Bakso Ikan Telur Asin Ahan, Bakso Ikan Ala Pontianak Dengan Rasa Istimewa

Pontianak memang dikenal sebagai gudangnya kuliner istimewa. Bagi Anda yang pernah tinggal maupun singgah di Pontianak, Anda pasti tahu aneka kuliner enak bisa ditemukan di berbagai sudut kotanya. Salah satu kuliner yang populer di Pontianak adalah bakso. Namun berbeda dengan di daerah lain, di Pontianak bakso ikan cukup populer.

Salah satu gerai kuliner yang menyajikan bakso ikan dan sangat terkenal di Pontianak adalah Kedai Bakso Ahan. Gerai bakso ini dikenal karena bakso yang disajikannya selain lezat, juga inovatif. Tengok saja bakso-bakso seperti bakso cumi, bakso telor asin, bakso dalam cabe, bakso yang di bungkus pare, tahu dan aneka bakso lainnya yang di buat dalam ukuran mini, menjadi icon dari gerai yang terletak di Jl, Wolter Monginsidi, Pontianak.

Ingin menikmati lezatnya bakso ikan Ahan? Tidak perlu jauh-jauh ke Pontianak, kita bisa menemukan gerai yang menyajikan bakso-bakso dengan resep dan cara pengolahan yang sama dengan Kedai Bakso Ahan, Pontianak di Pasar 8 Alam Sutera, yaitu Bakso Ikan Telur Asin Ahan.

Gerai Bakso Ikan Telur Asin Ahan terletak di Pintu Barat RD 19, Pasar Delapan Alam Sutera. Letaknya di sisi belakang dari Pasar Delapan. Gerai yang dimiliki oleh Hardy Suganda, keponakan dari Ahan ini menyajikan menu-menu yang identik dengan gerai milik pamannya di Pontianak.

Gerai yang buka setiap hari dari pukul 07.00-14.00 ini cukup ramai pengunjungnya, terutama pada jam-jam tertentu, seperti pada pukul 07.00-10.00 maupun saat jam makan siang. Pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, dari pagi pengunjung sudah cukup ramai sampai jam tutupnya.

Menu utama yang menjadi andalannya tentu saja Bakso Ikan. Namun Anda juga bisa memilih Bubur Ikan, Sop Ikan, Yam Kwetiau dan Yam Bihun dan Fish Roll. Untuk Bakso Ikan pilihannya ada 3, Bakso Ikan Mix Complete, Bakso Ikan Mix dan Bakso Ikan Polos. Bakso Ikan Mix Complete sesuai namanya, isinya memang komplit berisi bakso ikan, bakso ikan telur asin, bakso tahu, bakso pare, kwetiau, bihun, soun dan nasi plus sawi keriting  hijau dan taburan kacang kedelai dan daun bawang. Porsinya cukup banyak, ditempatkan pada mangkok yang ukurannya cukup besar dengan sepiring nasi. Untuk Bakso Ikan Mix, isinya sama dengan Bakso Ikan Mix Complete, kecuali minus nasi. Sedangkan Bakso Ikan Polos berisi 10 buah bakso ikan polos.

Tentu saja yang jangan dilewatkan adalah bakso ikan telur asin yang menjadi andalannya, bakso sebesar bola pingpong ini kalau dibelah akan terlihat isinya berupa kuning telur asin yang merekah. Paduan rasa bakso ikan dan kuning telur asin sungguh sangat menggugah selera. apalagi dipadukan dengan menyeruput kuahnya yang segar. Telur asinya tidak ada amis sama sekali, sama seperti baksonya menunjukkan bakso-baksonya diolah dengan cara khusus. Untuk bakso ikan telur asin ini bisa dipesan tersendiri, dengan harga per butirnya Rp. 5 ribu. Begitu pun dengan bakso tahudan bakso pare yang bisa dipesan tersendiri dengan harga Rp., 6 ribu per butir.

Bakso ikannya sendiri berwarna putih yang kenyal dan bertekstur halus. Menggunakan ikan ekor kuning yang masih segar, rasanya relatif tawar untuk memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk meracik sendiri rasanya sesuai selera.

Hardy Suganda

Untuk menikmati menu-menu bakso ini ada baiknya Anda mengikuti cara menyantap bakso di Pontianak, dimana saos cabe hijau dicampr dengan perasan jeruk Pontianak di sebuah wadah, kemudian bakso disantap dengan menyeruput kuahnya. Saos cabe hijau mulai dicampurkan pada baksonya dan diaduk sambil menyantap nasinya. Sebaiknya bakso disantap saat kuahnya masih panas, disitulah akan terasa kenikmatannya.

Semua menu-menu di Bakso Ikan Telur Asin Ahan dijamin kehalalannya. Untuk pemesanannya bisa dilakukan secara langsung dengan menghubungi nomor 0813 9806 1399 atau 0878 0950 4279.

 

(EGA)

Leave a Comment