Sab. Okt 19th, 2019

Auto Mekanika, One Stop Solution Bagi Mobil Anda

Di berbagai tempat kita mudah menemukan berbagai bengkel mobil, dari mulai perbaikan mesin, body repair, AC, dll. Saat kita membutuhkan layanan bengkel mobil, seringkali kita membutuhkan tidak hanya satu layanan saja. Misalnya kita ingin melakukan service berkala, sesudah pekerjaan service selesai mungkin kita ingin melakukan sporing dan balancing ban-ban mobil kita. Karena bengkel tersebut hanya memiliki spesialisasi untuk service ringan, mau tidak mau kita harus berpindah ke bengkel khusus ban untuk melakukan sporing dan balancing.

Contoh di atas menggambarkan masalah yang sering kita hadapi. Bahkan bengkel resmi dari merek mobil pun tidak memiliki layanan yang lengkap. Kalau pun memiliki beberapa layanan, namun hanya terbatas di layanan-layanan utama saja, seperti service berkala dan service berat. Terkadang ada bengkel resmi yang dilengkapi dengan body repair, tapi tidak untuk keseluruhan kebutuhan mobil.

Di Auto Mekanika, masalah seperti ini tidak akan kita temui, karena Auto Mekanika memiliki layanan yang komplit di satu tempat. Bahkan layanan yang jarang dimiliki oleh bengkel lain, di Auto Mekanika bisa kita peroleh.

auto_mekanika_info_bintaro_1

Auto Mekanika beralamat di Jl. Taman Makam Bahagia No.43, Perigi Baru, Bintaro. Lokasinya berdekatan dengan SMA Plus Pembangunan Jaya. Bengkel mobil yang sudah 12 tahun beroperasi ini merupakan salah satu Bosch Car Service (BCS) di Indonesia sejak tahun 2010. BCS merupakan istilah untuk dealer dari Bosch, sebuah pabrikan komponen otomotif dari Jerman, untuk kategori kendaraan penumpang (passenger car). Dengan penunjukan oleh Bosch Indonesia, Auto Mekanika memiliki otoritas untuk memperbaiki dan menjual berbagai produk Bosch untuk kategori kendaraan penumpang (service dan spare part).

Berbagai pekerjaan service yang dapat dilayani sebagai BCS meliputi:

  • Perawatan ringan/berkala (termasuk tune up dan pergantian oli mesin, busi, filter, kampas rem, bohlam lampu, wiper, dll)
  • Engine diagnosis menggunakan Engine Scanner Bosch
  • Ganti oli mesin & transmisi
  • Pemeriksaan & penggantian aki
  • Pekerjaan elektrikal ringan

 

Berbagai layanan tersebut berlaku untuk semua merek mobil, tidak hanya mobil-mobil Eropa saja. Hal ini dimungkinkan, karena Bosch menggunakan sistem yang universal bagi semua merek mobil bensin.

Ada 8 paket service yang tersedia bagi kendaraan bensin dan diesel yang dibagi menjadi 4 kategori, yaitu : mobil bensin sampai dengan tahun 2003 (bermesin non katalis), mobil bensin di atas 2005 (bermesin katalis), mobil diesel (injeksi manual) dan mobil diesel (common rail). Khusus untuk mobil diesel, jika diperlukan pekerjaan khusus, misalnya kalibrasi, Auto Mekanika akan merujuk kepada Bosch Diesel Service (BDS), suatu kategori dealer yang khusus menangani mesin diesel.

Untuk semua paket service ini, Auto Mekanika memberikan Engine Scanning dan Batttery Testing secara cuma-cuma. Khusus untuk mobil bensin masih ditambah dengan Emission Test. Pelanggan akan mendapatkan laporan printout dari hasil pengecekan-pengecekan ini, sehingga dapat membandingkan kadar emisi dari mobil sebelum dan sesudah dilakukan service.

BACA JUGA  Nissan Memulai Pengiriman New Terra Ke Pelanggan

auto_mekanika_info_bintaro

Auto Mekanika juga menyediakan layanan Spark Tester untuk menguji tingkat pengapian busi, sehingga pelanggan dapat mengetahui apakah kondisi busi-busi mobilnya masih layak digunakan atau tidak menggunakan komputer. Untuk layanan Spark Tester ini dikenai biaya tersendiri.

