Berita Utama

Atasi Tantangan di Masa Covid-19: Gojek Luncurkan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver

Seiring dengan semakin meluasnya dampak pandemi COVID-19, Gojek, super app on-demand terdepan di Asia Tenggara, terus menguatkan upayanya membantu para mitra driver untuk memastikan keberlangsungan mata pencaharian mereka di tengah penurunan aktivitas masyarakat. Pada tanggal 24 Maret lalu, Gojek telah menggalang Dana Bantuan Mitra Gojek senilai Rp100 miliar, yang terkumpul dari donasi jajaran manajemen senior Gojek sebesar 25 persen gaji tahunan mereka serta pengalihan anggaran kenaikan gaji tahunan karyawan.

Gojek memiliki dua belas program atau inisiatif yang beberapa di antaranya akan dikelola dengan menggunakan Dana Bantuan Mitra Gojek. Hal ini menggaris-bawahi komitmen Gojek dalam mendukung para mitra driver yang selama ini telah tumbuh bersama-sama dengan Perusahaan. Dua belas program ini mencakup tiga area utama yang paling berdampak bagi keberlangsungan hidup mitra driver Gojek, yaitu penyediaan layanan kesehatan, ringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan.

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, “Mitra driver kami kini menghadapi banyak ketidakpastian, sehingga kami berharap upaya-upaya yang telah kami lakukan untuk membantu mereka dapat mengurangi kecemasan mereka terhadap masa depan. Selama bertahun-tahun, Gojek telah memberdayakan begitu banyak mitra dengan memberikan mereka peluang untuk memperoleh penghasilan. Kini, ketika kemampuan mereka untuk memperoleh penghasilan itu terkena dampak negatif dari pandemik COVID-19, kami bertekad untuk berupaya sekuat-kuatnya membantu mereka. Fokus kami saat ini tidak hanya menjalankan program yang sudah ada, tetapi terus menemukan berbagai cara lain untuk dapat semakin meringankan beban mereka. Selain itu, kami berharap pembentukan Yayasan Anak Bangsa Bisa yang telah diprakarsai oleh Andre akan meluncurkan lebih banyak inisiatif lagi untuk membantu mendukung ekosistem kita selama masa-masa yang sangat sulit ini.”

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menambahkan, “Seluruh inisiatif ini kami rancang sedemikian rupa agar dapat mencakup area-area kritis yang paling berdampak pada para mitra kami di saat masyarakat berjuang melalui krisis saat ini. Tim kami terus bekerja keras siang dan malam untuk menjalankan berbagai program buat mitra driver kami. Meskipun kami membutuhkan waktu untuk memastikan seluruh program dapat terimplementasi secara menyeluruh di tengah keterbatasan persediaan serta dengan ditetapkannya jaga jarak sosial (social distancing) untuk meminimalkan risiko penularan, kami ingin semua mitra driver mengetahui bahwa Gojek hadir di sini untuk mereka semua, sama seperti mereka selalu berada bersama kami selama ini.”

Program-program bagi mitra mencakup program – program sebagai berikut:

Penyediaan layanan kesehatan

Penyediaan perlengkapan kesehatan bagi mitra driver – Gojek telah mendistribusikan masker, sanitizer, dan vitamin bagi mitra driver, agar mereka mendapatkan perlindungan yang memadai selama bekerja. Distribusi ini akan terus berlangsung hingga minggu-minggu mendatang.

Jaminan Asuransi Kesehatan bagi mitra driver – jaminan asuransi kesehatan untuk mitra driver tidak hanya mencakup COVID-19. Dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, mitra driver akan memperoleh polis asuransi yang mencakup biaya kesehatan rawat inap dan rawat jalan untuk penyakit umum selama masa pandemi COVID-19.

Meningkatkan kesadaran mitra untuk menaati prosedur kesehatan – dengan materi-materi edukasi yang dikomunikasikan kepada mitra melalui notifikasi di Aplikasi.

Ringankan beban biaya harian

Program distribusi paket sembako – Gojek juga telah meluncurkan program distribusi ‘sembako’ bagi para mitra driver berusia di atas 60 tahun di kota-kota utama.

Program sembako melalui kolaborasi dengan Alfamart – program ini berupa pemberian voucher bagi para mitra driver dan service provider untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari di Alfamart.

Program  sembako oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa – Program sembako ini dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, yang akan diberikan dalam bentuk voucher.

Paket makanan hemat dan sehat bagi mitra driver – mitra driver akan berkesempatan untuk membeli paket makanan hemat dan sehat di merchant UMKM GoFood. Program ini akan dimulai di Jabodetabek dan juga akan dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa.

Bantuan pembayaran pinjaman kendaraan – sebagian besar mitra driver mencicil kendaraan bermotor mereka. Untuk itu Gojek bekerja dengan lembaga pemerintah terkait akan segera mengumumkan secara lebih lanjut prosedur-prosedur keringanan pembayaran cicilan kendaraan bagi para driver.

Bantuan pendapatan

Fitur pada produk untuk mendukung peningkatan penghasilan driver – Gojek telah menambah fitur-fitur baru di aplikasinya, antara lain menambah opsi pilihan agar para konsumen dapat menambah tip mitra (hingga senilai Rp100.000) yang disalurkan langsung ke e-wallet mitra.

BACA JUGA  Program Kesehatan Terpadu Balita dan Lansia oleh Hotel Santika Premiere Bintaro

Program bantuan pendapatan bagi mitra driver yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang sudah berjalan saat ini.

Perluasan cakupan bantuan pendapatan didukung oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa – mitra driver yang menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atas rujukan pemerintah juga akan mendapatkan bantuan pendapatan, yang akan disalurkan oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa.

Partisipasi dalam program bantuan pendapatan pemerintah – Gojek bekerja sama dengan sejumlah kementerian untuk memastikan agar para mitra driver – yang memenuhi syarat – dapat berpartisipasi dalam skema bantuan pemerintah, antara lain Bantuan Langsung Tunai.

Dana Bantuan Mitra Gojek ke depannya akan dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa yang baru-baru ini dibentuk. Yayasan Anak Bangsa Bisa merupakan entitas yang menjadi wadah penyaluran berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan. Yayasan Anak Bangsa Bisa akan mengawasi penyaluran dana dan pada saat yang bersamaan terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai donor dan mitra baru untuk mendukung misi sosial Gojek.

Komisaris Utama Gojek Garibaldi Thohir menyatakan, “Gojek berada di garda paling depan dalam mendukung para driver online agar mereka bisa terus menafkahi keluarganya di masa sulit ini. Gojek juga telah secara aktif berkoordinasi dengan pemerintah dalam memastikan agar bantuan pemerintah dapat menjangkau kalangan masyarakat yang paling terkena dampak, termasuk jutaan mitra driver online.”

Garibaldi menambahkan, “Saya juga mengacungkan jempol atas keputusan manajemen dan karyawan Gojek untuk membantu para mitra dengan berdonasi hingga Rp100 miliar melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa. Hal ini merupakan contoh yang sangat baik dari anak bangsa yang ingin membantu bangsa dan masyarakatnya di saat sulit seperti ini. Saya berharap langkah ini dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya, sekaligus juga bisa menggerakkan hati para pebisnis dan pemangku kepentingan lainnya untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dengan Yayasan Anak Bangsa Bisa, agar  bisa lebih banyak menolong jutaan pekerja sektor informal lainnya yang terkena dampak pandemi.”

(EGA)

 

Baca Juga

  • HelloMotion High School: Sekolah Menengah Atas Abad 21 Dengan Pengayaan Design Thinking dan Kreativitas

    HelloMotion High School: Sekolah Menengah Atas Abad 21 Dengan Pengayaan Design Thinking dan Kreativitas

    Setelah sukses mendirikan HelloMotion Academy sejak tahun 2004 yang memiliki visi “Merealisasikan imajinasi setiap individu menjadi kenyataan”, Wahyu Aditya yang juga dikenal sebagai penulis, illustrator, digital artist dan pendiri HelloFest, pada tahun ajaran baru 2017 ini mendirikan HelloMotion High School (SMA HelloMotion), sekolah menengah atas yang menggunakan kurikulum Diknas Plus lewat kombinasi empat materi belajar dengan konsep edukasi “design thinking”. […]
  • Daya Tampung Jalur Zonasi Jenjang SMP 90 Persen

