Berita Utama

Atasi Tantangan di Masa Covid-19: Gojek Luncurkan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver

Seiring dengan semakin meluasnya dampak pandemi COVID-19, Gojek, super app on-demand terdepan di Asia Tenggara, terus menguatkan upayanya membantu para mitra driver untuk memastikan keberlangsungan mata pencaharian mereka di tengah penurunan aktivitas masyarakat. Pada tanggal 24 Maret lalu, Gojek telah menggalang Dana Bantuan Mitra Gojek senilai Rp100 miliar, yang terkumpul dari donasi jajaran manajemen senior Gojek sebesar 25 persen gaji tahunan mereka serta pengalihan anggaran kenaikan gaji tahunan karyawan.

Gojek memiliki dua belas program atau inisiatif yang beberapa di antaranya akan dikelola dengan menggunakan Dana Bantuan Mitra Gojek. Hal ini menggaris-bawahi komitmen Gojek dalam mendukung para mitra driver yang selama ini telah tumbuh bersama-sama dengan Perusahaan. Dua belas program ini mencakup tiga area utama yang paling berdampak bagi keberlangsungan hidup mitra driver Gojek, yaitu penyediaan layanan kesehatan, ringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan.

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, “Mitra driver kami kini menghadapi banyak ketidakpastian, sehingga kami berharap upaya-upaya yang telah kami lakukan untuk membantu mereka dapat mengurangi kecemasan mereka terhadap masa depan. Selama bertahun-tahun, Gojek telah memberdayakan begitu banyak mitra dengan memberikan mereka peluang untuk memperoleh penghasilan. Kini, ketika kemampuan mereka untuk memperoleh penghasilan itu terkena dampak negatif dari pandemik COVID-19, kami bertekad untuk berupaya sekuat-kuatnya membantu mereka. Fokus kami saat ini tidak hanya menjalankan program yang sudah ada, tetapi terus menemukan berbagai cara lain untuk dapat semakin meringankan beban mereka. Selain itu, kami berharap pembentukan Yayasan Anak Bangsa Bisa yang telah diprakarsai oleh Andre akan meluncurkan lebih banyak inisiatif lagi untuk membantu mendukung ekosistem kita selama masa-masa yang sangat sulit ini.”

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menambahkan, “Seluruh inisiatif ini kami rancang sedemikian rupa agar dapat mencakup area-area kritis yang paling berdampak pada para mitra kami di saat masyarakat berjuang melalui krisis saat ini. Tim kami terus bekerja keras siang dan malam untuk menjalankan berbagai program buat mitra driver kami. Meskipun kami membutuhkan waktu untuk memastikan seluruh program dapat terimplementasi secara menyeluruh di tengah keterbatasan persediaan serta dengan ditetapkannya jaga jarak sosial (social distancing) untuk meminimalkan risiko penularan, kami ingin semua mitra driver mengetahui bahwa Gojek hadir di sini untuk mereka semua, sama seperti mereka selalu berada bersama kami selama ini.”

Program-program bagi mitra mencakup program – program sebagai berikut:

Penyediaan layanan kesehatan

Penyediaan perlengkapan kesehatan bagi mitra driver – Gojek telah mendistribusikan masker, sanitizer, dan vitamin bagi mitra driver, agar mereka mendapatkan perlindungan yang memadai selama bekerja. Distribusi ini akan terus berlangsung hingga minggu-minggu mendatang.

Jaminan Asuransi Kesehatan bagi mitra driver – jaminan asuransi kesehatan untuk mitra driver tidak hanya mencakup COVID-19. Dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, mitra driver akan memperoleh polis asuransi yang mencakup biaya kesehatan rawat inap dan rawat jalan untuk penyakit umum selama masa pandemi COVID-19.

Meningkatkan kesadaran mitra untuk menaati prosedur kesehatan – dengan materi-materi edukasi yang dikomunikasikan kepada mitra melalui notifikasi di Aplikasi.

Ringankan beban biaya harian

Program distribusi paket sembako – Gojek juga telah meluncurkan program distribusi ‘sembako’ bagi para mitra driver berusia di atas 60 tahun di kota-kota utama.

