Rab. Mei 22nd, 2019

Ayo, Wisata Kuliner Bakso di Bintaro

Saat hujan sore-sore seringkali membuat perut lapar. Ngebakso adalah salah satu alternatif pilihannya. Bakso merupakan makanan populer Indonesia yang berasal dari Cina. Tepatnya di Fuzhou, pada akhir Dinasti Ming, atau sekitar awal abad ke-17.

Pada saat itu, ada seorang pria bernama Meng Bo. Meng Bo ini anaknya nurut banget. Dia sangat sayang sama ibunya. Ibu Meng Bo ini sudah tua dan sakit-sakitan. Sang ibu sudah tidak dapat melahap makanan yang keras lagi. Padahal ibu Meng Bo sangat suka makan daging.

Meng Bo yang sedih lalu memikirkan berbagai macam cara supaya ibunya bisa makan daging kembali. Dia memikirkannya bahkan sampai semalaman lho. Sampai akhirnya, dia nggak sengaja melihat tetangganya sedang menumbuk beras ketan untuk dibuat Kue Mochi. Nah, Meng Bo lalu punya akal untuk menumbuk daging seperti menumpuk beras ketan. Daging yang sudah empuk lalu dibentuk bulatan-bulatan dan kemudian direbus.

Ibu Meng Bo senang sekali. Nggak cuma bisa makan makanan yang lezat, tapi dagingnya juga empuk banget untuk dimakan. Nah, kisah berbaktinya Meng Bo inilah yang kemudian menyebar ke seluruh kota Fuzhou. Banyak orang yang kemudian datang menemui Meng Bo untuk belajar membuat bakso.

Kenapa dinamakan bakso? Karena bakso berasal dari kata bak dan so. Bak artinya babi sedangkan so berarti sup. Kalau digabung bakso artinya sup yang berisi daging babi. Yap, bakso sebenarnya terbuat dari daging babi, tapi karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, lalu daging babi kemudian diganti menjadi sapi.

Bakso Cakto

Sebagai makanan populer di Indonesia, bakso dijual di banyak tempat termasuk Bintaro. Salah satunya adalah Bakso Cakto yang ada di Culture Kitchen, pusat kuliner di Bintaro Sektor 9. Bakso ini sudah ada di Sidoarjo, Jawa Timur sejak tahun 2004. Usaha kuliner ini didirikan oleh Wachid Basir Krismanto atau biasa dipanggil Cak To (panggilan khas Jawa Timur). Maka usahanya diberi nama sesuai nama pemiliknya, BAKSO CAKTO. Simak suasana gerainya di Sidoarjo di https://www.youtube.com/watch?v=WBR8pakbV38

“Sebelum buka di Culture Kitchen, Bakso Cakto ada di Pasar Segar Graha Bintaro. Di awal Januari 2018 baru pindah ke Culture Kitchen, “ jelas Nur Aini, pemilik gerai Bakso Cakto yang tinggal di Graha Raya Cluster Adena. Nur Aini merupakan kakak kandung dari pendiri Bakso Cakto.

BACA JUGA  Mau Makan Fish and Chips di Bintaro?

Keunggulan Bakso Cakto

Gerai kuliner ini memadukan citra rasa Solo dan citra rasa Malang dengan gorengan khas seperti bakwan Malang yang berisi adonan daging ayam. Salah satu ciri khasnya adalah kuah bakso yang terbuat dari rempah sehat. Baksonya tidak menggunakan bahan pengawet dan bahan pemutih.

Ketika baksonya dibelah, tampak daging sapi yang segar karena Bakso Cakto selalu menggunakan daging sapi yang baru dipotong pada hari yang sama. Tersedia beragam bakso seperti bakso jumbo, bakso mercon, bakso keju, bakso campur, bakso tahu dan siomay bakso. Khusus bakso mercon diperuntukan bagi mereka yang suka pedas.

Minuman organik atau vegetarian 

Salah satu minuman andalannya adalah es cincau longan. Minuman organik ini cocok bagi mereka yang vegetarian. Dibuat dari longan (Nata de coco), cincau, lemon, es batu. Aman pula dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Mau tahu cara membuat es cincau longan? Klik https://www.youtube.com/watch?v=ltDZYKi-4YQ

Gerai Bakso Cakto di Culture Kitchen ini buka setiap hari jam 10.00-21.00 kecuali hari Senin. Juga dapat melayani catering untuk minimum order 30 pax. Kuliner ini juga dapat dipesan via Go Food dan Grab Food.

Licence Fee

Bakso ini juga membuka kesempatan kerja sama (licence fee). Bagi yang berminat, dapat menghubungi 0877-3738-9000.

Wisata Kuliner Bakso

Mumpung libur nih, mengapa tidak berwisata kuliner? Bakso apa saja yang ada di Bintaro dan Tangsel? Simak daftarnya di bawah ini:

Bakso Keju:
https://www.infobintaro.com/cobain-bakso-keju-halal-di-phx-bintaro/

Bakso Ikan Telor Asin:
https://www.infobintaro.com/bakso-ikan-telur-asin-ahan-bakso-ikan-ala-pontianak-dengan-rasa-istimewa/

Bakso Tenis:
https://www.infobintaro.com/nongkrong-murah-meriah-di-bakso-tenis-pak-kribo/

Bakso Rudal:
https://www.infobintaro.com/lezatnya-bakso-rudal-di-pasar-modern-bintaro-membuat-ketagihan/

Bakso Rawit:
https://www.infobintaro.com/bakso-tegal-jagonya-bakso-rawit/

Tahu Bakso Semarang:
https://www.infobintaro.com/tahu-bakso-semarang-makanan-khas-orang-semarang-yang-tidak-perlu-ke-semarang/

Bakso Pak Joko:
https://www.infobintaro.com/cari-tempat-makan-daerah-bintaro-merapat-ke-bakso-pak-joko-aja/

Bakso Iga:
https://www.infobintaro.com/enaknya-makan-iga-sapi-dibalut-baso-di-bintaro/

(EGS)

 

Baca Juga