    Daya Tampung Jalur Zonasi Jenjang SMP 90 Persen

    Daya tampung peserta didik baru untuk jalur zonasi yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Tangerang Banten mencapai 90 persen. Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman di Tangerang mengatakan, jumlah peserta didik untuk rombongan belajar jenjang SMP yaitu 36 peserta didik. Khusus untuk jenjang SMP, dijelaskannya, daya tampung calon yang dapat diterima melalui Jalur […]
  • PT Piaggio Indonesia Memperkuat Vespa Primavera dan Vespa Sprint dengan Menghadirkan Generasi “S” Terbaru

    PT Piaggio Indonesia Memperkuat Vespa Primavera dan Vespa Sprint dengan Menghadirkan Generasi “S” Terbaru

    PT Piaggio Indonesia melanjutkan komitmen untuk memperkuat Premiumization Roadmap Strategy dengan memberikan produk-produk terbaik yang kini terwujud dalam produk unggulan terbarunya, Vespa Primavera S 150 i-get ABS dan Vespa Sprint S 150 i-get ABS. Generasi ‘S’ terbaru hadir dengan teknologi termutakhir, pilihan warna terbaru dan tampilan estetika mempesona yang menambahkan kesan dan karakter berani dan […]
  • Koleksi Hijab Instan Marium Ini, Membuat Anda Terlihat Cantik dan Dinamis

    Koleksi Hijab Instan Marium Ini, Membuat Anda Terlihat Cantik dan Dinamis

    Bagi wanita modern yang kesehariannya dipenuhi berbagai aktivitas, waktu sangat berharga. Berbagai kesibukan yang dijalani membuat waktu sangat terbatas, sehingga terkadang berbagai hal pun dikerjakan dengan sekedarnya, termasuk dalam berpenampilan. Padahal, penampilan yang menarik akan menimbulkan rasa percaya diri. Pada waktu belakangan ini, hijab sudah sangat umum digunakan muslimah. Hijab bukan lagi sekedar penutup aurat, […]
  • Menyambut “The New Normal”, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) Lakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan Baru

    Menyambut “The New Normal”, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) Lakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan Baru

    Pandemi corona yang mengancam seluruh belahan dunia telah membawa perubahan yang sangat besar dalam kehidupan manusia, baik terhadap cara orang bekerja, dalam melakukan perjalanan atau bepergian hingga dalam menjalani kehidupan pada umumnya. Mengantisipasi hal tersebut, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN tengah melakukan sosialisasi protokol kesehatan baru di seluruh jaringan hotelnya yang berada di […]
  • Memasak dan Tugas Perkembangan Anak Usia Prasekolah dan Sekolah

    Memasak dan Tugas Perkembangan Anak Usia Prasekolah dan Sekolah

    Usia prasekolah adalah di umur 4-5 tahun dengan tahapan yang dikenal sebagai Initiative (Inisiatif) vs. Guilt (Perasaan Bersalah). Pada tahap ini, anak membangun diri dengan mengembangkan berbagai kecakapan. Kecakapan yang ia miliki membuat anak memberanikan diri untuk berinisiatif (initiative) melakukan aneka kegiatan. Apabila inisiatif tersebut gagal membuahkan hasil, maka terdapat kemungkinan bahwa anak merasa bersalah […]
  • Bubur Ayam Cirebon, Sarapan Pagi Murah, Sehat dan Praktis

    Bubur Ayam Cirebon, Sarapan Pagi Murah, Sehat dan Praktis

    Bubur merupakan salah satu jenis makanan yang cukup digemari di Indonesia. Biasanya orang mengonsumsi bubur ketika sarapan pagi. Umumnya, seporsi bubur nasi disajikan dengan irisan ayam, kacang, kecap, dan berbagai campuran lainnya. Campuran inilah yang membuat bubur menjadi lezat. Tidak hanya lezat, bubur juga dikenal karena kepraktisannya. Semangkuk bubur komplit bisa disantap dengan cepat dan […]
  • Perangi Obesitas, Prodia Luncurkan Fat Loss Panel