Masih ada lagi layanan yang jarang dimiliki bengkel-bengkel mobil lain yaitu flushing. Flushing merupakan istilah untuk pengurasan secara total suatu sistem yang menggunakan fluida, seperti bahan bakar, pelumasan maupun hidraulik. Flushing yang dilakukan ini berbeda dengan istilah flushing di kebanyakan bengkel mobil. Contohnya, jika kita menginginkan flushing untuk bahan bakar banyak bengkel mobil yang cuma melakukan pembersihan terhadap tangki bensin, sementara saluran bensin dari tangki menuju mesin tidak dibersihkan. Padahal pada saluran bensin sangat berpotensi terjadi penyumbatan oleh kotoran yang dapat mempengaruhi sistem suplai bahan bakar. Auto Mekanika pun dapat melakukan flushing untuk transmisi otomatis yang menggunakan oli hidraulik. Untuk layanan flushing ini, Auto Mekanika menggunakan pembersih (cleaner) khusus dari Bosch. Pihak Auto Mekanika menyarankan, untuk mobil-mobil yang mobilitasnya tinggi perlu dilakukan flushing setiap 6 bulan, sedangkan untuk mobil-mobil yang mobilitasnya rendah cukup 1 tahun sekali.

Tidak hanya service saja, Auto Mekanika juga menyediakan layanan dari mulai pencucian mobil, body repair, modifikasi penampilan (facelift), penggantian ban, termasuk sporing dan balancing, service AC, salon mobil, mekanik panggilan, sampai dengan konsultasi perawatan mobil. Untuk body repair masih dibedakan antara kerusakan ringan dan kerusakan berat. Untuk pengecatan, di samping pengecatan spot, Auto Mekanika juga memiliki fasilitas pengecatan oven. Untuk body repair ini, Auto Mekanika bekerjasama dengan Asuransi Tri Pakarta, Takaful dan Ramayana.

auto_mekanika_info_bintaro_3

Untuk mobil-mobil yang mengalami tabrakan yang parah sehingga harus diderek, Auto Mekanika bekerjasama dengan mobil derek Jasa Marga. Mobil yang mengalami kecelakaan akan langsung diderek ke bengkel Auto Mekanika sehingga potensi kehilangan barang di mobil karena mobil menginap di luar dapat diminimalisir. Keesokan harinya pemilik mobil dapat meminta pihak Auto Mekanika untuk melakukan pengecekan dan memberikan estimasi biaya perbaikannya. Pemilik mobil pun dapat tidur dengan nyenyak. Untuk layanan ini, Auto Mekanika membatasi wilayahnya hanya di Bintaro, meliputi Sektor 1 sampai Graha Raya.

Untuk menjamin kemampuan mekanik (teknisi) dalam melakukan pekerjaannya, Auto Mekanika melakukan training secara berkala terhadap mekanik-mekaniknya. Di komplek bengkel Auto Mekanika terdapat training center untuk mekanik-mekaniknya. Fasilitas dan kemampuan training center dari Auto Mekanika sering dimanfaatkan berbagai pihak, seperti yang dilakukan bersama salah satu perusahaan asing yang memiliki jaringan SPBU untuk memberikan training bagi mekanik. Bahkan ada dealer dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang meminta Auto Mekanika untuk memberikan training bagi mekanik-mekaniknya. Untuk menjamin mekanik fokus kepada pekerjaannya sehari-hari, Auto Mekanika menyediakan mess bagi mekanik-mekaniknya di bagian belakang area bengkel Auto Mekanika yang luas.

BACA JUGA  Buat Pizza Tanpa Oven Dengan Tepung Instan Pompom Pizza

Dengan berbagai layanan dan kemampuan yang dimiliki serta biaya yang lebih murahdari bengkel resmi ATPM, tidak heran Auto Mekanika mendapat kepercayaan berbagai perusahaan maupun instansi pemerintahan di Tangerang Selatan untuk perbaikan dan perawatan mobil-mobil operasionalnya. Instansi-instansi seperti Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Tangsel, Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BP2T) Tangsel, Dinas Kesehatan maupun Bina Marga Tangsel mempercayakan mobil-mobil operasionalnya kepada Auto Mekanika.

Auto Mekanika buka setiap hari, kecuali hari Selasa libur, dari pukul 08.00-17.00. Untuk menghubungi Auto Mekanika, silakan menghubungi ke telp. : (021) 745 1737 / 7459 186. Khusus untuk panggilan darurat 24 jam, hubungi Bp. Amir : 0821 2372 3728, 0812 2036 1884.

auto_mekanika_info_bintaro_2

 

(ES)

 

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan