Arti Kata Teppanyaki Dalam Bahasa Jepang

Teppanyaki (鉄板焼き, panggang plat besi) adalah salah satu cara memasak makanan Jepang di atas plat besi (teppan). Selain itu, teppanyaki bisa berarti rumah makan Jepang yang menyediakan tempat duduk dengan meja berbentuk kounter, sedangkan plat besi dipakai juru masak untuk memasak makanan.

Tebal plat besi yang dipakai sebagai alat masak antara 0,3 cm hingga 1,5 cm. Di bawah plat besi terdapat kompor gas dengan pengontrol temperatur atau besar kecilnya api. Masakan yang dimasak di atas teppan, misalnya: steak, okonomiyaki, monjayaki, yakisoba, dan berbagai variasi masakan dari sayur-sayuran, daging, atau makanan laut.

Sejarah

Menurut data yang diperoleh dari Wikipedia, sampai di awal zaman Showa, orang Jepang umumnya hanya mengenal anglo dari tanah liat yang disebut shichirin dengan bahan bakar arang kayu. Sebelum Perang Dunia II, besi masih merupakan benda langka di Jepang. Seusai perang, pedagang makanan di pasar gelap dan pedagang kaki lima memulai penggunaan plat besi sisa-sisa bekas perang sebagai alat masak.

Di zaman sekarang, hotplate listrik sudah merupakan barang yang lumrah di Jepang. Walaupun demikian, cara memasak teppanyaki tidak begitu meluas di kalangan rumah tangga. Panas yang dihasilkan hotplate dianggap kurang panas, dan masakan yang dihasilkan masih kurang enak dibandingkan dengan plat besi yang dimiliki rumah makan teppanyaki. Di kalangan rakyat Jepang, teppanyaki lebih populer sebagai cara memasak di alam terbuka, sewaktu berkemah dan sewaktu penyelenggaraan matsuri.

Teppanyaki adalah masakan Jepang yang sangat populer di luar Jepang berkat rumah makan teppanyaki seperti Benihana dan Shogun. Juru masak mempertontonkan keterampilan dalam memasak daging steak di atas teppan dengan pengunjung yang duduk di kounter seperti di rumah makan sushi. Penyajian hidangan gaya “teppanyaki” dimulai rumah makan Misono asal Kobe yang menyajikan masakan bistik langsung di hadapan pengunjung. Juru masak memanggang daging steak dengan gaya setengah berakrobat yang ternyata lebih disukai pengunjung restoran di luar Jepang. Bawang bombay yang diiris-iris dan ditumpuk untuk membentuk Gunung Fuji dan api dinyalakan supaya keluar asap seperti gunung berapi. Simak video akrobat juru masak Jepang di https://www.youtube.com/watch?v=nqt2x0UdF_M

Di Jepang, rumah makan teppanyaki seperti rumah makan Misono merupakan salah satu tujuan wisatawan dari luar negeri. Lebih dari sekadar menikmati masakan teppanyaki, wisatawan datang untuk menyaksikan atraksi masak yang dipertunjukkan juru masak.

Rumah Makan Teppanyaki Bintaro

Bila Anda ingin menyaksikan akrobat juru masak di dapur masakan Jepang, bisa mampir ke Koi Teppanyaki Bintaro. Sejak tanggal 3 Agustus 2018dibuka lagi cabang yang ada di Ruko Emerald Avenue, di Bintaro Sektor 9. Letaknya tak jauh dari Eaton Bakery.

Menu Makanan

Seperti di cabang lain, Anda dapat menikmati aneka Teppanyaki di sini. Baik yang terbuat dari daging sapi, cumi, ikan, udang, ayam, sirloin maupun tenderloin. Pecinta noodle alias mie dapat memesan noodle teppanyaki maupun bakmi goreng ala Jepang. Di samping itu beragam shabu dan suki dapat disantap di Koi Teppanyaki Bintaro. Ada pula beef atau chicken teriyaki, chicken katsu, fish katsu, ebi furai, dan ebi tempura. Dan bila Anda lapar berat, jangan khawatir, Anda dapat membeli extra nasi, sayur, tahu, jamur, dumpling maupun daging sapi. Suka dengan dessert Mochi Ice Cream? Koi Teppanyaki menyediakan aneka Mochi Ice Cream. Ada rasa vanilla, green tea, strawberry, dengan pilihan sirup green tea atau gula merah.

Minuman

Minuman pun cukup bervariasi, baik ocha minuman khas Jepang, teh pucuk, air mineral, lemon tea, green tea dan grass jelly. Aneka kopi pun tersaji di sini.  Tinggal pilih espresso, americano, coffee latte, cappucino dan affogato. Harga makanan dan minuman yang ada di sini cukup terjangkau lho….Menu makanan mulai Rp. 40.000 sedangkan  minuman mulai dari Rp. 5.000

Info lebih lanjut:

KOI Teppanyaki
Ruko Emerald Avenue Blok EA/A no. 15
Bintaro Sektor 9 Banten 15227
Instagram: https://www.instagram.com/koiteppanyaki/

Daftar Restoran Jepang Bintaro dan Tangerang Selatan

Mau menikmati masakan Jepang di Bintaro dan Tangerang Selatan? Simak resto Jepang yang pernah kami ulas berikut ini:

