Bakso Tegal, Jagonya Bakso Rawit

Tegal memang identik dengan warteg, warung makan murah yang menyediakan berbagai menu masakan rumahan. Menjamurnya warteg membuat orang seringkali hanya mengenal warteg secara fisik bukan berdasarkan kulinernya. Baru pada belakangan ini mulai muncul berbagai kuliner khas Tegal. Salah satu contohnya adalah Sate Tegal (baca juga : Lembutnya Sate Kambing Muda di Sate Tegal Maklibul dan Batibul House, Menikmati Sate Khas Tegal Dengan Suasana Kafe).

Namun tidak hanya sate, Tegal juga memiliki satu kuliner andalan yaitu Bakso Rawit. Mungkin kita pernah mendengar tentang bakso satu ini yang terkenal akan ‘kemashyuran’ akan pedasnya. Ya, bakso rawit memang  bakso yang berisi cabe rawit yang rasanya cetar membahana. Salah satu gerai yang menyajikan bakso rawit Tegal di Bintaro adalah Bakso Tegal. Yuk kita kunjungi…

Bakso Tegal berlokasi di Pasar Modern Bintaro, untuk mencapai Bakso Tegal paling dekat dari Pintu Utara 2. Bakso Tegal berada di dalam gerai Cafe Tegal yang gerainya memiliki warna merah menyala, berada di Blok KA-155. Dikatakan ‘berada di dalam’ karena Cafe Tegal tidak hanya ditempati oleh Bakso Tegal saja, ada 3 gerai lainnya yang berada di Cafe Tegal, salah satunya adalah Gudeg Jogja Bu Umi.

bakso_tegal_info_bintaro_1

Gerai Bakso Tegal di Pasar Modern ini merupakan salah satu gerai dari Bakso Tegal. Gerai lainnya berada di Jl. Bali Blok N1/30, Nusaloka BSD dan di kantin gedung Badan Pemeriksa Keuangan, Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta. Jam bukanya setiap hari pukul 07.30-16.30.

Bakso Tegal hanya menyediakan menu-menu bakso, pilihannya dibagi 2, yaitu  menu spesial yang merupakan menu andalannya dan menu biasa. Untuk menu spesial ada 3 pilihan, yaitu Bakso Istimewa Rawit, Bakso Istimewa Tegal dan Bakso Istimewa Urat. Spesial karena porsinya yang cukup banyak. Sedangkan menu biasa terdiri dari Bakso Rawit Maknyoss, Bakso Telor Rawit, Bakso Telor, Bakso Urat dan Bakso Halus. Dari informasi pelayannya, yang menjadi favorit adalah Bakso Istimewa Tegal, mungkin karena tidak semua orang bisa memakan makanan yang super pedas.

Bagi penggemar pedas sebaiknya memilih Bakso Istimewa Rawit. Bakso Istimewa Rawit, baksonya berukuran sedang dan jenisnya sama. Masing-masing berisi 2 buah cabe rawit berwarna merah. Sedangkan Bakso Istimewa Tegal, ukuran baksonya bervariasi dan jenisnya ada 3: bakso daging yang berisi 1 cabe rawit, bakso isi telur dan bakso urat serta potongan gajih (lemak). Sedangkan Bakso Istimewa Urat hanya 1 jenis dan 1 ukuran, berisi cabe rawit 1 buah.

Untuk tambahannya, Anda bisa memilih dengan mie kuning saja, bihun saja atau campuran mie kuning dan bihun. Jika Anda tidak memesan secara khusus, maka bakso yang dihidangkan berisi mie kuning dan bihun.

bakso_tegal_info_bintaro
Bakso Istimewa Tegal

Sebelum Anda mencampur dengan kecap atau saos tomat, sebaiknya Anda mencicipi dulu kuahnya yang belum dicampur apapun. Kekhasan Bakso Tegal terletak di kuahnya yang menggunakan kaldu rebusan tulang sapi dengan berbagai bumbu lainnya. Lezatnya Bakso Tegal terletak di kuah kaldunya, itu sebabnya anda perlu mencoba merasakan dulu kuah kaldunya.

Jika sudah siap, barulah Anda siap untuk menyantap lezatnya bakso khas Tegal. Mungkin kita terbiasa mencampurkan saos tomat, kecap dan sambal ke dalam bakso. Kalau kita menambahkan sambal kita harus memperkirakan sambalnya agar tidak terlalu banyak, kalau kita tidak ingin merasakan kepedasan karena pedasnya cabe rawit ditambah dengan sambal.

Bakso Tegal melayani delivery order dengan menghubungi ke nomor 0815 1181 0707 atau 0811 1743 999.

 

(ES)

Leave a Comment