Program sembako melalui kolaborasi dengan Alfamart – program ini berupa pemberian voucher bagi para mitra driver dan service provider untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari di Alfamart.

Program  sembako oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa – Program sembako ini dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, yang akan diberikan dalam bentuk voucher.

Paket makanan hemat dan sehat bagi mitra driver – mitra driver akan berkesempatan untuk membeli paket makanan hemat dan sehat di merchant UMKM GoFood. Program ini akan dimulai di Jabodetabek dan juga akan dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa.

Bantuan pembayaran pinjaman kendaraan – sebagian besar mitra driver mencicil kendaraan bermotor mereka. Untuk itu Gojek bekerja dengan lembaga pemerintah terkait akan segera mengumumkan secara lebih lanjut prosedur-prosedur keringanan pembayaran cicilan kendaraan bagi para driver.

Bantuan pendapatan

Fitur pada produk untuk mendukung peningkatan penghasilan driver – Gojek telah menambah fitur-fitur baru di aplikasinya, antara lain menambah opsi pilihan agar para konsumen dapat menambah tip mitra (hingga senilai Rp100.000) yang disalurkan langsung ke e-wallet mitra.

Program bantuan pendapatan bagi mitra driver yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang sudah berjalan saat ini.

Perluasan cakupan bantuan pendapatan didukung oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa – mitra driver yang menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atas rujukan pemerintah juga akan mendapatkan bantuan pendapatan, yang akan disalurkan oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa.

Partisipasi dalam program bantuan pendapatan pemerintah – Gojek bekerja sama dengan sejumlah kementerian untuk memastikan agar para mitra driver – yang memenuhi syarat – dapat berpartisipasi dalam skema bantuan pemerintah, antara lain Bantuan Langsung Tunai.

Dana Bantuan Mitra Gojek ke depannya akan dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa yang baru-baru ini dibentuk. Yayasan Anak Bangsa Bisa merupakan entitas yang menjadi wadah penyaluran berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan. Yayasan Anak Bangsa Bisa akan mengawasi penyaluran dana dan pada saat yang bersamaan terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai donor dan mitra baru untuk mendukung misi sosial Gojek.

Komisaris Utama Gojek Garibaldi Thohir menyatakan, “Gojek berada di garda paling depan dalam mendukung para driver online agar mereka bisa terus menafkahi keluarganya di masa sulit ini. Gojek juga telah secara aktif berkoordinasi dengan pemerintah dalam memastikan agar bantuan pemerintah dapat menjangkau kalangan masyarakat yang paling terkena dampak, termasuk jutaan mitra driver online.”

Garibaldi menambahkan, “Saya juga mengacungkan jempol atas keputusan manajemen dan karyawan Gojek untuk membantu para mitra dengan berdonasi hingga Rp100 miliar melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa. Hal ini merupakan contoh yang sangat baik dari anak bangsa yang ingin membantu bangsa dan masyarakatnya di saat sulit seperti ini. Saya berharap langkah ini dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya, sekaligus juga bisa menggerakkan hati para pebisnis dan pemangku kepentingan lainnya untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dengan Yayasan Anak Bangsa Bisa, agar  bisa lebih banyak menolong jutaan pekerja sektor informal lainnya yang terkena dampak pandemi.”

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • Arti Kata Teppanyaki Dalam Bahasa Jepang

    Arti Kata Teppanyaki Dalam Bahasa Jepang

    Teppanyaki (鉄板焼き, panggang plat besi) adalah salah satu cara memasak makanan Jepang di atas plat besi (teppan). Selain itu, teppanyaki bisa berarti rumah makan Jepang yang menyediakan tempat duduk dengan meja berbentuk kounter, sedangkan plat besi dipakai juru masak untuk memasak makanan. Tebal plat besi yang dipakai sebagai alat masak antara 0,3 cm hingga 1,5 […]
  • Oppo dan Instax Kolaborasi Hadirkan F11 Jewelry White Exclusive Bundling Package Spesial di Bulan Ramadan

    Oppo dan Instax Kolaborasi Hadirkan F11 Jewelry White Exclusive Bundling Package Spesial di Bulan Ramadan

    OPPO mengumumkan kolaborasi dengan instax, brand instant photo systems keluaran FUJIFILM, dalam menghadirkan F11 Jewelry White Exclusive Bundling Package. Paket berisi perangkat OPPO F11 varian warna baru Jewelry White, mini printer instax SHARE SP-2, dan satu set macaron film ini dijual secara ekslusif pada situs Blibli.com dengan harga Rp4.499.000. Pemesanan sudah dapat dilakukan sejak 8 […]
  • Suasana Rumah Bisa Menjadi Sumber Inspirasi Fotografi Unik dan Menarik

    Suasana Rumah Bisa Menjadi Sumber Inspirasi Fotografi Unik dan Menarik

    Seni fotografi tidak akan pernah ada habisnya untuk dipelajari, walaupun di tengah situasi pandemik seperti saat ini. Bahkan, kini belajar fotografi tidak harus menggunakan kamera profesional model DSLR atau mirrorless. Kamu bisa memanfaatkan perangkat smartphone yang ada untuk memotret. Siapa bilang masa-masa #BetterAtHome ini bikin kamu gak bisa kreatif. Memang kita tidak bisa leluasa memotret […]
  • RNI Jalin Kerjasama dengan KAI, Sediakan Fasilitas Rapid Test di Stasiun dengan Harga Rp 85 Ribu

    RNI Jalin Kerjasama dengan KAI, Sediakan Fasilitas Rapid Test di Stasiun dengan Harga Rp 85 Ribu

    PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) melalui Anak Perusahaannya, PT Rajawali Nusindo, melakukan penandatangan kerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) untuk penyediaan fasilitas Rapid Tes di 12 Stasiun. Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Keuangan PT Rajawali Nusindo Gigis Saptono dengan Direktur Niaga PT KAI (Persero) Maqin Uddin Norhadi disaksikan Direktur Keuangan PT RNI […]
  • Permudah Masyarakat Sambut Ramadan di Tengah Pandemi, Tokopedia Hadirkan Sederet Inovasi

    Permudah Masyarakat Sambut Ramadan di Tengah Pandemi, Tokopedia Hadirkan Sederet Inovasi

    Tokopedia sekarang terdiri atas lebih dari 7,8 juta penjual dan lebih dari setengahnya mengelola bisnis lewat aplikasi. Para pebisnis lokal ini memasarkan lebih dari 250 juta produk dengan harga transparan kepada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia. Di tengah pandemi COVID-19, Tokopedia berkomitmen memastikan para pebisnis lokal tersebut tetap beroperasi daring, juga terus […]
  • Kemeriahan Lomba Permainan Tradisional di Bintaro Xchange Mall

    Kemeriahan Lomba Permainan Tradisional di Bintaro Xchange Mall

    Untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-71, Bintaro Xchange Mall mengadakan berbagai acara yang dikemas dalam tema BXc Mall Berbagi MERDEKA. Acara pertama adalah Lomba Permainan Tradisional, yang bekerjasama dengan Komunitas Hong yang berlangsung tanggal 17 Agustus 2016. Acara berikutnya  adalah Donor Darah, yang sekaligus merupakan perayaan HUT ke-55 PT. Pembangunan Jaya. Rangkaian perayaan HUT […]
  • Galaxy S20 Bawa Angin Segar untuk Fotografi dengan Sensor Beresolusi Tinggi dan Teknologi Space Zoom

    Galaxy S20 Bawa Angin Segar untuk Fotografi dengan Sensor Beresolusi Tinggi dan Teknologi Space Zoom

    Apabila Anda berada dalam kondisi pencahayaan yang minim atau objek yang akan difoto terlalu jauh, terkadang mendapatkan sebuah foto yang menarik sangatlah tidak mungkin jika kita tidak menggunakan perlengkapan fotografi yang tepat. Untuk mengatasi hal ini, kamera Galaxy S20 menggabungkan sistem perangkat keras yang canggih pada kamera dengan teknologi perangkat lunak yang didukung dengan kecerdasan […]
  • Refleksi Diri: Cinta Seperti Apa Yang Kita Miliki?

    Refleksi Diri: Cinta Seperti Apa Yang Kita Miliki?

      Tanggal 14 Februari lalu dikenal sebagai hari Valentine atau hari kasih sayang. Apakah kita iri melihat mesranya orang lain merayakan hari Valentine? Membandingkan dengan diri kita dan pasangan kita. Apakah kita berpikir bahwa hubungan kita tak sebahagia orang lain? Di era sosmed seperti sekarang ini sering kita menemukan pasangan baru yang mengumbar kemesraan di […]
  • Rayakan Kemerdekaan RI ke-73, Shopee Hadirkan Lebih dari 25.000 Pilihan Produk Lokal dari Sabang Sampai Merauke

    Rayakan Kemerdekaan RI ke-73, Shopee Hadirkan Lebih dari 25.000 Pilihan Produk Lokal dari Sabang Sampai Merauke

    Dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-73, Shopee bekerja sama dengan empat kementerian untuk menghadirkan koleksi spesial kemerdekaan yang mencakup 25.000 produk lokal dari Sabang sampai Merauke yang tersedia di platform Kreasi Nusantara. Berkat dukungan penuh dari empat kementerian yang bekerja sama dengan kami, yakni BEKRAF, Kemenperin, Kemkominfo, dan KemenkopUKM, koleksi spesial kemerdekaan dari Sabang sampai […]
  • Chennai Cafe Menghadirkan Kuliner India Yang Bercitarasa Indonesia

    Chennai Cafe Menghadirkan Kuliner India Yang Bercitarasa Indonesia

    Kuliner India identik sebagai kuliner yang spicy alias rasa dan aromanya tajam, walaupun pada kuliner-kuliner di sebagian daerah di Indonesia juga memiliki rasa yang tajam, namun penggunaan beberapa bumbu yang tidak dijumpai di Indonesia menyebabkan kuliner India agak asing di lidah sebagian orang Indonesia. Padahal kuliner India memiliki keragaman variasi dan cita rasa yang beraneka […]
  • Showcase Anda Tidak Dingin? Simak Tips Berikut

    Showcase Anda Tidak Dingin? Simak Tips Berikut

    Showcase merupakan salah satu alat eletronik. Bentuknya mirip dengan kulkas, hanya saja pintu showcase terbuat dari kaca sehingga kita dapat melihat bahan makanan atau minuman yang ada di dalam showcase. Selain kaca, perbedaan showcase dengan kulkas juga terletak pada kabin. Showcase tidak dilengkapi dengan freezer.  Kabin dalam showcase terdiri dari rak susun yang biasanya terdiri […]
  • Apartemen Meikarta, Investasi Menguntungkan di Antara Pusat Pertumbuhan Bisnis

    Apartemen Meikarta, Investasi Menguntungkan di Antara Pusat Pertumbuhan Bisnis

    Perkembangan kehidupan modern yang sedemikian pesat membutuhkan terpenuhinya kebutuhan dasar dan kebutuhan tambahannya, salah satu di antaranya adalah kebutuhan tempat tinggal. Di masa lalu, hunian landed seperti rumah merupakan pilihan favorit. Sayangnya, dengan pertambahan penduduk yang sedemikian pesat lahan-lahan yang tersedia untuk tempat tinggal semakin sedikit dan harganya semakin meroket. Dengan situasi ini, hunian vertikal […]
  • Sinar Mas Land Luncurkan Mix Used Property “Upper West” Bergaya Millenials di BSD City

    Sinar Mas Land Luncurkan Mix Used Property “Upper West” Bergaya Millenials di BSD City

    Sinar Mas Land bekerja sama dengan Dwijaya Karya Development, meluncurkan pengembangan baru dengan konsep mix used (Retail-Office-SOHO-Apartement) yaitu UPPER WEST di Central BSD Business District, BSD City tepatnya di seberang Aeon Mall BSD City dengan lokasi yang sangat strategis dan potensial. Kawasan tersebut dilengkapi beragam fasilitas terbaik dan kemudahan akses sehingga menjadi pilihan tepat bagi […]
  • Ketan Susu 51, Kuliner Bintaro Yang Legit!

    Ketan Susu 51, Kuliner Bintaro Yang Legit!