    Perangi Obesitas, Prodia Luncurkan Fat Loss Panel

    Dalam upaya mendukung fokus Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengenai obesitas, Prodia meluncurkan pemeriksaan kesehatan berupa program pengendalian obesitas, yaitu Fat Loss Panel. Peluncuran produk ini secara resmi dilakukan oleh Direktur Business&Marketing Prodia Indriyanti Rafi Sukmawati dan AVP Business&Marketing – Referral Lab Services Lies Gantini di Burgreens Eatery, Dharmawangsa. Obesitas masih menjadi penyakit yang populer di […]
  • Indosat Ooredoo Pastikan Kesiapan Jaringan Jelang Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

    Indosat Ooredoo Pastikan Kesiapan Jaringan Jelang Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

    Indosat Ooredoo menyatakan kesiapan jaringan dan layanannya untuk mendukung aktivitas komunikasi pelanggan selama masa-masa libur perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Indosat Ooredoo terus melakukan pembangunan BTS 4G secara masif sejak akhir tahun lalu, melakukan peningkatan kapasitas untuk layanan Data, serta melakukan pemantauan intensif melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo […]
  • Dessert Kuliner Bintaro dalam Wujud Es Krim

    Dessert Kuliner Bintaro dalam Wujud Es Krim

    INFOBINTARO (IB) – Es krim adalah hidangan penutup yang banyak diminati oleh berbagai kalangan tidak terkecuali anak-anak, dewasa, hingga orang tua sekalipun. Sejak zaman dahulu es krim mengalami perkembangan dalam bentuk dan penyajiannya seperti yang dewasa ini tengah booming yaitu ice cream pot yakni kreasi baru dalam penyajian es krim yang dipadukan dengan berbagai bahan […]
  • Maingame.com dan Gojek Dukung Pertumbuhan Industri Kreatif dan Pengembang Permainan Tanah Air melalui Platform GoGames

    Maingame.com dan Gojek Dukung Pertumbuhan Industri Kreatif dan Pengembang Permainan Tanah Air melalui Platform GoGames

    Platform permainan nasional, Maingame.com berkomitmen untuk terus memberikan  kemudahan bagi para penggunanya dalam menikmati berbagai permainan dalam negeri; melalui kerja sama dengan Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara. Hadir dalam layanan GoGames, Maingame.com kini dapat dinikmati oleh ratusan juta pengguna aplikasi Gojek di Indonesia. CEO MainGame.com Anton Soeharyo mengatakan bahwa platformnya memiliki visi membangun […]
  • DFSK Glory 560 Mulai Dijual di Surabaya

    DFSK Glory 560 Mulai Dijual di Surabaya

    Surabaya merupakan salah satu lumbung penjualan terbesar otomotif di Indonesia yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Para produsen kendaraan tentu tidak ingin melewatkan begitu saja pasar otomotif di Surabaya mengingat kontribusinya yang cukup signifikan terhadap penjualan kendaraan di tanah air. Sebagai kota kedua terbesar di Indonesia, Surabaya merupakan pintu gerbang penyebaran otomotif ke daerah […]
  • Membuat Kopi Sendiri di Rumah

    Membuat Kopi Sendiri di Rumah

    Saat ini ngopi menjadi bagian dari gaya hidup yang sedang booming di Indonesia. Di mana-mana dibangun kedai kopi yang senantiasa penuh dari waktu ke waktu. Namun bagaimana dengan Anda yang sibuk dan tidak sempat nongkrong di kafe? Buat kopi sendiri di rumah menjadi pilihan. Kali ini Info Bintaro merekomendasikan perangkat buat kopi dari  Mori Glassware. […]
  • IM3 Ooredoo Hadirkan Unlimited Experience di We The Fest 2019

