Ayo Coba Nasi Liwet di Dewi Catering

Seperti kita ketahui bersama Indonesia memiliki beragam nasi yang berbumbu dan bercita rasa gurih. Antara lain nasi lemak, nasi uduk, nasi megono, nasi gemuk, dan lainnya. Salah satu jenis nasi yang populer hingga kini ialah liwet yang masuk tatar sunda yaitu Nasi liwet Bandung, atau dikenal dengan “sangu liwet” khas Sunda. “Proses pembuatan nasi liwet sunda disebut “ngaliwet”.

Ngaliwet dalam Tatar Sunda umumnya memakai ketel/kastrol atau panci, dimasak bersama bumbu-bumbu namun tanpa santan. Bumbunya antara lain garam, bawang merah, bawang putih, daun salam, sereh, lengkuas, cabe, santan, minyak kelapa

Baca Juga: Nasi Liwet atau Nasi Lemak Sama Nikmatnya di Kedaikoe

Di balik kelezatannya, nasi liwet khas sunda menyimpan cerita. Berasal dari kehidupan masyarakat perkebunan, nasi liwet sunda lahir dari alasan penghematan. Sebenarnya dulu lahir dari penghematan. Ada nasi yang dimasak bersama lauk pauk.

Jaman dahulu masyarakat Sunda harus berjalan jauh untuk mencapai kebunnya. Setelah sampai di kebun pun, jauh dari sumber makanan. Oleh karena itu nasi liwet dibawa dengan tempat memasak, ketel atau kastrolnya yang tertutup rapat.

Makanan santri atau dikenal dengan sebutan Deungeun Santri yang terdiri dari nasi liwet, ikan peda, lalapan dan sambal. Deungeun Santri biasa dimasak oleh para santri di di Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Baca juga: Wajib Dicoba Beragam Nasi khas Jawa Barat di Rasana Sunda

Maksud hal tersebut ialah agar nasi yang sudah bercampur lauk tersebut tahan lama dari pagi hingga siang, bahkan tetap hangat dimakan. Jika ingin memanaskan pun cukup menaruh ketelnya langsung di atas pembakaran. “Nasi liwet di Sunda tujuannya penghematan, beda sama di Jawa. Karena orang sunda dulu makan nasi sama ikan asin dan sambal aja cukup, selesai. Untuk sayurnya dia tinggal ngambil langsung di kebunnya, biasa dinamakan lalapan.

Lauk yang biasa dimasukkan ke dalam nasi liwet khas Sunda juga khas, dan berbeda dengan lainnya. Seperti ikan peda merah, ikan kembung yang sudah dipindang, bisa juga ikan asin. Semuanya dimasak bersama nasi setengah matang tanpa menggunakan santan. Uniknya dari sejarah munculnya nasi liwet sunda yang merupakan sebuah penghematan dari kalangan bawah, kini panganan tersebut menjelma di restoran-restoran modern.

Banyak yang menyukai jenis liwetan ini dengan langsung disajikan dalam ketelnya. “Liwetan Sunda sekarang banyak ditemui di resto-resto modern, unik menggunakan ketel, walaupun dituang juga. Dalam nasinya sudah ada teri atau ikan asin

Nasi Liwet Khas Sunda yang bercita rasa gurih ini, biasanya dimakan dengan ikan asin atau ayam goreng, lalapan dan tentunya sambal. Selain Sunda, Solo juga memiliki Nasi Liwet Khas-nya sendiri.

Baca juga: Bakoel Rasa, Masakan Rumahan di Bintaro Sektor 9

Nasi liwet khas Sunda tidak kalah nikmat dengan resep nasi liwet aslinya, meskipun nasi liwet berasal di Solo. Nasi liwet Bintaro ini memiliki ayam goreng/bakar, tahu, tempe goreng, bakwan jagung. Nasi liwet Khas Sunda ini banyak diminati apalagi dengan tambahan bumbu dan rempah yang khas seperti bawang merah, daun salam, serai, ikan asin/ikan teri .

Baca Juga: Gepuk Teteh, Nasi Liwet Tanpa Teri atau Ikan Asin Asal Bintaro

Nasi Liwet Bintaro

Info Bintaro sudah mengulas beberapa tempat kuliner yang menyediakan nasi liwet. Kali ini kami akan mengulas tentang Dewi Catering di Bintaro yang juga menyediakan nasi liwet ini. Terdiri dari nasi liwet yang ditemani dengan lauk ikan asin, ikan teri dan aneka lalap seperti daun selada, labu muda, timun dan pete yang menggoda. Lalap ini pas banget disantap bersama sambal goreng terasi yang pedasnya menggoda.

Lauk lain yang tak kalah menerbitkan air liur adalah  sayur bunga pepaya, tahu tempe, bakwan jagung dan ayam bakar. Last but not least adalah oseng jagung muda dan cumi yang maknyus rasanya.

Tunggu apa lagi, buruan pesan di Dewi Catering. Dijamin halal. Di samping nasi liwet, Anda juga dapat memesan tumpeng,  tumpeng mini, bento, rice bowl, nasi kuning, nasi box dan nasi bakar.

Info lebih lanjut:

Dewi Catering
Instagram: https://www.instagram.com/dewiendrumeda
WA: 0822-1301-2414

(EGS)