    INFOBINTARO (IB) – Jangan pernah kehabisan akal untuk terus mengeksplor bermacam varian kuliner Bintaro yang tiada kenal jemu untuk kita kenal dan bahas satu persatu. Di minggu ini IB akan membahas salah satu kedai yang menjual makanan khas dalam negeri yakni ketan susu. Menilik Kelezatan Ketan Susu Sebagai Salah Satu Kuliner Bintaro Ketan susu atau […]
  • Dessert Kuliner Bintaro dalam Wujud Es Krim

    Dessert Kuliner Bintaro dalam Wujud Es Krim

    INFOBINTARO (IB) – Es krim adalah hidangan penutup yang banyak diminati oleh berbagai kalangan tidak terkecuali anak-anak, dewasa, hingga orang tua sekalipun. Sejak zaman dahulu es krim mengalami perkembangan dalam bentuk dan penyajiannya seperti yang dewasa ini tengah booming yaitu ice cream pot yakni kreasi baru dalam penyajian es krim yang dipadukan dengan berbagai bahan […]
  • RS Brawijaya Buka Cabang Di Perbatasan Tangsel

    RS Brawijaya Buka Cabang Di Perbatasan Tangsel

    Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya buka pelayanan di perbatasan Tangsel dan Jawabarat, tepatnya di Jalan Raya Ciputat, Ciputat, Minggu. “Sengaja kita buka disini karena memang kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan itu sangat banyak. Sementara di daerah ini, rumah sakit yang melayani pelayanan kesehatan dengan fasilitas lengkap sangat minim,” kata  Direktur RS Brawijaya, pada saat […]
  • Sarana Olah Raga Ekstrim Baru di Bintaro: Wall Climbing

    Sarana Olah Raga Ekstrim Baru di Bintaro: Wall Climbing

    Kabar gembira bagi para penggemar olah raga ekstrim, fasilitas olah raga ekstrim semakin lengkap dengan hadirnya sarana Wall Climbing di Bintaro Xchange Mall, setelah sebelumnya telah ada Skatepark, sarana untuk bermain skateboard dan Parkour, sarana olah raga yang mengandalkan kelincahan dan stamina tubuh untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya (baca juga: Ajang Uji Nyali […]
  • Si Kecil Bosan Belajar di Rumah? IKEA Bagikan Tips Agar Ruang Belajar Terasa Aman dan Menyenangkan

    Si Kecil Bosan Belajar di Rumah? IKEA Bagikan Tips Agar Ruang Belajar Terasa Aman dan Menyenangkan

    Moms, pemerintah telah mengumumkan pembelajaran tatap muka akan dimulai kembali pada Januari 2021. Keputusan ini akan mengubah cara pembelajaran anak-anak, yang tadinya belajar dari rumah secara online, akhirnya mereka dapat kembali belajar di sekolah secara offline. Meskipun demikian, sistem rotasi akan diberlakukan juga Moms, yang berarti mereka akan tetap melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) jika […]
  • Penawaran Terakhir Diskon 50% Tiket Super K-Pop Festival Indonesia 2019 di Tokopedia

    Penawaran Terakhir Diskon 50% Tiket Super K-Pop Festival Indonesia 2019 di Tokopedia

    PT Cana Global Media dan NK Mulsan Co., Ltd dari Korea bekerja sama dengan PT Tokopedia menghadirkan Super K-Pop Festival Indonesia 2019 (SKF 2019), Festival Super K-Pop pertama yang diadakan pada 28 dan 29 September, 2019 di ICE BSD. Kejutan datang menjelang perhelatan Super K-Pop Festival Indonesia 2019. Akan ada Flash Sale terakhir sebelum berlangsungnya […]
  • Pembalap Utama Tim Hino Dakar Raly, Teruhito Sugawara Hadir di GIIAS

    Pembalap Utama Tim Hino Dakar Raly, Teruhito Sugawara Hadir di GIIAS

    PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menghadirkan kejutan bagi pengunjung booth Hino di GIIAS 2018 dengan kehadiran dari pembalap utama Hino Team Dakar Rally, yaitu Teruhito Sugawara. Pria kelahiran tahun 1972 ini hadir di booth Hino mulai dari tanggal 3 sampai 4 agustus 2018. Dalam kunjungannya ke booth Hino Indonesia di GIIAS 2018, Teruhito Sugawara […]

Tinggalkan Balasan