Rab. Mei 22nd, 2019

Ayam Bakar Tanpa Kecap? Ada, di Kedai Dago Gado

Ayam bakar selalu selalu disajikan dengan sambal yang dicampur kecap. Adanya kecap sudah dianggap sebuah keharusan dalam menyantap ayam bakar, karena pedasnya sambal dinetralisir dengan manisnya kecap. Bercampurnya aroma kecap dengan sambal juga diyakini akan semakin menaikkan selera makan.

Tapi ada hal yang berbeda dengan ayam bakar di Kedai Dago Gado, kecap sama sekali tidak digunakan di sini. Lantas bagaimana rasanya? Yuk kita simak.

Kedai Dago Gado berlokasi di Kawasan Dago Eastpark, Jl. Boulevard Alam Asri Raya, Villa Dago Pamulang. Gerai yang dimiliki oleh Shinta, seorang ibu rumah tangga ini, mulai buka dari tahun 2015. Sebelumnya Shinta pernah membuka gerai di Pondok Indah Mall 2 dengan menyajikan gado-gado dan ayam bakar. Gerai ini akhirnya tutup, kemudian Shinta membuka gerai di Jl. Alam Asri Raya sebelum akhirnya pindah ke lokasi yang sekarang ditempati.

Namun agak berbeda dengan di lokasi-lokasi sebelumnya, gerainya di Kawasan Dago Eastpark ini tidak menyajikan gado-gado lagi karena keterbatasan tenaga yang membantunya. Ayam bakar menjadi menu utama ditambah beberapa menu lainnya.

Ketimbang menggunakan kecap manis, Shinta meracik gula aren dengan cabe sebagai pengganti kecap manis. Shinta memiliki pertimbangan sendiri untuk tidak menggunakan kecap. “Saya tidak menggunakan kecap karena saya ingin menjaga menu-menu di Kedai Dago Gado tidak menggunakan bahan penyedap (MSG)dan pengawet,” jelas Shinta. Memang, seperti kita ketahui kecap-kecap produksi pabrik menggunakan campuran seperti pengawet atau bahan kimia tertentu sebagai penyedapnya. Dengan menggunakan gula aren dan cabe, selain rasanya lebih gurih juga bebas dari bahan penyedap dan pengawet.

Tidak hanya itu, untuk membuat ayam bakarnya berbeda dengan ayam bakar di tempat lain, Shinta menggunakan sambal teri Medan yang diraciknya sendiri. Umumnya menu ayam bakar menggunakan sambal ulek biasa. Sebelum diolah menjadi campuran sambal, teri Medan digoreng setengah matang kemudian diulek bersamaan dengan cabe, tomat dan garam. Hasilnya, sambalnya lebih gurih karena adanya aroma ikan teri. Daging ayam dan bebek yang digunakan pada menu-menu Kedai Dago Gado dipresto dulu sebelum dibakar, sehingga dagingnya terasa lembut, selain ayamnya juga berukuran lebih besar.

BACA JUGA  Weekend Program: Membuat Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Tidak heran, karena ayam bakarnya berbeda dengan ayam bakar di tempat lain, selain para pengunjung di gerainya yang menyatakan cocok. Salah satunya adalah seorang pebulu tangkis nasional yang pernah memesan ayam bakar untuk acara pernikahannya. Adiknya yang sebentar lagi akan melangsungkan pernikahan juga memesan ayam bakar kreasi Shinta. Beberapa perusahaan dan instansi di Tangerang Selatan juga kerap memesan katering di Kedai Dago Gado, selain berbagai acara pernikahan. Untuk pesanan katering, pemesanannya selalu dengan ayam bakar.

Selain ayam bakar, menu-menu lain Kedai Dago Gado adalah ayam penyet, ayam kremes dan bebek goreng. Menu yang juga berbeda dari menu di tempat lain adalah menu ayam kremesnya. Untuk membuat kremesnya lebih gurih, Shinta mencampurkan kaldu rebusan ayam dan bebek pada adonan kremes. Bumbu yang digunakan juga menggunakan santan agar lebih gurih. Shinta menjelaskan, ia menggunakan 1 butir kelapa sebagai campuran bumbu untuk 3-4 ekor ayam.

Saat Info Bintaro mencicipi ayam bakarnya, Info Bintaro mengamini apa yang dijelaskan Shinta. Daging ayamnya terasanya lunak dan ada aroma harum dari santan. Selain itu, sambalnya memang maknyus. Pedasnya pas dan samar-samar ada aroma ikan teri.

Selain pengunjung dapat menikmati menu-menu di gerainya yang buka setiap hari dari pukul 10.00-21.00, kecuali hari Senin yang merupakan hari libur, Kedai Dago Gado menerima pesanan untuk katering, nasi box dan berbagai acara lainnya. Minimum pemesanan adalah 50 porsi. Namun ada sedikit pengecualian untuk orderan yang berasal dari seputar Pamulang, Shinta membolehkan minimum pesanan 30 porsi. Untuk pemesanan dalam jumlah besar, minimum dilakukan 2 hari sebelumnya.

Untuk pemesanan, bisa menghubungi 0878 3250 4842 (Telp/sms) atau 0859 3993 7556 (WA).

 

(BON)

 

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan