serta perwakilan keluarga Yap Thiam Hien. Simak video penyerahan award tersebut di […]
  • Sekarang Bisa Menikmati Kopi Minahasa di Bintaro

    Sekarang Bisa Menikmati Kopi Minahasa di Bintaro

    Sebagai bangsa Indonesia kita patut bersyukur bahwa bangsa ini diberikan keindahan alam dan kesuburan tanah sehingga beragam tumbuhan subur di tanah air kita termasuk kopi. Beragam kopi nusantara telah menjadi idola saat ini. Salah satu di antaranya adalah kopi Minahasa. Tepatnya disebut Kopi Koya Minahasa. Ini merupakan jenis kopi Arabika yang tumbuh di bukit Masarang, […]

Tinggalkan Balasan