    IM3 Ooredoo Hadirkan Unlimited Experience di We The Fest 2019

    IM3 Ooredoo menghadirkan Unlimited Experience di acara We The Fest, gelaran musik terbesar di Jakarta yang berlangsung di JIExpo Kemayoran mulai dari 19-21 Juli 2019. Sebagai Official Telco Partnert We The Fest, partisipasi IM3 Ooredoo dalam ajang ini merupakan bagian dari komitmen dan fokus perusahaan untuk menciptakan ekosistem digital di Indonesia khususnya di segmen anak […]
  • Sambut Ramadhan, MAXstream, Melon dan E-Motion Luncurkan Serial “Negeri 5 Menara”

    Sambut Ramadhan, MAXstream, Melon dan E-Motion Luncurkan Serial “Negeri 5 Menara”

    Menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1440H, Telkomsel melalui aplikasi video streaming MAXstream berkolaborasi dengan Melon dan rumah produksi E-Motion meluncurkan serial drama religi berjudul “Negeri 5 Menara” untuk menemani para pelanggan. Serial yang dikemas dalam 30 episode mulai tayang perdana per episode nya setiap hari selama bulan Ramadhan pada pukul 17:00 WIB. Diangkat dari kisah […]
  • Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

    Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Lamongan

    PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SIG menyalurkan bantuan untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Bantuan senilai Rp130 juta tersebut diserahkan oleh ketua UPZ SIG, Muchamad Supriyadi pada hari ini, Kamis (7/5). Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis berupa baju hazmat dan masker […]
  • Fotografi Ponsel Bisa Jadi Hobi yang Menghasilkan

    Fotografi Ponsel Bisa Jadi Hobi yang Menghasilkan

    Kata hobi sering jadi sinonim untuk bermain atau bersenang- senang. Kata hobi, juga dipandang sebagai kata yang sinonim dengan menghabiskan uang. Tetapi bagaimana kalau kali ini, kita membalikkan kondisi dan mindset itu 180 derajat, dan alih-alih mengeluarkan uang dari dompet untuk melakukan apa yang kita senangi, justru kita membangun situasi untuk memasukkan uang ke dalam […]
  • Kuliah di Mana Ya Setelah Lulus SMU? Jangan Lewatkan Yang Satu Ini…

    Kuliah di Mana Ya Setelah Lulus SMU? Jangan Lewatkan Yang Satu Ini…

    Kalian yang sebentar lagi menjadi mahasiswa/i, tentunya saat ini sedang sibuk mempersiapkan diri dengan mendaftarkan diri di berbagai tes masuk perguruan tinggi, mengikuti bimbingan belajar, try out sampai dengan belajar mandiri di rumah. Namun, sudah mantapkah kalian dengan pilihan kuliah nantinya? Banyak pengalaman yang membuktikan, pilihan kuliah di mana dan mengambil jurusan apa, seringkali bukan […]
  • Promo Belanja Online Akhir Tahun Makin Seru dengan Program Gosend Golucky dari Gojek

    Promo Belanja Online Akhir Tahun Makin Seru dengan Program Gosend Golucky dari Gojek

    Menyambut promo belanja online akhir tahun yang diselenggarakan oleh para eCommerce di tanah air, Gojek lewat layanan logistik dan kurir GoSend menghadirkan pengalaman belanja menarik bagi pengguna setia dengan meluncurkan program “GoSend GoLucky”. “GoSend GoLucky” merupakan program undian yang diselenggarakan GoSend khusus bagi para pelanggan setianya yang telah mempercayakan GoSend sebagai layanan pesan antar dalam […]
  • Saksikan Kekuatan Kura-Kura Baru dalam “Rise of the Teenage Mutant Ninja Turtles” pada November Ini

    Saksikan Kekuatan Kura-Kura Baru dalam “Rise of the Teenage Mutant Ninja Turtles” pada November Ini

    Nickelodeon Asia mengajak berbagai penggemar untuk merayakan penampilan terbaru Teenage Mutant Ninja Turtles. Serial animasi yang sepenuhnya baru, Rise of the Teenage Mutant Ninja Turtles, mengikuti kawanan itu seraya mereka berhadapan dengan beberapa teman dan penjahat baru, serta menemukan dunia mistis di bawah jalanan New York City yang sebelumnya tak diketahui mereka. Serial ini tengah ditayangkan. Saksikan episode baru setiap Jumat pada […]

Tinggalkan Balasan