Shaburi

Restoran shabu-shabu all you can eat ini menyediakan pilihan daging Beef Shabu-shabu, Special Beef Shabu-shabu, Haburi Wagyu Shabu-shabu, dan Special Wagyu Shabu-shabu yang dipadukan dengan kuah kaldu gurih hangat. Ada 5 jenis kuah yang bisa dipilih yaitu Original Konbu Soup, Hot Miso Soup, Chicken Collagen Paitan, Soy Milk Miso Soup dan Sukiyaki. Sebagai pelengkap tersedia ragam jenis sayuran, jamur, dan seafood di Buffet Counter. Mau makin enak? Padukan saja dengan saus Tokusei Goma Tare, Sweet Sauce, atau Ponzu Sauce.

Shaburi & Kintan Buffet
Bintaro Exchange Mal Lt. UG
Telp (021) 7450043

Shabu Tei

Ada pilihan daging wagyu, USDA prime rib eye, Australian rib eye, dan seafood sebagai isian shabu-shabu di sini. Pelengkap lainnya berupa ragam jenis sayuran, tofu, udon, fishball, dan jamur. Kalau mau ramen, okonomiyaki, atau sushi, Shabu Tei juga menyediakannya.

Shabu Tei
Sumarecon Mall Serpong 2 Lt.2 No. 220
Jl. Boulevard Gading Serpong, Pakulonan Barat
Tangerang
Telp: (021) 2931 0425

Kobe

Berbagai menu khas Jepang seperti gyudon, ramen, yakiniku, hingga shabu-shabu bisa disantap sepuasnya di sini. Khusus untuk shabu-shabu ada pilihan daging Australia dan premium US beef sebagai primadona isian. Supnya terdiri dari rasa original, curry, spicy miso, miso, sukiyaki, kimchi, collagen, corn, dan tounyu. Tentu makin enak dipadukan dengan sayuran segar, jamur, bakso, dan crab stick.

KOBE by Shabu-Shabu House
Street Gallery Lt.2
Pondok Indah Mall
Telepon: 021 2952 9777

Shabu Nobu

Shabu Nobu menyediakan New Zealand Rib Eye Beef, Australian Rib Eye Beef, Australia Black Angus Beef, Wagyu Beef, USDA Prime Rib Eye Beef, dan Seafood sebagai pilihan isian shabu-shabu. Ada juga tahu Jepang, jamur, ragam sayuran, dan salmon sebagai pelengkapnya. Jangan lupa menyantapnya dengan saus goma dan ponzu agar makin enak.

Shabu Nobu
Lantai LG, Bintaro Jaya Xchange Mall CBD
Jl. Boulevard Bintaro Jaya
Pondok Aren
Telepon: 021 2986 4972

Lantai Ground, Colony 6
Jl. Kemang Raya No. 6A
Telepon: 021 2952 9922

Pattaya Steamboat Yakiniku (PSY)

Dilihat dari bahan makanan dan cara penyajian, steamboat tak ubahnya shabu-shabu. Hanya saja shabu-shabu merujuk pada hidangan Jepang sementara steamboat merupakan hidangan China.

Di PSY ada 2 jenis kaldu yang bisa dipilih yaitu Tom Yam Soup dan Chicken Soup. Tersedia sekitar 14 jenis isian steamboat di antaranya irisan daging sapi, daging ayam, fish cake, bakso sapi, bakso ikan, crab stick, siomay ayam dan udang, tofu, suun, jamur, telur ayam, dan ragam sayuran. Kalau belum kenyang, coba saja yakiniku di sini yang tak kalah enak. Simak liputannya di Tempat Makan di Bintaro Sektor 9 : PSY Steamboat Yakiniku

Pattaya Steamboat Yakiniku (PSY)
Jl. Senayan Utama, Blok HI 2 No.7
Bintaro, Tangerang Selatan
Telepon: 0877-8910-4070

Oshi Sushi Indonesia
PHX Bintaro
Jl. Senayan Utama Blok HJ No.1A Pd. Pucung Pd. Aren, Pondok Pucung, Pondok Aren, South Tangerang City, Banten 15229
Telp: 0812-8778-9710

Oshi Sushi Indonesia, Resto Jepang Premium Hadir di Bintaro

Warung Pringga
Taman Jajan Cbd
Bintaro Sektor 7
Telp: 0877-8623-0723

Warung Pringga : Masakan Jepang dan Eropa Bercitarasa Nusantara

ICHIBAN SUSHI Bintaro XChange
Mall Bintaro XChange Lantai UG No 338
Telp: (021) 7458532

Masakan Jepang Tidak Selalu Mahal, di Ichiban Sushi Tempatnya

Toraya Kitchen
Dulu gerai ini berjualan di Bintaro People Market, tapi sekarang berjualan via Tokopedia
Instagram: @torayakitchen

Halal Japanese Street Food
“YOUR HAPPINESS START HERE”

Telp/ WA : +62817-000-7474
E-mail torayakitchen@gmail.com
www.tokopedia.com/torayakitchen

Sate Jepang Bintaro Ramaikan Kuliner Khas Jepang

(EGS)